Pengertian, Unsur, Hasil Karya, dan Teknik Seni Rupa

Pengertian, Unsur, Hasil Karya, dan Teknik Seni Rupa

Pengertian seni yaitu suatu bentuk karya seni yang berbahan dasar bahan-bahan yang bisa di lihat dan di raba, dengan kreativitas dan estetika keindahan bisa terbentuk.  Dalam bahasa inggris seni rupa di sebut dengan fine art. fine art biasanya di nilai  di nilai dari sebuah bentuk benda yang indah dan untuk fungsi benda tersebut tidak berpengaruh terhadap nilai jual bentuk karya seni rupa. Sejak zaman dahulu seni rupa sudah banyak di gemari oleh sebagian orang, tetap dulu seni rupa sendiri berbasis pada lukisan, seni grafis (gambar) dan patung. Namun demikian pada perkembangan zaman yang di iringi perkembangan teknologi seni rupa terus di kembangkan akhirnya muncullah bentuk seni baru salah  satunya adalah seni rupa berbentuk fotografi dan arsitektur.

Unsur-unsur fine art

Mungkin setelah kita faham tentang pengertian seni rupa kita di sini juga akan membahas tentang beberapa unsur-unsur fine art. Berikut adalah 8 unsur fine art

  1. Titik

Titik merupakan unsur seni rupa yang paling kecil dan sering di sebut juga dengan unsur yang paling dasar. Mengapa demikian karena segala ide karya seni rupa di mulai dalam suatu titik.membuat sebuah titik juga dapat di lakukan dengan berbagai fariasai salah satunya jarak, kita bisa membuat titik dengan berbagai jarak antara titik satu dengan titik yang lainnya entah itu sempit, lebar, ataupun sedang. Titik-titik tersebut bisa juga di padukan dengan beberapa warna yang akan menimbulkan suatu karya seni yang sangat bagus. Salah satu teknik seni rupa ini sering di sebut juga dengan teknik pointilisme.

  1. Garis

Garis termsuk ke dalam fine art 2 dimensi, sebenarnya garis merupakan sebuah gabungan dari beberapa titik. Garis memiliki sebuah dimensi memanjang dengan arah tertentu. Sebuah garis yang di bentuk akan di nilai sebagai sebuah watak dan ciri khas seperti keras, lentur, kaku, dan sebagainya dapat dijelaskan dengan baik hanya berdasar pada hasil karya seni itu. Garis yang dibentuk biasanya memiliki banyak jenisnya seperti lurus, panjang, pendek, vertikal, horizontal, dan lain sebagainya.

  1. Bidang

Bidang merupakan unsur fine art gabungan antara beberapa garis atau lebih tepatnya adalah unsur fine art yang di hasilkan dengan menghubungkan beberapa garis hingga terbentuklah sisi. Dalam fine art bidang juga memiliki yang namanya sisi, sisi ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Selain itu, berdasar dari bentuknya bidang dibagi atas bidang geometris dan bidang biomorfis. Yang memiliki sifat tak beraturan dan organis. Juga mempunyai unsur lebar seperti unsur isi dan volume.

  1. Bentuk

Unsur fine art berikutnya adalah bentuk. Unsur ini yang membuat fine art menjadi lebih nyata dan hidup. Unsur bentuk juga membuat suatu fine art menjadi lebih nikmat untuk di amati sebagai fine art yang utuh. Bentuk juga memiliki bermacam-macam bidang. Salah satu bentuk yaitu bentuk geometris dan bentuk non geometris. Contoh bentuk geometris adalah bentuk seperti balok, tabung dan kubus. Sedangkan contoh bentuk nongeoetris adalah bentuk seperti manusia, hewan, dan alam.

  1. Ruang

Terdapat sifat ruang dalam fine art yaitu semu dan nyata. Ke dua ruang ini sangat mudah sekali untuk di bedakan. Untuk sifat semu terdapat pada karya fine art 2 dimensi mengapa demikian?. Karena fine art dua dimensi merupakan seni rupa yang hanya berbentuk gambaran  saja. Sedangkan untuk sifat nyata terdapat pada karya seni rupa tiga dimensi mengapa demikian?, karena seni rupa tiga dimensi bersifat nyata dan dapat di rasakan secara langsung.

  1. Warna

Warna merupakan salah satu unsur seni. Warna sendiri dapat membuat suatu karya seni menjadi lebih hidup dan eksresif. Dengan mewarnai suatu karya seni, karya seni tersebut akan lebih menarik lagi dan akan lebih bagus di pandang. Dalam suatu teori warna warna di bedakan menjadi tujuh spektrum warna sedangkan dalam istilah seni rupa warna di bedakan menjadi 4 bagian dan di beri nama pigmen. Berikut adalah pengelompokan nama warna seni rupa atau pigmen.

  • Yang pertama adalah warna tersier. Warna tersier merupakan warna yang di hasilkan oleh pencampuran warna sekunder.
  • Yang ke dua yaitu deretan warna yang di peroleh dari pencmpuran warna skunder. Atau bisa di sebut juga dengan nama istilah seni rupa adalah warna analogus
  • Warna yang tidak dapat di campur dengan warna lain, contoh warna yang di maksud adalah merah, kuning, dan biru. Istilah warna tersebut dalam istilah warna dalam seni rupa adalah warna premier
  • Selanjutnya adalah warna yang bisa di peroleh dari campuran warna dasar lebih tepatnya adalah mencampur dua warna dasar dalam satu tempat tertentu. Contohnya adalah. Ungu, hijau, dan orange. Dalam istilah seni rupa warna tersebut ialah warna sekunder.

 

  1. Gelap terang

Unsur selanjutnya yang tergolong dalam usur seni rupa adalah unsur gelap terang. Unsur ini dapat menyebabkan sebuah karya seni rupa menjadi lebih nyata. Gelap terang suatu karya seni juga dapat mempengaruhi keindahan karsa seni tersebut. Contohnya terdapat suatu karya seni rupa berupa lukisan apabila kita memadukan warna yang tepat. Unsur ini juga dapat merubah suasana hati seseorang.

  1. Teksstur

Unsur terakhir yang tergolong ke dalam visual art atau seni rupa adalah tekstur. Teksur adalah sebuah keadaan yang di miliki suatu karya seni atau bisa di sebut juga sebagai kondisi akhir yang di miliki oleh sebuah karya seni. Di dalam seni rupa tekstur di bagi menjadi dua bagian yaitu tekstur semu dan tekstur nyata. Yang di sebut dengan tekstur semu adalah tekstur yang tidak dapat di lihat oleh mata tetapi dapat menampilkan kesan. Sedangkan yang di maksud dengan seni rupa tekstur nyata adalah tekstur yang dapat di lihat oleh in

Berikut adalah hasil karya seni rupa dua dimensi dan penjelasannya

Lukisan

lukisan
via : Merdeka

Karya seni rupa lukisan merupakan salah satu karya seni yang tergolong dalam fine art dua dimensi. Lukisan ini di buat dengan menggunakan media kanfas, kertas, dinding, dan lain-lain. proses pembuatan karya seni rupa yang satu ini biasanya dengan mengoleskan chat menggunakan kuas lukis dan peralatan lukis lainnya tterhadap media lukis tadi. Hal tersebut di lakukan hingga menghasilkan ambar yang di inginkan oleh si pelukis.

Kaligrafi

kaligrafi
via : Thegorbalsla

Sama dengan lukisan kaligrafi juga termasuk ke dalam jenis fine art yang dua dimensi. Media untuk membuat kaligrafi biasanya menggunakan kain kanfas, dinding, kayu, bahkan ada juga kaligrafi yang menggunakan media kuningan untuk menghasilkan sebuah karya yang sangat indah dan menarik perhatian banyak orang. Salah satu seni rupa berupa kaligrafi adalah kaligrafi sufi yang sangat terkenal sekali. Biasanya kaligrafi ddapt kita jumpai di masji-masjid mengapa demikian, karena kaligrafi adalah bentuk ekspresi keagamaan dan budaya islam. Tak heran jika karya yang satu ini sering berbentuk tulisan yang berbahasa arab.

Gambar

gambar
via : Kaka Visual

selanjutnya adalah gambar. Gambar sendiri biasanya lebih menekankan keoada unsur gsris, aspek kegunaan, dan unsur bentuk. Bisanya gambar sendiri tidak menggunakan aspek ekspresi. Sebagian besar gambar di gunakan untuk kepentingan tersendiri contohnya untuk dekoras, desin, arsitektur dan masih banyak sekali gambar-gambar yang sangat bermanfaat bagi kita. Dengan menggambar menjadikan hasil karya seni rupa yang kita buat akan lebih nyata.

Poster

Poster merupakan karya dua dimensi yang sering di gunakan untuk mempromosikan suatu iklan. Tidak hanya itu poster juga dapat di gunakan untuk memberikan suatu informasi. Kebanyakan informasi yang terdapat di dalam poster berisi tentang ajakan ataupun pesan propaganda. Oh iya untuk pembuatan poster sendiri di buat di atas kertas.

Seni fotografi

forografi
via : IDN Times

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih seni fotografi semakin banyak di minati oleh masyarakat khususnya oleh anak muda yang suka berfoto. Kamera menjadi alat untuk menghasilkan suatu karya seni fotografi yang sangat indah. Tidak hanya itu perkembangan teknologi pada zaman sekarang sudah semakin berkembang pesat, tidak hanya kamera digital yang dapat menghasilkan foto bagus. Tetapi handphone genggam kitapun dapat menghasilkan foto yang sangat bagus karena pada zaman sekarang telah banyak hp android yang memiliki kamera yang sangat canggih. Hal ini dapat di manfaatkan oleh sebagian besar orang untuk mengeksplorasikan diri kapanpun dan dimanapun menggunakan kamera tersebut.

Seni mozaik

mozaik
via : rebanas.com

Seni mozaik terdengar sangat asing bagi sebagian orang tetapi bagia orang pencinta seni rupa dua dimensi nama mozaik tentuk tidak akan asing lagi. Seni mozaik merupakn karya seni yang menggunakan media benda yang di susun dan menghasilkan wujud tertentu. Benda-benda yang di susun taadi tidak hanya di susun sembarangan tetapi disusun dengan rapi sehingga menghasilkan bentuk yang di inginkan. Bentuk tersebut tentunya memiliki nilai estetika yang tinggi. Sebagian besar bahan yang di gunakan untuk menggunakan seni mozaik adalah keramik, pecahan kaca, kulit telur, serpihan kayu dan yang lainnya.

Teknik seni rupa dua dimensi

Memang tidak mudah untuk membuat seni rupa dua dimensi. Membutuhkan pikiran dan teknik tertentu untuk menghasilkan suatu karya seni yang menarik dan sangat indah untuk di lihat. Berikut adalh teknik-teknik khusus yang harus di pelajari sebelum membuat seni rupa dua dimensi agar hasil karya seni kita maksimal

  • Teknik transparan

Teknik yang satu ini biasanya di pakai pada saat melukis atau menggambar pada suatu objek tertentu. Kenapa di bilang teknik transparan karena pada kenyataannya pada saat melukis banyak yang menggunakan teknik ini dengan cara menggynakan cat air namun hanya menggores sedikit cat tersebut ke kanfas sehingga terlihat seperti transparan.

  • Teknik kolase

Teknik kalose merupakan teknik yang mengandalkan bahan dasar sebuah kertas yang di potong dan di tempelkan pada sebuah objek tertentu dan susunan kertas tersebut akan membentuk sebuah lukisan yang indah. Biasanya kebanyakan hasil karya yang menggunakan teknik kolase ini di sebut dengan mozaik. Dengan menggunakan teknik kolase kida dapat menghasilkan sebuah lukisan yang terbuat dari potongan kertas yang abstrak atau realis.

  • Teknik melipat, menghitung, dan merekat (3M)

Teknik yang satu ini adalah sebuah teknik yang juga mengandalkan ahan utamanya yaitu kertas. Beberapa lembaran kertas akan di manipulasi dan di rangkai menjadi sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah karya seni dua dimensi.

Beberapa contoh hasil karya seni rupa 3 dimensi

Patung

Patung merupakan karya seni tiga dimensi yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Dari zaman dahulu patung karya seni rupa ini sudah ada. Di indonesia patung banyak sekali di jumpai salah satu contonya adalah patung yang terdapat pada candi-candi peninggalan sejarah. Hal ini membuktikan bahwa patung sudah ada sejak ber abad abad yang lalu. Sampai sekarang karya seni rupa 3 dimensi berupa patung ini masih banyak di gemari oleh pencinta seni rupa. Patung sendiri terbuat dari media batu, logam, dan kayu. Proses pembuatannya adalah dengan memahat dari segala arah mata memandang. Biasanya orang membuat patung kebanyakan berbentuk mirip dengan manusia, hewan, dan bentuk lainnya. Pada dasarnya patung di bagi menjadi dua yaitu

  1. Zone bosse – patung yang berdiri sendiri tanpa bantuan apapun di sebelah kanan dan kirinya
  2. Relief – biasanya patung enis ini menempel pada dinding. Kebanyakan patung jenis relief ini menggambarkan sebuah dongeng atau cerita. Salah satu conoh patung jenis relief di indonesia terdapat pada candi prmbanan lebih tepatnya berada pada candi shiwa dan candi brahma yang menceritakan raingkaian adegan ramayana.

Sementara itu relief sendiri di bagi menjadi tiga jenis yaitu

  1. Damirelief : relif yang satu ini hanya menampilkan stengaj dari bentuk aslinya
  2. Baserelief : Relief yang menampilkan bentuk yang kurang dari setengah bentuk aslinya
  3. Hautrelief : relif selanjutnya adalah heutrelief, relif yang satu ini adalah relief yang sama persisi dengan bentuk aslinya

Keramik

keramik
via : SENI RUPA

Karya fine art keramik merupakan seni yang tergolong sebagai kerajinan 3 dimensi. Seni keramik sendiri juga termasuk ke dalam kerajinan tradisonal. namun seiring ber jalannya waktu kerajinan keramik terkena dampak moderenisasi. Kerajinan yang satu ini merupakan kerajinan yang berbahan dasar tanah liat dan di olah dengan berbagai macam proses sehingga menjadikan tanah liat tersebut menjadi kerajinan keramik yang sangat bagus dan unik. Ada beberapa proses yang harus di lakukan yaitu proses dipijir, butsir, pilin sampai pembakaran dan glasir. Tanah liat memang sangat sulit untuk di buat kerajinan, butuh keahlian khusus untuk membuatnya sebab tanah liat mempunyai sifat yang plastis. Harga jual kerajinan ini masih sangat tinggi loh, terbukti masih banyak orang yang mau mengeluarkan uang banyak untuk mengoleksi kerajinan keramik . membuat kerajinan pasti membutuhkan alat dan bahan begitu juga dengan membuat kerajinan keramik.berikut adalah alat dan bahan yang di butuhkan saat proses pembuatan kerajinan seni rupa keramik.

  • Bahan keramik oksida: basa-posta felsper, soda abu dan batu kapur
  • Bahan tambahan: senyawa cobalt, senyawa besi, senyawa nikel, senyawa chrom
  • Bahan perekat: gum
  • Bahan penutup: oksida sirkon dan oksida seng
  • Bahan keramik pengikat: ball clay, kaolin, fire clay dan red clay
  • Bahan keramik pelebur: kapur dan felsper
  • Bahan keramik pengisi: silika grog (samot)
  • Bahan pelebur: asam borat, Na2CO3, K2CO3, BaCO3, Pb3O4, dan borax
  • Bahan opacifer: SnO2 dan ZrO
  • Bahan keramik pengisi: silika grog (samot)
  • Bahan keramik tambahan: water glass, pyrophilit, dan talk
  • Bahan keramik mentah glasir: bahan keramik yang melalui proses pembakaran dengan suhu tertentu
  • Bahan keramik SiO2: pasir kuarsa, lempung dan felspar

kriya

kriya
via : RomaDecade

karya seni kriya merupakan salah salah satu karya seni yang menggunakan hand skil atau bisa di sebut juga dengan keterampilan tangan dan memperhatikan segi keindahan. Karya seni kriya sering di gunakan sebagai dekorasi. Oh iya seni kriya juga termasuk ke dalam seni terapan nusantara. Kriya juga memiliki berbagai macam jenis contohnya adalah seni kriya kayu, seni kriya kramik, seni kriya tekstil, seni kriya batu, seni kriya kulit, dan seni kriya logam. Seni kriya memang sangat populer sekali di lingkungan masyarakat indonesia bahkan di sekolah SMKN05 malang telah di buka jurusan kriya kayu, kriya kramik. Dan kriya tekstil. Hal ini di lakukan agar anak muda di indonesia tidak hanya tau tentang teknologi IT saja tetapi harus mengerti dan tahu bahwa kerajinan tangan akan lebih membuat orang berfikir kreatif.

Teknik seni rupa tiga dimensi

  1. Teknik mozaik

Teknik mozaik adalah teknik yang dilakukan dimana kita menempelkan bahan atau benda tertentu. Dan menyusunnya secara rapi sehingga membentuk suatu lukisan yang sangat indah. Biasanya yang sering di lakukan oleh banyak orang adalah menempelkan kertas ke suatu objek hingga membentuk lukisan yang di inginkan. Walaupun tidak hanya kertas yang dapat di buat sebagai bahan utamanya, ada bahan utama lain seperti kulit telur, pecahan kaca, dan lain sebagainya.

  1. Teknik merakit

teknik merakit adalah teknik membuat suatu karya fine art dengan menggabungkan beberapa bahan sehingga menghasilkan suatu karya seni yang unik. Cara tersebut dinamakan merakit dan hasil rakitannya di sebut dengan rakitan. Cara merakit bahan tersebut ada banyak macamnya contoh kecil dengan cara mengelas, di sekrup, dipatri, dan masih banyak cara-cara yang lain.

  1. Teknik aplikasi

 

Teknik aplikasi sering di gunakan dalam menjagit pakaian.  Penjahit akan menempelkan potongan kain atau gambar yang berbahan dasar kain ke kain lain. hal ini bertujuan agar kain tersebut terlihat lebih indah dan menarik.

  1. Teknik pahat

suatu karya seni yang di bentuk dengan membuang bahan yang tidak dapat di gunakan. Bahan dasar bahan dasar yang di gunakan untuk teknik pahat sendiri biasanya berbahan dasar keras seperti batu, kayu, gips, logam, dan bahan yang lain. alat yang di gunakan untuk teknik pahat sendiri adalah martil, kikir, dan alat pahat lainnya.

  1. Teknik cor atau menuang

Teknik ini memanfaatkan bahan cair untuk bahan utamanya. Cara membuatnya adalah dengan cara menuangkan bahan cair tersebut ke dalam suatu cetakan setelah itu di diamkan sampai megeras. Setelah mengeras bahan lalu di keluarkan dari dalam cetakan tadi. Banyak bahan yang dapat di gunakan untuk melakukan teknik cor atau teknik menuang ini salah satunya adalah semen. Semen biasanya di gunakan untuk mengecor dan membuat jalan. Tidak hanya itu seman juga dapat di buat sebagai hiasan dinding yang sangat unik dan menarik.

Perbedaan seni rupa dua dimensi dengan tiga dimensi

fine art dua dimensi

  • Memiliki koordinat x dan y
  • Tidak memiliki efek dari cahaya
  • Frame memiliki layar yang terbatas
  • fine art dua dimensi hanya dapat di lihat dari satu arah yaitu dari arah depan dan arah belakang
  • Kombinasi warnanya tidak terlalu banyak
  • Memiliki dua ukuran yaitu panjang dan lebar

fine art tiga dimensi

  • Memiliki koordinat x,y dan z
  • Frame memiliki efek yang luas
  • fine art tiga dimensi dapat di nikmati dari berbagai arah atas, bawah, kanan, kiri, depan maupun belakang.
  • Pada seni rupa tiga dimensi terdapat warna yang sangat banyak dan kompleks dan terdapat gradasi-gradasi warna juga.
  • Memiliki tiga ukuran yaitu panjang, lebar, dan tinggi

Seni rupa berdasarkan masanya terbagi menjadi tiga yaitu

  1. fine art tradisional

Karya fine art tradisonal merupakan salah satu karya seni yang banyak tersebar di indonesia. karya ini di hasilkan dari suatu pola. Pada kenyataannya seni rupa tradisional bersifat statis atau tidak berubah rubah di karnakan karena seni rupa tradisional adalah warisan turun temurun dari generasi ke generas. Hal ini yang menyebabkan corak dan bentuk atau yang lain dari karya seni ini tidak banyak berbah.

  1. fine arta modern

fine art modern merupakan seni rupa yang di hasilkan dari kreatifitas. Namanya juga berkreatifitas kita harus menghasilkan hal yang baru dan yang belum pernah ada sebelumnya. Seni rupa ini bersifat individualis karena seni rupa modern sangat terkenal dengan mengandalkan krativitas berbeda dengan seni rupa tradisional yang tidak akan berubah-ubah karena itu adalah warisan leluhur dan sudah turun-menurun dari generasi ke generasi. Tidak hanya itu deni rupa modern bisa mengalami perubahan corak yang sangat mencolok tergantung individu tadi. Contoh hasil karya seni rupa modern adalah lukisan.

  1. fine art konteporer

Seni rupa konteporer merupakan karya seni yang ada pada saat waktu diciptakannya karya seni tersebut. Seni rupa konteporer sering di sebut dengan seni rupa kekinian memang kenyataannya seni ini adanya pada saat tertentu saja dan selalu di angkat dari kondisi dan situasi seniman itu sendiri.

Seni rupa berdasarkan fungsinya di bagi menjadi dua bagian yaitu:

  1. Seni rupa terapan = merupakan karya seni yang sangat membantu masyarakat. Mengapa demikian karena hal ini di sebabkan oleh seni rupa terapan sesuai dengan kebutuhan mas-yarakat sehari-hari. seperti senjata, keramik, rumah, dan lain-lain.
  2. Seni rupa murni = merupakan karya seni yang diciptakan tidak memiliki tujuan tertentu, dihasilkan dari ide senimannya dan mengutamakan keindahan.

Seni rupa sendiri di bagi menjadi dua bagian yaitu seni rupa ,urni dan seni rupa terapan. Berikut ini adalah pengertian keduanya:

  • Pengertian fine art murni

Karya fine art murni adalah sebuah karya yang benar-benar murni dan berfungsi sebagai pengindahan dan meningkatkan rasa kesukaan. Kegunaan seni rupa murni bagi manusia sendiri adalah Cuma sebagai pajangan saja dan hannya sebagai ketertarikan seseorang saja. Contoh karya seni rupa murni adalah kalihgrafi, patung, relief, dan lukisan.

  • Pengertian seni rupa terapan

Berbeda dengan fine art murni, seni rupa terapan sendiri tidak hanya berfokus terhadap nilai-nilai keindahan atau estetika saja namun seni ini juga mementingkan nilai praktis atau kegunaan dari suatu karya seni tersebut. Semua yang ada di dalam sebuah seni tersebut harus memiliki kegunaan bagi manusia itu sendiri. Seni inni menyatu ke dalam benda-benda yang dapat di gunakan atau di butuhkan mausia sehari-hari. Contoh seni rupa terapan antara lain adalah rumah, busana, seni karya, dan rumah.

Sekian artikel dari kami apabila ada penulisan kata yang kurang pas dan kurang baik kami mohon maaf sebesar-besarnya karena kesempurnaan hanya milik allah semata. Dan jangan lupa baca juga artikel-artikel yang lain dari kami yang insyaallah bermanfaat hanya di panjanglebar.com