14 Wisata Solo dan Sekitarnya yang Wajib di Kunjungi

14 Wisata Solo dan Sekitarnya yang Wajib di Kunjungi

Mungkin banyak orang yang belum tau tempat wisata solo yang sangat indah, ramai, unik, dan menyenangkan cocok untuk yang mau berlibur bersama keluarga. Kota solo berada di indonesia lebih tepatnya di jawa tengah. Solo memiliki sebuah akses gerbang internasional yang dapat langsung di akses dari singapura dan kuala lumpur. Solo mulai jaya pada abad ke 19 dan mendorong perkembangan kuliner, arsitektur, dan satra jawa bahkan solo sangat di kenal degan budaya jawanya. Selain itu solo juga menjadi salah satu pusat pengembangan tradisi jawa. Itu adalah salah satu keunikan solo ya temen-temen, tetapi di sini kita akan bahas tentang wisata yang ada di solo. Langsung saja berikut adalah wisata di solo yang wajib kalian kunjungi

wisata solo-pandawa water world solo

pandawa water world solo
via : Wisata Kuliner dan Sejarah di Kota Solo

pandawa wather word solo adalah wisata yang baru dan keren cocok untuk rekreasi atau tempat berlibur keluarga yang sangat keren dan menyenangkan. Pandawa word solo menyediakan kurang lebih 27 wahana bermain di air yang bisa anda coba. Beberapa di antaranya adalah:

  • racer slide : meluncur bersam temanmu dan balapan meluncur hingga ke sampai di kolam itu sangat seru wahana ini sangat cocok untuk melakukan hal tersebut apalagi kalian bermain dengan banyak teman pasti lebih seru.
  • Kunti children and toddler pool : Jika anda membawa buah hati untuk berlibur ke pandawa water worid solo jangan khawatir buah hati anda bisa manda dan bermain di tempat yang satu ini. Kunti childern and toddler pool merupakan kolam renang khusus untuk anak kecil atau balita,
  • Maih banyak lagi wisata air yang dapat di mainkan di tempat ini. Untuk harga tiket masuknya sendiri sangatlah terjangkau anda hanya bisa menyiapkan dana Rp:80.000 – Rp:100.000 jam buka: 08.00 – 18.00 wib bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa ajak admin juga yah heheheh.

Wisata solo-Galabo solo

Galabo solo
via : JejakPiknik.com

Galabo solo merupakan tempat wisata kuliner malam yang perpusat di kota solo. Galabo sendiri adalah singkatan dari gladag langen bogan. Tempat ini berada di sebelah timur bunderan gladag, atau di jalan mayor sunaryo depan beteng trede center center. Galabo solo tutup pada siang hari dan buka pada malam hari dan di buka setiap hari pada pukul 17.00 sampai dini hari cocok untuk anda yang ingin bersantai dan menikmati indahnya kota dan malam yang indah bersama teman, keluaga, ataupun pacar. Sekarang terdapat dua galabo solo yaitu galabo solo dan galabo solo baru. Berbeda dengan galabo solo lama galabo solo baru memiliki konsep yang baru, lebih bagus, dan lebih nyaman untuk di kunjungi.

Galabo solo baru tanpak lebih tertata dan lebih rapi di bandingkan dengan galabo solo lama. Harga makanannya pun cukup terjangkau. Pada galabo sola lama terdapat kurang lebih 60 pedagan yang berjualan di daerah wisata kuliner ini. Ternya setelah di adakan seleksi Cuma ada 28 pedagang yang layak untuk berjualan di tempat wisata kuliner malam ini. Di wisata kuliner malam ini menyajika makanan- makanan khas solo. Pedangang yang berjualan di sini tampak sagat ramah dan sangat bersih keras untuk menjaga kebersihan.

Wisata solo-Taman balekmbang solo

Taman balekmbang solo
via : Solopos.com

Memang solo adalah kota kecil tepatnya di jawa tengah, tetapi jangan salah solo jaga memiliki taman yang indah sangat di gemari oleh banyak parawisatawan yang berkunjung ke kota solo. Taman ini bernama taman balekambang solo atau bisa di sebut juga hutan di tengah kota. Taman balekambang solo ini sudah berdiri sejak tahun 1921 waktu itu taman ini bernama partini tuin yang konon katanya nama partini di ambil dari nama seorang putri kesayangan raja waktu itu. Taman balekambang ini sempet tidak terawat dengan baik dan pada akhirnya pada tahun 2007 pemerintah melakukan renofasi dan menjadikan tempat ini sebuah tempat wisata untuk umum. Taman ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan terdapat banyak tumbuhan yang tumbuh di taman ini. Buat anda yang ingin refresing dan ingin melihat pemandangan hutan di tengah-tengah kota tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi.

Begitu banyak hal yang bisa anda di akukan di taman balekambang solo ini salah satunya adalah anda bisa bermain becak air di tengah kolam yang cukup luas hanya dengan membayar tarif 5 ribu untuk baya sewa becak air. Selain bermain becak air pengunjung di perbolehkan untuk memancing ikan di kolam ini. Di tengah- tengah kolam sendiri terdapat patung partini tuin yang berdiri kokoh.

Wisata solo-Gokart di Rooftop mall

Gokart di Rooftop mall
via : chillout-soulout-freakout.blogspot.com

Bermain gokart sangatlah menyenangkan apalagi bermain dengan benyak teman pasti lebih seru. Tetapi bagaimana rasanya jika bermain gokart di atap maall. Hal tersebut hanya bisa rasakan di hartono mall solo. Gokart merupakan salah satu olahraga otomotif yang banyak di gemari oleh masayarakat indonesia mulai dari yang remaja, dewasa, maupun yang sudah lanjut usia. Gokart adalah olahraga otomotif yang seru dan aman tentunya. Untuk soal keamanan tempat gokart di rooftop mall ini sangat aman dan sudah teruji karena sudah memenuhi standard keamanan: tempat ini di lengkapi dengan pembatas jalan yang di buat dari bahan bekas, apabila pemain menabrak tidak akan berbahaya. Selain itu pengendara juga di wajibkan untuk menggunakan peralatan jaket, helm, dan sarung tangan yang sudah di sediakan.

Sirkuit ini merupakan satu-satunya sirkuit goakrt di jawa tengah yang berada di atas maall. Lintasan gokar di rooftop mall ini berukuran sepanjang 326 meter. Di sini pengendara gokar hanya di perbolehkan berkendara hanya maksimum berkecepatan 60km/jam salah satu alasannya adalah, lintasan gokart ini bukan lintasan gokart yang sebenarnya dan ada di atas mall. Meskipun demikian pengunjung yang hadir dan mencoba wahana ini sangat senang bermain gookart. Bagi kalian yang sedang berkunjung ke kota solo dan ingin mencoba wahana ini langsung aja kalian datag hartono mall salah satu mall terbesar di solo.

Wisata solo-Grojogan sewu tawangmangu

Grojogan sewu tawangmangu
via : Blog Reservasi

Grojogan sewu menurut saya adalah wisata alam yang sangat sejuk, indah, dan menyenangkan. Grojogan sewu ini terletak di lereng gunung lawu, lebih tepatnya di desa sepanjang, kecamatan tawangmangu. Kabupaten karang anayar. Jadi wisata grojogan sewu juga dekat dengan kota solo. Menurut kabar sebelumnya wisata grojokan sewu telah di kunjungi oleh mantan presiden republik indonesia yaitu bapak susilo bambang yudoyono atau biasa di pangginl bapak SBY. Tempat wisata ini sangat menantang karena jika kita ingin sampai ke air terjun kita harus mendaki terlebih dahulu. Tetapi jangan khawatir karena akses jalan yang ada di sana sudah di perbarui dan di perbagus. Tarif yang di tawarkan sangatlah terjangkau jika ada adalah wisatawan lokal. Tarif untuk wisatawan lokan kurang lebih sebesar Rp.15.000/orang, sedangkan untuk wisatawan asing harus mengeluarkan uang sebesar 160.000/orang perbedaan yang sangat jauh entah apa penyebab perbedaan harga yang sangat jauh ini.

Pintu masuk yang ada di wisata grojogan sewu tawangmangu ada dua yaitu pintu masuk atas dan pintu masuk bawah. Pintu masuk atas biasanya di gunak untuk pariwisatawan yang menggunakan minibus atau rombongan. Pintu masuk atas ini menjadi tempat favorit bagi sebagian pengunjung karena pemandangannya yang indah dan suasana yang sejuk membuat perjalanan ke air terjun lebih seru dan menyenangkan. Di tambah kita bisa melihat segerombolan kera liar yang ada di atas pepohonan. Walaupun demikian pintu masuk bawah juga enggak kalah keren di pintu masuk bahwah kita juga dapat melihat kera. Air terjun ini mempunyai tinggi 81 meter dan airnya turun sangat deras. Oleh karena itu wisatawan yang datang tidak di perbolehkan untuk mandi bebas dikarnakan air terjun mengalir sangat deras dan di khawatirkan pengunjung cedera.

Wisata solo-Kebun strawberry

Kebun strawberry
via : Alam Priangan

Pada musim kemarau buah strawberry banyak di jumpai salah satunya di daerah desa kalisoro, tawangmangu, karang anyar. Meskipun banyak tanaman dan sayuran ainnya yang tumbuh di desa tersebut masyarakat lebih antusias untuk berkebun buah strawberry. Hal ini juga di manfaatkan masyarakat desa kalisoro untuk membuat tempat wisata kebun strawberry. Yang paling spesial di tempat wisata kebun strawberry ini adalah pengunjung bisa memetik buah strawberi langsung dari pohonnya dan bisa langsung di makan ataupun di bawa pulang. Semua kebun strawbarry yang ada di kebun ini di bilang sangat subur, buah yang di hasilkan juga memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis dikarnakan penyerbukan tanaman yang ada di sini di bantu oleh lebah oleh karena itu katanya membuat rasa strawberry menjadi lebih manis. Salah satu lahan perkebunan yang di kelola salah satu warga yang bernama bapak nasir yang sudah berkebun strawberry sejak tahun 2001 silam. Pada awalnya bapak nasir Cuma berkebun dan menjual hasil perkebunannya ke pasr. Tetapi dengan seiringnya waktu pak nasir mulai merintis dan mengembangkan kebun pariwisata setelah ter inspirasi dari kebun strawberry yang ada di kota batu, malang, jawatimur yang di kunjunginya.

Di kebun parawisata strawbrry ini kita dapat belajar dan berwisata, banyak sekali pelajaran yang akan kita dapat salah satunya adlah tentang bagaimana untuk menanam dan merawat strawberry yang baik dan benar. Yang paling saya suka dari tempat wisata ini adalah kita tidak perlu membayar tiket masuk sukup seberapa banyak strawberry yang kamu makan dan ambil itu yang harus di bayar. Salah satu petani di sini mengatakan bahwa ada 13 jenis buah strawberry yang bisa di petik langsung di makan di tempat hal ini sangat aman karena strawberry di sini terbebas dari pastisida. Petani akan menanam strawberry pada bulan juni dan pad bulan desember akhir hingga bulan mei giliran pengunjung yang menikmaytinya karena pada bulan tersebut adalan bulan panen. Bagamana apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Wisata solo-Museum purbakala solo

Museum purbakala solo
via : Pesona Keindahan Alam Indonesia

Museum purbakala di bilang sangat unik karena di dalamnya menyimpan banyak fosil –fosil manusia purba yang sudah sangat tua bahkan di perkirakan umurnya sudah mencapai 200.00 – 2 juta tahun. Museum ini telah di nobatkan sebagai museum terlengkap di asia karena di dalam museum ini memiliki 13.000 fosil manusia purba. Museum purbakala saringan solo ini terletak pada krikilan, kecamatan kalijambe, kabupaten sragen, provinsi jawa tengah. Bagi kamu yang suka terhadap sejarah mungkin tempat ini cocok atau bahkan sangat cocok untuk kamu kunjungi. Museum saringan tidak hanya mengoleksi fosil manusia purba saja, tetapi ada juga fosil hewan yang ada pada zaman purba. Selain fosil hewan dan manusia purba di museum purbakala solo ini juga terdapat peninggalan-peninggalan manusia purba seperti: rijang atau bisa di sebut dengan batu yang bisa menyalakan api, batu meteor dan adalagi batu kolsedon atau bisa di sebut dengan batu peerhiasan ataupun batu  yang sangat berharga.

Untuk masuk ke dalam museum ini kita harus membeli tiket terlebih dahulu dan menunjukkan tiket yang telah di beli ke petugas loket. Museum ini di buka pada hari selasa sampai dengan hari minggu pukul 09.00 sampai pukul 16.30. selain berkunjung ke museum kita juga dapat belajar, disini pengunjung di ajak untuk derfikir kritis dengan cara yang sangat menyenangkan karena terdapat unsur wisata di dalamnya. Pada tahun 1977 pemerintah telah menetapkan bahwa di sekitar sangiran seluas 56 km2 sebagai daerah cagar budaya. Kemudian pada tahun 1988 didirikan museum sederhana di lokasi kawasan sangiran. Pada tahun 1996 Situs Sangiran ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. tempat ini sampai sekarang slalu di kunjungi pengunjung.

Wisata solo-Taman air tlatar boyolali

Taman air tlatar boyolali
via : Vacation is My Life – Overblog

Jika kalian mencari tempat wisata di jawa tengah atau sekitar solo maupun tepatnya di boyolali kita menyarankan anda ke taman air tlatar boyolali. Mengapa demikian dikarnakan tempat ini tidak kalah dengan tempat wisata lainnya seperti gunung merbabu, gunung merapi, dan waduk ombo. Taman air tlatar boyolali ini terkenal dengan yang namanya sumber air yang sangat jernih datangnya dari gunung merbabu. Sumber air tersebut terus mengalir 24 jam non stop, disitulah warga menemukan ide untuk di buat kolam yang sekarang di namakan “kolam keceh”. Di dalam kolam terdapat banyak sekali ikan-ikan hias yang sangat lucu. Adank-anak di perbolehkan untuk bermain air bahkan mandi ke dalam kolam keceh tersebut. Yang paling seru pada taman air tlatar boyolali ini adalah adanya olahraga woodball etasia. Woodball etasia ini olahraga atau permainan yng berasal dari tailan dan masih baru di indonesia dan sudah di perkenalkan kepada pejabat dan pengusaha dari indonesia maupun dari luar indonesia atau luar negeri.

Yang sangat menarik perhatian para pengunjung ialah kita bisa memanen hasil pertanian masyarakat setempat berupa tanaman mentimun, gubis, dan melon. Tetapi untuk masuk ke kadalam ekowisata ini kalian aharus membayar harga tiket masuk terlebih dahulu senilai 10.000 rupiah.

wisata solo-Air terjun semuncar

Air terjun semuncar
via :Travelingyuk.com

Air terjun semuncar adalah salah satu air terjun yang berada di lereng gunung merbabu. Tepatnya terletak di desa candisari, kecamatan ampel, kabupaten boyolali, tempat wisata ini masih sangat minim pengunjung yang datang kesini karena kurang di publikasikan dan hanya di publikasikan dari mulut ke mulut. Air terjun ini memiliki setinggi 30 meter dan akses masuk ke air terjun ini sangat sulit karena ya itu tadi masih belum banyak orang tau tempat keberadaan air terjun ini yang tersembunyi dan di kelilingi bukit tebal serta lembah yang menjulang. Tetapi yakinlah bahwa kalian bisa menemukan tempat wisata yang tersembunyi ini, mengunjungi tempat yang jarang di kunjungi oleh pengunjung lain akan menjadi pengalaman pribadi yang sangat menyenangkan. Apabila kalian benar-benar akan pergi ke air terjun semuncar ini di sarankan kalian mempersiapkan mentak dan fisik yang kuat. Jangan lupa membawa perlengkapan seperti air minum bekal dan alas kaki yang nyaman untuk trek pendakian.

Memang lokasi ini belum di kelola oleh pemerintah sebagai salah satu tujuan wisata, namun jika kalian ingin masuk ke dalam kawasan ini kalian harus mengeluarkan uang sebesar 3 ribu rupiah untuk harga tiket masuknya. Ada 2 rute perjalanan yang di tawarkan oleh penjaga loket yaitu yang pertama jalur sebelah kiri sungai cipendok yang sebuah kebun milik warga dengan kondisi jalan lebih rata namun agak sempit. Jalur ke dua melewati sisi kanan sungai cipendok, rintangan ini terkesan lebih menantang karena terdapat batuan-batuan yang sangat besar dan menghalangi perjalanan kita. Dalam perjalanan kita akan di suguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang begitu sejuk. Sebelum sampai ke air terjun semuncar kita akan di suguhkan kembali dengan adanya dua air terjun lain yaitu air terjun tempuran dan sipongok. Apabila dalam perjalanan kalian mencium aroma dupa, tenang jangan kaget karena katanya warga sekitar masih mempercayai dengan klenik. Setelah melewati halang rintang yang tiada henti, akhirnya kamu akan menemukan yang namanya keindahan air  terjun samuncar.

Wisata solo-Riverboarding kali pusur

Riverboarding kali pusur
via : Lelungan.net

wisata riverboarding biasanya banyak terdapat pada wilayah jawa timutr dan jawa barat, tetapi nyatanya di jawa tengah sudah ada riverboarding tepatnya di kabupaten klaten, kali pusur, kecamatan polanharjo, jawa tengah. Wisata riverboarding di kali pusur sangat ramai pengunjungnya hari biasa maupun hari libur. Bagaimana tidak, wisata  ini sagat indah dan menyenangkan selain itu bisa memberikan sensasi yang sangat fantastik. Jika kalian masih bingung dengan beradaan lokasi wisata riverboarding di kali pusur di jawa tengah anda bisa mencarinya di google maps dengan kata kunci wisata riverboarding di kali pusur klaten jawa tengah. Wisata riverboarding kali pasur mempunyai fasilitas dan pelayanan yang nyaman seperti : area parkir yang aman, warung makan, kamar mandi atau MCK, tempat ber istirahat dan masih banyak lagi fasilitas yang lain.

Bagi kalian wisatawan luar kota bahkan luar negeri jangan bingung untuk pergi riverboarding kali pasur atau takut kesasar sekarang penulis punya solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Kalian bisa memakai mobil dan motor pribadi anda bisa meminta panduan arah ke warga setempat atau memanfaatkan tingginya teknologi spartphone kalian dengan mengandalkan aplikasi goole maps. Di sarankan untuk membawa perlengkapan yang matang antara lain seperti air minum, bekal, obat-obatan dan barang yang ada butuhkan yang lain.

Wisata solo-warung apung rowo jombor

warung apung rowo jombor
via : warung apung rowo jombor

lagi-lagi klaten memiliki temopat wisata yang sangat unik dan sangat banyak di kunjungi oleh wisatawan. Wisata yang unik satu ini bernama warung apung rowo jombor yang terletak di desa krakitan kecamatan bayat kabupaten klaten jawa tengah. Sebenarnya dulu tempat ini adalah pasr biasa tetapi lambat laun tempat ini mulai menjadi tempat pariwisata dan menjadi ikon unik yang ada di desa krakitan itu sendiri. Jika kalian ingin tahu isi di dalam pasar tersebut anda harus membayar harga tiket masuk sebesar lima ribu rupiah saja. Selain kita bisa membeli dan memakan makanan yang di jual di sana ternyata kita bisa memancing secara gratis. Ingat memancingnya saja yang gratis tetapi ikan hasil pancingan harus di bayar. Pemilik warung sengaja melepas ikan agar di pancing oleh pengunjung dan di elinya.

Namun ada kabar yang kurang baik, warung apung yang selama ini menjadi ikon utama desa krakitan akan segera hilang. Mengapa demikian? Sebanyak 32 warung yang berjualan di warung apung akan segera di pindahkan ke daratan. Sebagai tindak lanjut rencana penataan Rowo Jombor oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, serta pemerintah pusat.

Wisata solo-Pemancingan 100 taman air solo

Pemancingan 100 taman air solo
via : Tribun Jateng – Tribunnews.com

sekali lagi klaten memang benar-benar mempunyai banyak tempat yang unik berikut ini adalah pemancingan yang ada di klaten. Walaupun sebenarnya telah banyak tempat pemancingan yang ada di daerah tersebut. Tetapi pemancingan yang satu ini di bilang sangat unik karena terdapat pesawat terbang yang terparkir di halaman pemancingan. Harga tiket masuk yang harus anda bayar jika ingin pergi ke pemancingan janti ini sebesar 20 ribu rupiah. Tempat pemancingan ini cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga atau kerabat dekat anda karena di tempat ini kita tidak hanya memancing melainkan ada area permainan juga salah satunya adalah kolam renang yang cukup luas.

Pancingan yang sudah dibuka sejak 1990 itu menyuguhkan fasilitas menarik juga, yaitu kolam renang yang didalamnya terdapat bangunan kapal. Tiket masuk kolam renang hanya Rp 2.000 bisa renang sepuasnya. Di pemancingan Janti ini, pengelola juga memfasilitasi pemancingan gratis khusus anak-anak, hanya dengan membeli jaring ikan Rp 5.000.

Wisata solo-Waduk gajah mungkur

Waduk gajah mungkur
via : Wikipedia

waduk gajah mungkur adalah salah satu destinasi berlibur keluarga apabila anda berlibur ke kota solo. Waduk yang menjadi ikon wisata solo ini sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar. Wisata waduk gajah mungkur ini sudah sangat terkel=nal di kalangan masyarakat lokal. Apabila musim libur telah tiba atau pada saat musim lebaran waduk yang satu ini pasti ramai di kunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Ketika kamu pergi ke waduk gajah mungkur kamu bisa memancing ikan di sana. Tempat ini menjadi tempat faforite karena populasi ikan yang ada di waduk gajah mungkur sangat beragam. Selain memancing anda bisa berenang di kolam yang ada di sekitaran waduk. Ketika musim liburan anda harus mengeluarkan uang sebanyak 25.000 rupuah saja untuk bisa masuk ke dalam kolam renang.Tidak di sangka bahwa di sekitar wilayah waduk terdapat sebuah kebun binatang mini dan terdapat beberapa ekor gajah yang menghuni kebun binatang mini ini.

Wisata solo-museum wayang kulit wonogiri

museum wayang kulit wonogiri
via : estisetiya – WordPress.com

Museum Wayang Kullit Wuyantooro adalah sebuah museum yang terletak di Kecamatan wuyantoro, kabupaten Wonogiri, provinsi Jawa tengah. Jarek dari kota menuju tempat ini berkisar 15 km dan dapat di capai menggunakan kendaraan pribadi dalam waktu kurang lebih 30 menit. Mesum ini didirikan pada masa pemerintahan Bupati Begug Poernomosidi yang kebetulan juga seorang dalang di kabupaten Wonogiri.
Museum ini memiliki berbagai macam koleksi wayang, sehingga dapat membuat anda yang ingin tahu sejarah pewayangan. Museum ini juga mendapat gelar sebagai Museum Wayang Indonesia karena memiliki memiliki koleksi wayang yang bukan hanya dari jawa tengah saja tetapi juga dari daerah lain di Indonesia yaitu Jawa Barat dan Bali. Terdapat kurang lebih 436 buah wayang dari 15 jenis yang ditata rapi di museum. Museum ini juga mendapatkan penghargaan dari MURI ( Museum Rekor Indonesia) karena keunikannya, yaitu lukisan semar terkecil berukuran 3 x 3 cm. Bagi kalian yang ingin tahu sejarah pewayangan tidak salahnya Anda berkunjung ke tempat yang satu ini.