Inilah Penyebab Pertanian di Indonesia yang Makin Membaik

Inilah Penyebab Pertanian di Indonesia yang Makin Membaik

Pertanian Indonesia – Jika berbicara dengan yang namanya masalah pertanian atau masalah pertanian di indonesia 2017, semua orang pasti sudah mengenal apa itu yang dimaksud pertanian. Pengertian pertanian menurut para ahli sendiri atau pengertian ilmu pertanian secara umum jika digabung bisa dikatakan juga sebagai bercocok tanam, tetapi jika dijelaskan lebih detail lagi, pertanian merupakan kegiatan manusia yang menggunakan sumber daya alam seperti hayati untuk melengkapi kehidupan sehari hari, seperti kebutuhan pokok (sandang, pangan, papan). Selain itu, dengan adanya pertanian, khususnya di negara Indonesia, dapat meningkatkan pendapatan perkapitan bangsa menjadi lebih tinggi dan menjaga kelestarian habitat alam yang semakin hilang sedikit demi sedikit. Dan, untuk sebab lahan pertanian dijadikan perumahan sendiri karena lahan pertanian kurang diperhatikan oleh pemerintah, dan lebih mementingkan perumahan yang dibangun.

Untuk pertanyaan tentang sektor pertanian, di Indonesia sektor pertanian dalam arti luas merupakan suatu komoditas yang paling tinggi dikerjakan oleh semua orang, karena Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang tanah humusnya sangat cocok untuk digunakan dalam pertanian, apalagi pertanian 2017 ini semakin membaik. Sebenarnya bukan hanya pertanian yang dikembangkan di Indonesia, seperti perikanan, pertanian, peternakan pun juga semakin banyak yang melakukannya, dan tentu juga potensi perkebunan di indonesia yang bagus. Semua itu dilakukan demi kemajuan bangsa di kancah Internasional dan menggunakan sumber daya alam yang melimpah dengan baik dan benar.

Jika dijelaskan lebih lanjut, masih panjang sebenarnya mengapa pertanian di Indonesia membaik. Oleh karena itu, pada artikel yang berjudul “Inilah Penyebab Pertanian di Indonesia yang Makin Membaik” ini, saya akan menjelaskan mulai dari awal hingga akhir. Yaitu mulai dari yang pertama tentang Sekilas Tentang Pertanian di Indonesia, sampai dengan sistem pertanian modern yang mulai digunakan oleh petani petani di Indonesia. Semuanya akan saya bahas di sini secara mendalam, detail, dan tentunya mudah dipahami oleh semua orang. Semua yang ada artikel ini bukan semata mata hanya sekedar informasi, tetapi juga memberikan sebuah wawasan yang bermanfaat bagi Anda, terutama yang ingin melakukan sistem pertanian di sekitar rumah atau lingkungannya. Tanpa perlu panjang lebar lagi, langsung saja saya akan menjelaskan secara spesifik dari yang berjudul “Inilah Penyebab Pertanian di Indonesia yang Makin Membaik”. “Lets Check This Out :)”

Baca Juga : Macam-macam Pupuk Kimia dan Organik Untuk Kesehatan Tanaman

Sekilas Tentang Pertanian di Indonesia

pertanian indonesia
via unsplash

Esai tentang pertanian di era globalisasi Indonesia merupakan suatu negara yang sudah mengenal pertanian sejak dahulu kala. Mulai dari jaman kerajaan, jaman penjajahan, hingga jaman yang sudah modern kini. Di Indonesia sendiri, banyak sekali orang orang yang bekerja sebagai petani, karena bertani di negara Indonesia sangatlah menguntungkan. Kelebihan pertanian di Indonesia di banding yang lainnya yaitu hasil yang di produksi oleh pertanian di Indonesia lebih bagus. Karena selain Indonesia kaya akan sumber daya alam yang bagus dan bersih, sumber daya alam tersebut di olah dengan baik dan benar, tanpa sentuhan mesin. Jadi masih terjaga kealamiannya.

Namun, sebenarnya juga banyak sebagian orang yang bertani di Indonesia sudah menggunakan gaya modern, yaitu menggunakan mesin. Seperti ketika ingin melepaskan gabah padi, yang sekarang sudah ada mesin otomatisnya, sehingga membuat lebih mudah dalam pelepasan gabahnya. Selain itu, Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, dan iklim tropis merupakan suatu iklim yang cocok di gunakan untuk pertanian di Indonesia ini. Sistem perairan di Indonesia juga sangat baik, sehingga cocok digunakan untuk digunakan area pertanian. Setelah membahas tentang sekilas tentang pertanian Indonesia, saya akan membahas lebih lebar lagi seperti di bawah ini.

  • Petani Indonesia

petani indonesia
via pixabay

Pengertian petani sendiri merupakan petani petani unggulan yang sudah sangat berpengalam di bidangnya. Pada jaman nenek moyang kita, banyak orang yang bekerja sebagai petani. Namun sampai saat ini, petani di Indonesia sudah hampir menurun sedikit demi sedikit. Dikarenakan petani di Indonesia yang kurang di sejahterakan pemerintah dalam negeri, selain pendapatan yang sedikit, petani di Indonesia kurang dianggap oleh dunia luar. Selain itu, banyak petani di Indonesia yang sudah mengundurkan diri. Jika hal ini terus berkelanjutan, maka petani di Indonesia akan terus terancam punah. Dan, jika petani di Indonesia semakin punah, makan masa depan pertanian di Indonesia akan semakin teranca. Tidak hanya dari segi pertaniannya saja, tetapi dari segi lainnya juga akan terlibat. Sebab, negara Indonesia dikenal oleh negara lain sebagai negara agraris yang sangat terkenal dalam bidang pertanian dan hasil yang diperolehnya. Namun, dengan pergantian presiden yang sekarang, dapat membuat petani kembali menjadi lebih makmur dan terjaga. Dengan sistem sistem yang dilakukan pemerintah dan presiden sekarang, dapat memberikan kemudahan dalam bertani seperti saat pengolannya. Seperti pengolahan padi yaitu selep padi, dengan adanya mesin penggiling padi, dapat memudahkan petani di Indonesia dalam mengerjakannya. Selain itu, ternyata juga ada suatu organisasi yang bergerak pada bidang pertanian di Indonesia, yang letaknya berada di provinsi Jawa Timur, kota Surabaya yang memiliki nama DPW Serikat Petani Indonesia (SPI). Organisasi ini memiliki tujuan untuk mensejahterakan dan memakmurkan seluruh penduduk Indonesia yang bekerja sebagai petani. Tidak hanya petani di daerah Surabaya dan Jawa Timur saja, daerah Jawa Barat, dan lainnya pun juga mulai dikembangkan dan diberikan pemahaman tentang cara bertani yang baik dan benar.

  • Agribisnis Pertanian

agribisnis pertanian
via pixabay

Setelah kita mengenal apa yang disebut petani Indonesia, saya akan menjelaskan tentang agribisnis pertanian. Apa yang dimaksud dengan agribisnis pertanian? Peran agrikultur di indonesia atau agribisnis pertanian merupakan suatu masalah pertanian solusi berupa gerakan bisnis usaha yang ber potensi agrikultur di indonesia bergerak pada bidang pertanian, mulai dari sistem pengolahan yang digunakan, pengelolaan hasil produksi dari pertanian, kegiatan produksi pertanian yang dilakukan, hingga tahap pengiriman hasil produk pertanian. Dengan penjelasan tersebut, semoga Anda paham mengenai pengertian dari Agribisnis pertanian. Jika berbicara tentang masalah agribisnis pertanian, ada lima hal yang harus Anda gunakan dan terapkan dalam kehidupan Anda ketika ingin melakukan Agribisnis pertanian, yaitu : penyediaan sarana & prasarana dalam hal produksi yang dihasilkan, pembinaan & pengembangan yang harus diterapkan dalam proses produksi, pengolahan hasil panen yang baik dan benar, penanganan sistem pemasaran yang terjaga, Subsistem (komponen yang bergerak dari proses awal hingga akhir).

  • Budidaya Pertanian

budidaya pertanian
via pixabay

Agribisnis pertanian sangat perlu dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena sangat menguntungkan. Namun tanpa adanya budidaya pertanian, agribisnis pertanian tidak akan berjalan dengan lancar. Maka dari itu,  saya akan membahas tentang apa itu budidaya perkembangan pertanian indonesia. Budidaya pertanian adalah suatu kegiatan atau proses yang sudah terencana dengan baik dalam hal perawatan sumber daya alam pada suatu area lahan yang digunakan untuk mengambil hasil dari panen. Contoh dari budidaya pertanian yang sangat terkenal dan dilakukan masyarakat salah satunya adalah budidaya pertanian padi. Orang yang selalu merawat dan menjaga di saat budidaya pertanian padi merupakan petani. Dan dalam penjagaan dan perawatan padi tidak boleh sembarangan, Anda harus menjaga padi dari hama seperti hama wereng dan hewan lainnya seperti tikus atau burung gagak. Dan untuk mencegah itu, kebanyakan petani menggunakan pestisida sebagai pelindung padi. Namun, padi yang terkena pestisida biasanya sudah terasa kealamiannya. Sebaiknya gunakan pestisida dengan bahan alami yang tidak merusak lingkungan sekitar. Dalam budidaya pertanian, ada 4 hal yang harus wajib Anda lakukan ketika melakukan pembudidayaan, yaitu :

– Pemilihan benih padi yang berkualitas dan terjamin

– Penyemaian benih padi di lahan yang bagus

– Penyiangan lahan (pembersihan lahan dari hama pengganggu)

– Melindungi tanaman padi dari hama

Pertanian tradisional

pertanian tradisional
via pixabay

Sesudah membahas panjang lebar dari budidaya pertanian tadi, saya akan membahas yang lebih menarik lagi, yaitu pertanian tradisional. Pertanian tradisional ialah salah satu pertanian yang menggunakan sistem pengolahan, produksi, pembibitan secara alami, dan semua itu dilakukan secara turun temurun dari nenek moyang. Tanpa adanya perusakan ekosistem alam dan sangat bersahabat dengan lingkungan, membuat pertanian tradisional masih banyak digunakan oleh petani petani yang ada di Indonesia, khususnya di daerah pedesaan. Di saat banyak orang yang menggunakan sistem pertanian modern, tetapi masih banyak yang lebih memilih sistem pertanian tradisional, karena produk yang dihasilkan lebih alami dan tidak terkena bahan bahan yang beracun seperti pestisida. Untuk pembahasan lebih lanjut dari pertanian tradisional, saya akan memberikan pembahasannya di bawah ini.

  • Sejarah Bertani di Indonesia

Apabila berbicara tentang sejarah bertani di Indonesia, tentu sangat panjang penjelasannya. Oleh karena itu, saya akan meringka dan memberikan penjelasan terbaik tentang sejarah bertani di Indonesia. Sejarah bertani di Indonesia sebenarnya berawal pada tahun 1969 yang merupakan saat saat di mana digerakkannya sistem revolusi hijau seluruh dunia. Pada saat itu juga, ternyata dari bertani tersebut, tidak dapat mengisi kekosongan dari sumber bahan pangan masayarakat. Tentunya, jika sejak dahulu mayoritas masyarakat bertani di Indonesia, seharusnya sumber bahan pangan tidak berkurang. Jaman dahulu, pertanian di Indonesia hanya sebatas tanaman padi, jagung, dan umbi. Namun pada masa orde baru, tanaman yang dilakukan pertanian sudah bermacam macam jenisnya. Pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, membuat suatu sistem REPELITA, yang salah satunya membahas untuk memajukan pertanian Indonesia. Dengan sistem tersebut, datanglah bibit bibit unggul dan berkualitas di Indonesia dan dilakukan bertani di Indonesia yang menghasilkan produk yang terjamin dan menguntungkan. Dan hingga sampai kini, masih banyak orang yang bertani di Indonesia.

  • Cara Bercocok Tanam yang Baik

Setelah mengetahui sejarah bertani di Indonesia, Anda pasti ingin tahu bagaimana cara bertani atau bercocok tanam yang baik. Jika berbicara cara bercocok tanam yang baik, sebenarnya ada berbagai banyak cara, tetapi tergolong tanaman apa yang ingin ditanam. Pastikan cara bercocok tanam Anda tidak merusak ekosistem lingkungan sekitar lahan Anda. Karena jika merusak ekosistem lain, akan membuat tanaman Anda menjadi tidak subur. Dan tanpa ada bantuan dari ekosistem lain seperti perairan, tanah, dan lainnya, akan membuat tanaman Anda tidak dapat menghasilkan produk yang berkualitas sepert biasanya. Maka dari itu, saya akan memberikan beberapa cara bercocok tanam yang baik untuk Anda semuanya.

– Persiapan lahan yang akan digunakan (segi ukuran, kondisi, dan kelayakannya)

– Penanaman secara alami

– Pemeliharaan tanaman secara berkelanjutan

– Pemupukan dan pengairan secara bertahap

– Pemangkasan atau penghilangan tanaman dari jamur atau hama secara teratur

– Panen/pasca panen yang memenuhi prosedur

  • Teknologi Pertanian

Apabila Anda sudah mengerti dan paham dengan cara bercocok tanam yang baik bagi tanaman, Anda juga perlu mengetahui teknologi pertanian yang selalu digunakan oleh banyak orang lain. Jika berbicara teknologi pertanian, pasti sudah banyak yang berkembang, apalagi ini sudah dijaman yang modern. Jadi, semua serba otomatis dan mudah untuk dilakukan. Namun, sebaiknya teknologi pertanian harus ramah lingkungan, agar tidak merusak lingkungan sekitar dari area pertanian. Ada banyak sebenarnya teknologi pertanian yang sudah marak di dunia dan Indonesia, tetapi di sini saya akan memberikan beberapa teknologi pertanian yang bergerak pada bidang pertanian tanaman padi, karena padi merupakan komoditas ekspor yang paling besar di dunia dan Indonesia. Inilah beberapa contoh alat teknologi pertanian yang dapat memudahkan petani di Indonesia.

– Drone Sawah (Berfungsi untuk memberikan cairan pestisida secara mudah, cepat, dan otomatis).

– Alat penanam padi Jarwo Transplater (Berfungsi memudahkan petani dalam menanam padi tanpa harus mengeluarkan tenaga).

– Mesin pemanen padi Combine Harvester (Berfungsi untuk memanen padi secara otomatis tanpa perlu mencabut padi satu per satu).

  • Petani Padi

petani
via pixabay

Setelah kita mengetahui apa saja teknologi pertanian yang kini semakin maju, kini saya akan membahas bagian terpenting dalam proses pertanian padi, yaitu petani padi. Petani padi merupakan seseorang yang bertugas untuk selalu bertanggung jawab mulai proses awal hingga akhir dalam bertani, mulai dari proses pembibitan hingga proses pasca panen. Semua itu dilakukan oleh seorang petani padi yang selalu menjaga dan merawat tanaman padi mereka dengan sepenuh hati. Petani padi melakukan semua itu karena memiliki tujuan yaitu hasil dari tanaman padi yang dirawatnya bagus dan berkualitas, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pangan sendiri atau dijual kembali untuk menambah perekonomian petani padi tersebut. Sebenarnya selain ada petani padi, ada juga petani yang mengurus tanaman seperti jagung, kedelai, dan lain-lainya. Namun, di Indonesia, karena yang terkenal adalah hasil tanaman padinya, maka kebanyakan orang desa lebih memilih menjadi petani padi dibanding dengan petani petani lainnya.

Pertanian Modern

Apabila Anda sudah paham betul dari pertanian tradisional, saya akan membahas dari pertanian yang kedua, yaitu pertanian modern. Pertanian modern merupakan sistem pertanian yang menggunakan teknologi dan alat yang serba canggih sebagai media untuk memudahkan proses mulai dari awal hingga akhir dari bertani. Biasanya pertanian modern mulai dilakukan di berbagai kota. Tujuan pertanian modern di terapkan di negara kita Indonesia ada banyak, dan semua tujuan tersebut untuk membangung Indonesia lebih maju dari segi hal pertanian dunia. Contoh tujuannya yaitu berupa : merupakan suatu jalan untuk menjadikan negara menjadi lebih tidak ketinggalan jaman (modernitas), penggabungan konsep terdahulu dengan yang sekarang, optimalisasi hasil produk pertanian yang baik dan benar. Dengan semua tujuan tersebut, makan akan membuat nilai ekspor produk pertanian Indonesia menjadi lebih meningkat dan membuat devisa negara di Indonesia terus menanjak naik.

  • Pertanian Padi

Hampir sama sebenarnya pembahasannya dengan bab “Teknologi Pertanian” yang tadi. Pertanian padi yang modern lebih mengedepankan menggunakan alat alat canggih untuk memudahkan segala pengerjaan. Mulai dari pembibitan, penanaman, penyemprotan cairan pestisida, hingga pasca panen, semuanya sudah ada alat atau mesinnya. Jadi petani tinggal mengarahkan semua mesin tersebut dengan tujuan untuk apa. Sebenarnya ini tidak apa apa dilakukan, tetapi dengan adanya hal ini, pertanian padi menjadi tidak alami lagi, karena tersentuh oleh barang buatan, bukan dari alami tangan petani sendiri. Dan dengan adanya ini, akan membuat petani menjadi lebih malas dan tidak bersemangat dalam bertani. Sebaiknya pertanian modern dilakukan apabila sudah sangat perlu untuk digunakan dalam jumlah besar.

  • Teknologi Pertanian Modern

Dan untuk yang terakhir, sama juga dengan pembahasan diatas. Teknologi pertanian modern merupakan suatu kemudahan yang diberikan oleh seseorang atau pemerintah guna memudahkan petani dalam mengerjakan tugasnya. Ini sangatlah membantu semua petani di Indonesia, karena dengan semakin majunya teknologi pertanian modern, akan membuat Indonesia menjadi negara yang maju dalam segi pertaniannya.