Model Desain Rumah Minimalis

Model Desain Rumah Minimalis

Rumah Minimalis – Konsep rumah minimalis menjadi salah satu  yang paling diminati di era modern ini, terlebih di kota-kota besar. Ketersediaan lahan di kota besar sudah sangat minim. Oleh karena itu, siapa pun yang ingin membangun rumah di daerah perkotaan harus berpikir dengan cerdas bagaimana memanfaatkan lahan dengan semaksimal mungkin. Dalam hal ini, rumah model minimalis menjadi solusi atas lahan yang sempit. Uraian ini akan membahas dengan tuntas mengenai bagaimana desain rumah minimalis sederhana type 36, desain rumah minimalis 1 lantai 3 kamar tidur, dekorasi depan rumah, denah rumah minimalis 1 lantai ukuran 8×12. Dan bagaimana model rumah minimalis yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Dan dibawah ini adalah contoh desain interior rumah minimalis.

Rumah model ini juga sudah banyak dilirik oleh para pengembang perumahan. Rumah model minimalis bisa dibangun dengan satu lantai maupun dua lantai. Rumah satu lantai cocok untuk keluarga kecil. Rumah satu lantai model minimalis sederhana bisa dibangun dengan dua kamar atau tiga kamar bergantung dengan kebutuhan Anda. Untuk Anda yang ingin rumah dengan ruangan yang sedikit lebih besar, Anda bisa membuat rumah berkonsep minimalis dengan dua lantai. Dan disini saya juga akan menunjukkan tentang gambar rumah minimalis 2 lantai, denah rumah minimalis 2 kamar,  dan gambar konsep rumah minimalis. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak uraian lengkapnya berikut ini.

Persiapan Sebelum Membangun Rumah Minimalis

Persiapan Sebelum Membangun Rumah Minimalis
Sumber unsplash

Membangun rumah memang tidak semudah membeli sesuatu di mall. Perlu perencanaan yang matang terkait keuangan, konsep rumah, dan lain sebagainya. Membangun rumah minimalis pun perlu persiapan yang matang. Hal-hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membangun rumah modern minimalis adalah sebagai berikut.

Rencana Keuangan

Biaya membangun rumah tidak hanya seratus atau dua ratus ribu. Membangun rumah membutuhkan uang yang lebih banyak. Oleh karena itu, perencanaan keuangan menjadi hal yang paling dasar yang harus Anda perhatikan sebelum membangun rumah. Jika Anda tidak cukup matang dalam menyiapkan keuangan, bisa jadi rumah yang sedang Anda bangun malah tidak selesai-selesai. Pembangunan rumah mungkin selesai, tetapi pagar rumah belum terbeli karena dana yang dipersiapkan sudah habis. Hal mengecewakan ini tidak akan terjadi jika Anda telah merencanakan keuangan dengan matang sebelumnya.

Berkaitan dengan rencana keungan ini, sebaiknya Anda membuat dua rencana keuangan. Hal ini dianggap cukup penting karena bisa jadi perencanaan Anda tidak mulus. Harba bahan bangunan tidak pernah pasti, bisa naik atau turun. Jika Anda hanya membuat satu rencana saja, dikhawatirkan apa yang Anda rencanakan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Ketika membuat rencana keuangan, jangan lupa untuk survey harga-harga material yang Anda butuhkan.

Gambar Denah Rumah

Gambar Denah Rumah
Sumber unsplash

Sebuah rumah membutuhkan denah sebagai dasar untuk membangun rumah. Denah rumah sebaiknya dikerjakan sedetail mungkin agar tukang bangunan bisa membaca denah yang Anda buat. Untuk rumah minimalis, gambar denah rumah banyak tersebar di internet. Gambar desain rumah minimalis ini bisa dijadikan inspirasi Anda rumah yang akan Anda bangun. Buatlah denah sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Jika Anda tidak mampu membuat denah rumah sendiri, Anda bisa mendiskusikannya dengan arsitek pilihan Anda.

Mencari Pekerja

Setelah rencana keuangan selesai dan denah rumah minimalis sudah berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah semangat mencari pekerja. Tukang-tukang profesional memang banyak. Akan tetapi, untuk membangun rumah impian Anda, sebaiknya Anda tetap harus selektif mencari pekerja. Jangan sampai tukang yang Anda percaya malah mengorupsi uang Anda. Bangunan rumah memang selesai dikerjakan, tetapi materialnya adalah material abal-abal sehingga mudah rusak. Berkaitan dengan hal ini, Anda bisa meminta saran atau pendapat dari kerabat dekat Anda yang pernah membangun rumah. Siapa kira-kira pekerja yang cocok untuk membangun rumah Anda.

Dalam proses mencari pekerja ini, hal yang perlu juga Anda perhatikan adalah apakah Anda ingin membangun rumah dengan prinsip borongan atau harian. Borongan berarti sistem pembayarannya dilakukan per proyek, misalnya untuk satu rumah, Anda akan membayar sebesar 200 juta dan pekerjaan harus selesai dalam waktu tiga bulan. Anda tinggal mempercayakannya kepada tukang Anda. Berbeda dengan konsep harian yang berarti Anda harus menggaji tukang Anda per harinya. Dalam hal ini, pikirkan baik-baik prinsip kerja seperti apa yang kira-kira terbaik untuk Anda.

Cari Material

Meskipun memilih pekerjaan rumah dengan prinsip borongan, bukan berarti Anda lepas tanggung jawab dalam hal mencari material. Anda tetap harus mengawasi pekerja Anda dalam mencari material. Jika dana yang sudah Anda berikan cukup banyak tetapi material untuk membangun rumah adalah material murah, tentu Anda akan merugi. Oleh karena itu, cari material sendiri tetap menjadi hal penting agar proses pembangunan rumah minimalis Anda sesuai dengan harapan dan keinginan Anda. Proses mencari material ini bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan Anda.

Empat hal di atas menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebelum proses pembuatan rumah minimalis. Dengan memperhatikan beberapa prinsip di atas, rumah impian yang selama ini Anda idam-idamkan dapat dibangun dengan sempurna. Anda bersama keluarga pun bisa tinggal dengan nyaman di dalam rumah yang Anda bangun sendiri.

Apakah Anda masih memiliki kendala lain dalam rencana membangun rumah? Jika kendala Anda adalah luas halaman yang terlalu kecil, sebenarnya Anda bisa dengan mudah mengatasinya dengan rumah minimalis. Anda tentu sudah paham dengan konsep rumah semacam ini. Rumah minimalis berusaha untuk membuat ruangan yang kecil terlihat lebih luas. Dalam hal ini, Anda perlu benar-benar memahami bagaimana konsep minimalis jika diaplikasikan dalam sebuah konsep rumah. Simak saja ulasannya berikut ini.

Cara Cerdas untuk Membuat Rumah yang Kecil Terlihat Lebih Luas

Cara Cerdas untuk Membuat Rumah yang Kecil Terlihat Lebih Luas
Sumber unsplash

Selain beberapa persiapan membangun rumah, ada hal-hal lain yang harus Anda perhatikan saat membangun rumah model minimalis. Luas halaman yang terbatas harus ditata sedemikian rupa agar terlihat lebih berguna dan lebih luas. Jika Anda memilih rumah minimalis, semua ruangan harus tertata rapi dengan konsep yang benar agar terlihat lebih luas dan fungsional. Berkaitan dengan hal ini, ada cara cerdas membuat rumah yang kecil terkesan lebih luas dengan model rumah minimalis. Seperti pada gambar diatas yang menunjukkan sebuah gambar ruangan rumah minimalis mewah dan bentuk dalam rumah. Dan untuk kelanjutannya, Simak saja uraiannya berikut ini.

Rancang kebutuhan ruangan

Merancang kebutuhan ruangan dilakukan sebelum Anda membuat denah rumah. Dalam hal ini, Anda harus memikirkan terlebih dahulu ruangan apa yang akan Anda hadirkan dalam rumah Anda, berapa jumlah kamar tidurnya, kamar mandi, dapur, dan lain sebagainya. Jika kebutuhan ruangan tidak mencukupi untuk dijadikan satu lantai, maka pilihan terbaiknya adalah membangun rumah minimalis dengan dua lantai. Selain jumlah ruangan, kebutuhan akan furniture juga harus Anda perhatikan. Hal ini akan mempermudah Anda dalam membangun rumah.

Konsultasi dengan ahli desain

Sebaik apa pun Anda dalam mengonsepkan sebuah rumah, Anda yang masih awam tetap membutuhkan seorang ahli desain untuk membangun rumah minimalis impian Anda. Hal inilah yang mungkin sering diabaikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbekal gambar rumah minimalis di Internet, mereka dengan PD nya mengkonsepkan sebuah rumah. Padahal, sebagai orang yang masih awam, mendesain rumah tidak semudah yang terlihat. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika mendesain rumah. Berkonsultasi dengan ahlinya adalah pilihan yang tepat. Memang akan ada biaya tambahan, tetapi itu tidak masalah asal rumah impian anda bisa berdiri dengan megah dan sesuai harapan.

Buang barang yang tidak perlu

Ruangan kecil akan terlihat lebih sempit jika ada banyak barang di dalamnya. Oleh karena itu, dalam rumah minimalis, tidak dianjurkan ada banyak barang di dalamnya. Buang barang-barang yang tidak perlu. Buatlah sebuah ruangan yang lega tanpa barang-barang tidak penting. Furniture yang ada dalam setiap ruangan sebaiknya adalah furnitur-furnitur multi fungsi sehingga dapat memaksimalkan ruangan. Lebih baik, Anda jual furnitur yang berlebihan tersebut untuk membeli satu furnitur yang lebih mendukung konsep rumah Anda.

Gunakan warna-warna yang cerah

Warna-warna yang cerah akan membuat rumah Anda terkesan lapang dan lebih luas. Jika memungkinkan, Anda juga bisa membuat beberapa kombinasi warna untuk membuat ruangan rumah minimalis terlihat lebih luas. Carilah ide lewat gambar rumah minimalis yang tersebar di internet atau konsultasikan dengan mereka yang ahli. Anda juga bisa menggunakan karpet model warna-warni untuk menutup bagian lantai yang polos. Dalam memilih warna, pastikan di setiap ruangan memiliki warna-warna yang harmonis dan terkonsep.

Jendela

Dalam rumah minimalis, kehadiran jendela menjadi semacam hal yang cukup mutlak. Jendela model besar di sisi-sisi rumah akan membuat ruangan tersebut terlihat lebih luas. Selain itu, kehadiran jendela juga menjadi akses masuknya cahaya dan udara sehingga sirkulasi udara di dalam rumah akan tetap terjaga. Dengan adanya jendela, rumah Anda akan sedikit menghemat energi karena tidak harus selalu menyalakan lampu. Jadi, jika Anda menginginkan desain rumah minimalis baik dan sehat, pastikan setiap ruangan disertai dengan jendela dengan berbagai konsep.

Jadilah lebih kreatif

Untuk membuat rumah model minimalis, tingkat kreativitas Anda memang menjadi hal yang paling diandalkan. Anda harus bisa mengatasi luas ruangan yang terbatas untuk menjadi ruangan yang terkesan lebih luas dan tertata. Silahkan gunakan furniture atau aksesoris yang kreatif untuk setiap ruangan dalam rumah sehingga suasana rumah akan terlihat lebih indah sekaligus nyaman.

Gambar Rumah Minimalis Satu Lantai

Gambar Rumah Minimalis Satu Lantai
Sumber unsplash

Rumah minimalis satu lantai menjadi salah satu model rumah modern yang banyak dikembangkan. Alasannya cukup sederhana, rumah dengan satu lantai akan menghemat anggaran pembangunan rumah. Asalkan Anda cukup kreatif dalam membangun rumah, satu lantai pun cukup untuk keluarga kecil Anda.

Ada banyak konsep rumah minimalis dengan satu lantai, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. sebagian besar rumah dengan satu lantai ini memiliki dua kamar tidur utama yang cukup untuk keluarga kecil Anda. Dalam rumah model minimalis satu lantai bergaya modern, terdapat jendela-jendela yang cukup besar di setiap sisi rumah untuk membuat ruangan yang kecil terlihat lebih besar. Jendela ini nantinya juga berfungsi sebagai akses masuknya cahaya matahari dan udara sehingga rumah akan tetap sehat dan tidak sumpek.

Untuk membuat rumah terlihat lebih asri dan sehat, sediakan lahan kecil di depan rumah sebagai taman kecil untuk mempercantik rumah Anda. Taman kecil ini akan menjadikan rumah Anda lebih indah dan tertata. Tak perlu lahan yang luas, cukup buat taman dengan luas 2 x 1 m saja. Tanami dengan rumput hijau dan beberapa bunga kesukaan Anda. Jika memungkinkan, tambahkan semacam kolam ikan mini untuk memperkuat kesan asri pada rumah minimalis Anda.

Agar rumah minimalis Anda tetap aman dari tangan-tangan jahil, jangan lupa untuk membuat pagar di depan rumah Anda. Selain dapat meningkatkan keamanan dalam rumah, pagar pada rumah model minimalis juga dijadikan sebagai pendukung konsep minimalis modern. Sebaiknya, pilihlah pagar dengan model yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu tinggi agar kesan minimalisnya bisa lebih terlihat.

Gambar Rumah Minimalis Dua Lantai

Gambar Rumah Minimalis Dua Lantai
Sumber unsplash

Jika luas lahan yang akan dibangun rumah terlalu sempit untuk menampung keluarga tercinta Anda, tak ada pilihan lain selain membuat rumah minimalis dengan dua lantai. Lantai pertama bisa diaplikasikan untuk kamar tamu dan beberapa ruangan pendukung, sementara lantai atas bisa dijadikan sebagai kamar tidur dan ruang ngumpul asyik bersama keluarga. Dengan rumah dua lantai, Anda bisa lebih leluasa menata ruangan jika memang kebutuhan ruangan Anda banyak.

Rumah model minimalis dua lantai memang membutuhkan dana yang lebih banyak dalam proses pembangunannya. Oleh karena itu, pastikan Anda mempunyai dana yang cukup ketika memutuskan untuk membangun rumah dengan dua lantai. Gambar-gambar rumah minimalis ini bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk membangun rumah impian Anda.

Salah satu kelebihan dari rumah model minimalis dua lantai adalah dapat memenuhi kebutuhan ruangan yang cukup banyak untuk keluarga Anda. Ruangan pun bisa ditata dengan sedemikian rupa sesuai kreasi Anda. Anda pun bisa menjadi lebih kreatif dalam hal menata rumah impian Anda.

Konsultasi Pembangunan Rumah Minimalis Modern

Konsultasi Pembangunan Rumah Minimalis Modern
Sumber unsplash

Rumah konsep minimalis modern memang menjadi salah satu model rumah yang banyak diaplikasikan di era modern ini. Seperti yang telah dijelaskan di atas, semakin ke sini, ketersediaan lahan semakin sempit dan seakan tidak cukup untuk memenuhi permintaan lahan semua orang. Agar setiap ruangan sempit bisa lebih bermanfaat, Anda tentu membutuhkan rumah model minimalis ini. Bagi sebagian besar orang, rumah seperti ini terlihat lebih menarik dan lebih modern. Tak heran jika banyak orang mulai memilih untuk membangun rumah semacam ini.

Dalam proses pembangunannya, Anda yang masih awam membutuhkan jasa konsultasi pembangunan. Arsitek-arsitek andal memang dibutuhkan untuk memberikan inovasi terbaru dalam rumah konsep minimalis. Anda yang merasa masih awam harus belajar dari para ahli agar rumah impian Anda bisa terbangun dengan baik. Meskipun membutuhkan biaya lebih banyak, jasa konsultasi ini akan memberikan sumbangsih yang besar dalam proses pembangunan rumah.

Tak perlu merasa ribet dalam memilih jasa konsultasi rumah. Teknologi modern seperti internet akan memudahkan Anda pada proses pembuatan rumah. Anda tinggal mencari arsitek pilihan Anda melalui media internet. Jika Anda jeli, banyak sekali arsitektur andal yang menawarkan jasanya dengan media internet. Dengan demikian, Anda tidak akan repot dalam memilih tenaga ahli untuk mendesain rumah konsep minimalis Anda.

Demikian adalah penjelasan lengkap mengenai rumah minimalis modern yang mungkin Anda butuhkan. Beberapa gambar, desain, dan penjelasan dalam tulisan ini semata-mata diuraikan untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencari info terkait rumah model minimalis. Perlu pemahaman yang dalam saat seseorang ingin membuat rumah dengan konsep tertentu. Semoga informasi panjang lebar ini dapat bermanfaat untuk Anda. Nantikan berbagai informasi menarik lainnya hanya di situs web ini.