Mengenal Masa Masa Perang DIngin

Mengenal Masa Masa Perang DIngin

Perang dingin merupakan pertempuran yang terjadi karena bentuk ketegangan politik dan militer sebagai akibat dari adanya konflik kepentingan serta perebutan supremasi serta adanya perbedaan ideologi antara blok barat yang dipimpin oleh AS dan sekutu NATO-nya dengan Blok timur yang dipimpin Uni Soviet. Disebutkan bahwa, cold war atau perang dingin terjadi pada rentang tahun 1947 sampai dengan 1991. Awal terjadinya peperangan ini adalah dimulai setelah keberhasilan sekutu dalam mengalahkan Nazi (Jerman) dalam perang dunia 2, yang dimana setelah itu menyisakan AS dan Uni Soviet sebagai dua negara adidaya di dunia dengan perbedaan ideologi, ekonomi, serta militer yang besar. Uni soviet bersama negara negara di eropa timur yang disinggahinya membantuk Blok timur. Proses pemulihan pasca perang di Eropa Barat difasilitasi oleh rancangan rencana Marshal AS, dan menandanginya, Univ Soviet kemudian juga membentuk COMECON bersama sekutu timurnya. AS membentuk aliasi militer NATO pada tahun 1945, sedangkan itu Uni Soviet juga membentuk Pakta Warsa pada tahun 1955. Beberapa negara lebih memilih untuk memihak salah satu dari kedua negara, sedangkan yang lainnya memilih untuk tetap netral dengan mendirikan Gerakan Non-Blok.

Latar belakang

Munculnya Amerika serikat sebagai negara yang memenangkan perang di pihak sekutu. AS mempunyai peran besar dalam membantuk negara negara di eropa barat untuk membantuk meperbaiki kelangsungan perekonomian.

Latar Belakang Perang Dingin
Via : Mengakujenius.com

Munculnya Rusia sebagai negara besar dan mempunyai peranan membebaskan negara Eropa bagian timur dari tangan Jerman (NAZI) dan membangun perekoniman di negara negara di Eropa timu. UniSoviet memperluaskan dampaknya yaitu dengan mensponsori terjadinya perebutan kekuasaan di berbagai negara eropa timur cotoh Albania, Hungaria, Rumania. Beberapa negar diatas adalah negara yang masuk dalam pemerintahan komunis Uni Soviet

Munculnya negara negara yang baru menyatakan kemerdekaan setelah terjadinya world war II atau perang dunia II di luar wilayah Eropa. Akit dari munculnya 2 negara di dunia antara lain yaitu negara negara maju dengan negara berkembang, yang mempersembahkan pengaruh besar baki perkembangan ekonimi dan politik di dunia

Faktor utama yang mengakibatkan Perang dunia

Perealisasian ideologi

Amerika dan Rusia selaku negara yang memenangi World War II mempunyai pandangan paham atau ideologi yang berbeda beda Amerika Serikat memiliki iedeologi liberial kapitalis sedangan Rusia berideologi komunis. Paham liberial kapitalis (Amerika Serikat) yang memuliakan kebebasan individu yang memungkinkan kapitlaisme berkembang dengan subur berlawanan dengan paham milik Uni Soviet yaitu Sosialis Komunis yang dimana memiliki kepercayaan bahwa paham itu dapat lebih mempelancar kesejahteraan buruh maupun rakyatnya karena negara negara yang mengontrol perusahaan akan mengambil manfaat keuntungannya untuk rakyat.

Keinginan berkuasa

Amerika Serikat dan Uni Soviet mempunyai hasrat untuk menjadi penguasa di dunia dengan memikirkan cara cara yang baru. Amerika Serikat sebagai negara kreditor besar membantu negara negara yang sedang berkembang berupa pinjaman biaya awal untuk pembantu dengan harapan bahwa rakyat yang sejahtera hidupnya dapat menjadi wadah pemasaran hasil industrinya dan dapat menjauhkan pengaruh sosialis komunis. Masyarakat miskin adalah lahan subur bagi paham sosialis komunis. Uni Soviet yang mengawali kuat ekonominya juga tak mau kalah saing dengan AS, mereka menolong perjuangan nasional berupa memberikan bantuan senjata atau tenaga ahli. Hal ini dilakukan untuk mempengaruhi negara negara tersebut. Hal ini di lakukan oleh kedua belah pihak negara dengan tujuan untuk mempengaruhi negara negara tersebut.

Berdirinya fakta pertahanan

Untuk sedikit menanggulangi berbagai macam perbedaan yang ada dan kepentingan untuk dapat berkuasa. Maka negara negara di Eropa Barat dan Amerika Serikat mendirikan pakta pertahanan yang dikenal dengan sebutan NATO yaitu kepanjagan dari North Atlantic Treaty Organization atau Organisasi Pertahanan Atlantik Utara. Sementara untuk dapat menyamai NATO pada tahun 1955 Uni Soviet juga mendirikan fakta pertahanan yaitu PAKTAWARSAWA. Anggota dari pakta warsawa sendiri ini antara lain Uni Soviet, Bulgaria, Albania, Jerman Timur, Cekoslowakia, Polandia, dan Hongaria. Beridirinya kedua fakta ini mengakibatkan muncul rasa saling mencurigai satu sama lain, ketidakpercayaan dan kesalah pahaman antara kedua blok baik blok bagian barat maupun blog bagian timur. Amerika dituduh menjalankan politik imprealis untuk bisa mempengaruhi dunia sementara itu Rusia dianggap telah melakukan perluasan hegomoni atas negara negara demokrasi melalui ideologi komunisme.

Perang dingin pengaruh di kawasan asia, khususnya dampak terjadinya perang vietnam

Pengaruh perang dingin bagi kawasan asia pasifik, berawal dengan keluarnya kebijakan luar negri Presiden Amerika Serikat Harry S Trauman mengeluarkan kebojakan contaiment policy yang dimana artinya adalah kebijakan luar negeri AS yang berfokus kepada pembendungan pengaruh komunisme USSR dimanapun termasuk bagi kawasan Asia Pasifik. Kebijakan ini berawal dari usulan oleh seseorang diplomat AS bernama George F kennan di majalah foreign affairs dengan tujuan menghadapi konflik yang berskala panjang yang diakui dengan sabar namun tetap selalu waspada serta hancurnya kekuatan pengaruh komunisme USSR ataupun melelehkannya manuver politik USSR. Kebijakan ini menyebabkan image that US as the guardian of peace and USSR as peace threatener that must be terminated.Kebijakan ini mempunyai dasar kebijakan yaitu negara negara yang diakui sebagai mitra kuat AS yaitu Eropa Barat untuk menghambat pengaruh komunisme USSR di kawasan eropa terlebih Eropa Timur, serta Jepang sebagai mitra AS di Asia Pasifik. Namun pada tahun 1949 muncul intimidasi besar yang baru bagi AS, yaitu dengan munculnya Cina sebagai kekuatan besar yang mempunyai pandangan komunisme di bawah pemerintahan Mao Ze Dong. Cina dituduh menyatu dengan USSR terlebih dengan kondisi geografis yang sangat strategis, sehingga hal ini menjadikan AS mempunyai masalah yang sangat amat berat. Dengan munculnya negara Cina sebagai kekuatan komunis yang terbaru, maka phak AS mulai merisaukan terjadinya domino effect dimana kekhawatiran AS akan jatuhnya negara negara yang berada di kawasan Asia Pasifik ke dalam pengaruh ideologi komunisme.

Pada tahun 1951, pihak Amerika Serikat dan jepang telah menandatangani sebuah perjanjian yaitu Mutual Security Agreement yang mempunyai tujuan untuk meredam pengaruh Cina di kawasan Asia Pasifik. Lalu pada tahun 1950 sampai dengan 1953 terjadi perang vietnam pertama antara kaum nasionalis Ho Chi Minh melawan kaum kolonial Perancis. Tujuan utama dari kaum kolonialis Perancis ini sendiri adalah demi membentuk negara Vietnam merdeka dan bebas dari pengaruh paham komunisme negara Cina – USSR. Momen inilah momen awal dimana Amerika Serikat serta USSR terlibat langsung ketika AS memberi bantuan dana berupa uang sebesar US$ 1 miliyar kepada pihak perancis, dan USSR- Cina meberikan bantuan kepada pihak nasionalis Ho Chi Minh. Namun pada tahun 1954 pihak kolonialis Perancis elah di kalahkan oleh kaum nasionalis Ho Chi Minh. Dimana di saat itu munculah suatu keraguan presepsi mengenai Ho Chi Minh, yaitu apakah Ho Chi Minh seorang yang menganut ideologi Komunis? Namun beberapa pemimpin negara negara Asia menjelaskan bahwa perjuang Ho Chi Minh merupakan perjuangan demi meraih kemerdekaan semata untuk negara nya sendiri.

Lalu pada tahun 1954, terdapat sebuah perjanjian yang bernama Geneva Convention dimana di saat itu PBB memutuskan untuk membagi wilayah Vietnam menjadi 2 wilayah yaitu Utara dan Selatan. Sejak inilah muncul masalah antara pihak utara yang di pimpin oleh Ho Chi Minh yang aslinya sebagai pihak komunis, dengan pihak Selatan seringkali di dukung oleh pihak liberalist AS. Pada tahun 1954 juga, AS membentuk SEATO, sebuah bentuk kerjasama pertahanan antara AS- Australia- NZ- Perancis- Thailand- Filipina- Inggris dan juga Pakistan dmei membentuk sebuah collective security di kawasan Asia Pasifik. Tetapi setelah duapuluh tiga tahun yaitu pada tahun 1977 SEATO resmi dibubarkan karena telah dituduh tidak memainkan peran yang mencolok di kawasan ini. Beda halnya dengan Indonesia dan negara negara post kolonialist lainnya yang baru merdeka dari zaman kolonialisme, mereka menerapkan politik luar negeri bebas aktif dimana tidak memilih, memihak ke masing masing pihak atau biasa disebut pihak netral, tetapi tetap aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia. Inilah yang menjadi tiang awal yaitu diselenggarakannya KAA atau yang lebih dikenal Konferensi Asia Afrika di Bandung padatahun 1955. Pada tahun 1961 mulai terjadinya perang vietnam jilid dua yaitu antara pihak Utara yang di dukung oleh pasukan militer milik USSR-Cina dengan pihak selatan yang didukung oleh pihak militer negara AS. Inilah yang menjadi kesalahan besar kebijakan luar negeri presiden AS yaitu John Fitzgerald Kennedy yang dimana ia sudah mengirimkan 15.000 tentara ke negara Vietnam guna membantu pihak selatan. Tetapi di luar dugaan, pasukan gerilyawan milik Vietnam Utara dengan menggunakan perelatan militer yang sangat biasa dan sederhana, berhasil mengalahkan pasukan AS yang dimana aslinya memiliki perlatan militer yang sangat belih canggih di masa itu dan juga menang jumlah pasukan yang lebih banyak. Inilah satu kegagalan paling buruk bagi sejarah militer bangsa Amerika selain kegagalan lainnya di Teluk Babi Kuba. Pada tahun 1962 dengan Cina mulai retak dan ini dapat mengakibatkan hubungan internasional menjadi tripolar. Momen inilah yang dimanfaat kan oleh Amerika Serikat mulai mendekati dan menjalinkan hubungan kerja sama mereka dengan negara Cina.

Kesalahan formasi perang dan situasi medan perang yang di luar dugaan militer AS di vietnam yang menjadikan pemerintahan AS yang pada masa itu dibawah kepemimpinan Presiden Richard Nixon berupaya untuk memukul mundur pasukan AS. Akan tetapi dengan gambaran bahwa AS tidak akan kalah dari USSR dalam pertempuran tersebut. Maka pada tahun 1972 presiden Nixon datang ke Cina dengan maksud untuk menandatangani perjanjian shanghai Comunique yang berisi pengakuat di plomatik AS yang mengakui RCC sebagai negara satu satunya Cina, mengingat dengan adanya konflik disintegrasi yaitu antara Cina dengan Taiwan. Dampak dari perang dingin dari segi pertarungan idieologi di daerah Asia memang tidak terlalu terasa seperti yang terjadi di daerah Eropa, tetapi dikawasan Asia terjadi kontak langsung dalam artian perang bersenjata pihak dengan pihak yang menjadikan buffer state dari AS dan USSR seperti perang Semenanjung Korea dan Perang Vietnam. Dampak dari perang Vietnam ini sendiri sangatlah beragam macamnya, diantaranya adalah :

Insting percaya diri Amerika Serikat di Asia Tenggara mulai menurun, khusunya setekah menelan kekalahan di Vietnam yang dapat berakibat ditutupnya pangkalan militer Amerika Serikat di kawasan ASEAN serta sifat inconfident AS terhadap dunia internasional sampai terjadi pada awal tahun 1990 an domana Perang Dingin ini sendiri berkahir dengan runtuhnya USSR yang menjadikan AS sebagai pihak paling kuat dalam hubungan internasional

Munculnya organisasi di kawasan daerah di Asia Tenggara yaitu ASEAN yang dibentuk pada 1967 melalui Deklarasi Bangkok dalam rang untuk mencegah pengaruh ideologi komunis di kawasan Asia tenggara

Perubahan bargaining power AS di kawasan Asia Pasifikm dari yang awalnya menggunakan pendekatan militerisktik ke arah pendekatan ekonomi memalui paham free trade atau tukar gratis.

Penyebab perang dingin

Cold War atau biasa disebut dengan Perang Dingin adalah perang dimana ketengangan antara blog barat (Amerika Serikat) dengan blog Timur (Rusia) setelah berakhirnya World War II atau Perang Dunia II. Yang menjadi unik adalah ternyata Amerika dan Rusia ini awalnya ingin bersekutu untuk memerangi NAZI (Jerman) ketika masa perang namun setelah kemenangan atas NAZI, mereka mulai nampak ketegangannya akibat perbedaan di antara khusunya ideologi. Berikut adalah penyebab terjadinya perang dingin.

Penyebab perang dingin
Via : Hidupsimpel.com

Amerika Serikat dan Rusia terus melakukan penyebaran iedologi mereka yang berbeda beda. Dimana Amerika sendiri memiliki ideologi liberial kapitalis sedankan Rusia atau Uni Soviet memiliki ideologi komunis. Keduanya saling menyebarkan sehingga timbullah rasa saling iri satu sama lain yang membuat perang ini terjadi.

Amerika Serikat dan Uni Soviet menjadi negara krediktur yang paling besar di dunia dan mereka mempunyai keinginan untuk menjadi penguasa di negara negara lain.

Didirikannya sebuah organisasi oleh kedua belah pihak. Amerika Serikat bersama negara negara  Eropa barat mendirikan NATO ( North Atlantic Treaty Oeganization ) sedangkan Uni Soviet sendiri yang tidak mau kalah juga mendiri kan sebuah organisasi. Rusia bersama beberapa negara seperti Albania, Jerman timur, Hungaria mendirikan Pakta Warsawa.

Jalannya perang dingin

Jalannya perang dingin
Via : meiharis.blogspot.com

Setelah jerman mengalami kekalahan karena berakhirnya World War 2 atau Perang Dunia 2, Jerman dibagi menjadi dua wilayah antaralain Jerman Barat dan Jerman timur. Jerman Timur dipimpin oleh pandangan ideologi komunis sedangkan Jerman Barat dipimpin oleh pandangan ideologi liberal kapitalis. Selepas itu dalam kurun waktu hanya 3 tahun yaitu tahun 1945 sampai dengan tahun 1948 dampak Uni Soviet sudah sampai ke beberapa negara seperti Bulgaria, Rumania, Hungaria, Polandia, dan cekoslowakia. Tidak mau tersaingi Amerika Serikat (AS) menerapkan politik containment policy yaitu guna untuk mencegah pengaruh Uni Soviet yang akan berkembang lagi. Langkah awal yang di tempuh Amerika Serikat yaitu dengan memberikan bantuan berupa penasehat militer dan keuangan militer kepada negara Yunani dan Turki untuk mempertahankan kedua negara tersebut dari dampak komunis dan juga menutup jalur Uni Soviet ke negara negara wilayah Barat.

Bentuk bentuk jalannya perang dingin

Bentuk bentuk jalannya perang dingin
Via : warofweekly.blogspot.com

Berbagai macam bentuk bentuk jalannya perang dingin ini. Sebelum itu mengapa dinamakan perang dingin? Karena kedua belah pihak baik Amerika Serikat dan Uni Soviet tidak pernah terlibat secara langsung dalam aksi militer, namun masing masing pihak mempunyai senjata nuklir yang siap digunakan pada waktu itu dan bisa menyebabkan kehancuran besar. Lebih lanjut lagi berikut adalah bentuk bentuk jalannya perang dingin.

Bidang politik

Bidang politik
Via : sosialduasmansaboy.blogspot.com

Amerika Serikat menanamkan demokrasi ke negara neagara yang baru saja merdeka dan mulai berkembang. Setelah Jepang dan Jerman mengalami kekalahan, kedua negara tersebut langsung di tanamkan sistem perekonomian kapitalisme dan paham demokrasi. DI sisi lain pihak Uni Soviet menanamkan paham komunisme serta perekonomian sosealise dengan cara mempromosikan rencana pembangunan ekonomi 5 tahun secaraa tidak terbuka dibawah kekuasaan dictator ke beberapa negara lainnya. Negara yang menganut sistem Uni Soviet tersebut bisa kita sebut sebagai negara tiari besi, dan khusu China dijuluki sebagai Negara tirai Bambu.

Bidang ekonomi

Bidang ekonomi
Via : Boombastis.com

Amerika Serikat dan Uni Soviet saling tampil sebagai negara yang akan memberikan berupa bantuan secara kreditur. Mereka saling memberikan bantuan dalam bentuk pinjaman negara yang sedang berkembang seperti yang sudah dijelaskan di atas ketika AS memberikan bantuan teknis dan juga ekonomis kepada negara turki serta yunani.

Bidang militer

Bidang militer
VIa : liputan6.com

Semenjak berdirinya NATO di kubu Amerika dan juga pakta warsa di kubu Uni soviet, pada akhirnya mereka saling berprasangka buruk satu sama lain. Untuk jaga jaga di antara mereka jika terjadinya perang ke-3 mereka langsung meningkatkan beberapa kekuatan baik serangan ataupun pertahanan angkatan militer milik mereka.

Melalui aliansi

NATO organisasi itu semakin meluaskan dampaknya setelah bergabungnya Italia, Islandia, Yunani, dan juga Turki pada tahun 1952. Ditambah masuknya negara Jerman Barat dua tahun kemudian setelah beberapa negara tadi. Ketentuan di dalam NATO yaitu jika ada satu negara di antara anggota anggota NATO diserang maka dianggap semua neagara anggota tersebut juga diserang, maka wajib bagi mereka untuk saling membantu satu sama lain.

  1. CENTO (Central Treaty Organization) membentuk sebuah kerjasama dengan negara Turki,  Irak Iran,  dan Pakistan yang berada di kawasan Timur Tengah dan Asia Selatan.
  2. SEATO (South East Treaty Organization) sebuah organisasi untuk kawasan Asia Tenggara dengan yang beranggotakan Amerika, Inggris, Francis, Australia, Thailand, Filiphina dan Selandia Baru.
  3. Kemudian yang terakhir di Pasifik Selatan dengan membentuk sebuah organisasi dengan nama ANZUS ( Australia, New Zealand, United States).

Melalui perlombaan senjata

Kedua blok saling bersaing membangun pusat penelitian dan tempat tempat yang bisa digunakan untuk meluncurkan rudal nuklirnya. Pada tahun 1949, Uni Sovietlah yang berhasil mengadakan sebuah eksperimen peledakan bom atomnya untuk pertama kalinya. Sebelumnya amerika sudah berhasil membuat Bom Atom, kemudian Amerika mulai mengerjakan sebuah proyek untuk pembuatan Bom Hidrogen yang diuji pada bulan november 1952. Tidak mau tersaingin Uni Soviet pun juga membuat Bom Hidrogen sendiri selain tetap melanjutkan mengembangkan bom atom milik mereka. Senjata Nuklir milik Rusia sendiri bisa mengalahkan Nuklir milik Amerika Serikat.

Bidang teknologi

Persaingan antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet tak sampai di situ saja mereka juga bersaing untuk membuat kecanggihan teknlogi. Dalam bidang luar angkasa contohnya Amerika Serikat yang mampu membuat roket dan mengantarkan beberapa ilumannya menuju bulan. Sehingga tercatat sebagai negara pertama yang bisa mendaratkan astronot untuk menjelajahi bulan. Rusia todal tinggal diam akan kejadian tersebut, dengan demikian Rusia mulai mengerjakan untuk meluncurkan satelit pertamanya. Setelah melakukan pengerjaan satelit pertamanya akhirnya rampung dikerjakan. Satelit ini di beri nama Spuntik pada tahun 1957 dan berhasil mengantarkan wakilnya Yuri Gagarin mengililingi bumi di antariksa luar pada 1961

Badan intelejen

Amerika dan Rusia saling menyelidiki satu sama lain melalui dua organisasi intelejen milik mereka masing masing. CIA adalah mata mata milik negara Amerika Serikat sedangkan Rusia sendiri juga memiliki organisasi yang dinamakan KGB (Komitet Gusudarstvennoy Bezopasnosti). Beberapa tugas kedua Organisasi tersebut ialah mengumpulkan data, keterangan, berita penting tentang negara tertentu dan informasi yang menyangkut pautkan kedua negara tersebut. Beberapa aksi mereka bahkan ada yang ketauan diantaranya adalah ketika CIA terlibat Insiden Teluk Babi pada tahun 1961. CIA membantu mengungsikan rakyat Kuba dan menginvasi pemerintahannya snediri. Disi lain KGB pernah membantu Fidel Castro (Presiden Kuba) dalam mengahadapi aksi pemberontakan tersebut.

Akhir perang dingin

Pada akhir dari konflik perang dingin ini adalah Amerika dan Uni Soviet melakukan pertemuan dua hari di kapal layar milik Uni Soviet, Maxim Gorky. Mereka sepakat untuk menghentikan Perang dingin diantara kedua negara yang mereka bela. Diantara hasil pertemuan mereka antara lain.

Akhir perang dingin
Via : News.okezone.com
  • Baik Amerika Serikat maupun Uni Soviet atau Rusia akan mulai mengurangi jumlah pasukan milik mereka dan persejantaan di benua Eropa.
  • Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev berkata bahwasan nya tidak akan memulai pertempuran terbuka dengan Amerika Serikat.
  • Presiden Amerika Serikat George Bush juga menjelaskan bahwa baik Uni Soviet maupun Amerika Serikat bisa berdamai dan saling melakukan hubungan kerja sama.

Dampak perang dingin

Ternyata perang dingin juga membawa dampak yang sangat amat besar khususnya bagi umat manusia di bumi.Perang ini tidak hanya melibatkan dua negara saja, tetapi beberapa negara yang ada di dunia juga ikut turut mengambil besar dalam Perang Dingin tersebut, karena diantara negara tersebut ada yang memihak blok barat dan juga ada yang memihak blog timur.

Dampak positif perang dingin

Bidang Ekonomi

Munculnya negara penagih yang terbesar di dunia. Dengan kehadiran negara tersebut, mereka menguasai perekonomian dunia melalui pemasoknya. Para pemasok tersebut alan menginvestasikan dana ke negara berkembang dan nantinya akan mendapatkan sebuah keuntungan. Selain itu negara berkembang juga bisa menumbuhkan ekonomi berkat dana yang di investasikan.

Bidang Miiliter

Selama peperangan ini berlangsung banyak negara yang saling bersaing untuk meningkatkan persenjataan mereka masing masing. Akhirnya banyak negara yang kemanannya meningkat secara drastis akibat dari perang tersebut.

Bidang sosial budaya

Mulai keluarnya Hak Asasi Manusia yang dibawa oleh negara Amerika. Karena adanya HAM ini, pemerintah mulai melihat hak rakyatnya dan tida ada satupun yang merasa terhina.

Sains

Banyak penemuan dan inovasi selama perang dingin berlangusng diantaranya adalah penemuan roket, manusia pertama yang berhasil mendarat di bulan dan satelit yang sangat amat berguna bagi manusia untuk kemudian hari kedepannya.

Dampak negatif

Selain membawa dampak positif, perang dingin juga menyisakan dampak negatif diantara lainnya merupakan timbulnya trauma bagi masyarakat dunia karena was was jika sampai nuklir masal di luncurkan. Selain itu dampak yang lain adalah negara Jerman terbagi menjadi dua wilayah bagian yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur yang dipisahkan oleh Tempok Berlin.

Bidang militer

Munculnya senjata nuklir yang telah dikembangkan oleh kedua negara ini menyebabkan ketakukan dan kepanikan bagi masyarakat dunia. Bayangkan saja jika 2 negara ini memulai peperangan dan masing masing negara meluncurkan nuklirnya. Bahkan rudal terkuat milik Uni Soviet jika diluncurkan dapat menghancurkan suatu negara dalam sekejap saja.

Bidang politik

Satu lagi dampak negatif di bidang politik adalah terbuatnya tembok berlin untuk membatasi antara Jerman Barat dan Jerman Timur. Beberapa waktu setelah pasca jerman barat melakukan pemisahan dengan jerman timur, jerman barat lebih maju daripada jerman timur. Sehingga membuat banyak orang Jerman Timur memilih untuk hijrah ke Jerman Bara. Uni Soviet dan Jerman Timur sangat tersinggung dengan kepindahan orang orang tersebut, akhirnya mereka membuat tembok dengan ukuran raksasa di kota berlin dan menempatkan tentara untuk menghabisi orang yang akan melakukan perpindahan ke Jerman Barat.