Kenali Apa Itu Pelanggaran HAM

Kenali Apa Itu Pelanggaran HAM

Pelanggaran HAM untuk saat ini sudah sering terjadi, kasus yang sering terjadi biasanya adalah pemukulan, penganiayaan, intimidasi dan masih banyak lagi. Pelanggaran Hak Asasi Manusia dapat dilakukan oleh individu, kelompok, maupun aparat negara. Pelanggaran yang dilakukan individu ke individu lainnya bisa dikatakan sebagai pelanggaran HAM horizontal, sedangkan pelanggaran yang dilakukan oleh aparat negara terhadap rakyatnya disebut pelanggaran HAM vertikal. Pelanggaran Hak asasi manusia sendiri terdapat dua sifat yaitu bersifat kejahatan biasa atau (ordinary crimes) dan kejahatan luar biasa (extraordinary crimes). Untuk contohnya pun beragam antara lain pemukulan, penganiayaan, pencemaran nama baik, dan bahkan bisa saja berujung pembunuhan masal.

Pengertian pelanggaran HAM

Pelanggaran Hak asasi manusia atau HAM merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok bahkan aparat negara sekalipun baik disengaja maupun ada unsur kelengahan. Dan juga membatasi, mencegah, menghilangkan, dan mengabaikan hak seseorang tersebut. Yang dimana semua mendapatkan jaminan kebebasannya sesuai undang undang yang berlaku dan mekanisme hukum sebagai salah satu WN (warga negara). Untuk pelanggaran ham sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu ringan dan berat.

Pelanggaran hak asasi manusia ringan

Pelanggaran ini adlah pelanggaran HAM yang dilakukan seseorang maupun sekelompok namun tidak mengancam keselamatan manusia atau kematian. Akan tetapi pelanggaran yang satu ini bisa saja menjadi bahaya bila tidak di minimalisir secara langsung. Kerjaian yang sering terjadi di lingkungan masyarakat entah itu dibuat sadar ataupun tidak sadar karena tidak sedikit orang yang beranggap sebagai hal yang wajar seabagi mana semestinya.

Pelanggaran hak asasi manusia berat

Pelanggaran yang termasuk pelanggaran HAM yang dinilai sebagai tindakan yang membahayakan dan bisa mengancam nyawa seseorang oleh sekelompok ataupun individu manusia. Keselahan itu sering menjadi banyak organisasi kemanusiaan, bahkan mayoritas kasus HAM yang terjadi di dunia menjadi awal terbentuknya organisai kemanusian yang akan melindungi sepenuhnya akan HAM.

Bentuk bentuk pelanggaran hak asasi manusia ringan

  • Untuk bentuk bentuk pelanggaran ham ringan ini beragam macam bentuknya yang bisa saja sering terjadi dalam kehidupan kita sehari hari seperti.
  • Membeda bedakan terhadap seseorang
  • Perusakan terhadap sesuatu
  • Kelengahan dalam menetapkan sebuah aturan
  • Pencemaran nama baik dan masih banyak lagi jenis jenis lainnya

Bentuk bentuk pelanggaran hak asasi manusia berat

  • Seperti yang tercantum dalam UU RI nomor 2 tahun 2011 tentang pengadilan HAM yang sudah di golongkan menjadi 2 bentuk berat pelanggaran yaitu yang pertama adalah kejahatan manusia dan yang kedua adalah genosia.
  • Pengertian genosida sendiri antara lain adalah sebuah pembantaian secara besar besaran yang dilakukan secara sistematis terhadap suatu ras, agama, suku, etnis, dan bangsa dengan tujuan ingin memusnahkan. Contoh dari genosida adalah
  • Membunuh anggota suatu kelompok
  • Menciptakan kondisi kehidupan yang sangat kacau
  • Membunuh suatu kultur dengan aturan
  • Menyebabkan penderitaan mental ataupun fisik
  • Melakukan langkah penghadangan kelahiran dalam sebuah kelompok
  • Penjelasan tentang kerjahatan manusia, sebutan ini terdapat dalam hukum internasional yang mengacu dalam tindakan yang bisa mengundang munculnya pembunuhan secara masal. Cara yang digunakan dalam pembunuhan yang satu ini seperti penyiksaan dan penyerangan. Digunakan untuk menyusutkan ras dengan tujuan kepentingan politik yang digunakan sebagai dasar utamanya. Contoh nya seperti kejahatan perang, dan juga kejahatan agresi.

Contoh pelanggaran ham ringan

Untuk contoh dari pelanggaran hak asasi manusia golongan ringan sebagai berikut.

  • Kasus pencemaran nama baik seseorang karena adanya rasa tidak suka
  • Pemukulan terhadap orang yang tak disukai.
  • Menghadang orang yang ingin mengeluarkan opini atau mengutarakan pendapatnya.
  • Pencemaran dan perusakan lingkungan.
  • Penganiayaan terhadap orang lainnya.

Contoh pelanggaran ham ringan di lingkungan sekolah

  • Peghinaan guru terhadap murid berdasarkan harta yang dimiliki keluarganya.
  • Siswa yang mencela teman lainnya
  • Bullying atau penghinaan terhadap siswa lain
  • Mengambil suatu barang dengan pemaksaan dan penganiayaan murid lain.
  • Tawuran yang dilakukan antar siswa yang berada suatu sekolah maupun antar sekolah lainnya.
  • Tindak penganiayaan guru terhadap murid yang memberi hukuman dilakukan seacra fisik yang dapat mencelakai anak didiknya.

Pelanggaran hak asasi manusia di lingkungan keluarga

  • Pemakasaan terhadap anak untuk terus bekerja tanpa henti.
  • Menghilangkan hak anak untuk senantiasa mendapatkan pendidikan
  • Kekerasan terhadap anggota keluarga lainnya.
  • Melakukan pembunuhan terhadap keluarganya sendiri.
  • Memaksakan kehendak dari anaknya sendiri.

Contoh pelanggaran hak asasi manusia di masyarakat

  • Tawuran antar kelompok baik itu antar suku, desa, ataupun daerah.
  • Main hakim sendiri tanpa memperdulikan pihak penengah yang sudah ada.
  • Merusak fasilitas umum yang sudah disediakan.
  • Pencurian barang berharga.
  • Kehilangan kebebasan untuk melakukan ibadah.

Contoh pelanggaran ham berat di indonesia

G30SPKI

G30SPKI
Via : news.okezone.com

Tragedi ini adalah tragedi yang paling parah karena dalam tragedi satu ini terdapat kasus pelanggaran hak asasi manusia yang dinilai sangat merugikan bangsa dan bagi negara. Karena PKI sudah membunuh bebeapa jendral perang TNI dengan sangat sadis. Peristiwa bedarah sadis ini tak jelas kepastiannya, dalam peristiwa ini 6 jendral gugur dan PKI dituduh sebagai pembuhnuhnya. Untuk latar belakangnya dari kejadian ini banyak sekali macamnya, pada masa presiden Soekarno, ideologi NASAKOM diberlakukan secara imbang dan adil, idelogi NASAKOM sendiri adalah ideologi naionalis, ideologi agamis dan ideologi komunis, karena diperlakukan secara imbang dan adil hal ini mengakibatkan komunis mempunyai sedikit angin segar, dan pada akhirnya komunis ingin sekali menguasai Indonesia dengan memberlakukan hanya ideologi komunis saja yang berlaku. Sementara di versi orde baru, PKI menghayal sebuah cerita dimana dewan jendral hendak melakukan kudeta terhadap presiden Soekarno. Untuk dampaknya sendiri berbagai macam dampak yang muncul akibat dari peristiwa ini seperti.

Dampak politik

  1. Presiden Ir Soekarno merasa kehilangan karismanya di mata rakyat Indonesia.
  2. Kondisi politik di indonesia menjadi tidak stabil disebabkan karena munculnya berbagai pertentangan di dalam lembaga tinggi negara.
  3. Sikap yang dirasa belum bisa mengambil sebuah keputusan untuk bisa membubarkan PKI (Partai Komunis Indonesia) yang kemudian mulai menyulut kemarahan rakyat indonesia.
  4. Pemerintahan melakukan reshuffle pada kabinet dwikora menjadi kabinet 100 mentri. Naman dalam kabinet baru, banyak ditemukan mentri mentri yang mendukung kepada PKI atau membri simpati kepada PKI sehingga para mahasiswa pada saat itu terjun kejalanan guna melakukan demo dan mengempeskan ban ban mobil miliki calon mentri yang akan dilantik.

Dampak ekonomi

  1. Inflasi tinggi diikuti dengan menainknya harga barang yang sangat susah untuk dikendalikan, kenaikan ini melonjak sampai 600 persen lebih dalam satu tahunnya saja.
  2. Pemerintah megadakan devaluasi rupiah lama menjadi rupiah yang baru yaitu Rp 1000 yang diubah menjadi Rp 100
  3. Pemerintah mulai menaikan harga bahan bakar menjadi empat kali lipat lebih mahal dari harga semulanya.

Kasus penembakan misterius petrus tahun 1982-1985

Kasus penembakan misterius petrus tahun 1982-1985
Via : Media.iyaa.com

Ini merupakan salah satu kasus contoh pelanggaran hak asasi manusia yang untuk saat ini masih belum diketahui siapa pelaku yang melakukannya. Kasus ynag satu ini bisa disebut juga sebagai petrus alias operasi clurit yang dimana ini merupakan sebuah operasi yang dibuat oleh mantan presiden yang menjabat selama 32 tahun yaitu presiden Soeharto. Operasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi tingkat nilai kriminalitas yang terjadi pada masa masa orde baru. Operasi ini melingkupi penangkapan dan pembunuhan orang yang dianggap mengganggu dan mengancam kemanan serta ketentraman dan ketenangan masyakarat khususnya untuk daerah di Jawa dan Jakarta. Dari operiasi itu selama beberapa tahun dilakukan jumlah korban yang tewas hampir mencapai 1000 orang lebih yang berjatuhan, mayat mayat korban petrus ini kebanyakan dimasukan di dalam karung dan di tinggalkan di pinggir sungai, pantai, laut, dan bahkan ada yang ditinggal kan di depan rumah. Kasus ini sudah merambat ke erbagai kota lain, hanya saja dilaksanakannya secara tetutup. Banyak kontroversi yang terjadi pada waktu itu yang kebetulan menjadi berita hangat, ada yang pro dan ada juga yang kontra, baik dari golongan hukum, poltisi pememang kekuasaan. Amnesti internasional pun juga mengirimkan sebuah surat guna menanyakan kebijan yang diperlakukan oleh pemerintah indonesia ini.

Tragedi semanggi dan kerusuhan mei pada tahun 1998

Tragedi semanggi dan kerusuhan mei pada tahun 1998
Via : palembang.tibunnews.com

Pada tanggal 13 Mei hingga 15 Mei 1998, terjadilah sebuah insiden kerusuhan yang hampir terjadi di seluruh kota pelosok di tanah air ini. Dari semua kerusuhan ini berujung yang paling puncak berada di Ibu Kota Jakarta. Kasus ini terjadi lantaran sebuah latar belakang oleh kondisi finansial yang semakin memburuk, kericuhanpun semakin menjadi karena di picu oleh tewasnya mahasiswa Universitas Trisakti yang berjumlah 4 orang. Mahasiswa yang terbunuh ini terkena tembakan pada tanggal 12 Mei 1998 pada saat akan demontransi. Dalam kasus ini KA atau Kejaksaan Agung menyatakan kakus yang terjadi ini bisa saja akan terus di telisik lebih dalam jika ada rekomendasi dari DPR ke Presiden. Namun pada kenyataannya DPR tidak memberikan sama sekali rekomendasi hingga mengakibatkan Kejaksaan Agung menolak dan akan mengembalikan berkas berkasnya ke Komnas HAM. Salah satu alasa dari Kejaksaan Agung adalah Karena DPR menyatakan bahwa dalam kasus ini tidak ada sama sekali ditemukan pelanggaran HAM. Beberapa alasan yang lainnya juga muncul dan memberikan opini bahwa kakus tersebut sudah putus pada Pengadilan Militer di Tahun 1999, sehingga membuat Kejaksaan Agung untuk menindak lanjutnya lagi.

Pembunuhan Munir Said Thalib seorang aktivis HAM

Pembunuhan Munir Said Thalib seorang aktivis HAM
Via : merdeka.com

Pada tanggal 7 September 2004, salah satu aktivis HAM terkemuka di Indonesia yang bernama Munir Said Thalib telah di temukan dalam keadaan tidak bernyawa atau meninggal dunia ketika ingin menuju Amsterdam menggunakan pesawat terbang Garuda Indonesia. Ketika Saat menjabat sebagai salah satu Dewan Kontras nama Munir ini keluar karena dia adalah pejuang keras bagi orang yang hilang di karenakan di culik. Pada waktu itu munir Sedang membela para Aktivis yang tengah menjadi korban penjulika oleh salah satu anggota dari Koppasus TNI. Karena saat itu bapak Soeharto sudah tak lagi menjabat sebagai presiden RI, kasis inipun menjadi awal pencopotan jabatan salah satu atasan dari Koppassus yaitu Denjen Koppassus Prabowo Subianto dan juga mengadil para tim yang tengah bekerja atas perintahnya. Tetapi hingga saat ini kasus yang satu ini masih belum selesai saja, hanya pilot maskapai penerbangan Garuda saja yang mempunyai nama Pollycarpus Budiharti Priyanto. Dia dijatuhi vonis bui atau penjara selama 14 tahun karena sudah terbukti ikut campur dalam kasus meracuni salah satu aktivis ham saat menuju Amsterdam.

Tragedi wamena berdarah

Tragedi wamena berdarah
Via : kontras.org

Tragedi yang satu ini berlangsung pada tanggal 4 April 2003 silam pada jam 1 dinihari. Singkat kejadian tersebut bisa terjadi dikarenakan adanya massa yang tidak dikenal yang membobol gudang senjata milik Markas Kodim 1702/Wamena. Dampak yang diberikan dari pernyerangan dan perampasan gudang senjata ini adalah dari pihak TNI ada 2 korban jiwa yang bertugas sebagai penajga gudang. Karena di duga massa tidak dikenal tersbeut membawa sejumlah senjata dan amunisi, aparat TNI beserta Polri pun melakukan penyisiran bersama guna mencari jejak jejak massa yang tidak dikenal ini. Akibat dari penyisiran itu lah berujung hingga pentiksaan, perebutan paksa, penangkapan hingga bisa menimbulkan korban jiwa berjatuhan. Dlam hal ini juga terjadi pengungsian penduduk yang berada disana secara paksa guna mencegah korban jiwa lagi. Perkiraan korban jiwa dari insiden ini adlah sekitar 42 orang meninggal dunia dikarenakan kekurangan logistik makanan, 15 orang yang menjadi korban perampasan. Beberapa penelitian Komnas HAM  juga menemukan dugaan pemaksaan saat penandatangananvsurat pernyataan serta perusakan fasilitas umum. Proses hukum dari kasus ini masih menemui jalan buntu hingga saat ini karena ketidakjelasan dari Kejaksaan Agung dan Komnas HAM.

Bom Bali

Bom Bali
Via : netz.id

Peristiwa pelanggaran HAM yang satu ini terjadi pada tahun 2002 yang berlokasi di pulau bali. Peristiwa ini terjadi akibat aksi terosisme di Indonesia. Dari aksi ini para teroris tersbeut meledakan bom dengan sekala ledakan yang cukup besar di kawasan Legian Kuta. Jumlah korban akibat dari peristiwa bom terorisme ini mencapai 220 orang tewas dan 209 orang lainnya luka luka cedera kebanyakan yang menjadi korban adalah wisatawan asing. Peristiwa yang satu ini dianggap menjadi kasus pidana terbesar yang sudah pernah terjadi di Indonesia. Tindakan cepat segera di ambil oleh aparat kepolisian guna melakukan olah TKP dan menangkap siapa dalang dibalik peristiwa tersebut. Dengan ada nya kejadian ini, Indonesia mulai diragukan dalam masalah yang berat yaitu faktor keamanan. Kecaman demi kecaman yang dikeluarkan oleh warga negara asing itulah yang menjadi Dampak dari peristiwa bom terosisme ini.

Pelanggaran ham internasional

Pelanggaran ham kian marak terjadi dan dilakukan seseorang atau kelompok terhadap masyarakat lain agar mendapatkan tujuan dan maksud tertentu. Contoh nyatanya adalah adanya perang saudara yang sudah sering terjadi di afirka. Selain itu, berbagai rezim kepemimpinan ala diktator yang sudah melanda negara negaea di Eropa pada era tahun 1920 an sampai 1940 an juga tergolong dalam pelanngaran hak asasi manusia berat di dunia. Lebih banyak lagi macam pelanggaran yang terjadi di dunia berikut kami akan menjelaskan.

Bentrok oposisi dan pemerintah mesir

Bentrok oposisi dan pemerintah mesir
Via : Merdeka.com

Bentrok yang terjadi antara pihak oposisi dan pemerintah setempat terjadi di negara Mesir. Bermulanya kejadian ini adlaah berhentinya rezim presiden mesir Hosni Mubarak yang sudah bertahan dalam waktu 4 dekade. Selema ber minggu minggu, ratusan warga Mesir menyerukan pencopotan mubarak dari jabatan sebagai presiden Mesir dengan cara turun ke jalanan. Hal ini menyebabkan adanya krisis ekonomi dan politik yang dialami Mesir. Beberapa warga beranggapan bahwa presiden mubarak sebagai presiden baik karena selalu mempedulikan rakyat kecil. Namub ada juga yang beranggapan bahwa presiden Mubarak bersifat glmor dan otoriter dan tidak menghendaki Mubarak untuk memimpin Mesir lagi. Bentrok antar dua kubu pun tidak dapat terhindari. Selama berminggu minggu ratusan warga menjadi korban, nyak dari mereka yang akhirnya meninggal dunia akibat dari peristiwa ini. Konflik antara pemerintah dan pihak oposisipun kian mulai mluas. Tak lama Hosni Mubbarak pun dikepung oleh ratusan warga mesir dan bersembunyi di dalam selokan kemudian ada warga yang menemukan, akhir dari peristiwa ini Mubbarakpun meninggal di tangan rakyat yang pernah ia pimpin sendiri.

Rezim benito mussolini di Italia

Rezim benito mussolini di Italia
Via : id.wikipedia.org

Rezim pemimpin otoriter juga pernah terjadi di negara pizza yaitu Italia sejak tahun 1924 silam. Pemeran utama dari peristiwa ini adalah Benito Mussolini, yang memimpin faham fasisme di Italia. Mussolini memerintah di negara Italia selama 19 tahun lamanya yaitu 1924 hingga 1943. Selama itu dalam masa pemerintahanny, ia dikenal sebagai pemimpin yang otoriter, dan tidak sgan membunuh orang orang yang tidak sepaham atau seideologi dengannya. Kekejaman Benito Mussolini ini pun berlaku kepada siapapun tidak memandang siapapun orangnya. Benito Mussolini juga termasuk satu pencetus perang dunia II. Beliau juga pernah bekerja sama dengan Adolf Hitler dari Jerman untuk melawan sekutu pada Workd War II.

Rezim Adolf Hitler di Jerman

Rezim benito mussolini di Italia
Via : dzargon.com

Nama Adolft Hitler mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Ia merupakan salah satu pemimpin terkejam yang pernah ada. Adolft Hitler yang merupakan pimpinan NAZI di jerman pada era 1930 an sudah terlibat dalam salah satu contoh pelanggaran HAM internasional. Ia melakukan banyak kejahatan yang tidak sepantasnya, seperti menangkap tokoh tokoh politik yang mau menentangnya dan melkukan pembasmian kepada orang orang Yahudi. Hitler sendiri adalah salah satu penyebab utama terjadi nya perang dunia ke 2.

Sengketa Israel dan Palestina

Masalah sengketa antara negara Israel dan Palestina merupakan salah satu sengketa global yang sampai saat ini masih berlangsung. Hal ini bermula ketika Israel akan memperluas wilayahnya dnegan menguasai sebagian wilayah di Palestina. Hasilnya untuk saat ini negara Palestina hanya tersisa sedikit saja untuk wilayahnya. Dengan bantuan AS atau Amerika Serikat, Israel juga sering beberapa kali melakukan serangan terhadap Palestina, baik serangan darat maupun udara ke wilayah wilayah yang berada di negara tersebut. Sudah ratusan ribu warga Palestina, temasuk anak anak, wanita atau bisa saja relawan dari luar negara yang bisa menjadi korban. Para petinggipun sempat mengutuk tindakan keji yang dilakukan oleh Israel tersebut. Tindakan semena mena dan terlalu kerji Israelpun terus menerus berlanjut hingga saat ini.

Perang sipil di Bosnia

Perang sipil ini pernah terjadi di perbatasan Bosnia dengan Serbia. Peristiwa ini terjadi di tahun 1992 hingga 1995 setelah sebuah negara sudah pecah yaitu Yugoslavia. Dalam perang yang terjadi di Bosnia tersebut, terjadi pembunuhan masal terhadap kurang lebih 800 warga muslim Bosnia yang bermukim dan tinggal di kota Srebenica. Kota srebenica sendiri memanglah sudah dihuni banyak warga muslim bosnia. Hal ini semapt menimbulkan kekacauan di udnia dan abnyak negara yang mengecam tindakan tersebut. Peristiwa ini merupakan salah satu kasus pelanggaran HAM berat dalam skala internasional

Mengatasai pelanggaran ham

Kasus pelanggaran HAM untuk saat ini kian marak terjadi di semua lingkungan. Hanya saja biasanya untuk menyelesaikan masalah diselesaikan dengan cara kekeluargaan atau malah korban tidak ingin melaporkan. Berikut adalah bagaimana upaya dalam mencegah kasus pelanggaran HAM yang harus diketahui.

Pendidikan karakter

Tidak bisa di hindari bahwasannya pendidikan adalah sebuah hal yang sangat penting bagi tiap diri manusia. Pentingnya pendidikan untuk manusia sendiri adalah karena ia juga termasuk dalam HAM (Hak Asasi Manusia) dan keberadaanya serta pelaksanaanya dijamin oleh undang undang, Bukan hanaya dalam asepek saintis yang perlu diajarkan ke perserta didik. Namun hal yang lebih penting meurpakan bagai mana mendidik karakter dari tiap generasi generasi penerus bangsa ini. Pentingnya pendidikan karakter untuk kita semua adalah agar kita semua menjadi generasi pribadi yang lebih baik sesuati norma dan aturan yang berlaku di lingkungan kita sendiri. Dengan demikian, tentunya hak asasi manusia akan terasa lebih mudah untuk ditegakkan dan pelanngaran HAM dapat dicegah dengan lebih cepat dan akurat. Pendiidk karakter yang lebih mudah dan cepat adalah bisa dimulai sejah usia dini, namun pendidikan karakter di lingkungan sekolah lebih ditekankan, karena untuk saat ini siswa lebih sering menghabiskan waktu mereka di sekolah.

Mempelajari apa makna HAM secara mendalam

Sebagai manusia hak asasi manusia adalah sesuatu yang sangat penting dan sangat dekat dengan diri kita, namun masih banyak diluar sana orang orang yang dimana hak asasinya masih belum di dapatkan, masih banyak saja yang malah diam ketika hak asasinya di lawan, dihalangi ,ataupun di kurangi. Mengapa demikian?? Masih banyak orang orang yang masih belum bagai mana pentingnnya HAM, bahwa HAM sendiri itu sudah seharusnya ditegakkan, diperjuangkan, dan dilindungi. Hal ini sudah tercantum dalam Pancasila, UUD (Undang Undang Dasar) NKR 1945, UU Nomor 39 tahun 1999 tentang HAM, Undang-Undang No. 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, dan juga Deklarasi Universal HAM yang dibuat oleh PBB. Semua pasal pasal hukum tersebut akan menjamin penagakkan ham dan mengadili mereka yang akan melanggar HAM. Maka dari itu, dengan mempelajari HAM, kita akan lebih tahu dengan dekat dan peka terhadap bagaimana terlaksananya penegakkan HAM di lingkungan sekitar kita.

Menegakkan HAM dengan berbuat baik

Selepas mempelajari akan bagaimana pentingnya pendidikan karakter, hasil dari pendidikan karakter itu sendiri harus dilakukan atau diterapkan dalam kehidupan sehari hari agar suasana kondusif bagi penegakkan hak asasi manusia bisa tergapai. Perlakuan baik itu misalnya melakukan disuksi setiap saat, bersikap jujur, ramah dan baik terhadap orang lain, toleransi terhadap perbedaan yang ada di sekitar lingkungan kita, menaati hukum yang sudah di buat dan berlaku, melerai apabila ada yang berseteru, melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila sudah terdapat kerjadian pelanggaran HAM, melaksanakan hak asasi dengan tidak melupakan pentingnya tanggung jawab, dan sebagainya. Demokrasi Pancasila yang diikuti oleh indonesia sebagaimana bentuk pemerintahannya sangat menjunjung tinggi bagaimana pentingnya menegakkan HAM.

Meningkatkan persatuan dan kesatuan

Persatuan dan kesatuan bangsa berasal dari peringkat terkecil di bangsa ini, yaitu adalah masyarakat dan keluarga. Denagan meningkatkan persatuan dan kesatuan, lingkungan yang berada disekitar kita akan lebih saling sayang dan menyayangi satu sama lain dan juga saling menghormati. Oleh karena itu, penegakkan ham dapat dilakukan dengan lancar terlaksana dan juga pelanggaran ham akan dengan cepat dan tepat untuk dicegah adanya.