Cara Membuat Es Krim dari Buah dan Sayuran

Membuat es krim dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun dengan menggunakan bahan bahan yang sudah ada di rumah anda, selain sehat harganyapun murah. Es krim merupakan makanan yang terbuat dari olahan susu yang dibekukan. Ice krim memiliki daya tarik tersendiri karena varian rasanya yang menggoda. Selain rasa, Ice Cream juga diletakkan pada wadah yang cukup unik, mulai dari cup, cone, stick, dan lain-lain. Tujuan wadah tersebut untuk memudahkan memegang es krim saat mengonsumsinya.

Walaupun demikian, kalangan anak anak perlu dibatasi perihal mengkonsumsi es krim. Es krim memiliki kandungan bahan pengawet atau tambahan pewarna lainnya. Walaupun tidak semua Ice Cream seperti itu, ada baiknya pengonsumsian dibatasi. Karena makanan dalam kondisi siap saji pun sudah dipastikan memiliki kandungan gizi yang minimal.

Selain itu, zat gula pada es krim mampu membuat kerusakan gigi yang akan menjadi keropos. Gula pada es krim juga dapat berakibat timbulnya penyakit kelebihan berat badan. Efek dingin pada Ice Cream juga dapat menimbulkan penyakit amandel, flu, batuk, dan juga radang tenggorokkan. Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut terjadi, Anda bisa membuat es krim sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang aman, seperti menggunakan buah buahan dan sayuran.

Es krim yang satu ini cocok buat anak anak tidak menyukai beberapa buah buahan dan sayuran. Alhasil, anak-anak kekurangan kandungan dari buah dan sayuran. Untuk menarik perhatian anak-anak Anda dalam mengonsumsi buah dan sayuran, Anda bisa membuat buah dan sayuran menjadi olahan es krim.

Membuat es krim berbahan dasar buah

Es Krim yang dibuat dari buah memang sehat, oleh karena itu tak heran banyak orang yang membuat es krim langsung mengambil dari sari buah itu sendiri dan serat yang terkandung dalam buah untuk dijadikan campuran bahan untuk es krim hingga menciptakan es krim yang memiliki cita rasa yang berbeda dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Cara membuat es krim pisang

cara membuat es krim pisang
Via :youtube.com

Es mrim pisang paling sering dibuat oleh beberapa orang karena memang tekstur pisang yang lembut. Es krim banana sering dijadikan es krim sorbet dan rasanya memang enak bahkan banyak es krim yogurt kini yang menggunakan campuran pisang sebagai bahan dasarnya. Berikut adalah bahan dan cara membuat es krim pisang.

Bahan bahan :

  • 4 buah pisang ambon
  • ½ liter susu ultramilk
  • 4 sdm tepung maizena
  • 4 sdm gula pasir/sesuai selera
  • 2 sachet susu kental manis
  • ½ sdm sp
  • 3 sdm coklat bubuk
  • 3 sdm selai coklat
  • ½ sdt garam halus
  • 1 bks agar agar tanpa rasa
  • Kacang (toping)

Langkah langkah membuat es krim buah pisang

  1. Potong potong pisang tersebut dengan ukuran yang keci kecil,kemudian letakkan pada wadah dan tutup rapat rapat dan bekukan dalam frezeer semalaman
  2. Campur susu ultra milk, gula, susu kental manis, dan garam, masak sampai gula larut (tidak usah sampai mendidih). Sisihkan dan biarkan agak dingin atau sampai uap uap sudah menghilang
  3. Jika pisang sudah beku,blender lah pisang tersebut sampai benar benar halus.
  4. Pindahkan pisang yang sudah cair ke baskom dan kemudian mixer dengan kecepetan yang paling rendah, di sela sela itu tambahkan juga campuran bahan yang sudah dibuat tadi (langkah ke 2),mixer kurang lebih 5-10 menit.
  5. Jika sudah selesai tambahkan bubuk agar agar, tepung maizena, selai coklat, dan bubuk coklat, mixer lagi sampai benar benar tercampur rata.
  6. Setelah tercampur semua, masukan adonan ke dalam wadah tertutup dan bekukan pada freezer kurang lebih 8 jam atau sampai beku (tergantung pada suhu freezer anda masing masing).
  7. Tata es krim yang sudah beku atau sudah jadi pada wadah dan beri topping sesuai selera anda dan es krim pisang pun sudah siap untuk dikonsumsi.

Cara membuat es krim mangga

cara membuat es krim mangga
Via : loop.co.id

Es Krim Mangga merupakan es krim yang manisnya memiliki rasa yang khas, seperti gula namun ada rasa khas dari buah mangga-nya itu sendiri dan buah mangga banyak disukai serta dikonsumsi oleh semua orang. Berikut adalah bahan dan langkah langkah membuat es krim mangga

Bahan Bahan

  • Mangga manis 3 buah
  • Air es 200 ml
  • Susu kental manis 100 m

Bahan untuk membuat whipped cream

  • I butir telur (diambil putihnya)
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sct vanili
  • 1 sdt SP

Langkah langkahnya

  1. Ambil 2 buah mangga lalu kupas setelah itu blenderlah sampai halus tanpa memakai air,kemudian sisihkan.
  2. Masukkan putih telur, susu bubuk, gula pasir, vanili, SP kemudian mixer hingga rata dengan kecepatan sedang kira kira 20-25 menit. Jika sudah jadi maka jadilah whipped cream.
  3. Tambahkan air pada whipped cream yang sudah dibbuat lalu kocok hingga mengental lalu campur mangga yang telah diblender tadi ke dalamnya.
  4. Kocok sampai semua benar benar tercampur sempurna.
  5. Setelah jadi diamkan selama 10 menit. Lalu masukkan ke dalam freezer.
  6. Tunggu selama 15 menit, kemudian aduk aduk lagi es krimnya.
  7. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar mendapatkan hasil es krim yang halus dan lembut.
  8. Terakhir masukkan ke dalam cetakan es krim dan masukkan juga stik es krim.
  9. Taruh di freezer dan tunggu selama 8 jam agar dapat membeku sempurna.
  10. Jika sudah 8 jam es krim manggapun sudah siap disajikan.

Cara membuat es krim ubi ungu (taro)

cara membuat es krim mangga
Via : Kubaminang.blogspot.com

Ubi ungu mempunyai rasa manis mudah diolah menjadi berbagai olahan lezat. Salah satunya adalah di olah menjadi es krim yang sangat digemari. Membuat es krim tidaklah sulit, jika mengetahui apa saja bahan yang dibutuhkan. Prinsip pembuatan es krim adalah membentuk rongga udara pada campuran bahan es krim sehingga diperoleh peningkatan volume yang membuat es krim menjadi lebih ringan, tidak terlalu padat, dan mempunyai tekstur yang lembut. Berikut ini bahan dan cara membuat es krim ubi ungu yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

Bahan :

  • Ubi ungu 400 gram
  • Santan kental 150 ml
  • Susu fullcream cair 150 ml
  • Gula pasir 100 gram
  • 250 ml whipping cream
  • 1 batang daun pandan (potong potong)

Cara pengolahan :

  1. Kupas dan potong potong dulu ubi ungu, lalu bersihkan dengan air sampi benar benar bersih
  2. Kukus ubi sampai matang dan empuk. Kemudian angkat lalu kupas.
  3. Haluskan ubi ketika ubi masih panas. kemudian sisihkan.
  4. Masak santan, susu, gula dan daun pandan sampai mendidih. Angkat. Sisihkan daun pandan.
  5. Campurkan santan dengan ubi halus sambil diaduk sampai rata.
  6. Saring dengan saringan kawat hingga halus.
  7. Simpan dalam lemari es hingga dingin.
  8. Kocok whipping cream hingga kaku.
  9. Masukkan ubi halus dan kocok hingga rata.
  10. Tuang ke dalam wadah lalu simpan dalam freezer hingga mengeras pinggirnya.
  11. Aduk-aduk hingga menyatu dan bekukan kembali selama 4-5 jam
  12. Mixerlah adoan yang beku selama 10 menit dan dimasukkan kembali ke dalam freezer.
  13. Ulangi cara ini 4 sampai 5 kali.
  14. Selanjutnya adonan es krim siap dikemas dalam kemasan es krim dan dibekukan.
  15. Es krim siap disajikan.

Cara membuat es krim durian

cara membuat es krim durian
Via : Youtube,com

Durian merupakan salah satu buah yang banyak digemari masyarakat. Ciri ciri buah durian memiliki kulit yang tebal yang berduri, selain itu juga sangat khas dalam hal baunya, harum dan mengenakkan. Maka buah ini juga cocok untuk es krim, berikut adalah bahan bahan dan cara membuat es krim durian.

Bahan bahan

  • 500 gram daging durian yang dipisahkan dari isi bijinya dan sudah dihaluskan ataupun di blender
  • 400 gram gula pasir.
  • 200 ml air
  • 6 butir kuning telur.
  • 1 liter cream.
  • Garam secukupnya
  • Es batu secukupnya.

Langkah langkah

  1. Pertama tama masaklah air bersama gula pasir yang sudah anda persiapkan, kemudian aduk sampai gula larut dan campuran tersebut mengental.
  2. Setelah itu tambahkan daging durian yang telah anda blender atau anda haluskan sebelumnya. Tambahkan juga garam secukupnya ke dalam nya, lalu aduk sampai rata dan sisihkan.
  3. Sementara itu anda juga di wajibkan membuat adonan lain, cara nya adalah masukkan kuning telur ke dalam mangkuk yang tahan panas, kemudian letakkan mangkuk tersebut ke dalam panci yang berisi air mendidih, setelah itu kocok kuning telur tersebut hingga mengembang dan warna nya berubah pucat menggunakan mixer.
  4. Kemudian masukkan adonan yang pertama anda buat ke dalam adonan yang kedua secara bertahan, sedikit demi sedikit sampai tercampur rata semuanya. Jika sudah di aduk dan tercampur hingga rata, saat nya anda mendinginkan nya.
  5. Langkah selanjutnya kocok cream di dalam baskom yang berisi es batu, setelah itu kocok cream tersebut dengan kecepatan tinggi sampai cream tersebut mengembang.
  6. Kemudian tuangkan adonan yang sudah anda dinginkan sebelumnya ke dalam wadah cream yang sudah mengembang tersebut secara bertahap, kemudian aduk adonan hingga tercampur secara sempurna.
  7. Tutuplah adonan yang sudah jadi ini dengan menggunakan plastic wrap dengan rapat, lalu masukkan ke dalam freezer kurang lebih selama 3 jam hingga es cream durian membeku dan siap untuk dihidangkan.
  8. Untuk menghidangkan nya, anda bisa mengeruknya dan taruh di gelas atau wadah lain nya, kemudian tambahkan topping yang menarik selera, seperti coklat, waffle, wafer, messes, atau lelehan coklat dan saus manis lain nya. Hal tersebut bisa anda tambahkan sesuai selera anda.Dan es durian pun siap disantap dengan siapa saja.

Cara membuat es krim buah naga

cara membuat es krim buah naga
Via : id.theasianpantent.com

Siapa yang tidak tahu buah naga,buah satu ini juga biasanya digemari oleh penduduk.Buah ini bewarna ungu dan ada juga yang bewarna putih, selain warnanya yang menarik rasanyapun juga enak. Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Mungkin anda ingin tahu bagaimana pembuatan es krim di atas, namun kali ini kami akan membahas resep cara membuat es krim buah naga dengan mudah secara detail agar anda bisa membuat es krim buah naga dengan mudah dalam mempraktekannya:

Bahan

  • 2 buah naga
  • 3 sdm gula pasir
  • 200 ml susu UHT (Ultramilk Putih)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 200 ml whipped cream cair

Langkah langkah pembuatan

  1. Siapkan buah naga, kemudian kupas buah naga dan potong dengan bentuk dadu.
  2. Blender buah naga yang tadi sudah dipotong dadu dengan tambahan gula pasir serta susu UHT.
  3. Setelah itu tambahkan perasan jeruk nipis di adonan tersebut, kemudian aduk lagi sampai benar benar rata
  4. Kocoklah whipped cream dengan menggunakan mixer atau blender juga bisa dengan kecepatan tinggi, lalu tambahkan adonan yang tadi anda buat ke dalam whipped cream tersebut dan aduklah adonan tersebut menggunakan spatula.
  5. Setelah semua selesai simpan adonan tadi didalam freezer selama 1 jam, kemudian keluarkan lagi dari freezer, setelah itu blender lah lagi adonan tersebut dan ulangi proses ini selama 2 sampai 5 kali agar adonan es krim buah naga benar benar halus ketika akan di konsumsi nantinya.
  6. Setelah beku dan blender berulang ulang tadi lihat lah hasilnya, jika sudah halus maka anda masukkan lagi ke freezer dengan wadah yang tertutup plastic dengan rapat agar es cream tersebut tidak mengalami pengkristalan.
  7. Jika sudah beku anda bisa menyajikannya pada mangkok,gelas,atau pun cone es krim. Tambahkan juga beberapa toping seperti kacang,meses,oreo sesuai dengan selera anda. Dan es krim buah naga pun siap disajikan dan dikonsumsi.

Membuat es krim berbahan dasar sayuran

Sayuran mempunyai banyak sekali sumber vitamin dan mineral, sehingga wajib diperkenalkan kepada anak. Sayangnya, banyak anak yang tak menyukai sayuran, sehingga membuat orangtua perlu mencari cara kreatif. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat es krim berbahan sayuran.Selain rasanya enak, banyak sekali manfaat gizi dan vitamin yang terkandung didalamnya, sehingga membuat anak suka.

Cara membuat es krim jagung

cara membuat es krim jagung
Via : Liputan6.com

Es krim adalah salah satu dessert kesukaan banyak orang. Berbagai kalangan tak bisa menolak kelezatan es krim sebagai pencuci mulut. Es krim pun memiliki berbagai rasa yang lezat. Tidak semua es krim tidak sehat, kali ini kami akan menggunakan jagung sebagai bahan dasar untuk membuat es krim.Berikut adalah bahan dan cara cara membuat es krim jagung.

Bahan-Bahan:

  • 2 jagung manis
  • 500 ml susu cair
  • 100 ml susu kental manis
  • 4 sdm gula pasir
  • 3 sdm tepung maizena
  • 130 ml air
  • 1 sdt SP

Cara membuatnya:

  1. Siapkan semua bahan, larutkan tepung maizena dengan air.
  2. Serut jagung manis sampai habis, jika sudah cucilah jagung tersebut sampai benar benar bersih.
  3. Masukkan jagung yang sudah diserut ke dalam blender, tambahkan juga gula, susu kental manis dan susu cair blenderlah sampai benar benar halus. Jika sudah memblender saring dan ambil sarinya saja
  4. Tuanglah pada panci dengan ukuran yang sedang dan masak lah pada kompor dengan api kecil sambil terus menrus di aduk. Jika hampir masak masukkan larutan tepung maizena lalu aduk aduk hingga memadat. Dinginkan dan biarkan uap panasnya sampai hilang.
  5. Masukkan dalam wadah jika adonan sudah benar benar dingin. Tutup dan simpan dalam freezer semalaman
  6. Jika adonan sudah menjadi es keruk dengan menggunakan sendok dan masukkan ke dalam wadah baksom
  7. Mixer es jagung yang setengah jadi hingga lembut, dan tambahkan SP yang sudah di tim sebentar. Lakukan dengan kecepatan tinggi hingga benar benar lembut dan mulai mengembang
  8. Jika sudah masukkan kedalam wadah, Anda bisa menambahkan beberapa potong buah sesuai selera anda, kemudia masukkan lagi kedalam freezer semalaman sampai benar benar beku atau sudah jadi.
  9. Jika sudah benar benar jadi angkatlah dan periksa. Tambahkan beberapa topping seperti kacang kacangan sesuai selera anda.
  10. Dan es krim jagung pun siap dikonsumsi

Cara membuat es krim wortel

cara membuat es krim wortel
Via : yukepo.com

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup dikenal luas oleh masyarakat baik Indonesia maupun dunia. Wortel tidak hanya berguna sebagai sayuran, tetapi juga berpotensi sebagai alternatif tanaman obat. Wortel juga dapat diolah sebagai jus, sayur sup, cap cay, dan es krim. Pengolahan wortel menjadi es krim adalah salah satu usaha untuk menaikkan nilai tambah wortel. Hal ini dikarenakan es krim merupakan salah satu minuman bergizi yangdiminati masyarakat terutama anak-anak dan remaja. Es krim wortel ini selain bergizi dan kaya vitamin juga akan disukai anak-anak, apalagi dengan aroma buah yang dapat menghilangkan aroma langu pada wortel. Menurut penelitian, aroma dan rasa pada es krim wortel sangat mempengaruhi minat konsumen akan produk es krim wortel itu sendiri. Untuk itulah pada produk es krim wortel beraroma buah ini ditambahkan sari buah-buahan segar agar konsumen lebih tertarik pada produk ini. Buah-buahan yang dipilih ialah buah-buahan yang cocok untuk dicampurkan dengan wortel itu sendiri disamping buah-buahan tersebut kaya vitamin danzat gizi lain. Tanpa mengurangi kandungan gizi dari wortel itu sendiri, penambahan sari buah segar pada produk ini diharapkan akan meningkatkan minat konsumen untuk mengkonsurnsi minuman yang kaya vitamin ini.Jika anda ingin membuat es krim wortel karya sendiri kami akan memberi bahan dan caranya sebagai berikut.

Bahan dalam pembuatan Es krim wortel :

  • 300 gram wortel yang dikukus, kemudian di blender halus.
  • 150 gram wortel kukus yang dipotong dadu kecil.
  • 150 gram gula pasir.
  • 150 ml susu cair.
  • 300 ml krim kental.
  • ½ sendok teh garam.

Caranya :

  1. Ambillah 300 gram wortel kemudian kukus sampai empuk, setelah empuk blender wortel tersebut sampai sehalus mungkin.
  2. Wortel 150 gram yang dipotong dadu kecil di kukus sampai empuk, dikukus saja tidak diblender.
  3. Ambil panci, setelah itu masukkan gula pasir, susu cair, dan garam ke dalam panci tersebut, lalu masak sampai gula larut tapi jangan sampai mendidih. Kemudian angkat dan biarkan larutan tersebut berubah menjadi dingin.
  4. Selepas itu tambahkan krim kental, wortel yang sudah dipotong dadu serta wortel yang di haluskan ke dalam larutan sebelumnya, aduklah sampai rata campuran tersebut.
  5. Tuangkan adonan tersebut ke dalam baskom atau wadah lain, kemudian masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 2 sampai 3 jam, tunggulah sampai adonan benar benar dingin.
  6. Jika sudah dingin keluarkan adonan tersebut dan kocok dengan mixer atau haluskan dengan blender kemudian masukkan kembali ke dalam freezer, lakukan cara ini hingga 2 sampai 3 kali agar ice cream benar-benar halus.
  7. Kemudian setelah di lembutkan, anda masukkan ke dalam freezer, jangan lupa untuk menutup wadah tersebut dengan menggunakan plastic agar adonan tidak mengkristal. Kemudian tunggu hingga ice cream lembut tersebut membeku.
  8. Kerok Es krim yang sudah membeku, dan taruh di atas gelas atau lain nya, dan ice cream siap untuk dinikmati. Terlebih jika anda menambahkan topping pada es wortel tersebut.

Cara membuat es krim bayam

cara membuat es krim bayam
Via : Wiratech.co.id

Es krim bayam adalah solusi dari kesulitan anda atau keluarga anda dalam mengkonsumsi bayam, es krim bayam yang belum begitu banyak dijual hal ini mungkin bisa dibilang aneh dan unik, tapi rasa nya tentu tidak kalah dengan es krim biasanya, bahkan anda tentu tidak akan percaya bahwa es krim tersebut terbuat dari bayam. Suatu inovasi yang menakjubkan karena ternyata bayam yang dipandang sebagai sayuran yang tidak menarik dan harganya yang murah bisa menjadi makanan

Sayur bayam memang terbuat dari bahan bayam yang murah, namun saat sudah menjadi es krim bisa menghasilkan omset yang sangat menguntungkan bagi anda.  Kandungan vitamin C, vitamin E, zat besi, dan betakarotin yang sangat tinggi akan sangat bermanfaat bagi anda, jadi tidak ada salahnya jika anda belajar cara membuat es krim dari sayur bayam yang sangat mudah untuk anda lakukan in

Bahan yang digunakan dalam pembuatan es krim bayam:

 

  • 150 gram daun bayam.
  • 25 gram tepung maizena.
  • 150 cc susu kental manis.
  • 150 cc air matang.
  • 100 gram gula pasir.
  • 10 gram bubuk vanili.
  • Garam secukupnya.

Cara membuat es krim

 

  1. Pertama tama rebuslah air yang telah di campur dengan susu, garam, vanili, gula dan tepung maizena yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  2. Kemudian masukkan bayam yang sebelumnya sudah anda cuci dengan bersih, kemudian di rebus dan di cincang kasar.
  3. Aduk adonan tersebut sampai mendidih.
  4. Setelah di rasa sudah matang, anda angkat adonan tersebut dan tunggu hingga uap nya menghilang, baru anda masukkan adonan tersebut ke dalam freezer selama 10 menit.
  5. Setelah itu keluarkan adonan tersebut dan masukkan ke dalam mixer, setelah itu nyalakan mixer dan mixerlah agar adonan tersebut bisa menjadi sangat lembut.
  6. Setelah adonan menjadi lembut, masukkan adonan es krim tersebut ke dalam freezer lagi.
  7. Kemudian keluarkan setelah 10 menit berlalu.
  8. Ulangi cara tersebut bila adonan es krim belum terlalu lembut, oleh karena itu anda bisa menggunakan mesin pembuat es krim agar hasilnya lebih bagus dan cepat jadi.
  9. Dan setelah es krim sudah lembut, itu artinya es krim sudah siap untuk dinikmati.

Cara membuat es krim sawi

cara membuat es krim sawi
Via : Yukepo.com

Sawi (khususnya yang berwarna hijau) adalah sayuran yang paling bergizi, sawi memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita, antara lain untuk kesehatan jantung, system kekebalan tubuh, dan akan terhindar dari nyeri sendi. Sawi juga bermanfaat untuk melawan berbagai macam kanker, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan kulit. Namun, masih ada beberapa orang yang tidak suka dengan sayuran ini. Tetapi, jika anda mengikuti cara membuat es krim sawi bisa jadi membuat orang tersebut suka. Berikut adalah bahan dan cara membuat es krim sawi.

Bahan Bahan

  • 2 batang sawi hijau
  • 150 SKM (Susu kental manis) putih
  • 1 sdt SP
  • Air es sebanyak 300 ml
  • Daun pandan secukupnya
  • 3 sdm susu bubuk
  • Topping (meses, oreo, kacang, keju atau sesuai selera)

Cara caranya

  1. Blenderlah sawi yang dicampurkan dengan air es. Setelah itu, saringlah sawi sampai tidak ada ampasnya. Pastikan sawi yang sudah diblender yang tadi terukur 300 ml.
  2. Setelah itu cair kan emulsifier menggunakan teflon, caranya cukup dipanaskan saja sampai mencair.
  3. Mixerlah campuran dari SKM dengan emulfisier cair selama kurang lebih 10 menit. Mixer sampai kental
  4. Ambil susu bubuk dan jus sawi yang diblender tadi sebanyak 150 ml kemudian tuangkan pada campuran SKM dan emulfisier. Mixerlah lagi sampai kental.
  5. Sisa dari jus sawi-nya kemudian dituangkan lagi degan diberi tambahan vanili atau daun pandan. Setelah itu kocoklah hingga mengental
  6. Adonan dituangkan ke dalam wadah dan tutup hingga rapat. Masukkan ke dalam freezer selama 6-8 jam.
  7. Keluarkan es krim dari dalam freezer dan taburi topping sesua selera anda.
  8. Dan es krim sawi pun siap disajikan

 

Itu lah tadi beberapa cara membuat es krim dari buah dan sayuran semoga bermanfaat bagi Anda. Kami juga mohon maaf jika ada salah atau tips yang kami berikan kurang jelas