Cara Membuat Pupuk Kompos

Pupuk kompos adalah sejenis pupuk organik yang memainkan peran penting dalam pertanian organik yaitu untuk menjaga tanah agar tetap subur.Cara membuat pupuk  kompos juga jauh lebih mudah daripada yang Anda bayangkan. Anda bisa membuatnya dengan bahan sampah rumah tangga serta daun kering yang ada disekitar lingkungan Anda.

Kompos dapat digunakan di kebun, lanskap, hortikultura, dan pertanian. Selain itu, kompos juga digunakan dalam pertanian untuk lahan yang telah benar-benar gogos dan tidak dapat lagi tumbuh vegetasi. Hal ini dapat dilakukan karena kompos memiliki manfaat untuk pengendalian erosi, reklamasi lahan dan sungai, serta konstruksi lahan basah.

Pengertian Pupuk Kompos

Cara membuat pupuk kandang
via : Info Argibisnis

Kompos adalah campuran bahan organik seperti daun, limbah makanan, dan air untuk dispisahkan oleh organisme dalam periode waktu yang telah ditentukan. Agar bisa bekerja dengan baik, kompos membutuhkan konsentrasi air, oksigen, karbon, dan nitrogen yang seimbang. Rasio yang tepat memungkinkan organisme pengurai dapat  bekerja lebih cepat.

Bahan utama dari pupuk kompos adalah bahan hidup (alami) dan zat pemisahnya.Teknologi untuk membuat pupuk kompos pun cukup sederhana. Selain itu, pupuk kompos juga mudah dibuat, seperti mendaur ulang sampah organik.

Cara pembuatannya yang tidak terlalu sulit membuat semua orang dan kalangan bisa membuatnya.Baik dalam rasio kecil seperti untuk pekarangan rumah maupun rasio besar seperti pertanian. Selain itu, Anda juga juga harus mengetahui jika pupuk kompos memiliki beberapa jenis. Ragam jenisnya dapat dibedakan dari tiga aspek.

Aspek pertama yaitu dilihat dari proses pembuatannya, ada kompos anaerob dan aerob. Kemudian, dilihat dari dekomposernya, ada yang memanfaatkan aktivitas makroorganisme dan menggunakan mikroorganisme. Yang terakhir, dilihat dari bentuknya, ada yang padat dan juga ada yang cair.

Apakah anda mengetahui bahwa kompos dapat membuat tanah menjadi gembur? Oleh karena itu,kompos sangat pantas digunakan sebagai media akar tanaman untuk tumbuh. Selain itu, pupuk kompos juga menyediakan nutrisi bagi tanaman. Cara pupuk kompos bekerja adalah dengan memperbaiki struktur kimia, biologi, dan fisik tanah.

Namun sisi buruknya adalah masih banyak beberapa petani yang menggunakan pupuk semprot (non alami).Hal ini dikarenakan,petani atau pembudidaya tanaman yang kurang mengetahui cara membuat pupuk kompos yang benar dan tepat.Sehingga,pupuk kompos jarang digunakan karena faktor tersebut

Apa itu Dekomposer

via :Tribunnews.com

Sebelum masuk ke jenis jenis pupuk kompos Anda harus juga mengetahui apa itu dekomposer dan fungsinya bagi tanah.

Dekomposer atau Mikrobiologi adalah organisme yang memakan organisme mati dan produk-produk limbah dari organisme lain. Dekomposer atau Pengurai membantu siklus nutrisi kembali ke ekosistem. Beberapa contoh dekomposer adalah serangga, cacing tanah dan bakteri.Dekomposer dapat memecah sel-sel organime lain menggunakan reaksi biokimia yang mengubah ke jaringan organisme mati menjadi senyawa kimia metabolik. Tanpa menggunakan pencernaan dalam.

Populasi mikroba tanah dibagi menjadi tiga jenis yaitu alga biru atau hijau, fitoplankton, bakteri, cendawan, dan aktinomisetes. Pada permukaan dan lapisan olah tanah mencapai puluhan juta setiap gram tanah. Yang merupakan bagian lengkap dan pembentuk kesuburan tanah pertanian.

Proses daur ulang secara alamiah di permukaan dan lapisan olah tanah yang sangat penting. Bagi kegiatan pertanian tidak terjadi tanpa aktivitas mikroba.Manfaat mikroba dalam usaha pertanian belum disadari sepenuhnya. Bahkan sering diposisikan sebagai komponen habitat yang merusak. Karena pandangan umum terhadap mikroba lebih terfokus secara mebedalam. Pada mikroba patogen yang menyebabkan penyakit pada tanaman

Mikroorganisme perombak bahan organik adalah zat aktif biologis yang tumbuh alami atau sengaja terkena untuk mempercepat pengomposan dan meningkatkan kualitas kompos. Jumlah dan jenis mikroorganime turut menentukan keberhasilan proses dekomposisi atau pengomposan.Di dalam ekosistem, mikroorganisme perombak bahan organik memegang peranan utama. Karena sisa organik yang telah mati dipisah menjadi unsur-unsur yang dikembalikan ke dalam tanah. Dalam bentuk hara mineral seperti N, P, K, Ca, Mg.

Dekomposer mayortias dimanfaatkan untuk mempercepat proses dekomposisi sisa-sisa tanaman yang banyak mengandung lignin dan selulosa. Untuk meningkatkan kandungan bahan organik dalam tanah.Di samping itu, penggunaannya dapat meningkatkan biomas. Dan aktivitas mikroba tanah, meminimalisir penyakit, larva insek, biji gulma, dan isi bahan buangan. Sehingga dapat menambah kesuburan dan kesehatan tanah.

Mikroba perombak dapat dijual dipasaran, yaitu dengan merk EM4, stardec, monodon dan banyak lainnya. Beberapada merk tersebut dipasaran menyebutnya bioaktivator atau dekomposer. Kandungan EM4 adalah bakteri fotosintetik, bakteri asam laktat, actinomicetes, ragi dan jamur fermentasi.

Kandungan stardec adalah kaloni bakteri, pengaktif mikroba tanah, lignolitik, selulotik, proteolitik, lipolitik, aminolitik dan mikroba fiksasi Non simbiotik. Kandungan monodon adalah bakteri fotosintetik, Lactobacillus sp., Rhizobium sp., Azobacter sp., Actinomycetes sp., Bacillus sp., Ragi dan enzim-enzim tanah.Fungi perombak bahan organik umumnya mempunyai kemampuan yang lebihbaik dibanding bakteri dalam memisah sisa-sisa tanaman (hemiselulosa,selulosa dan lignin). Umumnya mikroba yang mampu mengeliminasi selulosa juga mampu mengeliminasi hemiselulosa

Jenis jenis pupuk kompos

Setelah mengetahui bahwa pupuk kompos dapat dilihat dari tiga aspek diatas,kami akan memaparkan lebih lengkap lagi dibawah ini

Pupuk kompos aerob

Cara membuat pupuk kompos dari kotoran sapi
via : Youtube.com

Pupuk kompos aerob adalah pupuk kompos yang memerlukan atau mengaitkan oksigen untuk pembuatannya.  Bahan dasar pembuatan pupuk kompos aerob sama dengan pembuatan kompos lainnya pada umumnya, misalnya kotoran hewan, sisa tanaman, maupun campuran sisa bahan industri pertanian. Lama proses pengemposan ini akan memakan waktu sekitar 40 – 50 hari bahkan lebih, ketidak efektifan waktu pembuatan pupuk kompos aerob tergantung dengan dekomposernya.

Pupuk bokashi

Cara membuat pupuk kompos dengan em4
via : Kabartani

Pupuk bokashi merupakan salah satu tipe pupuk kompos anaerob yang paling terkenal. Pupuk ini tidak mengaitkan oksigen melainkan EM4 (Mikroorganisme) dalam proses utamanya hingga selesai. Pembuatan pupuk bokashi memang terbilang sangat pendek atau cepat karena di bantu dengan subsidi mikroorganisme. Dengan adanya mikroorganisme akan membantu proses penguraian atau fermentasi  pupuk bokashi sehingga terbilang sangat cepat dan singkat.

Vermikompos

 

Vermikompos merupakan salah satu produk kompos yang memanfaatkan makroorganisme sebagai pengurai. Mikroba yang digunakan adalah cacing tanah jenis Lumbricus  atau jenis cacing lainnya yang membantu dalam  proses pemisahan.  Jenis mikroba lain yang dapat digunakan untuk membuat pupuk kompos adalah belatung ,dibuat dengan memasukan atau memberikan bahan organis dalam suatu wadah khusus.

 Pupuk organik cair

 

Pupuk organik cair merupakan pupuk kompos yang dibuat dengan cara pengomposan basah. Prosesnya bisa berlangsung aerob ataupun anaerob. Pupuk organik cair lebih baik untuk tanaman, karena penyerapan media tanah dan tanaman akan tergolong lebih cepat di bandingkan dengan pupuk lainnya. Pemupukan bahan organik cair ini memiliki keuntungan seperti, menyiram tanaman, memupuk tanaman dan memperbaiki media tanah.  Penggunaan pupuk organik cair yang baik dan efektif sebaiknya dilakukan dengan menyiram bagian daun bukan dengan langsung ke bagian akarnya, kecuali pada tanaman hidroponik dengan takaran tertentu.

Ciri ciri pupuk kompos yang baik

 

Dalam membuat pupuk kompos mungkin Anda sangat berpikir keras,bagaimana ciri ciri pupuk kompos yang baik atau sudah jadi? Jangan risau kami akan menjawab pertanyaan itu,berikut adalah ciri ciri pupuk kompos yang baik dan sudah jadi sehingga siap untuk dipakai.

Ada beberapa kriteria pupuk kompos yang sangat baik dan berkualitas untuk tanaman pertanian. Berikut syarat-syarat efektif pupuk kompos yang baik dan berkualitas, baik dari segi fisik, kimiawi dan biologis yaitu sebagai berikut:

Bau Kompos

Kompos yang sudah jadi atau sudah masak berbau harum dan hampir menyamai dengan bau tanah. Namun apabila kompos berbau busuk, hal tersebut terjadinya proses fermentasi anaerob dan akan menghasilkan senyawa-senyawa yang akan membahayakan tanaman. Apabila kompos masih berbau bahan mentah atau berbau masih seperti bahan awal walaupun sedang dalam proses pembuatan, berarti kemungkinan belum matang.Dan jika sudah berbau menyerupai bau tanah berarti kompos sudah jadi dan siap digunakan

Warna Kompos

Tanda tanda jika kompos sudah matang dapat dilihat dari warnanya. Warna kompos yang sudah matang adalah berwarna coklat kehitam-hitaman. Bila Anda membuat kompos dan sudah berwarna coklat kehitaman itu artinya kompos Anda sudah jadi dan siap digunakan. Apabila kompos berwarna hijau atau masih berwarna seperti bahan mentah atau bahan awal berarti kompos tersebut belum matang.

Pengumpalan Kompos

Salah satu ciri apabila kompos Anda sudah jadi adalah menggumpal saat di dipegang. Pengumpalan kompos yang sudah matang sangat menggumpal bila dilakukan dipegang. Apabila dilakukan penekanan dengan lunak, gumpalan kompos akan hancur dengan mudah itu berarti kompos yang Anda buat masih belum siap atau belum matang

Penyusutan Kompos

Pengecilan kompos yang sudah matang, akan tejadi karena tingkat kematangan kompos. Baik pengecilan isi, bobot kompos,dan bentuk kompos, biasanya penyusutan tergantung dengan karakteristik dari bahan mentah dan tingkat kematangan kompos. Kompos akan mengecil sekitar 20 sampai 40% jika sudah benar benar masak, apabila penyusutan masih sedikit kemungkinan proses pengomposan belum selesai dan kompos belum matang.

Suhu Kompos

Ciri ciri kompos yang sudah matang pun bisa dilihat dari suhu kompos itu sendiri. Kompos yang sudah matang kertika mendekati suhu normal (mungkin dibawah 40 derajat).Jika Anda mempunyai termometer cobalah untuk melakukan cara ini jika memang dibawah 40 derajat berarti pupuk itu sudah matang dan jika pupuk tersebut diatas 50 derajat artinya pupuk tersebut masih mengalami proses fermentasi atau pematangan.

Remah

Pupuk organik yang benar adalah yang tidak terlalu keras sehingga mudah terpisah di dalam tanah dalam tempo yang cepat. Kebanyakan pupuk kompos diatur dengan bentuk yang kering dan keras, Jika sudah kering dan keras berarti pupuk kompos tersebut sudah matang dan siap digunakan. Namun jika masih lunak dan sedikit basah artinya pupuk tersebut masih belum siap untuk digunakan tunggulah untuk beberapa waktu kedepan agar pupuk tersebut benar benar matang.

Cara membuat pupuk kompos

Pupuk arang sekam

Cara membuat pupuk kompos dari rumput liar
via : Bernas.id

Arang sekam. Sekam adalah bagian terluar dari butir padi yang kering dan bersisik, bagian ini tidak dapat dikonsumsi oleh manusia. Sekam ini banyak dimanfaatkan oleh pabrik pembuat batu bata pada saat proses pembakaran. Hasil dari pembakaran sekam inilah yang disebut sebagai arang sekam. Jika di kota anda tidak memiliki arang sekam, maka anda dapat menggantinya dengan arang kayu yang di tumbuk halus. Jika anda tidak menemukan anda juga bisa membelinya di petani atau tempat penggilingan padi,harganya pun sangat lah tidak mahal anda cukup mengeluarkan Rp 7000 untuk satu karungnya yang beratnya kurang lebih 50kg. Arang sekam juga bisa digunakan untuk membuat pupuk kompos.

Bahan dan alat membuat pupuk arang sekam

  • Sekam padi
  • Tong silinder kurang lebih 20 liter
  • Pipa 6 cm

Cara membuat pipa pembakaran

Sebelum membuat pupuk arang sekam Anda harus terlebih dahulu membuat pipa pembakaran sebagai alat utama yang nantinya digunakan untuk membuat pupuk.Caranya adalah

  1. Siapkan tong silinder berukuran kurang lebih 20 liter. Kemudian buang salah satu dari alas atau atap silinder tersebut.
  2. Pada bagian alas atau atap silinder yang tidak dibuang, buat lubang berbentuk lingkaran dengan diameter 10 cm. Usahakan lubang terdapat tepat ditengah-tengah lingkaran atau berada di titik tengah.
  3. Kemudian buat lubang-lubang dengan paku dengan jarak antar lubang sekitar 3-4 cm. Lubang ini berfungsi untuk membuang panas dari bahan bakar ke tumpukan sekam padi, tanpa harus membakar sekam secara langsung.
  4. Cari atau buat pipa seng sepanjang 6 cm dengan diamater 10 cm. Masukkan pipa tersebut kedalam lubang yang telah dibuat pada alas atau atap silinder, pipa ini berfungsi sebagai cerobong asap ketika Anda melakukan pembakaran
  5. Rekatkan pipa dengan cara dilas sehingga pipa berdiri tegak lurus di atas silinder. Atau letakkan pipa cerobong pada lubang yang ada di silinder, ganjal dengan paku dan ikat menggunakan kawat besi agar pipa cerobong bisa berdiri tegak dan tidak meleset ke dasar tabung.

Cara membuat pupuknya

  1. Pilih tempat yang jauh dari pemukiman, karena proses pembakaran sekam padi akan menimbulkan asap yang tebal.
  2. Buat api unggun seukuran silinder yang telah Anda buat sebelumnya. Bahan bakar yang anda gunakan bisa seperti koran bekas, kayu bakar atau semak semak kering. Setelah itu nyalakan api, lalu tutup api tersebut dengan silinder yang telah diberi cerobong asap tadi.
  3. Uruklah ruang pembakaran silinder yang didalamnya sudah ada nyala api dengan beberapa karung sekam padi. Pengerukan dilakukan menumpuk ke atas setinggi 1 meter dengan puncak timbunan cerobong asap.
  4. Setelah 10-30 menit atau saat puncak timbunan sekam padi terlihat warna menghitam, angkatlah sekam yang masih berwarna coklat di bawah ke atas cerobong. Lakukan terus sampai semua sekam padi menghitam sempurna.
  5. Setelah semua sekam berubah menjadi hitam, siram dengan air sampai merata. Penyiraman dilakukan untuk menghentikan tahapan pembakaran. Jika tahap pembakaran tidak dihentikan maka arang sekam akan berubah menjadi abu dan pupuk yang Anda akan buat gagal.
  6. Setelah disiram dan suhunya menurun, bongkar gunungan arang sekam dan keringkan. Kemudian masukkan ke dalam karung dan simpan di tempat kering.Diamkan sampai benar benar kering sampai sudah jadi pupuk dan sudah siap digunakan.

Pupuk kompos dari limbah sampah

Cara membuat pupuk kompos dari sampang organik
via : My ArgiFuture

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa sampah yang berada dirumah anda seharusnya dibuang. Menurut kami jangan dibuang, karena sampah bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos.Sampah yang berada dirumah anda biasanya tergolong dalam sampah organik seperti cangkang telur,kulit wortel,kulit bawang, dan sebagainya.Berikut adalah cara bagaimana membuat pupuk kompos dari limbah sampah.

Alat dan Bahan

  • Wadah dengan ukuran besar dan penutupnya
  • Sarung tangan
  • Sampah rumah tangga
  • Tanah
  • Air

Langkah langkah

  1. Pisahkan sampah organik seperti sayur mayur dengan sampah plastik. Sampah organik lah yang nantinya akan digunakan untuk membuat pupuk kompos.
  2. Siapkan wadah berukuran besar untuk membuat pupuk kompos.Pastikan wadah harus ada penutupnya agar ketika proses pembuatan pupu tidak akan terkontaminasi.
  3. Masukkan tanah ke dalam wadah secukupnya.Bisa juga disesuaikan dengan wadah atau banyaknya sampah organik.
  4. Siramlah permukaan tanah dengan menggunakan air secukupnya saja.
  5. Masukkan sampah organik tersebut ke dalam wadah.
  6. Pastikan sampah dimasukkan secara menyeluruh.
  7. Masukkan lagi tanah ke dalam wadah tadi.Tanah ini berfungsi untuk penutup sampah organik
  8. Jika sudah merata siramlah dengan air secukupnya
  9. Tutup wadah dengan rapat dan biarkan selama tiga pekan.

Pastikan wadah tidak terinfeksi oleh air hujan hewan dan juga wadah jangan sampai terkena paparan sinar matahari.Jika sudah tiga minggu pupuk kompos yang anda buat sudah siap digunakan untuk bercocok tanam dirumah Anda.

Pupuk kompos dari batang pisang

Cara membuat pupuk kompos dari sederhana dan cepat
via : Merdeka.com

Salah satu cara membuat pupuk kompos adalah menggunakan batang pisang.Siapa yang tidak mengira bahwa batang pisang yang sudah berbuah tidak bisa digunakan apa apa dan dibiarkan membusuk.Untuk membuat pupuk dari batang pisang berikut alat dan bahan serta cara membutnya.

  • Batang pisang (usahakan bagian terdalam yang berawana putih)
  • Air 3 liter
  • Karung bekas
  • 200 gram gula merah

Ember atau sejenisnya yang memiliki tutup

  1. Langkah cara membuat
  2. Campur gula dengan air dalam tong yang telah disiapkan, kemudian di aduk sampai gula larut dalam air dengan rata.
  3. Potonglah batang pisang tersebut dengan ukuran yang kecil lalu masukkan kedalam karung bekas.
  4. Kemudian masukkan karung berisi potongan batang pisang kedalam ember berisi campuran gula dan air. Pastikan karung yang berisi potongan batang pisang tersebut terendam semua kedalam air.
  5. Ember yang berisi batang pisang tadi ditutup sangat rapat. Lalu letakkan di tempat teduh atau yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung.
  6. Diamkan selama 7-10 hari.Bukalah ember tersebut satu kali dalam sehari dan mengaduknya untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dari kombinasi bahan bahan pembuatan pupuk tersebut,kemudian tutup kembali ember itu dengan rapat.

Ciri ciri pupuk sudah matang dapat diketahui dari bau adonan.Bila adonan mengeluarkan wangi seperti tape maka adonan pupuk tersebut sudah matan dan siap digunakan.

Manfaat pupuk kompos

Cara membuat pupuk kompos dari daun
via : Cara.Co.Id

Kompos sangat bermanfaat bagi proses pertumbuhan tanaman, kompos tidak hanya memasok unsur hara bagi tanaman, tapi juga dapat memperbaiki struktur tanah terutama tanah kering dan lading serta menjaga fungsi tanah sehingga menjaga tanaman bisa tumbuh dengan baik. Tanaman yang dipupuk dengan kompos juga cenderung lebih baik kualitasnya dari pada tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia.Berikut manfaat pupuk kompos bagi tanaman

Kompos menyediakan unsur hara bagi tanaman

Setiap tanaman pasti membutuhkan konsumsi untuk kelangsungan hidupnya. Tanah yang apik mempunyai unsur hara yang bisa mencukupi kebutuhan tanaman. Bedasarkan jumlah yang dibutuhkan tanaman,unsur har yang dibutuhkan dapat dibagi menjadi beberapa golongan yaitu:

Yang pertama unsur hara makro primer, merupakan unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak seperti fosfor (P),kalium (K) , dan nitrogen (N).

Kedua adalah unsur hara makro sekunder,ialah unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah yang kecil,contoh kalsium (Ca),sulfur (S), dan unsur magnesium (Mg).

Ketiga adalah unsur hara mikro,merupakan unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit,serperti tembaga (Cu),mangan (Mn),molobdenum (Mo),dan klor (Cl).

Kompos dapat memperbaiki struktur tanah

Struktur tanah adalah gumpalan kecil dari butir-butir tanah. Stuktur gumpalan terjadi karena butir-butir debu, pasir, dan liat tergabung satu sama lain oleh suatu penempel, seperti bahan organik atau oksida besi.

Tanah termasuk buruk apabila butir-butir tanah tidak melekat, misalnya tanah pasir, atau saling merekat erat, tanah yang baik adalah tanah yang remah atau granuler.

Tanah seperti ini mempunyai tata ruang udara yang baik sehingga aliran udara dan air dapat masuk dengan baik. Kompos adalah perekat pada butir-butir tanah dan mampu menjadi penyeimbang tingkat kerekatan tanah.

Selain itu kehadiran kompos bagi tanaman menjadi daya tarik bagi mikroorganisme untuk melakukan aktifitas pada tanah.

Dengan demikian tanah yang semula keras dan sulit ditembus air maupun udara kini menjadi gembur kembali karena aktivitas mikroorganisme. Struktur tanah yang gembur seperti ini sangat baik bagi tanaman.

Kompos meningkatkan kemampuan tanah untuk menahan air

Salah satu bagian yang tidak terisi bahan padat pada tanah biasa disebut pori-pori. Bagian yang tidak berisi ini akan diisi oleh air dan udara.

Pori-pori dibedakan menjadi dua, yaitu pori-pori halus dan pori-pori kasar, pori-pori kasar berisi air gravitasi atau udara. Pori-pori kasar ini sulit menahan air karena gaya gravitasi, sehingga air hanya merembas masuk. Contohnya adalah tanah pasir.

Tanah yang bercampur dengan bahan organik seperti kompos mempunyai pori-pori dengan rekat yang lebih baik, sehingga mampu mengikat dan menahan ketersediaan air di dalam tanah.

Erosi air secara langsung dapat ditahan dengan adanya kompos pada tanah. Hujan yang deras akan mengkikis tanah, sehingga unsur hara akan terkikis habis terbawa hujan, dengan adanya kompos, tanah terlapisi secara fisik dengan demikian tidak mudah terkikis dan akar tanaman terlindungi.

Kompos juga meningkatkan daya ikat terhadap unsur hara sehingga unsur hara yang terdapat di dalam tanah tidak mudah tercuci oleh air.

Kompos dapat meningkatkan aktivitas biologi tanah

Di kompos terdapat mikroorganisme yang menguntungkan tanaman. Jika berada di dalam tanah, kompos akan menolong kelangsungan mikroorganisme di dalam tanah.

Selain berisi bakteri dan jamur pengurai, keberadaan kompos bisa membuat tanah menjadi sejuk dan tidak terlalu lembab ataupun tidak terlalu kering.

Keadaan seperti itu sangat disukai oleh mikroorganisme. Contoh seperti, cacing tanah akan lebih suka tinggal di tanah dengan kadar organik tinggi dari pada tanah yang keras atau berpasir.

Cacing tanah juga dapat menjadi pupuk alami berupa kascing, yang berguna bagi tanaman, ragam ragam serangga yang hidup dalam tanah juga dapat membenahi tata udara di dalam tanah dengan cara membuat lubang lubang yang kecil.

Kompos adalah pupuk ramah lingkungan

Penggunaan pupuk kimia ternyata berdampak buruk, tidak hanya meracuni tanah dan iar saja, tetapi juga bisa meracuni produk yang dihasilkan. Sebagai contoh pupuk urea terbuat dari senyawa hidrokarbon yang juga digunkan untuk kendaraan bermotor.

Senyawa berubah menjadi nitrit. Nitrit dapat keluar dalam produk makanan apabila pupuk masuk ke tata ruang air tanah.

Senyawa inilah yang bisa menjadi radikal bebas yang dapat menimbulkan efek jangka panjang berupa kanker atau keracunan langsung.

Karena menginginkan hasil yang berlimpah, para petani rataa rata tidak pemperhitungkan lagi jumlah pupuk yang diberikan dan cenderung boros.

Pada saat terjadi pencucian tanah, pupuk kimia yang tidak terkonsumsi tanaman akan berkumpul, menempel dan bertumpuk di dalam tanah sehingga bisamengakibatkan tanah itu keracunan dan tidak higienis lagi.

 

Sekian dari kami tips bagaimana cara membuat pupuk kompos.Semoga tips yang kami berikan sangat bermanfaat bagi Ada semuanya