Beberapa Komponen Robot yang Perlu Anda Ketahui

Komponen Robot –  Jika mendengar kata robot, pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Namun, apakah Anda mengerti apa sebenarnya definisi robot sendiri? Pasti Anda mengira robot hanyalah sebuah perangkat mekanik yang diprogram untuk menjalankan suatu pekerjaan. Sebenarnya definisi tersebut sudah benar, namun ada dua pengertian menurut para ahli yang paham betul akan apa yang dimaksud dengan robot. Menurut Meriam-Webster, fungsi robot merupakan sebuah mesin memiliki bentuk seperti manusia dan dapat melakukan tindakan kompleks layaknya manusia seperti berjalan dan berbicara ataupun bekerja secara otomatis sesuai keinginan. Namun, jika menurut Robotic Institute of America yang merupakan suatu institut universitas di Amerika mengatakan bahwa robot adalah suatu manipulator yang sangat multifungsi dan dapat diprogram secara ulang untuk menggerakkan suatu benda material, alat, perangkat khusus melalui sebuah program tertentu yang mengikuti gerakan aktifitas sebuah robot. Itu merupakan dua definisi menurut robot oleh para ahli. Namun, robot pasti tidak akan bisa bergerak secara otomatis tanpa adanya komponen. Dan, sebenarnya komponen robot itu seperti apa, definsinya apa, dan memiliki fungsi bagi robot bagaimana dan apa saja jenis jenis robot?

Komponen robot ialah sebuah sistem atau elemen yang memiliki kaitan antara satu sistem dengan sistem yang lainnya, dan sistem tersebut memiliki peran penting dalam menjalankan seluruh aspek saat berlangsungnya proses pembuatan robot untuk menjalankan sebuah pekerjaan yang ingin dilakukan. Komponen robot itu sebenarnya seperti apa? Komponen robot memiliki bentuk yang macam macam, ada yang kotak, segitiga, dan lain lainnya. Namun pada setiap komponen tersebut, memiliki peranan penting dalam sebuah robot. Tanpa adanya komponen, robot tidak akan bisa bekerja seperti kemauan kita. Robot sendiri ada beberapa jenis, salah satunya robot labirin. Apa robot labirin? Pengertian robot labirin adalah robot yang bergerak pada suatu media labirin dengan menggunakan sensor tertentu untuk menggerakkan dan melewatinya. Lalu, fungsi dari komponen robot sendiri untuk apa? Fungsi komponen robot yang paling utama yaitu sebagai program untuk menjalankan sebuah perintah pada sebuah robot.

Dengan adanya komponen, robot akan bisa bergerak dan menjalankan perintah seperti yang kita mau. Jika Anda masih bingung dengan pemahaman dan penjelasan yang beri ini, saya akan memberikan perumpamaannya. Robot sendiri pasti memerlukan sistem kendali, tetapi mengapa robot memerlukan sistem kendali? Karena agar robot dapat berjalan dan bergerak sesuai dengan keinginan Anda dengan otomatis. Anda semua pasti memiliki yang namanya TV, dan untuk menyalakan TV pasti ada sebuah perangkat mekanik yang bernama remote. Remote dapat menghidupkan dan mengganti channel dari saluran ke saluran lain tentu ada programnya. Dan perogram tersebut sudah diatur pada setiap komponen remote. Sama halnya seperti dengan robot, tanpa komponen robot, robot tidak akan bisa melakukan sebuah perbuatan atau tujuan. Dan pengertian rangkaian elektronika dasar apakah Anda sudah mengetahui? Pengertian rangkaian elektronika dasar sendiri yaitu bagian dari ilmu elektronika yang mempelajari dasar komponen, rangkaian, tegangan, karakteristik yang harus terlebih dahulu dipahami dalam membangun peralatan elektronika. Untuk mengenal lebih luas dari komponen robot, saya akan menjelaskannya seperti di bawah ini. “Lets Check This Out :)”

Mengenal Komponen Komponen Robot

komponen robot
via pixabay

Untuk mengenal komponen komponen robot, tentulah sangat banyak macam macamnya. Komponen komponen yang terpasang pada sebuah robot pasti memiliki sebuah program yang harus dijalankan agar sebuah robot dapat bekerja dan melakukan sesuatu secara maksimal dan otomatis. Komponen komponen robot memiliki 3 bagian yang utama. Pada 3 komponen komponen robot utama tersebut, memiliki hubungan dan kaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Karena robot tidak memerlukan satu komponen saja, robot memerlukan bermacam macam komponen agar robot bisa hidup dan mengerjakan suatu pekerjaan yang kita inginkan. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan komponen utama pembentuk sebuah robot dan robot manipulator serta tiga jenis dasar penggerak robot secara satu per satu agar Anda semua paham dan mengerti apa yang saya berikan pada artikel ini.

  • Mekanik

robot mekanik
via pixabay

Komponen robot mekanik merupakan sebuah komponen bagian atau blok diagram kendali robot yang membentuk robot tampak sesuai dengan seperti fisiknya. Kalau Anda masih kurang paham, bisa dikatakan untuk pengertian sederhana dari sistem mekanik robot atau komponen robot mekanik sendiri yaitu semua bagian yang dapat dilihat secara fisik dari robot. Komponen robot mekanik bisa disebut sebagai komponen pendukung dalam proyek robotik. Komponen robot mekanik sendiri banyak sekali macam dan bentuknya. Untuk itu, saya akan memberikan beberapa contoh komponen mekanik yang dapat digunakan untuk cara kerja robot lengan dan lainnya, dengan harganya yang biasa digunakan untuk membentuk sebuah robot.

– Bracket Servo (Harga : Rp 75.000,00)

– Bracket Servo U (Harga : Rp 75.000,00)

– Alumunium Robot Arm (Harga : Rp 380.000,00)

– Arm Robotic Mechanic Full Set (Harga : Rp 1.600.000,00)

– Tank Robotic Mechanic Full Set (Harga : Rp 1.200.000,00)

Harga yang saya tunjukkan pada list contoh komponen robot mekanik tersebut merupakan harga yang biasa ada di pemasaran. Jika harganya berbeda dengan yang asli, biasanya tergantung dengan wilayah dan tempat pemesanan.

  • Elektronik

Untuk yang kedua, yaitu komponen elektronik. Komponen elektronik merupakan salah satu komponen yang paling utama dan sangat diperlukan untuk membuat robot jaringan. Tanpa komponen elektronik, robot yang Anda ingin buat tidak akan bisa hidup layaknya robot yang lainnya. Bisa dibilang, komponen elektronik / listrik merupakan jantung bagi robot. Komponen elektronik dalam menghidupkan sebuah robot untuk sebutan umumnya yaitu listrik. Listrik yang biasa digunakan untuk membuat sebuah robot yaitu dengan arus DC (biasanya menggunakan Adaptor atau Baterai). Komponen elektronik untuk membuat robot biasanya memiliki bentuk komponen yang kecil kecil. Untuk yang termasuk dalam komponen elektronik cukup banyak, yaitu ada Controller (Otak bagi robot), Actuator (penggerak semua bagian robot), Sensor (indra yang dimiliki robot), dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang terpenting, semua benda yang termasuk dalam pembentukan robot yang berhubungan dengan listrik merupakan sebuah komponen elektronik.

  • Program

program
via pixabay

Dan yang terakhir yaitu sebuah komponen program. Untuk komponen ini peranannya sangatlah penting dan tinggi dibanding komponen yang lainnya. Komponen program ditempatkan pada salah satu slot chip. Dengan adanya komponen program yang terpasang pada sebuah chip, robot yang Anda buat akan dapat melakukan sebuah fungsi, tugas, dan pekerjaan dengan secara spesifik dan mendetail. Dan semua itu dilakukan melalui bermacam macam instruksi dengan bahasa pemrograman. Untuk bahas pemrograman yang sering digunakan untuk membuat sebuah program dalam robot yaitu bahas pemrograman C++. Selain mudah, bahasa pemrograman ini sangatlah mendukung dan powerfull dalam pembuatan sebuah robot.

   Komponen Robot Sederhana

Dan pada pembahasan selanjutnya ini, saya akan membahas yang namanya komponen robot sederhana. Namun jangan bilang komponen robot sederhana jarang digunakan dalam pembuatan robot. Tentu sebaliknya, karena komponen ini tergolong komponen utama yang perlu digunakan untuk membuat sebuah robot. Walaupun komponen robot ini terlihat sederhana, tetapi sangat penting untuk digunakan dalam penciptaan sebuah robot. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan beberapa komponen robot sederhana yang perlu Anda ketahui.

Controller (Bagian otak robot yang berfungsi menjalankan semua tugas yang akan dilakukan sebuah robot)

Actuator (Fungsinya seperti otot manusia yang digunakan untuk penggerak body pada robot)

Sensor (Memiliki fungsi seperti indera manusia yang akan selalu berkembang sesuai dengan pengaturan)

Battery (Merupakan sumber energi bagi robot yang utama agar robot bisa hidup dan menjalankan perintah)

Kabel (Sebagai saraf jalan data bagi input maupun output)

Frame (Sebagai tulang penyangga servo pada robot dan menunjuang penampilan robot dari luar)

Chassis (Rangka utama pembentuk robot dan merupakan bagian badan dari robot)

Support (Komponen pendukung sebuah robot, contohnya mur dan baut)

Komponen Robot Line Follower

komponen robot line follower
via unsplash

Sebelum saya membahas dari yang namanya komponen robot line follower, saya akan menjelaskan terlebih dahulu dari robot line follower. Robot line follower merupakan robot yang dapat digerakkan mengikuti jalur panduan pada garis yang sudah di tentukan. Dan, biasanya garis pandung yang akan digunakan sebagai jalur bagi robot bewarna putih, dan untuk permukaan lantai bagi garisnya berwarna gelap. Namun perlu diketahui, bahwa sebenarnya robot line follower bisa digunakan dengan program microcontroller, tanpa perlu menggunakan program atau line follower. Karena penggunaan program microcontroller lebih sempurna dalam pembuatan robot dan lebih kompleks. Dan setelah kalian paham betul tentang robot line follower, saya akan menjelaskan komponen robot line follower. Komponen robot line follower memiliki pengertian seperti komponen robot biasanya, yaitu sebuah bagian atau elemen yang berkaitan antara satu dengan yang lain dan membentuk sebuah perangkat yang dinamakan robot. Bedanya dengan robot yang lain adalah robot line follower hanya memiliki dua komponen utama yang sangat diperlukan dalam persiapan dan pembuatan robot line follower. Yaitu ada komponen robot line follower sederhana dan komponen robot line follower analog. Semua itu sangat penting digunakan untuk membuat sebuah robot line follower. Langsung saja saya akan jelaskan perbedaan dari kedua macam komponen yang saya sebutkan tersebut.

  • Komponen Robot Line Follower Sederhana

Komponen robot line follower sederhana merupakan versi simple dari pembuatan komponen yang robot line follower. Pembuatan robot line follower sederhana sendiri cukup mudah, dan biasanya digunakan untuk praktek pada sebuah jurusan elektronik di beberapa universitas di Indonesia maupun di luar negeri. Untuk Komponen robot line follower sederhana yaitu berupa komponen sensor, komponen motor penggerak robot, komponen roda penggerak robot, dan komponen microcontroller. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan semua komponen tersebut seperti di bawah ini.

Komponen Sensor

Sensor pada robot line follower bisa dikatakan sebagai sebuah mata yang berfungsi untuk membaca garis dari track atau jalan robot yang sudah dibuat. Sehingga, robot dapat dengan sendirinya mengerti kapan harus berjalan lurus, berbelok kana maupun kiri, dan sampai berhenti. Sensor mata dari robot ini menggunakan sensor cahaya yang membuat robot dapat mengetahui garis terang sampai dengan latar dari garis yang bewarna hitam gelap. Macam macam sensor pada robot yang dipakai untuk pembuatan robot ini ada bermacam macam, contohnya seperti Photo Reflector, LDR (Light Dependent Resistor), Photo Dioda, Photo Transistor, hingga menggunakan kamera. Semua itu digunakan untuk membuat gerakan robot menjadi lebih akurat dan konsisten.

Komponen Motor Penggerak

Dalam penggerak sebuah robot line follower, dapat digunakan dua pilihan motor yang cukup ampuh, yaitu motor DC atau menggunakan motor Servo. Kalau ingin menggunakan DC, pasang motor DC pada sebuah sistem Gear yang bernama Geared Motor DC. Namun kebanyakan orang lebih memiliki motor servo. Karena mudah dijumpai di toko toko elektronik terdekat. Motor servo memiliki kelebihan dari yang lainnya, yaitu dapat dikontrol secara langsung dengan menggunakan sebuah microcontroller.

Komponen Roda Penggerak

Untuk jenis yang digunakan pada komponen roda penggerak robot line follower bermacam macam. Ada orang yang membandingkan lewat merek, jenis, dan masih banyak lagi. Dan, biasanya robot line follower dikategorikan berdasarkan jumlah roda yang digunakan. Ada robot yang hanya menggunakan dua roda, tiga roda, sampai dengan empat roda. Namun, yang umum digunakan oleh orang orang yaitu yang tiga dan empat roda. Setiap roda yang terpasang dapat memberikan sebuah kecepatan gerak yang akan diatur pada sebuah program pada robot line follower.

Komponen Microcontroller

Jenis dari komponen microcontroller robot line follower cukup banyak. Contoh komponen microcontroller yang sering digunakan oleh orang orang yaitu jenis AT89C2051 (8051 Core), AT89C51 (8051 Core), ATMega8 (AVR Core), ATmega16 (AVR Core ). Dengan microcontroller, program akan dimasukkan dan akan membuat sebuah robot mampu mengatur gerakan seperti yang diinginkan secara otomatis. Kebanyakan robot line follower memiliki kecepatan yang tinggi. Maka dari itu, beberapa kontrol pada algoritma perlu diatur agar robot line follower dapat bergeak sesuai dengan kapasitas kecepatan yang dimilikinya.

Komponen Robot Line Follower Analog

Untuk komponen robot line follower analog ini berbeda dengan komponen robot line follower sederhana. Karena sistem yang digunakan yaitu analog (nilai ruang dan waktu). Jadi, robot akan mengikuti setiap belokan pandu pada setiap garis yang ada dengan cara membaca sensor kanan atau sensor kiri yang ada. Maka, pada saat berjalannya robot nanti akan mengikuti belokan luar garis atau melalui bagian dalam garis. Komponen yang digunakan pada robot line follower analog juga berbeda dengan sederhana. Komponen robot line follower analog yaitu :

LED ((Light Emitting Diode) yang merupakan elemen elektronika yang dapat menghasilkan cahaya.)

Photodioda (Sebuah sensor cahaya akan selalu menerima banyak cahaya secara bertahap)

Sensor Garis (Perangkat yang digunakan untuk mendeteksi adanya garis apa tidak yang berada)

IC Komperator (Untuk membandingkan tegangan input dengan tegangan referensi secara langsung)

Transistor (Sebagai penguat, sirkuit pemutus dan penyambut (saklar), dan modulasi sinyal yang ada)

Resistor (Sebuah komponen yang memberikan sebuah hambatan terhadap aliran arus listrik)

Trimpot ((Trimmer Potentiometer) adalah jenis resistor berskala variable yange berupa potensiometer yang cara mengubahnya dengan nilai tahanannya dengan cara mentrim dengan menggunakan obeng.)

Aktuator (Sebuah driver motor untuk menggerakkan dan mengendalikan robot secara otomatis)

Komponen Robotik

komponen robotik
via pixabay

Komponen robotik sendiri di Indonesia merupakan sebuah pelajaran yang sering diterapkan pada sebuah Universitas. Khususnya fakultas elektronik pasti sering mendapat pelajaran tentang komponen robotik. Selain belajar komponen robotik, mahasiswa akan diberikan beberapa cara membuat robot, menggerakkan robot, dan memberikan sebuah program untuk robot agar robot dapat digerakkan sesuai dengan keinginan Anda. Komponen robotik sendiri memiliki fungsi bagi robot sebagai elemen yang berkaitan dan saling terhubung untuk membuat robot dapat digerakkan secara otomatis dan tentunya dapat hidup. Komponen robotik juga memiliki beberapa komponen utama yang harus Anda ketahui sebelum ingin terjun ke dunia robotika dan ketika ingin membuat robot. Oleh karena itu, saya akan menjelaskannya seperti dibawah ini.

  • Komponen Robotika

robot
via pixabay

Komponen robotika memiliki tiga komponen utama yang perlu Anda ketahui sebelum ingin membuat sebuah robot. Komponen komponen robotika tersebut ada tiga macam, yaitu komponen mekanik, komponen elektronik, dan komponen program. Dan semua itu dapat digunakan untuk membentuk sebuah robot mobile. Tanpa adanya ketiga komponen tersebut, robot tidak akan bisa hidup dan tidak dapat melakukan sebuah pekerjaan yang telah kita atur. Komponen mekanik, elektronik, dan program itu sangatlah penting, karena semau komponen tersebut akan membuat sebuah robot yang berguna dan dapat membantuk beberapa pekerjaan manusia. Seperti di negara Jepang yang terkenal dengan robotnya, menciptakan sebuah robot yang berfungsi untuk membantuk pekerjaan manusia secara cepat dan otomatis. Di negara Jepang sendiri banyak sekali orang yang membuat robot berkaki. Dan jenis robot berkaki sendiri ada robot berkaki satu, dua, tiga, empat, lima, sampai enam.