Macam Macam Tanaman Toga

Macam Macam Tanaman Toga

Siapa yang tidak mengenal tanaman toga, tanaman satu ini sudah ada bahkan sejak zaman dahulu sudah di jadikan sebagai pengobatan tradisonal. Selain harganya yang terjangkau dan murah, tanaman obat satu ini tidaklah menyebabkan efek samping untuk kesehatan kita semua, justru tak jarang obat obatan kimia ini malah justru bisa menyebabkan efek samping seperti penyakit bisa sampai menyebabkan kematian. Dahulu ketika orang sakit mereka akan langsung menggunakan tanaman obat. Dan hal demikian langsung membuktikan bahwa umur dari orang pada zaman dahulu lebih panjang dari umur orang jaaman sekarang. Karena pada masa jaman dulu tidak mengkonsumi obat yang terbuat dari bahan bahan kimia, itulah penyebab mengapa tanaman obat atau toga lebih sehat dari pada obat obat kimia.

Pengertian tanaman obat

Tanaman obat keluarga atau yang biasa disebut dengan sebutan toga. Toga sendiri merupakan obat yang mempunyai berbagai khasiat sebagai obat untuk memnuhi kebutuhan obat obatan keluarga. Pada umumnya tanaman satu ini di tanam di sebidang tanah yang berada di lingkungan sekitar rumah. Tidak hanya bagi keluarga obat obatan tersebut juga dapat di relasasikan kepada para masyarakat bertujuan untuk menekan penggunaan obat kimia yang sekarang sedang trend dipakai oleh penduduk.

Sejarah tanaman toga

Pada jaman dahulu seperti pada masa zaman Mesir Kuno, Yunani Kuno, Cina dan juga Inggris sudah mengenal apa saja manfaat dari tanaman tanaman ini sejak dulu kala. Pada saat itu obatan obatan yang terbuat dari tumbuhan ini digunakan oleh para dokter untuk menyembuhkan penyakit yang di derita oleh para masyarakat, dan bahkan pada masa Mesir kuno tanaman tanaman ini kerap digunakan untuk menyembuhkan para budak ketika sedang dilanda sakit. Dikarenakan dulu pengobatan yang satu ini sangatlah di segani oleh penduduk, bangsawan Cina pada masa lalu itu pun juga memiliki dokter sendiri untuk melakukan pengolahan obat obatan dari tumbuhan.

Di Indonesia sendiri kegunaan dari tanaman yang satu ini mulai sudah dilakukan ketika masuk abad 17. Salah seorang ahli botani yang bernama Jacobus Rontius mulai memperkenalkan sebuah buku yang mana buku tersebut berisi tentang ilmu pengobatan dengan menggunakan media tanaman. Dan buku tersebut mempunyai judul De Indiae Untriusquere Naturali et Medica. Dalam buku ini beliau menjelaskan berbagai macam keguanaan dari sekitar 60 jenis obat tanaman yang bisa di gunakan semaksimal mungkin. Berawal dari hal tersebut berkembangnya penelitian tentang obat obat dari tanaman dengan sebagai hal dasar dari buku yang satu ini.

Pada tahun 1888 di Kebun Raya Bogor di bangun sebuah tempat untuk melakukan peneliatian tentang tanaman obat oleh seorang peneliti yang mempunyai nama N.A. van Rheede tot Draakestien untuk diguankan sebagai salah satu wilayah dari kebun tersebut. Jika tak bisa di hindari lagi obat obatan yang terbuat dari tumbuhan ini masih saja tetap digunakan dan banyak sekali peminantnya.

Manfaat Tanaman Toga

Masih banyak sekali kegunaan dari tanaman obat obatan satu ini. Pada kenyataannya tanaman satu ini diamanfaatkan untuk memenuhi masalah kesehatan dengan menggunakan cara yang primitif atau tradisional. Peranan dari tumbuhan ini juga sangatlah menolong untuk pemenuhan usaha usaha kesehatan masyarakat selain menggunakan obat berbahan dasar dari bahan kimia. Pemanfaat tumbuhan ini biasanya mayoritas digunakan untuk mengobati penyakit yang tergolong ringan seperti demam, panas, sakit perut, gatal gata, batuk, dan banyak lagi penyakit ringan lainnya.

Selain penyakit penyakit yang di kategorikan ringan seperti itu mayoritas juga orang yang memanfaatkan toga untuk digunakan mengobati penyakit yang dianggap sedikit berbahaya contohnya stroke dan diabetes. Lantaran dianggap tidak begitu memberi dampak besar sekarang banyak masyarakat yang mulai menanam tumbuhan obat satu ini dilingkungan mereka masing masing. Disamping itu juga tanaman toga juga bisa dijadikan sebagai usaha bisnis jika memanfaatkannya secara baik serta maksimal.

Fungsi tanaman obat keluarga

Fungsi fungsi yang bisa di dapatkan dengan membudidayakan tunbuhan toga ialah salah satu seperti yang di terangkan di bagian atas untuk membantu usaha usaha kesehatan masyarakat.  Dengan adanya toga dan jika di susun dengan baol maka hal ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat disekitarnya. Berikut adalah manfaat dari tanaman obat keluarga.

Memberikan cara cara agar kesehatan masyarakat terjaga, lebih tepatnya meliputi :

  • Upaya preventif (pencegahan)
  • Upaya promotif (meningkatkan / menjaga kesehatan)
  • Upaya kuratif (penyembuhan penyakit)

Fasilitas ini  juga mempunyai fungsi untuk sarana memperbaiki gizi penduduk, akibat banyak tanaman obat yang dikenal sebagai tanaman yang menghasilkan buah buahan atau sayur sayuran.

Sarana untuk pelestarian alam

Plesetarian alam beguna untuk apabila pembuatan tanaman obat alam tidak diikuti dengan cara cara pembudidayaannya kembali, maka sumber bahan obat alam ini terutama tumbuh tumbuhan akan mengalami kepunahan

Penghijauan

Untuk melakukan penanaman pohon kembali di hutan yang sampai saat ini tengah mengalami pembalakan, dapat disarankan penyeluruhan penanaman tanaman obat yang berbentuk pohon pohon misalnya pohon asam, pohon kedaung, pohong trengguli dan banyak lagi macamnya.

Sarana untuk perataan pendapatan

Toga disamping dimanfaatkan sebagai sebuah fasilitas untuk menyediakan bahan obat bagi keluarga itu sendiri.

Macam macam tanaman toga

Buah alpukat

Alpukat
Via : Tokopedia

Buah yang sudah tidak asing ini dan sudah dikenali oleh semua masyarakat. Buah yang satu ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah sebagai tanaman pekarangan di daerah daerah tropika lainnya di dunia. Untuk manfaat buah alpukat ini memanglah sangat beragam, tak heran jika buah yang satu ini bisa dijadikan toga. Buah alpukat ternyata banyak sekali mengandung lemak tak jenuh yang bosa menurunkan kandungan kolestrol pada tubuh, dan juga mempunyai zat yang dapat meningkatkan hormon insulin dalam tubuh guna mengatur gula darah secara baik. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah manfaat buah alpukat yang mungkin harus anda ketahui.

Menurunkan kolestrol

Alpukat sangatlah bergizi dan mengandung beragam macam nutrisi, termasuk juga 20 vitamin serta mineral. Buah yang satu ini juga dapat menurunkan kandungan kolestrol atau natrium apapun itu jenisnya dan rendah lemak jenuh.

Mengatasi kanker

Alpukat tidaklah mengandung lemak apa pun. Mayoritas lemah dalam alpukat merupakan asam oleat. Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang juga merupakan bagian utama dari minyak zaitun dan diyakini bertanggung jawab akan beberapa kegunaan kesehatannya. Asam oleat sudah dihubungkan dengan pengurangan peradangan dan terbukti memiliki dampak menguntungkan pada gen yang terkait kanker.

Banyak serat

Serat meruupakan nutrisi lain yang relatif banyak terdapat pada buah alpukat. Serat dapat berpengaruh ke penurunan berat badan, mengurangi gula darah yang naik gtais, dan sangat berhubungan dengan resiko rendah dan banyak penyakit.

Daun sambi loto

Sambiloto
Via : id.wikipedia.org

Sambiloto meruapkan daun yang kerap di gunakan dalam dunia pengobatan herbal. Tanaman satu ini paling sering diolah dijadikan jamu dan faktanya mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Sambiloto mengandung zat andrografolida yang membuatnya memili rasa yang sangatlah pahit, tetaou justru dari zat itulah manfaat daun sambil loto bisa diambil. Daun sambiloto memiliki rasa amat pahit, bukan berarti mengapa rasanya sangat pait, justru karena daun sambiloto dipercaya mempunyai banyak sekali kegunaan bagi kesehatan kita. Maka tak heran jika tanaman satu ini disebut dengan tanaman toga. Berikut adalah manfaat daun sambil loto oleh masyarakat.

Mengatasi gangguan pada sistem perncernaan

Manfaat yang pertama dari daun sambiloto adalah untuk menjaga kerja sistem pencernaan. Daun sambiloto bisa menanggulangi berbagai macam masalah yang terjadi pada pencernaan mulai dari diare sembelit, hingga kolik abdomen. Tanaman toga satu ini juga bisa mengatasi berbagai macam gejala yang sering keluar ketika anda mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut dan kembung.

Mengatasi flu

Manfaat daun sambiloto selanjutnya adalah bisa menyembuhkan penyakit flu. Penyakit influenza atau biasa disebut flu merupakan jenis infeksi virus yang ditandai dengan beberapa tanda tanda seperti demam, sakit kepala, nyeri, bersin bersin, batuk, dan mengalami kedinginan. Flu adalah kondisi dimana yang lebih berbahaya dari penyakit pilek. Mengkonsumsi sambiloto dipercaya bisa membantu dalam semua gejala tersebut.

Menjaga fungsi hati

Menjaga fungsi atau kerja hati juga adalah salah satu manfaat dari daun sambiloto. Infeksi pada hati bisa bermacam macam bentuknya dan setiap penyakit yang menyerang fungsi hati tentunnya memiliki dampak untuk mengganggu organ organ lainnya. Daun sambiloto sendiri bisa digunakan untuk menanggulangi beberapa gangguan yang terjadi pada hati seperti penyakit kuning, pembesaran hati, dan juga kerusakan hati yang dikarenakan oleh penggunaan dari obat itu sendiri.

Temulawak

Temulawak
VIa : IDNtimes.com

Tumbuhan temulawak merupakan salah satu rempah rempah yang bisa ditemukan di indonesia, tumbuhan satu ini mempunyai manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan. Temulawak sendiri bisa diolah menjadi beragam macam misalnya yang umum adalah diolah menjadi jamu tradsiional. Temulawak sendiri tergolong kedalam keluarga tanaman zingiberaciae, seperti halnya sama dengan jahe, lengkuas, kunyit. Berikut ini adalah manfaat dari temulawak antara lain.

Membantu melancarkan buang air besar

Kandungan serat dan kurkimin yang sangat tinggi pada tanaman toga ini dapat membantu melancarkan buang air besar. Bagi anda yang mempunyai masalah perut yang sulit buang air besar mungkin solusinya adalah mengonsumsi tanaman temu temuan jenis ini.

Membantu meningkatkan fungsi ginjal

Temulawak juga bisa membantu meningkat fungsi ginjal dalam mengsaring darah dari racun dan sisa sisa metabolisme tubuh. Manfaat temulawak yang satu ini dihubungkan dengan adanya kandungan minyak asiri sebanyak 6% di dalamnya.

Membantu meredakan kelelahan otot

Manfaat dari temulawak berikutnya adalah dapat meringankan kelelahan otot terutama bagi orang orang yang aktif bekerja taupun sering ber olah raga berat. Bagi anda yang merupakan seorang pekerja keras dan juga olahragawan, meminu ramuan dengan campuran temulawak di dalamnya adalah sebuah hal yang sangat dianjurkan bagi kami.

Buah ceplukan

Ceplukan merupakan tanaman toga liar yang bisa dijumpai di kebun, persawahan yang mengering, hingga dipinggir hutan yang banyak disinari matahari.  Manfaat dari tanaman satu ini tentunya tidak luput dari kandungan senyawanya yang ada dalamnya. Kandungan yang terkandung dalam tanaman ini adalah saponin, flavonoid, polifenol, alkaloid, dan masih banyak lagi kandungan yang terdapat dalam tumbuhan toga satu ini. Manfaat dari ceplukan sendiri adalah sebagai berikut

Mengatasi gejala penyakit parkinson

Penyakit parkinson adalah penyakit yang ditimbulkan karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat yang memberikan pengaruh pada gerah tubuh. Salah satu gejala dari parkinson sendiri adalah tremor pada salah satu tangan. Konsumsilah jus ciplukan secara teratur karena dapat dipercaya menurunkan kejala dari tremor ini.

Menurunkan kolestrol

Tingginya kolestrol jahat dalam tubuh ini perlu untuk di curigai karena bisa saja memicu berbagai penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner hingga stoke. Agar bisa terhindar dari hal yang membahayakan tersebut, Anda bisa mengkonsumsi ciplukan guna membantu menghilangkan kadar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh anda.

Daun kelor

Daun kelor
Via : Doktersehat.com

Daun kelor termasuk dalam suku moringaceae dan memiliki nama ilmiah moringa oleifera. Daun kelor sendiri bisa berkembang bika dengan mudah pada daerah tropis seperti Indonesia dan beberapa negara sub tropis yang ada di dalam kawasan Asia selatan. Di Indonesia sendiri daun kelor sering digunakan sebagai tanaman toga. Tanaman kelor ini mempunyai tinggi 7 sampai 11 meter dengan batang yang kurus dan arah percabangannya tegak. Berikut adalah apa saja manfaat yang sengat besar dari daun kelor.

Obat stres

Dalam sebuah penelitian yang di lakukan di Journal of Pharmacology and Pharmacodynamis menjelaskan bahwa daun kelor merupakan salah satu tanaman terbaik yang bisa digunakan untuk mengatasi stress. Karena pada daun kelor terdapat adaptogen alami yang melindungi tubuh dari efek racun yang diakibatkan dari stres. Saat ini juga sudah ada banyak suplemen yang terbuat dari ekstrak daun kelor dan ditunjukan untukdikonsumsi secara rutin agar terus terhindar dari stres.

Baik untuk mengatasi diabetes

Anda yang memiliki penyakit diabetes pasti tahu betapa susahnya menjaga kadar gula darah supaya agar tetap seimbang. Salah satu cara untuk mengatasi kadar gula darah sedang naik adalah dengan mengkonsumsi daun kelor. Dianjurkan bagi penderita diabestes mengonsumsi daun kelor ini secara rutin baik dalam bentuk obat suplemen atapun secara segar. Daun kelor juga bisa membantu mengurangi kadar kolestrol dalam darah.

Mencegah peradangan

Apabila anda sedang mengalami luka ataupun cedera, gunakan daun kelor untuk mengobaitnya. Dalam kandungan daun kelor sendiri terdapat anti inflamasi yang berfungsi mengurangi peradangan yang terjadi. Tahukah anda, jika peradangan terus dibiarkandan tidak diobati dengan tepat dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan kanker yang sangat mematikan. Lebih dari itu, daun kelor sendiri juga mempunyai kandungan antioksidan yang dapat menolong memerangi radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh.

Kunyit

Kunyit
VIa : Hallosehat.com

Kunyit merupakan salah satu tanaman obat yang mempunyai ci rasa yang khas. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah kesehatan. Manfaat dari kunyit pun sangatlah beragam macamnya. Untuk di bidang kesehatan kunyit dapat digunakan sebagai pengobatan untuk.

Mengobati maag

Kunyit sudah sejak lama sekali digunakan dalam mengobati gangguan orang pencernaan alami. Maka ketika gejala maag kambuh, sangatlah di anjurkan menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan sakit nyerinya. Maag bisa terpicu karena keluarnya lambung akibat infeksi bakteri H, pylori, konsumsi obat antineri jangka panjang, racun rokok, alkohol. Berbagai hal itu dapat mengikis lapisan pada dinding usus karena kerongkongan sehingga bisa memicu refluks asam lambung naik.  Mengonsumsi curcumin dapat mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan iritan tersebut dengan meningkatkan produksi lendir pada dinding lambung.

Mengurangi mual

Dalam sebuah stdi jurnal food yang diadakan pada tahun 2017 menjelaskan bahwa menambahkan lada hitam membantu manfaat rempah kuning ini sendiri lebih terasa maksimal. Sebab sebetulnya setelah dikonsumsi, kandungan curcunim dalam kunyitu lambat akan menyerap ke dalam aliran darah.

Menurunkan berat badan

Kurkunim kunyit berguna menekankan respon peradangan yang terjadi di sel tubuh, termasuk pada sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini bisa membantu meminimalisir risestensi insulin, menurunkan kadar gula, dan juga kolestrol serta gangguan metabolik lainnya kibat berat badan yang terlalu berlebihan. Cobalah untuk mengonsumsi kunyit yang anda bisa kombinasikan dengan menggunakan asam jawa. Sebab jika dikonsumsi, kunyit akan menyerap ke dalam darah tapi akan lebih pecah oleh hati sehingga tubuh tidak dapat merasakan manfaat nya. Dalam waktu yang cukup panjang, meminum jamu kunyit asam dapat membantu hasil penurunan berat badan anda lebih maksimal.

Kumis kucing

Kumis Kucing
Via : Bukalapak.com

Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) merupakan tanaman yang tergolong dalam golongan famili lamicaeae atau labiatae yang banyak anda temukan di Indonesia. Tanaman ini dipercraya banyak memberikan khasiat bagi kesehatan kita. Tanaman yang satu ini berasal dari daerah Afrika yang kemudain menyebar luas ke negara Asia dan Australia. Tanaman ini dapat ditumbuh yang subur, gembur, berhumus dan memiliki tata air dan juga udara yang baik. Kadungan zat kimia seperti minyak atsisi, sponin, sapofin, dan kalium yang dapat dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit

Mengobati rematik

Rematik merupakan penyakit yang menyerang bagian persendian, oto, dan urat. Pengobatan untuk penyakit satu ini biasanya ditujukan untuk mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan, dan juga memelihara kegunaan persendian agar tetap dalam keadaan bagus. Penyebab rematik sendiri dapat diketahui secara pasti, namun pada dasarnya penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, temasuk faktor genetik dab juga perubahan hormon. Gejala akibat dari penyakit ini adalah otot menjadi lebih lema, sendi terasa kaku saat di gerakkan, sendi goyah, bunyi pada bagian sendi.

Masuk angin

Masuk angin memiliki arti dimana penyakit yang ditimbulkan karena adanya perkumpulan gas yang tidak teratur di dalam tubuh. Penyakit satu ini biasanya dikarenakan adanya penurunan kondisi tubuh yang mulai mengalami kelelahan, kurang tidur, terlambat makan, kedingan, atau bahkan karena cuaca yang begitu sangat ekstrim. Gejala akibat dari masuk angin adalah perut kembung, badan terasa dingin, masuk angin. Apabila dibiarkan begitu saja penyakit satu ini akan mengakibatkan dampak yang begitu berkepanjangan seperti sesak nafas, sakit pada bagian persendian, serta mengalami demam yang amat tinggi. Berikut adalah cara bagaimana mengobati masuk angin menggunakan daun kumis kucing.

  • Siapkan daun kumis kucing serta segelas air.
  • Cucilah sampai bersih daun tersebut lalu rebus dengan air tadi, biarkan hingga air rebusannya hanya tersisa kurang lebih ½ gelas saja.
  • Minumlah air olahan resbusan itu ketika sudah dingin.

Mengobati kencing batu

Kencing batu atau yang bisa juga disebut dengan batu ginjal adalah gangguan penyakit pada saluran kemih yang dimana biasanya berupa infeksi, obstuksi, rasa sakit, dan metaplasia. Batu ginjal sendiri ialah massa keras seperti batu yang berada pada saluran kemih. Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka akan keluar rasa nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih ataupun infeksi. Namun daun kumis kucing juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan yang satu ini, berikut adalah cara caranya.

  • Siapkan daun kumis kucing sabanyak 90 gr
  • Siapkan pula 1 gelas air putih
  • Cucilah hingga benar benar bersih daun tersebut kemudian rebuslah daun kumis kucing tersebut dengan menggunakan air yang kira kira tingginya ½ gelas saja
  • Minumlah racikan bahan alami ini sebanyak 3 kali dalam satu harinya

Lidah buaya

Lidah buaya
VIa : Tokopedia

Lidah buaya adalah tanaman toga yang saat ini sudah dikenal oleh banyak orang karen banyaknya manfaat. Tidak hanya dijadikan obat oles ataupun masker, daging dari lidah buaya sendiri bisa juga di konsumsi langsung setelah getahnya dibersihkan. Selain itu juga rasa nya enak dan memiliki manfaat untuk kesehatan badan kita. Berikut adalah manfaat dari mengonsumsi lidah buaya bagi kesehatan.

Mengatasi masalah pencernaan

Jika anda mengalami susah buang air besar atau masalah pada pencernaan lainnya, cobalah untuk mengonsumsi lidah buaya secara teratur. Lidah buaya mempunyai kandungan kimia yang efektif sebagai obat pencahar. Belain itum beberapa penelitan juga mendapat sesuatu bahwa nutrisi pada lidah buaya mempu merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus sehingga dapat membuat sistem pencernaan menjadi sehat.

Menurunkan resiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya dan ditakuti banyak orang dikarena bisa terjadi secara tiba tiba tanpa disadari. Namun dengan mengonsumsi lidah buaya secara teratur, kamu bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut. Nutrisi yang terdapat dalam lidah buaya dipercayai bisa menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko seseorang terkena kolestrol.

Mengatasi penyakit reumatoid arthritis

Rhematoid artritis atau yang lebih dikenal dengan nama penyakit radang sendi adalah penyakit autoimun yang terjadi dikarenakan tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuh itu sendiri. Beberapa penilitan studi menjelaskan bahwasanya lidah buaya adalah obat yang paling ampuh untuk menyembuhkan jenis penyakit satu ini. Mengonsumsi lidah buaya selama dua minggu secara terus menerus dapat mengobati nyeri akibat reumatoid arthritis.

Daun tempuyung

Tempuyung
Via : Tokopedia

Daun tempuyung merupakan daun yang biasanya tumbuh bebas liar. Tapi untuk saati ini banyak para produsen pabrikan yang sudah mulai menggunakan daun yang akan mempunyai banyak manfaat dan kegunaan ini. Ada berbagai manfaat yang bisa didapattkan dari daun tempuyung salah satu contohnya adalah manfaat daun tempuyung untuk mengatasi kencing batu, namun selain itu masih banyak manfaat dari daun tempuyung lainnya yang tentunya sangat membantu dalam mengatasi ataupun mengobati. Berikut manfaat tumbuhan toga daun tempuyung.

Mengatasi kencing batu

Daun tempuyung dapat di manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi kencing batu, tidak hanya menanggulangi masalah kencing batu. Cara yang satu ini juga bukan cara yang rahasia lagi. Ini adalah cara yang umum yang mana sudah sering sekali dilakukan bagi yang sedang mengatasi maslah batu ginjal. Ambilah 250 mg daun tempuyung dan rebuslah dengan air sebanyak 250 ml setelah itu rebuslah air dan juga daun tempuyung ini selama 15 menit setelah itu konsumsilah selama 3 kali dalam sehari.

Mengatasi bisul

Bisul dapat diatasi dengan menggunakan daun tempuyung, namun untuk mengobati penyakit satu ini tidak hanya dengan cukup merebusnya dan meminumnya, karena bisul adalah luka luar maka cara yang tepat untuk mengobatinya adalah dengan cara dioleskan pada bagian yang mengalami penyakit bisul. Cara yang bisa dilakukan cukuplah mudah dan simple, anda hanya perlu menumbuk daun tempuyung hingga halus dan oleskan pada bagian luka bisul.

Mengatasi luka bakar

Tidak jahu dari bisul yang merupakan luka luar, luka bakar pun bisa diobati dengan menggunakan daun yang satu ini. Cara yang digunakanpun tidaklah jauh berbeda dengan cara yang dilakukan mengatasi bisul pada kulit. Untuk itu agar luka bakar sembuh maka oleslah luka bakar dengan menggunakan obat yang sama seperti yang di pakai dengan luka bisul.