Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja merupakan salah satu berkas penting yang digunakan sebagai syarat untuk mendaftar pekerjaan. Dalam proses mencari dan mendapatkan pekerjaan, surat ini menjadi hal penting yang tak boleh ditinggalkan atau diabaikan. Oleh karena itu, seseorang harus bisa membuat surat lamaran yang baik dan tepat sehingga kemungkinan diterima menjadi lebih besar. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari format penulisan, susunan surat lamaran kerja, ketentuan membuat surat lamaran kerja, hingga hal-hal yang dianggap remeh temeh, tetapi ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar. Untuk Anda yang sudah penasaran bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan, langsung saja simak uraian panjang berikut ini.

Baca Juga :  Contoh dan Cara Membuat Surat Penawaran 2018

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja
Sumber unsplash

Langkah pertama untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan membuat surat lamaran pekerjaan. Seperti yang telah disinggung di atas, membuat surat lamaran ini tidak boleh sembarangan. Anda harus tahu bagaimana trik jitu menarik perhatian perusahaan melalui surat lamaran yang Anda buat. Salah satu bentuk surat resmi ini bisa dijadikan umpan untuk menarik perhatian perusahaan tertentu. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat contoh surat lamaran kerja yang baku disertai dengan bahasa yang baik dan tepat. Untuk cara membuat surat lamaran kerja yang benar, langsung saja simak beberapa tipsnya berikut ini.

  • Perhatikan paragraf pertama dan paragraf terakhir

Apa yang ditulis pertama kali dalam surat, itulah yang akan dibaca terlebih dahulu. Lalu, bagian terakhir adalah bagian yang akan menimbulkan kesan bagi pembaca. Pada dua paragraf ini, paragraf pertama dan terakhir, cobalah buat paragraf yang singkat dan tidak bertele-tele. Bagian ini harus bersifat tegas sekaligus menjual. Buat kata-kata yang padu di setiap paragrafnya. Pada paragraf yang terakhir, jangan buat paragraf yang terkesan mengambang. Buatlah paragraf yang tegas, jangan terlalu berharap dan jangan juga terlalu peduli.

  • Jangan terlalu mengumbar kemampuan Anda

Dalam surat lamaran kerja, Anda tidak perlu mengumbar semua kemampuan yang Anda miliki. Hal ini seharusnya sudah tertulis di dalam CV Anda. oleh karena itu, Anda tidak perlu repot-repot menjabarkannya di dalam surat lamaran pekerjaan. Jika hal ini Anda lakukan, bisa jadi perusahaan yang Anda tuju malah tidak tertarik dengan Anda. Anda bisa menyebutkan tiga kemampuan Anda yang paling atas dan paling dibutuhkan perusahaan. Dengan hal ini, bisa dipastikan surat lamaran Anda akan lebih menarik.

  • Jangan mengungkap ulang apa yang sudah ada di CV

Selain dilarang menyebutkan semua kemampuan Anda, di dalam surat lamaran kerja pun Anda pantang menyebutkan kembali hal-hal yang sudah tertera dalam CV. Pencapaian-pencapaian Anda tidak perlu ditulis dalam surat lamaran pekerjaan. Dalam surat ini Anda hanya boleh mencantumkan hal yang penting dan unik dari diri Anda. Jika ada yang tertarik dengan Anda, ia akan melihat lebih lanjut siapa diri Anda melalui CV Anda.

  • Bicarakan sedikit tentang perusahaan

Sebelum melamar ke sebuah perusahaan tertentu, ada baiknya Anda mencari informasi tentang perusahaan tersebut. Pihak perusahaan tentu akan senang jika Anda telah mengetahui beberapa hal tentang perusahaan tersebut. Saat menulis surat lamaran kerja, Anda bisa menyebutkan beberapa di antaranya. Ingat, jangan berlebihan! Ungkapan yang terlalu berlebihan justru akan memberikan kesan “Lebay”. Oleh karena itu, uraikan yang wajar-wajar saja.

  • Tunjukkan Kepribadian

Bagaimana cara menunjukkan kepribadian Anda dalam sebuah surat lamaran kerja? Gampang. Tunjukkan saja betapa antusiasnya Anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut. Ada baiknya jika Anda menghindari kalimat-kalimat negatif. Gunakanlah kalimat kerja aktif yang singkat, padat, jelas, dan dinamis. Cara penulisan kalimat tentu akan mampu mencerminkan siapa diri Anda.

  • Presentasi surat

Sebaik apa pun kata-kata yang ada dalam surat lamaran kerja jika disusun dengan presentasi yang salah tentu akan menjadikan surat tersebut tidak menarik. Oleh karena itu, pastikan surat diketik atau ditulis dengan rapi. Jangan ada coret-coretan atau hal yang mengganggu lainnya. Presentasi surat lamaran kerja yang buruk akan membuat surat Anda menjadi tidak menjual.

  • Beri tanda tangan pada surat lamaran pekerjaan

Beri tanda tangan pada surat lamaran pekerjaan
Sumber unsplash

Surat lamaran pekerjaan harus diberi tanda tangan asli oleh si pelamar. Hal ini mungkin terkesan kuno, tetapi surat yang dibubuhi tanda tangan akan terlihat lebih formal dan asli. Tidak susah bukan jika hanya membubuhkan tanda tangan pada surat. Lakukan hal ini jika Anda mengirimkannya lewat pos atau langsung ke perusahaan. Tanda tangan tidak perlu dibubuhkan pada surat jika Anda mengirimkannya lewat email.

Tujuh hal di atas merupakan tips penting dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Ada baiknya memperhatikan beberapa hal di atas agar surat lamaran Anda bisa diterima oleh perusahaan-perusahaan incaran Anda. Contoh surat lamaran kerja yang tersebar di internet bisa dijadikan bahan pelajaran dan perhatian.

Nilai-Nilai yang Harus Ada dalam Surat Lamaran Kerja

Nilai-Nilai yang Harus Ada dalam Surat Lamaran Kerja
Sumber unsplash

Selain memperhatikan beberapa tips di atas, Anda juga harus memperhatikan hal-hal lainnya. Berdasarkan pemahaman yang ada dalam masyarakat Indonesia, ada beberapa nilai yang wajib Anda terapkan dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Nilai-nilai ini akan mampu mencerminkan diri Anda sebagai sosok yang disiplin, berkemampuan, dan lain sebagainya. Nilai-nilai yang harus ada dalam surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut.

  • Impressif

Saat membuat surat lamaran kerja sebaiknya menampilkan kesan yang menarik dengan menerapkan nilai impresif. Isi sebuah surat hendaknya dapat memberikan kesan simpatik, jangan terlihat terlalu arogan dan jangan juga terlalu merendahkan diri. Poin pentingnya adalah buah surat lamaran yang dapat menarik hati pembacanya.

  • Efektif

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dalam membuat surat lamaran kerja, Anda tidak boleh bertele-tele. Kedepankan efektivitas surat Anda, baik dari penggunaan kata sampai pada isi suratnya. Menggunakan kalimat efektif akan mencerminkan diri yang terlihat berpendidikan. Oleh karena itu, pengetahuan bahasa Indonesia Anda juga harus sempurna.

  • Rapih

Surat lamaran kerja yang tidak rapih dapat mencerminkan diri Anda yang kurang disiplin. Baik menggunakan tulisan tangan atau dengan komputer, ada baiknya Anda memperhatikan kerapihan surat lamaran yang Anda buat. Jika menggunakan komputer, jenis huruf, margin, spasi, dan lain-lain harus tertata dengan baik. Ingat, jika Anda ingin segera mendapatkan pekerjaan, pastikan semua surat lamaran yang Anda buat dapat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Isi Surat Lamaran Kerja

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Isi Surat Lamaran Kerja
Sumber unsplash

Bagian yang paling penting dalam surat lamaran pekerjaan adalah bagian isi. Untuk memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai bagian ini, Anda bisa melihatnya pada uraian berikut ini. Isi dalam surat lamaran pekerjaan sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini.

  • Pembukaan

Apa yang ada pada bagian pembukaan? Biasanya, pembukaan surat lamaran kerja berisi di mana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan yang Anda tuju. Anda bisa menyebutkan bahwa informasi tersebut Anda dapatkan dari surat kabar, media sosial, karyawan kantor, atau dari mana pun. Bagian ini tidak perlu ditulis secara berlebihan. Cukup singkat saja.

  • Pekerjaan Saat Ini

Jika kebetulan Anda sedang bekerja, Anda bisa mendeskripsikan sedikit terkait pekerjaan Anda saat ini, seperti posisi dan jenis pekerjaan. Hal ini bertujuan untuk memberikan sedikit gambaran tentang diri Anda. Jika kebetulan Anda belum bekerja, pada bagian ini Anda bisa menguraikan sedikit tentang ketertarikan Anda pada perusahaan yang Anda tuju. Pada bagian ini, yang paling penting adalah tulis hal-hal yang dirasa relevan dengan lowongan pekerjaan yang Anda tuju.

  • Pendidikan

Dalam surat lamaran, Anda bisa menyebutkan latar belakang pendidikan Anda. Tak perlu panjang lebar, hanya sebutkan pendidikan terakhir saja. Hal ini disebabkan oleh hal-hal terkait latar belakang pendidikan nantinya akan Anda tuliskan pada CV. Jadi, pada surat lamaran kerja, tak perlu menyebutkan semua riwayat pendidikan Anda. Pada bagian ini, Anda juga bisa menyebutkan sedikit tentang kemampuan Anda. Kemampuan yang disebutkan harus relevan dengan yang dibutuhkan perusahaan.

  • Penutup

Salah satu bagian penting dalam surat lamaran kerja adalah bagian penutup. Pada bagian ini, ingatkanlah pada pembaca bahwa Anda sangat mempunyai keinginan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Akan tetapi, pastikan kata-kata yang Anda gunakan tidak berlebihan. Gunakan kata-kata yang wajar namun bisa meninggalkan kesan simpati pada pembaca surat lamaran pekerjaan yang Anda buat.

Empat hal di atas adalah apa yang biasa ditulis dalam surat lamaran kerja. Setelah selesai menulis surat lamaran pekerjaan tersebut, sebaiknya baca ulang apa yang telah Anda tulis. Pastikan tidak ada kalimat yang ambigu atau kalimat yang tidak jelas. Pastikan juga tidak ada kata-kata yang diulang dalam isi surat lamaran yang Anda buat. Jika semua hal di atas sudah tertulis dengan baik. Sekarang saatnya Anda mengirimkan surat lamaran pekerjaan yang telah Anda buat ke prusahaan-perusahaan pilihan Anda.

Empat Hal yang Harus Dihindari dalam Pembuatan Surat Lamaran Kerja

Empat Hal yang Harus Dihindari dalam Pembuatan Surat Lamaran Kerja
Sumber unsplash

Sebelum itu, masih ada beberapa hal lainnya yang harus Anda hindari dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Sifat-sifat yang memberikan kesan negatif harus dihindari agar Anda bisa mendapatkan panggilan kerja. Hal-hal yang harus dihindari dalam surat lamaran kerja adalah sebagai berikut.

  • Jangan terlihat sombong

Saat pembuatan surat lamaran kerja, jangan terlalu mempromosikan diri Anda. mengiklankan diri memang wajar, akan tetapi jangan terlalu berlebihan. Lihat beberapa contoh surat lamaran kerja supaya Anda mendapatkan gambaran. Jika dalam menulis surat lamaran pekerjaan Anda sudah terlihat sombong, ini akan memberikan kesan negatif.

  • Bahasa Sulit Dipahami

Jangan menggunakan bahasa-bahasa yang susah dipahami. Pada uraian di atas dijelaskan bahwa bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja harus efektif. Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar bisa dijadikan referensi dalam pembuatan surat lamaran. Terbiasa membaca dan berlatih menulis surat lamaran pekerjaan akan membuat Anda bisa menulis surat dengan baik.

  • Jangan Terlalu Detail

Dalam surat lamaran pekerjaan, Anda tidak perlu terlalu detail dalam menuliskan siapa diri Anda. Info tentang bagaimana diri Anda dan siapa diri Anda sudah tergambar dengan jelas pada CV. Jangan pernah bosan untuk membaca contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar pada proses pembuatan surat lamaran pekerjaan.

  • Hindari Bahasa yang Membosankan

Poin yang satu ini hampir sama dengan poin nomor 3. Perbarui pengetahuan bahasa Indonesia Anda agar dapat mengetahui format penulisan surat lamaran kerja yang benar. Untuk menilai sendiri apakah tulisan Anda cukup baik atau tidak, silahkan baca dengan bersuara, lalu nilai sendiri sudahkan tulisan Anda enak dibaca dan didengar? Jika masih belum, segera perbaiki tulisan Anda.

Surat Lamaran Kerja Ditulis Tangan atau Diketik?

Surat Lamaran Kerja Ditulis Tangan atau Diketik
Sumber unsplash

Untuk Anda yang baru pertama kali mencoba menulis surat lamaran pekerjaan, Anda mungkin masih bingung apakah surat ini sebaiknya ditulis tangan atau diketik? Sebagian besar orang mungkin akan menyarankan Anda untuk menulis surat lamaran pekerjaan secara manual atau ditulis tangan. Alasan yang paling banyak mengapa harus ditulis dengan tangan adalah pihak perusahaan akan menilai pribadi Anda dari tulisan tangan Anda. Apakah hal ini benar? Tentu saja hal ini tidak sepenuhnya benar dan tidak pula sepenuhnya salah. Baik tulis tangan maupun diketik sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Surat lamaran pekerjaan yang ditulis tangan akan mencerminkan sikap diri yang niat dan bersemangat untuk bergabung pada sebuah perusahaan. Pada tulisan tangan pun tidak ada istilah copy paste. Meskipun kalimat yang Anda tulis bukan kalimat sendiri, setidaknya Anda sudah berusaha untuk menuliskannya dengan tangan Anda sendiri. Akan tetapi, di sisi lain, surat lamaran pekerjaan yang ditulis tangan akan terlihat kuno dan jadul. Dua sisi ini perlu Anda perhatikan.

Lalu, untuk surat lamaran pekerjaan yang diketik, kelebihannya adalah akan terlihat lebih rapi dan bersih. Surat lamaran yang diketik juga mencerminkan pribadi yang sesuai dengan perkembangan zaman alias tidak kolot. Meskipun rentan copy paste, perusahaan akan mampu membedakan mana tulisan yang umum dan mana tulisan yang biasa-biasa saja. Membuat surat lamaran pekerjaan dengan cara diketik pun lebih mudah.

Lalu, mana yang paling baik antara surat lamaran kerja yang diketik atau yang ditulis tangan? Dengan mempertimbangkan perkembangan zaman yang sudah semakin modern, rasanya lebih relevan jika surat lamaran pekerjaan yang Anda buat adalah hasil ketikan komputer. Dengan demikian, tulisan pun akan mudah dibaca dan terlihat lebih rapi. Anda bisa menulis surat lamaran pekerjaan manual dengan tulisan tangan jika perusahaan memang mensyaratkan demikian. Jika tidak ada ketentuan surat lamaran pekerjaan harus ditulis tangan, sebaiknya jangan ditulis tangan.

Pada kesimpulannya, lebih baik surat tersebut diketik saja dengan komputer. Jangan berpikiran kuno dan tertutup untuk terus mempertahankan tradisi lama dengan menulis surat secara manual atau tulisan tangan.

Demikian adalah uraian panjang tentang surat lamaran pekerjaan yang perlu Anda perhatikan. Uraian ini menjadi info yang sangat penting bagi Anda yang sedang membutuhkan pekerjaan. Menulis surat lamaran pekerjaan memang tidak boleh asal. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti yang telah dijelaskan di atas, supaya Anda bisa membuat surat lamaran yang efektif dan perusahaan pun tertarik dengan diri Anda.

Ada banyak contoh surat lamaran pekerjaan yang tersebar di internet. Seperti contoh lamaran pekerjaan sederhana, contoh daftar riwayat hidup tulis tangan, contoh surat lamaran kerja bahasa inggris, cara membuat surat lamaran kerja di pabrik, contoh surat lamaran kerja sederhana, contoh surat lamaran kerja di rumah sakit, contoh resume lamaran kerja yang menarik, dan masih banyak lagi. Dan dari berbagai contoh yang ada, jangan terlalu terlihat Anda itu menjiplak. Anda harus mempunyai ciri khas sendiri dalam penulisan surat lamaran kerja. Beberapa hal yang telah disebutkan di atas diharapkan dapat membantu Anda dalam menyusun surat lamaran pekerjaan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.