Mengenal Macam-macam Metamorfosis Hewan

Mengenal Macam-macam Metamorfosis Hewan

Metamorfosis merupakan proses pengembangan, pertumbuhan, dan perubahan fisik yang terjadi pada makhluk hidup perubahan fisik ini di sebabkan karena adanya sebuah diferensiasi sel tertentu yang secara radikal berbeda. beberapa hewan melakukan metamorfosis tetapi ada dua jenis metamorfosis hewan yang harus kalian ketahui.

Macam-macam metamorfosis hewan

Pada umumnya metamorfosis hewan di bagi menjadi dua yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Alasan mengapa ada yang sempurna dan tidak sempurna adalah jika metamorfosis sempurna larva hewan tersebut sangat berbeda bentuknya dengan imagonya sedangkan bentuk tidak sempurna larva dan imagonya agak sama. 4 tahap yang di lalui oleh metamorfosis sempurna yaitu, telur – larva – pupa / nimfa – imago. Contoh metamorfosis sempurna diantaranya, katak, nyamuk, lalat, kupu-kupu. Metamorfosis tidak sempurna pada serangga hanya melalui tiga tahapan yaitu, telur – nimfa – imago (hewan dewasa). Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurnya mempunyai bentuk tubuh sama ketika kecil sampai dewasa. cContoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna walang, kepik, whitefly, rayap, kutu daun, jangkrik, capung dan masih banyak lagi.

Metamorfosis katak

metamorfosis katak
via : Jagad.id

Metamorfosis katak merupakan proses perubahan dan perkembangan katak dari waktu ke waktu. Proses ini menunjukkan pertumbuhan tubuh sebuah hewan katak. Hewan katak dapat hidup dalam 2 tempat yaitu di air dan di darat. Ketika katak betina ingin bertelur maka katak akan pergi ke perairan dan akan meletakkan telur-telurnya di dasar air. Sluruh metamorfosis atau perkembangan katak dari telur sampai katak dewasa ada di dalam air. Maka dari itu hewan ini sering di sebut sebagai hewan amfibi karena bisa hidup di dua alam. Hewan katak berkembang biak lebih pesat dari biasanya ketika musim kemarau. Jika ada kolam maka katak akan tinggal di sana dan akan mengeluarkan bunyi kodok yang bersahut-sahutan. Berikut adalah pembahasan lengkap ekosistem katak.

  • Telur katak

Hewan katak atau yang sering di sebut hewan amfibi ini mengawali perkembangbiakan dengan bertelur terlebih dahulu. Katak jantan akan membuahi katak betina, katak betina akan meletakkan telurnya di dalam kubangan air yang menatak jantan akan mengaungi katak betina, dan katak betina akan meletakkan telur-telunya di dasar laut yang menurut mereka aman. Telur katak akan di tinggalkan oleh induknya dan akan melakukan perkembangbiakan secara mandiri. Katak akan bertelur sangat banyak  bahkan sampai 20.000 telur dengan 3 kali reproduksi. proses katak bertelur biasanya juga mencapai hampir 3 minggu

  • Kecebong

Setelah telur menetas maka akan berubah menjadi kecebong. Kecebong dengan jumlah banyak ini akan memakan cangkangnya sendiri. Fase ini akan berjalan selama kurang lebih 5 minggu hingga menjadi katak muda. Kecebong akan berkembang dengan adanya kedua kakinya dan membentuk organ-organnya.

  • Katak muda

Setelah 5 minggu menjadi kecebong maka katak akan berkembang menjadi katak muda. Katak muda akan berlangsung selama 3 minggu saja selanjutnya menjadi katak dewasa. Katak dewasa di tandai dengan terbentuknya paru-paru untuk dia bernafas di daratan. Dan otomatis insang akan menghilang dan mengalami perubahan derastis.

  • Katak dewasa

Setelah terbentuknya paru-paru untuk katak bernafas di darat maka katak akan menjadi katak dewasa. Katak dewasa akan berumur sekitar 11 minggu. Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa metamorfosis katak cukup singkat. Katak ini sudah cepat melompat kedaratan (tanah). Selanjutnya katak jantan dan betina akan mengalai pembuahan.

Berikut adalah ciri-ciri katak

ciri-ciri katak
via : This Is My Blog
  1. Katak berkembangbiak dengan bertelur.
  2. Binatang amfibi (hidup di dua dunia)
  3. Katak muda hidup di air dan bernapas dengan insang.
  4. Katak berjalan dan berenang dengan keempat kakinya.
  5. Katak dewasa hidup di darat dan bernapas menggunakan paru-paru.
  6. Katak mengalami metamorfosis dari telur-kecebong-katak kecil-katak dewasa.
  7. Katak mempunyai kulit yang basing karena membantu pernafasan.
  8. Katak juga mempunyai selaput pada jari-jari kakinya yang digunakan untuk berenang

Metamorfosis nyamuk

Metamorfosis Nyamuk
via : eBIOLOGI.COM

nyamuk merupakan hewan yang sangat di hindari oleh keanyakan orang karena sering kali mengganggu manusia.Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang, seringkali menyedot darah manusia dan menyebabkan gejala gatal akibat sehabis di gigit nyamuk. Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai “Mosquito”, berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats. Mari kita bahas lebih lanjut tentang  metamorfosis nyamuk yang termasuk ke dalam metamorfosis sempurna. berikut adalah metamorfosis nyamuk yang sempurna.

  • Telur

Tahukah kalian bahwasanya tiak semua nyamuk yang menghisap darah. ternyata cuma nyamuk betina saja yang menghisap darah manusia.  Nyamuk Betina memerlukan darah sebagai sumber protein dan Energi yang cukup untuk digunakan saat masa memproduksi telur. Begitu dia siap bertelur, dia akan mencari tempat yang tepat. Pada umumnya nyamuk bertelur di daerah perairan dan yang di rasa aman dari predator.. Bisanya Nyamuk Betina mampu memproduksi telur sebanyak 100-300 butir dengan ukuran yang sangat kecil yaitu 0,5 mm. Telur diletakkan satu per satu dan mengapung di permukaan air. Biasanya telur berwarna putih ketika pertama kali dikeluarkan, dalam satu hari kemudian warna telur nyamuk menjadi gelap mendekati hitam. Mereka menetas dalam satu hingga tiga hari tergantung pada suhu lingkungan sekitar. Lokasi yang digunakan untuk meletakan telur berbeda beda tergantung spesies dari nyamuk yang bertelur.

  • Jentik-larva

Larva instar adalah sebutan dari larva yang baru saja menetas. Pada saat larva baru menetas ukuran nyamuk sangatlah kecil sampai-sampai tidak bisa di lihat denga kasat mata. Larva nyamuk biasanya dapat diamati dengan jelas mengapung di permukaan air. Di sini mereka dapat memperoleh makanan dan bernapas melalui siphon mereka. Siphon terletak di pangkal perut mereka dan nampak mirip dengan snorkel. Karena kerangka larva nyamuk terletak di luar (exoskeleton), mirip dengan kepiting, mereka harus melepaskan rangka luarnya agar bisa tumbuh berkembang dengan normal. Diketahui, saat larva nyamuk terasa terganggu maka dia akan menyelam untuk menyelamatkan diri. Lama fase Jentik jentik pada nyamuk biasanya berkisar antara 8-10 hari yang dipengaruhi dengan kondisi lingkungan sekitar, mungkin terdapat sedikit perbedaan lama waktu dalam fase larva ini tergantung pada jenis spesies Nyamuk.

  • Kepompong-pupa

Setelah proses larva instar sudah selesai maka larva instar atau jentik-jentik akan berubah menjadi kepompong atau bisa di sebut juga dengan pupa. Pada tahap inilah metamorfosis nyamuk akan berkembang menjadi nyamuk dewasa yang bisa terbang. Prosesnya mirip dengan ulat yang menjadi kupu-kupu. Nyamuk akan menjadi kepompong hanya untuk beberapa hari, yang biasanya sekitar 1-2 hari tergantung dari spesies nyamuk. Sementara sebagian besar pupa serangga tidak aktif, Pupa nyamuk bersifat unik karena mereka sangat aktif dan dapat bergerak cepat melalui air. Pada fase kepompong nyamuk sementara tidak mengkonsumsi makanan dan ciri kepompong nyamuk jika diamati yaitu berwarna semi transparan.

  • Nyamuk dewasa

Setelah fase pupa atau kepongpong selesai, kulit pupa nyamuk bagian atas akan terbelah kemudian  nyamuk akan perlahan-lahan keluar san melepaskan cangkangnya. Setelah lepas dari kulit pupa, maka nyamuk yang saat itu mengapung di permukaan air akan beristirahat di sana sampai tubuh dan sayapnya mengeras. Setelah tubuh mengeras nyamuk akan terbang untuk memulai kehidupan barunya. Salah satu hal pertama kali yang dilakukan nyamuk yaitu terbang mencari nektar untuk dikonsumsi sebagai energi beraktifitas kedepannya. Umumnya nyamuk jantan muncul lebih dulu sebelum nyamuk betina menyelesaikan fase pupa. Ini memberi Nyamuk jantan kesempatan untuk matang sebelum betina muncul. Nyamuk jantan kemudian menggunakan antena berbulu mereka untuk mendengar sayap betina yang baru muncul.

Ciri-ciri nyamuk demam berdarah

Ciri-ciri nyamuk
via : ciri-ciri.id
  1. Memiliki tubuh berwarna hitam dengan loreng-loreng putih (belang-belang warna putih) di sekujur tubuh nyamuk.
  2. Memiliki kemampuan terbang hingga radius 100 meter dari tempat nyamuk menetas.
  3. Memerlukan darah setiap dua hari sekali.
  4. Menghisap darah sebanyak dua kali yaitu pada pagi hari dan sore hari.
  5. Memiliki kemampuan bertahan hidup selama 2-3 bulan dengan rata-rata selama 2 minggu.
  6. Ketika menggigit posisi tubuh nyamuk rata dengan permukaan kulit
  7. Bersarang dan bertelur di genangan air jernih di dalam dan di sekitar rumah bukan di air keruh (ada tananhnya) seperti got/comberan, contohnya pada bak mandi, tampayan, vas bunga, tempat minum burung, perangkap semut dan lain-lain.

Metamorfosis kupu-kupu

metamorfosis kupu-kupu
via : Jagad.id

Proses metamorfosis pada kupu-kupu bisa dibilang cukup panjang dan lama. Secara Sederhana terdapat empat tahapan dalam metamorfosis kupu-kupu ini. Dimulai dari telur kemudian menjadi ulat atau larva, selanjutnya kepompong dan pada akhirnya menjadi kupu-kupu. Metamorfosis pada kupu-kupu merupakan jenis metamorfosis sempurna. berikut proses daur hidup pada kupu-kupu dan penjelasannya. Kami sertakan juga video metamorfosis kupu-kupu di postingan. Silahkan disimak uraian di bawah ini.

  • Telur

Kupu-kupu betina sangatlah pemilih dalam hal memilih tanaman untuk dijadikan tempat menaruh telurnya. Alasan utamanya adalah mencarikan calon ulat daun kesukaannya. karena Setiap kupu-kupu mempunyai daun favorit sendiri. Umumnya kupu-kupu meletakkan telurnya di bagian ujung/bawah daun. Telur ini mempunyai ukuran sangat kecil, dan biasanya berwarna putih. Telur kupu-kupu akan menetas dalam waktu 3 sampi 5 hari. ketika keluar mereka akan membuat lubang kecil di telur tersebut.

  • Ulat (larva)

Larva adalah sebutan lain dari ulat kupu-kupu. Pada tahap ini banyak orang merasa jijik melihatnya. Setiap harinya ulat akan memakan daun dan mempunyai pertumbuhan sangat cepat. Seiring pertumbuhan ukuran ulat akan melebih kulitnya sendiri. Sehinga secara alami ulat akan berganti kulit, atau biasa disebut molting. Biasanya ulat akan berganti kulit 4 sampai 6 kali. Ketika larva sudah mencapai ukuran maksimal dia akan berhenti untuk makan. dan kemudian mencari tempat berlindung, untuk berubah menjadi kepompong.

  • Kepompong (pupa)

Pupa memiliki struktur kulit yang halus, keras dan biasanya berwarna coklat, hijau. Ini sebagai bentuk kamuflase dengan lingkungan sekitar. Jika diamati dari luar fase pupa terlihat seperti sedang beristirahat, namun sejatinya di dalamnya sedang berlangsung proses pembentukan kupu-kupu selama 7 sampai 20 hari tergantung spesies.

  • Kupu-kupu

Setelah berlalu beberapa hari kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu. yang indah. Saat pertama kali keluar dari kepompong sayap kupu-kupu akan terlihat kusut, kecil, basah, dan terlihat menempel di cangkang kepompong. Menurut penelitian, cairan basah yang menyelimuti kupu-kupu ketika baru keluar dari kepompong berfungsi untuk membantu pembesaran sayap dan tubuh kupu-kupu. Cairan tersebut disebut Hemolymph. Untuk pertama kalinya kupu-kupu akan merangkak ke atas dahan, agar tubuhnya mengering dan sayapnya bisa berfungsi dengan normal. Untuk menunjang pertumbuhannya kupu-kupu dewasa kan mencari bunga untuk menyerap sari atau nektar bunga pada siang hari.

Ciri-ciri khas kupu-kupu

ciri-ciri kupu-kupu
via : Flora dan Fauna

mempunyai dua pasang sayap membranus, tertutup sisik dan biasanya warnanya menarik, cemerlang dengan pola yang teratur. Sisik-sisik pada sayap mudah terlepas seperti debu bila terpegang dan tidak mempunyai frenulum . Kebanyakan tubuh dan tungkainya tertutup dengan sisik-sisik, sungut ramping dan menjendol pada ujungnya.

Metamorfosis jangkrik

metamorfosis jangkrik
via : Mikirbae

jangkrik merupakan hewan pemakan segala dan di sebut juga dengan hewan yang bersaudara dengan belalang, jangkrik memliki kumis atau biasa di sebut dengan belalai panjang. Jika kita ingat-ingat kembali pada saat kita masih sd atau sudah smp pelajaran mengenai jangkrik biasanya di bahas jagkrik adalah hwan omnivora atau pemakan segala. Jangkrik sangat terkenal dengan suaranya yang nyaring dan melengking, suara tersebut biasanya muncul pada malam hari dan hanya jangkrik jantan yang melakukannya. jangkrik jantan tersebut melakukan hal ini di gunakan untuk menarik jangkrik betina dan mengusir jangkrik lain di sekitarnya. Suara jangkrik sering di gunakan untuk metode pengusir tikus konon katanya tikus resah dengan suara jangkrik yang sangat keras.

  • Proses metamorfosis jangkrik diawali dengan stadium telur. Telur jangkrik dihasilkan dari proses perkawinan antara induk jangkrik jantan dan induk jangkrik betina. Telur yang dikandung betina kemudian akan diletakan di tanah.
  • Setelah telur jangkrik menetas, nimfa keluar dari cangkang telur. Jangkrik stadium nimfa mengalami lima kali pergantian kulit yang disebut eksdisis. Lama proses pergantian kulit tergantung pada besarnya serangga. Pergantian kulit pertama, saat serangga masih kecil, lebih cepat daripada pergantian kulit yang terakhir.
  • Setelah melewati fase nimfa, metamorfosis jangkrik dilanjutkan dengan stadium imago. Nimfa jangkrik tumbuh menjadi besar. Pada fase dewasa jangkrik memiliki bulu lengkap

Ciri-ciri khusus jangkrik

ciri-ciri jangkrik
via : Berbagi Informasi Serba Guna – Blogger.com
  1. Binatang jangkrik memiliki eksoskeleton (rangka kitin dan rangka luar)
  2. Jangkrik memiliki sayap dengan dua pasang atau lapisan, sayap jangkrik terlihat seperti kertas dan mudah sobek.
  3. Hewan jangkrik memiliki kumis di bagian depan kepalanya.
  4. Jangkrik memiliki jenis mata majemuk, hampir mirip dengan jenis mata binatang serangga pada umumnya, Salah satunya adalah ada pada ciri-ciri capung.
  5. Mereka dapat mengeluarkan suara yang khas. suara tersebut di hasilkan dari gesekan kedua sayap luarnya.
  6. Memiliki kemampuan melompat yang sangat baik.
  7. Jumlah kaki jangkrik keseluruhannya adalah enam kaki.
  8. Makanan kesukaan jangkrik berupa rerumputan kecil, dedaunan, buah dan daun pepaya, daun pisang, Jenis makanannya tidak jauh berbeda dengan makanan hewan serangga pada umumnya.
  9. Jangkrik berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar.
  10. Apa perbedaan jangkrik jantan dan betina? Untuk membedakan jangkrik jantan dan betina, cukuplah mudah, jangkrik jantan tidak memiliki jarum di bagian belakang tubuhnya, sedangkan untuk jangkrik betina memiliki jarum di bagian belakang tubuhnya, serta bagian sayap luarnya lebih halus di bandingkan dengan sayap luar jangkrik jantan yang cukup kasar.

Metamorfosis walang sangit

metamorfosis-walang-sangit
via : Gavtek.com

Walang sangit merupakan hewan atau serangga yang sering menjadi hama pada tumbuhan, terutama padi. di indonesia serangga ini sering di temukan dan seringkali meresahkan petani karena hewan ini sering memakan dan menghisap sari padi  dan membuat padi gagal panen. Walang sangit mempunyai ciri-ciri yang sangat mudah di kenali, hewan ini berukuran sekitar 2 cm, berwarna coklat kelabu, dan memiliki belalai untuk menghisap cairan tumbuhan.Walang sangit menghisap cairan tanaman dari tangkai bunga  dan juga cairan buah padi yang masih pada tahap masak susu sehingga menyebabkan tanaman kekurangan hara dan menguning, dan perlahan-lahan melemah.

  • Telur

Walang sangit memiliki telur berwarna merah gelap kecoklatan. Telur ini biasanya di letakkan secara berkelompok oleh induk walang sangit setiap kelompok biasanya berisi 15-20 butir telur. Selain itu telur walang sangit biasanya di letakkan di atas batang daun dan biasanya di letakkan pada saat padi yang berbunga

  • Nimfa

Nimfa walang sangit berwarna kekuningan yang menyerupai daun. Warna nimfa sangat sulit di bedakan dengan warna daun karena kedua warna ini sangatlah mirip. Ukuran nimfa sendiri sangatlah kecil kira-kira ¼ dari serangga dewasa. Selain itu nimfa tidak memiliki sayap seperti serangga dewasa.

  • Imago

Setelah menetas nimfa mencari butir-butir padi. Dan uniknya mereka akan bergerak mencari bulir-bulir padi yang berkualitas baik dan tidak suka terhadap padi yang keras. Walang sangit terkenal sangat merusak tanaman padi. Walang sangit menghisap cairan tanaman dari tangkai bunga dan cairan buah padai yang masih berada pada masak susu. Hal ini menyebabkan tanaman kekurangan unsur hara yang perlahan-lahan tanaman ini akan mati

Ciri-ciri walang sangit

walang
via :youtube.com
  1. Menghisap cairan tanaman dari tangkai bunga dan juga cairan buah padi yang masih pada tahap masak susu sehingga menyebabkan tanaman kekurangan hara dan menguning , dan perlahan-lahan melemah.
  2. untuk pertahanan diri ia mengeluarkan aroma yang menyengat hidung (sehingga dinamakan “sangit”)

Metamorfosis rayap

metamorfosis rayap
via : Sumber Belajar

Rayap adalah serangga sosial yang sering meresahkan masyarakat karena sering memakan kayu-kayu yang di milik manusia. Hewan ini termasuk dalam satu golongan dengan kecoak. Rayap juga merupakan hewan yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. tempat tinggal rayap biasanya berada di dalam kayu, perabotan. hewan ini juga memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap dan semut di bilang masih bersaudara karena semut dan rayap termasuk ke dalam hewan sosial. Tak heran pada bahasa inggris rayap di sebut sebagai white ant atau semut putih hal ini di sebabkan karena perilakunya. Dalam koloni, rayap tidak memiliki sayap. Namun, beberapa rayap dapat mencapai bentuk bersayap yang akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan (sehingga seringkali menjadi pertanda perubahan ke musim penghujan) di petang hari dan beterbangan mendekati cahaya. Bentuk ini dikenal sebagai laron atau anai-anai.

  • Telur

Telur rayap lunak berwarna jingga transparan yang selanjutnya akan berubah menjadi larva. Larva kemudian larva tersebut akan tumbuh menjadi rayap-rayap kecil atau rayap muda biasanya di sebut dengan nymph. Setelah dewasa tentunya hewanini memilik peran yaitu adalh menjadi koloni.

  • Nymph

Aetelah telur menetas telur tersebut berubah nama menjadi nymph dan berubah wujud menjadi rayap kecil atau rayap muda. Rayap muda atau nymp memiliki tugas yang sangat penting tugas pertama yang di terima oleh nymph. Rayap pekerja yang berjumlah paling banyak dalam koloni. Peran ke dua ialah menjadi rayap tentara. Rayap tentara dan rayap pekerja ini biasanya hanya bertahan hidup dalam 1-2 tahun.

  • Laron

Rayap reproduksi terpilih akan menjadi ratu dan raja dalam koloni. Di dalam koloni hanya akan ada satu raja dan satu ratu. Ratu rayap yang juga merupakan serangga terpanjang di dunia dapat bertahan hidup sampai 50 tahun di bawah kondisi yang tepat.

Ciri-ciri rayap

rayap
via : metamorfosis
  1. Rayap sangat mirip dengan yang namanya semut tetapi rayap memiliki tekstur badan yang lembut
  2. Rayap memiliki empat sayap dan berukuran sebesar tubuhnya
  3. Rayap memiliki sepasang antena yang lurus
  4. Ketika sudah berubah menjadi laron, laron akan keluar pada malam hari pas habis turun hujan

Metamorfosis capung

metamorphosis-Capung
via : Pasberita.com

Capung adalah hewan yang tergolong sebagai hewan odonata, capung juga sering di sebut dengan sibar-sibar. Biasanya capung tidak akan hidup jauh dari ari karena masa pertumbuhan capung  lebih banyak di dalam air daripada di darat. Capung sendiri memiliki empat sayap yang dapat terbang dengan lincah dan gesit. Capung umumnya bertubuh relatif besar dan hinggap dengan sayap terbuka atau terbentang ke samping. Mari kita simak proses metamorfosis capung di bawah ini

  • Telur capung

Teur capung berbentuk bulat kecil yang di selimuti dengan lendir licin jika di pegang. Telur-telur capung ini akan menetas menjadi larva setelah 2 hari atau sampai satu minggu.

  • Larva capung

Selepas menetas larva capung akan hidup di dalam air mereka bernafas menggunnakan insang internal. Tetapi walaupun demikian larva juga bisa bertahan di darat bahkan sampai bejam jam

  • Nimfa capung

Sebagian besar waktu daur ulang capung banyak di habiskan dalam bentuk nimfa. Proses nimfa memakan waktu kurang lebih 3 sampai 4 tahun lamanya. Nimfa capung memiliki kemampuan berenang yang sangat gesit, maka dari itu nimfa capung sangat jarang dan sering lolos dari kejaran predator di bawah permukaan air.

  • Capung dewasa

Tahap terakhir dari daur hidup capung adalah tumbuh menjadi dewasa. Selepas tumbuh sempurna, pada cuaca tepat, nimfa akan keluar dari dalam air untuk mencari bebatuan atau tumbuhan guna menuntaskan metamorfosisnya dan menjadi capung dewasa. Nimfa akan mengelupaskan kulit lamanya lalu berubah menjadi capung muda. Kulit nimfa yang ditinggalkannya ini disebut exuvia. Metamorfosis capung ini termasuk metamorfosis tak sempurna sebab tidak melewati fase pupa atau kepompong.

Ciri-ciri capung

  1. Memiliki bentuk ekor yang sangat panjang seperti jarum dan bermotif lingkar disertai warna yang beragam di beberapa sisinya.
  2. Memiliki mata yang besar dan memiliki sudut pandang mata yang majemuk (lebih dari satu).
  3. Memiliki dua pasang (empat) sayap yang kuat dan tidak mudah patah.
  4. Memiliki kepala yang besar dan mengilap.

Kita semua tahu bahwa kesempurnaan hanya milik tuhan, maka  dari itu saya selaku penulis sangat mengharapkan kritik dan saran terhadap pembaca yang telah membaca artikel ini.  Setelah mengetahui beberapa point yang perlu diperhatikan sebelum membuat penutup makalah yang baik dan benar, berikut ini kita akan membahas beberapa contoh kata penutup makalah atau laporan yang baik dan benar, semoga bisa menjadi bahan referensi bagi kamu yang ingin membuat kata penutup makalah. Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar semua teman, keluarga, dan yang lain bisa mengetahui proses terjadinya metamorfosis hewan baik yang sempurna maupun tidak sempurna. Dan nantikan juga artikel yang lain hanya di panjanglebar.com yang mungkin sangat bermanfaat bagi anda.