Mengenal Lebih Dekat Peralatan Kantor

Mengenal Lebih Dekat Peralatan Kantor

Kantor
Courtesy of Unsplash

Peralatan yang ada pada perkantoran – Peralatan kantor adalah barang-barang penting dan berharga yang digunakan untuk menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan di kantor. Misalnya kertas, amplop, pita mesin, dan yang lainnya.

Peralatan kantor dibedakan menjadi  :

Barang yang habis pakai yaitu barang-barang kantor yang hanya dapat dipakai 1 kali atau tidak tahan lama. Misalnya kertas, amplop, tinta, karbon, klip/penjepit kertas, dan yang lainnya.

Barang yang tidak habis pakai yaitu barang-barang kantor yang dapat dipakai berulang kali atau tahan lama. Misalnya penggaris, hecter/stepler, gunting, dan yang lainnya.

Penanganan perlengkapan kantor

Untuk menangani masalah peralatan / perlengkapan pada kantor yang digunakan pada suatu bagian kantor biasanya berdasarkan langkah-langkah berikut:

  • Pengadaan

Yaitu usaha yang bertujuan untuk memperoleh peralatan atau perlengkapan kantor sesuai rencana kebutuhan yang telah di tentukan melalui pembelian, pembuatan sendiri, menyewa, dll.

  • Penyimpanan

Yaitu kegiatan untuk menampung hasil pengadaan barang perlengkapan yang meliputi segi administrative (pencatatan ke dalam buku barang) maupun segi fisik (penyimpanan barang itu sendiri ).

  • Pengeluaran

Yaitu penyaluran barang dari unit pergudangan kepala unit berdasarkan bon permintaan dan harus di catat pada buku pengeluaran barang.

  • Pemeliharaan

Yaitu segala usaha yang dilakukan terus-menerus agar barang tetap terpelihara baik sehingga siap dipakai saat diperlukan.

  • Penghapusan

Yaitu usaha yang dilakukan untuk meniadakan/menghapus barang-barang dari dalam daftar infentaris berdasarkan peraturan yang berlaku.

 

Alat Kantor dan Fungsinya

Fungsi dari peralatan kantor sendiri antara lain yaitu : sebagai sarana penyimpanan arsip, sebagai alat bantu untuk mempercepat pekerjaan, meringankan pekerjaan, dan mempermudah pekerjaan di dalam kantor. Berikut ini macam macam perabot kantor dan penjelasannya

Peralatan kantor dan fungsinya beserta gambarnya

Berikut ini adalah beberapa pengertian perlengkapan kantor, peralatan kantor dan fungsinya beserta gambarnya.

1. Mesin penghancur kertas

Mesin Penghancur Kertas
Courtesy of Pinterest

Mesin penghancur kertas adalah alat yang digunakan untuk menghancurkan kertas yang sudah tidak dipergunakan lagi.

2. Filling Kabinet

Filling kabinet
Courtesy of Pinterest

Filling kabinet merupakan tempat untuk menyimpan dokumen-dokumen perusahaan, biasanya kabinet diberi suatu kode maupun nomor, yang dimaksudkan agar mempermudah dalam penemuan kembali suatu dokumen atau arsip.

3. Perforator

Perforator
Courtesy of Pinterest

Alat ini yang digunakan untuk melubangi suatu kertas atau dokumen, biasanya alat ini digunakan untuk melubangi suatu dokumen sebelum dokumen tersebut diarsipkan atau disimpan didalam map.

4. Mesin penghitung uang

Mesin penghitung uang
Courtesy of Pinterest

Mesin penghitung uang merupakan alat yang digunakan oleh suatu perusahaan maupun bank untuk menghitung uang, alat ini dimaksudkan supaya lebih cepat dan labih teliti dalam menghitung uang sehingga memperkecil adanya kemungkinan salah hitung uang.

5. Mesin Absensi

Mesin absensi
Courtesy of Pinterest

Mesin absesnsi merupakan alat yang lebih baik dipergunakan pada suatu perusahaan dengan jumlah karyawan lebih dari 100 karyawan, karena akan memepermudah untuk mengetahui presensi karyawan.

6. Cash Box

Cash box
Courtesy of Pinterest

Cash box adalah suatu kotak yang dipergunakan perusahaan untuk menyimpan uang, kotak ini disertai kunci ataupun kode supaya hanya orang tertentu yang bisa membuka sehingga dapat mengantisipasi pencurian.

7. Map Arsip

Map arsip
Courtesy of Pinterest

Map arsip merupakan suatu lipatan yang terbuat dari karton/kertas tebal atau plastik yang digunakan untuk menyimpan arsip/surat-surat.

8. Guide

Guide
Courtesy of Google

Guide adalah lembaran kertas tebal atau karton yang digunakan sebagai penunjuk dan atau sekat/pemisah dalam penyimpanan arsip.

9. Stapler

Stapler
Courtesy of Google

Alat yang satu ini digunakan untuk menyatukan sejumlah kertas.

10. Numerator

Numerator
Courtesy of Google

Alat yang digunakan untuk membubuhkan nomor pada lembaran dokumen.

11. Kotak/box

Box
Courtesy of Google

Kotak / box ini digunakan untuk menyimpan arsip yang bersifat inaktif.

12. Alat sortir

Alat sortir
Courtesy of Pinterest

Alat sortir adalah alat yang digunakan untuk memisahkan surat/warkat yang diterima, diproses, dikirimkan, dan disimpan ke dalam folder masing-masing.

13. Label

Label
Courtesy of Google

Label merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memberi judul pada map/folder yang biasanya diletakkan pada bagian tab dari sebuah folder/guide.

14. Tickler file 

Tickler file
Courtesy of Google

Tickler file adalah alat semacam kotak yang terbuat dari kayu atau besi baja untuk menyimpan arsip membentuk kartu atau lembaran yang berukuran kecil, seperti lembar pinjam arsip, atau kartu-kartu lain yang memiliki jatuh tempo.

15. Cardex (card index) cabinet

Cardex
Courtesy of Google

Cardex digunakan untuk menyimpan kartu indexks dengan menggunakan laci-laci yang dapat ditarik keluar memanjang.

16. Microfilm 

Microfilm
Courtesy of Google

Microfilm merupakan suatu alat canggih untuk memproses fotografi, dimanaa arsip direkam pada film dalam ukuran yang diperkecil, untuk memudahkan penyimpanan dan penggunaan.

17. Komputer

Komputer
Courtesy of Google

Komputer adalah rangkaian peralatan elektronik yang dapat melakukan pekerjaansecarasistematis, berdasarkan instruksi/program yang diberikan, serta dapat menyimpan da nmenampilkan keterangan bilamana diperlukan.

18. Flashdisk

Flashdisk
Courtesy of Google

Alat penyimpanan yang satu ini adalah alat yang digunakan untuk menyimpan arsip dalam bentum-bentuk yang khusus seperti flash disk, CD (compact disk), kaset dan sebagainya.


Alat tulis kantor dan fungsinya

Berikut ini beberapa daftar nama alat tulis kantor lengkap dan fungsinya.

1. Kertas

Kertas adalah salah satu perlengkapan di kantor yang sangat dibutuhkan untuk menulis, mencetak maupun menggambar. Bagi banyak perusahaan, kertas memiliki banyak kegunaan sehingga kertas hampir menjadi kebutuhan pokok untuk menopang aktivitas kantor.

2. Pensil dan penghapus

Pensil adalah salah satu perlengkapan kantor yang dapat digunakkan sebagai sarana menulis maupun menggambar untuk mengungkapkan beberapa ide ataupun gagasan diatas kertas.

3. Pulpen

Pulpen yaitu (dari bahasa Belanda: vulpen) merupakan peralatan yang sering digunakan untuk menulis di atas kertas kosong. Alat ini berupa mata pena berujung tajam dan dilengkapi dengan pegangan berisi kantong tinta yang bisa diisi kembali.

4. Tipe – X

Tipe-X adalah sebuah alat yang sangat lazim digunakan untuk menghapus tulisan di atas kertas yang ditulis dengan menggunakan pulpen ataupun hasil print-out. Tipe-X ini berbentuk cairan putih yang biasanya dikemas dalam botol kecil dengan ujung botol meruncing seperti pulpen yang juga berfungsi sebaga landasan untuk menghapus.

5. Penggaris

Penggaris adalah salah satu alat yang sangat dibutuhkan di kantor dan berfungsi sebagai pengukur sekaligus alat bantu gambar yang mampu menghasilkan garis lurus. Ada macam-macam penggaris yang bisa digunakan dalam aktivitas kantor, dari mulai yang lurus sampai yang berbentuk segitiga (segitiga siku-siku sama kaki dan segitiga siku-siku 30°–60°). Penggaris dapat terbuat dari plastik, logam, kayu dan sebagainya.

 

Alat Kantor Online

Saat ini banyak sekali alat kantor yang sudah dijual secara online. Perkantoran saat ini sudah mengikuti zaman modern, dan tidak lagi menggunakan peralatan yang jadul. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa informasi tentang peralatan kantor yang dijual online dan mudah digunakan oleh siapa pun.

1. Komputer

Komputer adalah salah satu alat elektronik tercanggih di dunia, karena alat elektronik ini dapat memanipulasi informasi atau data, mampu menyimpan, mengambil, dan mengolah data. Komputer juga dapat digunakan untuk mengetik, mengirim pesan, bermain game, menjelajah web, dan lain-lain.

2. Telegraf

Telegraf adalah sebuah mesin atau alat yang digunakan untuk mengirim pesan jarak jauh, dan biasanya pesan itu menggunakan morse sebagai kode komunikasi.

3. Mesin absensi

Mesin absensi adalah suatu alat yang diguanakan untuk mengetahui dan melacak kehadiran para karyawan saat tiba di kantor. Perkantoran, perusahaan, dan institusi pendidikan adalah beberapa contoh organisasi yang sudah menggunakan mesin absensi untuk mendapatkan data kehadiran karyawan secara akurat dan otomatis.

4. Kalkulator

Kalkulator merupakan salah satu alat untuk menghitung dari perhitungan yang sederhana, contohnya seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

5. Kursi kerja

Kursi kerja sangat dibutuhkan oleh perkantoran, karena para karyawan hanya bisa berkeja jika ada kursi kerja disana. Saat ini sudah banyak sekali toko-toko yang menjual kursi kerja untuk perkantoran, mulai yang kecil sampai yang besar.

6. Mesin fotocopy

Mesin fotocopy adalah sebuah alat teknologi yang berfungsi untuk membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, dan juga sumber lainnya. Mesin ini pertama kali ditemukan oleh fisikawan asal Amerika, yaitu Chester Carlson pada tahun 1939.

7. Mesin penghancur kertas

Mesin penghancur kertas adalah sebuah mesin yang sangat wajib dimiliki sebuah kantor pada umunya. Karena dengan adanya mesin tersebut, kita bisa mengurangi tumpukan berkas yang sudah tidak terpakai lagi pada lemari penyimpanan yang ada di kantor.

8. Mesin penghitung uang

Mesin penghitung uang merupakan salah satu  alat bentu yang sudah banyak digunakan untuk menghitung uang secara lebih cepat dan tepat. Saat ini banyak sekali jual beli mesin hitung uang di toko online. Alat penghitung uang kertas sangat membantu dalam pekerjaan yang berhubungan dengan sistem penghitungan uang.

Alat tulis kantor online

Berikut ini adalah alat tulis kantor online.

1. Kertas

Kertas merupakan bahan yang tipis, yang dihasilka dengan kompresi serat yang berasal dari pulp.

2. Pulpen

Pulpen adalah salah satu alat tulis yang menggunakan tinta untuk menulis, dan menggunakan tipe-x untuk menghapusnya.

3. Penggaris

Penggaris merupaka  alat yang sangat dibutuhkan oleh perkantoran, karena alat ini yang menentukan ukuran satu benda.

4. Map arsip

Map arsip adalah tempat untuk menyimpan dokumen pribadi agar aman dan awet.

5. Pensil dan penghapus

Pensil digunakan untuk menggambar dan menulis oleh karyawan, agar ketika salah mudah dihapus dan tidak menimbulkan bekas.

6. Tinta printer

Tinta printer adalah isi dari printer yang digunakan untuk mencetak suatu teks atau gambar.

Alat tulis kantor online murah

Berikut ini adalah alat tulis kantor online murah

1. Note book

Note Book saat ini sudah banyak sekali dijual dimana-mana, mulai toko offline sampai di toko online.

2. Tipe – X

Tipe – X adalah sebuah alat untuk menghapus tulisan yang dibuat dari puplen atau alat tulis yang tidak bisa dihapus menggunakan penghapus karet.

3. Spidol

Spidol biasa digunakan untuk menulis dipapan tulis, atau bisa juga digunakan di buku.

4. Papan tulis putih

Papan tulis putih tidak menggunakan kapur untuk menulisnya, melainkan spidol. Dan saat ini sudah banyak sekali yang menjual papan tulis putih.

5. Buku

Tidak usah ditanyakan lagi tentang buku, bahkan sudah dijual dimana-mana.

 

Alat Kantor Bekas

Membeli peralatan kantor habis pakai atau perlengkapan kantor habis pakai bukanlah masalah, jika Anda membelinya dengan bertemu secara langsung dan melihat barangnya. Kenapa tidak, jika barangnya masih bagus dan masih bisa digunakan agar tidak menghamburkan banyak uang untuk membeli barang yang baru. Sekarang ini banyak sekali peralatan kantor bekas yang masih layak pakai dan dijual secara online maupun di toko pinggir jalan.

Macam alat kantor dan kegunaannya

Alat kantor saat ini sudah banyak sekali macamnya, mulai dari yang berbasis online sampai offline. Dan banyak juga peralatan kantor yang bisa mempermudah pekerjaan serta bisa menghemat waktu. Juga ada peralatan kantor yang sudah bisa di setting otomatis, tujuannya agar bisa mempermudah pekerjaan dan juga bisa bersantai. Berikut ini saya akan memberikan informasi tentang macam alat kantor dan kegunaannya.

1. Meja Kantor

Meja kantor merupakan sebuah mebel atau perabotan yang memiliki permukaan datar serta kaki-kaki sebagai penyangganya. Meja kantor sering digunakan untuk menaruh barang, makan, bekerja, menulis, dan lain-lain.

2. Kursi

Kursi merupakan sebuah perabotan yang biasa digunakan sebagai tempat duduk para karyawan. Pada umunya, kursi memiliki 4 kaki untuk menompang berat tubuh diatasnya. Akan tetapi ada juga kursi untuk karyawan yang menggunakan roda dibawahnya, agar bisa bergerak kemana-mana.

3. Komputer

Komputer adalah salah satu alat elektronik tercanggih di dunia, karena alat elektronik ini dapat memanipulasi informasi atau data, mampu menyimpan, mengambil, dan mengolah data. Komputer juga dapat digunakan untuk mengetik, mengirim pesan, bermain game, menjelajah web, dan lain-lain.

4. Mesin fotocopy

Mesin fotocopy adalah sebuah alat teknologi yang berfungsi untuk membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, dan juga sumber lainnya. Mesin ini pertama kali ditemukan oleh fisikawan asal Amerika, yaitu Chester Carlson pada tahun 1939.

5. Printer

Printer atau mesin pencetak adalah peranti yang menampilkan data berupa cetakan, baik teks maupun gambar/grafik. Alat ini biasa digunakan oleh karyawan untuk mencetak suatu dokumen dari komputer, dan menjadi dokumen diatas kertas putih.

6. Scanner

Scanner merupakan salah satu hardware komputer yang kegunaannya untuk menduplikat atau menyalin kembali gambar atau teks kedalam bentuk digital seperti dokumen. Alat ini dapat menduplikat sebuah objek dengan menggunakan sebuah sensor cahaya.

7. Lemari arsip

Lemari arsip adalah sebuah alat penyimpanan yang bersifat privasi, dan tidak sembarang orang bisa membukanya. Fungsi dari lemari arsip sendiri yaitu digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting.

8. Kalkulator

Kalkulator merupakan salah satu alat untuk menghitung dari perhitungan yang sederhana, contohnya seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Alat ini biasa digunakan untuk menghitung data-data yang ada pada arsip sebuah kantor.


Alat komunikasi kantor dan kegunaannya

Alat komunikasi kantor atau pesawat kantor adalah salah satu peralatan yang bisa berbasis online maupun offline. Alat komunikasi sangat dibutuhkan dalam sebuah kantor baik peralatan kantor modern atau jadul, karena tanpa alat komunikasi maka karyawan akan sulit untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain secara jarak jauh. Berikut ini akan saya berikan informasi tentang beberapa alat komunikasi kantor dan kegunaannya.

1. Surat

Surat adalah alat komunikasi paling kuno dan masih digunakan hingga saat ini. Walaupun peran surat sudah semakin memudar karena perkembangan teknologi. Namun surat masih dipandang perlu untuk mengabarkan informasi yang bersifat rahasia atau penting. Fungsi dari surat sendiri yaitu untuk mengirimkan komunikasi jarak jauh yang bersifat privasi.

2. Telepon

Telepon adalah salah satu alat komunikasi yang sering digunaka untuk menghubungi sesama karyawan atau pelanggan di luar perkantoran tersebut. Itulah tadi fungsi dari telepon sendiri.

3. Handphone

Handphone atau telepon genggam adalah generasi baru dari telepon, jika telepon hanya digunakan pada kantor atau rumah, maka untuk mengantisipasi kegiatan pegawai yang semakin sibuk bahkan sampai ke luar ruangan, maka alat komunikasi portable yang bebas ini digunakan dimana pun mutlak diperlukan.

4. E-mail

E-mail adalah surat yang diketik dan dikirim secara online melalui alat elektronik seperti komputer dan handphone. Funsgi dari E-mail sendiri hampir sama seperti surat, yaitu untuk mengirim data atau teks yang sangat privasi.

5. Faximile

Faximile merupakan alat komunikasi yang bisa mengirimkan copian surat dengan mudah. Faximile menggabungkan kombinasi telepon dan surat. Cara kerja faximile sendiri yaitu dengan cara men-scan surat yang sudah dicetak, dan kemudian mengirimkan file hasil scan tersebut kepada mesin fax yang dituju.

6. Intercom

Intercom adalah singkatan dari inter comunication. Alat yang satu ini sangat dibutuhkan pada suatu perkantoran yang memiliki unit bagian yang banyak. Fungsi dari intercom sendiri hampir sama dengan telepon, namun alat ini tidak memerlukan biaya.