Benarkah Pengendalian Nyamuk hanya dengan Fogging DBD?

Fogging DBD – Kebanyakan semua orang di Indonesia maupun manca negara pasti sudah tahu apa itu yang namanya fogging. Namun, apakah menurut Anda pengertian fogging adalah yang Anda tahu tentang fogging itu benar ? Mungkin Anda mengetahui fogging sebatas hanya racun pembunuh untuk para jenis serangga yang sangat amat berbahaya, yaitu nyamuk. Karena jika kita terkena gigitan nyamuk, apalagi nyamuk dengan jenis Aedes, Anda akan mengalami dampak negatif dbd yang banyak sekali penyakit yang sangat membahaya tubuh, yaitu seperti : Malaria, Chikungunya, Kaki Gajah, Penyakit kuning, hingga penyakit yang sering dialami oleh semua orang di dunia, yaitu penyakit Demam Berdarah (DBD). Namun, semua penyakit itu tidak hanya disebabkan oleh satu jenis nyamuk saja, nyamuk dengan jenis yang lainnya pun tetap memiliki bahaya bagi semua orang. Maka dari itu Anda selalu harus menjaga kebersihan rumah Anda, dan lakukan pemberantasan nyamuk dengan menggunakan sistem yang biasa kita kenal bernama Fogging.

Oleh karena itu, di artikel yang berjudul “Benarkah Pengendalian Nyamuk DBD hanya dengan Fogging?” saya akan lebih menjelaskan secara detail dan mendalam dari fogging mencegah dbd, mulai dari pengertian fogging secara umum atau harfiah, hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan fogging pada rumah Anda. Semua yang ada pada artikel saya berikan semata-mata untuk memberikan informasi yang berfaedah bagi Anda dan tentunya bermanfaat untuk mengurangi jumlah kematian di dunia, khususnya Indonesia. Mengapa ? Karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka kematian yang cukup banyak karena disebabkan oleh Nyamuk DBD (Demam Berdarah) yang makin meraja rela. Tanpa perlu basa basi lagi, saya akan menjelaskan secara lebih detail dan spesifik pada artikel yang berjudul “Benarkah Pengendalian Nyamuk DBD hanya dengan Fogging?” ini. “Lets Check  This Out :)”

Apa yang dimaksud dengan Fogging ?

Fogging
Sumber pinterest

Anda semua yang membaca artikel ini pasti sudah mengetahui apa itu yang namanya Fogging, tetapi ada juga orang yang belum mengerti apa itu fogging dan digunakan untuk apa itu fogging sendiri. Orang yang belum mengerti akan Fogging pasti pada rumahnya belum pernah digalakkan sistem pengasapan tersebut. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan definis dari Fogging secara umum terlebih dahulu. Fogging merupakan salah satu cara membunuh nyamuk Aedes Aegypti dengan dengan melakukan penyemprotan asap insektisida. Penyemprotan asap tersebut menggunakan mesin fogging (Termal Fogger) yang menggunakan bahan pembunuh nyamuk berupa malathion (suatu jenis obat) dan ditambahi solar sebagai bahan bakar dari mesin tersebut.

Lalu, sebenarnya siapa orang orang yang biasa melakukan fogging pada rumah Anda ? Orang tersebut merupakan anggota dari organisasi yang bernama Operator Pest Control. Fogging sendiri dilakukan tidak hanya pada rumah di sekitar kota maupun desa, tetapi fogging juga biasa dilakukan pada luar ruangan, seperti area tempat sampah, jalur got (drainase), dan masih banyak lagi lainnya. Namun, jika berbicara tentang pembasmian atau pengendalian nyamuk DBD (Demam Berdarah), banyak cara sebenarnya untuk mengatasinya selain menggunakan pengasapan (Fogging), yaitu seperti : penyemprotan (spraying), penaburan bubuk abate (bubuk insektisida), metode penghembusan, (mist blower), dan yang terakhir ada pengkabutan (ultra light fogger). Jika Anda ingin melakukan fogging pada rumah Anda, yang harus diperhatikan pertama kali yaitu Standar Operational Prosedur dari Fogging nyamuk DBD. Itu dilakukan untuk memperoleh fogging yang paling efektif dengan biaya yang tidak terlalu besar, yaitu standar. Namun apakah Anda tahu apa itu Standar Operational Prosedur Fogging DBD (SOP Fogging DBD) ? Oleh karena itu, saya akan menjelaskannya seperti di bawah ini.

  • SOP Fogging DBD

Nah, yang tadi itu merupakan pembahas tentang “Apa yang dimaksud dengan Fogging ?”. Setelah itu, saya akan mebahas lebih lanjut dari yang namanya Fogging. Jika berbicara Fogging, Anda semua pasti hanya mengetahui pelaksanaannya yang berupa pengasapan fogging. Namun, sebenarnya dibalik semua itu, Fogging memiliki standar operasional prosedur yang harus diperhatikan setiap melakukan fogging dimanapun dan kapanpun. Semua itu untuk mengefektifkan fogging dan lebih aman dalam pelaksanaannya. SOP Fogging DBD sendiri merupakan surat rekomendasi yang berisi beberapa tujuan dari fogging yang inging dilakukan dan mengapa fogging tersebut harus segera dilaksanakan. Daftar yang diperlukan untuk membuat SOP yaitu terdapat daftar dengan berisi : Pengertian, Tujuan atau maksud, kebijakan, referensi, Alat dan Bahan yang diperlukan, Langkah langkah dalam pengerjaan, unit yang terkait, dan yang terakhir adalah dokumen terkait. Semua ini dperlukan dalam pelaksanaan Fogging, agar Fogging yang ingin ada laksanakan pada rumah Anda segera terlaksanakan.

Tujuan dan Fungsi Fogging

Jika Anda semua telah mengetahui prosedur prosedur yang harus dilakukan sebelum Fogging melalui pembahasan diatas yaitu SOP Fogging DBD, kali ini saya akan membahas yang namanya tujuan dan fungsi fogging bagi kelangsungan umat manusia. Fogging sendiri dibuat pasti memiliki fungsi dan tujuan tersendiri dan bagi masyarakat umum. Untuk tujuan dari fogging sendiri yaitu sudah jelas untuk membasmi para nyamuk dari berbagai jenis, khususnya nyamuk Aedes Aegypti yang merupakan jenis nyamuk mematikan yang dapat penyakit demam berdarah makin meraja rela. Sedangkan untuk fungsi fogging sendiri yaitu mengendalikan nyamuk yang reproduksinya semakin banyak dan menjadi tidak terkendali. Oleh karena itu peranan masyarakat juga diperlukan dalam pembasmian dan pengendalian nyamuk melalui fogging, karena tujuan dan fungsi fogging sendiri juga memerlukan bantuan dan dukungan dari semua lapisan masyarakat.

  • Manfaat Fogging

Ketika Anda sudah mengetahui tujuan dan fungsi fogging secara detail pada pembahasan diatas, saya akan menjelaskan dari manfaat fogging untuk secara keseluruhan. Manfaat fogging jika disebutkan dan dijelaskan secara satu per satu sangatlah banyak. Oleh karena itu, di sini saya akan memberikan manfaat fogging yang paling utama dan mendasar dalam penggunaan fogging di setiap rumah. Manfaat fogging sebenarnya hampir sama dengan tujuan dan fungsi dari fogging sendiri, yaitu berguna untuk membunuh, membasmi, melenyapkan semua jenis nyamuk, mulai dari jentik, hingga nyamuk dewasa. Semua itu dilakukan dengan maksud untuk menghindari orang orang seluruh dunia dan khususnya di Indonesia dari gigitan nyamuk yang makin berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda semua. Entah itu dari balita, anak kecil, remaja, dewasa, hingga lansia (lanjut usia) pasti akan terkena gigitan nyamuk, kecuali Anda selalu menjaga kebersihan rumah Anda, karena nyamuk tidak suka tempat yang bersih.

  • Permohonan Fogging

Jika di daerah rumah Anda sudah mengalami musim hujan, pasti akan banyak nyamuk yang hidup di sekitar Anda. Karena, nyamuk merupakan spesies serangga yang suka dengan tempat yang lembab. Jika nyamuk sudah banyak bermunculan di daerah sekitar rumah Anda, segeralah mengantisipasinya dengan cara melakukan permohonan fogging, yaitu melalui membuat surat permohonan fogging karena itu merupakan syarat pengajuan fogging untuk kepala daerah setempat atau kepada dinas kesehatan yang berada di sekitar Anda. Untuk membuat surat permohonan fogging yang akan kita kirim cukuplah mudah. Surat permohonan fogging memiliki bentuk dan isi mirip dengan jenis surat lainnya, tetapi surat ini harus berisikan beberapa alasan, yaitu seperti : mengapa fogging perlu dilakukan pada daerah ini, atas dasar apa fogging tersebut, akibat dari nyamuk dbd yang bermunculan, hal apa yang harus di tindak lanjuti, dan yang terakhir yaitu apakah fogging ini sudah disetujui oleh seluruh masyarakat di kota Anda tersebut. Jika semua itu telah memenuhi surat yang akan Anda buat, segera kirimkan kepada orang orang terkait seperti yang saya jelaskan tadi diatas.

  • Persiapan Fogging

Jika permohonan fogging Anda sudah diterima oleh pihak terkait, maka lakukan persiapan untuk waktu yang tepat melakukan fogging setelahnya. Mengapa persiapan fogging diperlukan ? Karena fogging sendiri merupakan racun pembunuh, tidak hanya serangga yang dapat dibunuh, manusia pun juga dapat dibunuh oleh pengasapan dari hasil fogging tersebut. Maka dari itu, diperlukan persiapan ketika sebelum, saat, dan sesudah fogging berlansung. Semua itu diperlukan untuk mengantisipasi dari hal hal yang tidak di inginkan ketika fogging sedang dilakukan pada rumah Anda. Oleh karena itu saya akan menjelaskan hal apa saja yang harus dilakukan ketika persiapan fogging mulai dari sebelum, saat, dan sesudah.

Sebelum ketika Persiapan Fogging :

  • Kumpulkan seluruh pakaian keluarga Anda dan pastikan telah dimasukkan pada lemari yang telah tertutup rapat.
  • Pastikan makanan atau minuman telah dimasukkan pada kulkas dan pastikan tidak ada celah udara yang dapat masuk. Jika masih ada celah yang terbuka, usahakan makanan dan minuman Anda telah terbungkus oleh bahan kedap udara, seperti alumunium foil.

Saat ketika Persiapan Fogging :

  • Gunakan masker ketika berada di dekat area fogging
  • Beri jarak diri Anda dengan pelaksanaan fogging
  • Tunggu sekitar 1-2 jam sampai Anda bisa masuk ke rumah.

Setelah ketika Persiapan Fogging :

  • Segera buka ventilasi udara Anda agar asap sisa fogging tersebut cepat hilang.
  • Segera ganti pakaian Anda dengan pakaian yang bersih.
  • Bersihkan rumah melalui menyapu atau mengepel.
  • Segerakanlah mandi agar terhindar dari asap fogging.

Fogging Nyamuk DBD

Jika berbicara fogging, pasti Anda semua sudah tahu apa yang dimaksud dengan fogging seperti pada pembahasan di atas tadi. Fogging nyamuk DBD jika Anda lihat pasti hanya dilakukan sekali dalam pelaksanannya. Sebenarnya itu sudah benar, tetapi nyamuk yang hinggap di rumah rumah masih ada yang bisa sembunyi di tempat tempat yang kecil. Oleh karena itu, pastikan fogging yang dilakukan yaitu dua kali, dengan maksud untuk membunuh dan melenyapkan nyamuk nyamuk yang telah mengalami prosed menuju nyamuk dewasa. Semua prosedur ini dilakukan untuk menghasilkan yang maksimal, tetapi jika masih belum maksimal, pastikan Anda menghubungi dinas kesehatan terdekat agar bisa di proses lebih lanjut. Lalu, di sini saya juga akan menjelaskan secara khusus dari fogging rumah dan fogging swingfog secara lebih detail.

  • Fogging Rumah

fogging rumah
Sumber pinterest

Fogging rumah memang sangat perlu untuk dilakukan, agar nyamuk dbd yang hinggap di rumah Anda dapat dibasmi dan dilenyapkan. Namun, apakah fogging yang Anda lakukan sudah baik dan benar ? Untuk lebih baik dan benarnya, sebaiknya fogging yang dilakukan di rumah Anda dilakukan ketika pagi atau siang hari, karena pada waktu itu nyamuk sedang istirahat. Jika Anda melakukan fogging di waktu sore ataupun malam hari, pasti fogging yang Anda lakukan menjadi sia-sia. Dikarenakan nyamuk pada waktu tersebut lebih aktif dan akan sangat mudah menghindari pengasapan dari fogging. Oleh karena itu, sebelum melakukan fogging, pastikan cara dari pengasapan fogging sudah teruji baik dan benarnya. Ketika ada fogging di rumah Anda, pastikan Anda berada radius dengan jarak 5-8 meter, dikarenakan asap dari fogging sendiri memiliki sifat racun yang cukup mematikan. Selain itu, pastikan seluruh keluarga Anda menggunakan masker, agar asap dari fogging tersebut tidak mengganggu pernafasan Anda.

  • Fogging Swingfog

fogging swingfog
Sumber pinterest

Selain fogging rumah, ada juga yang namanya fogging swingfog. Fogging swingfog merupakan salah satu proses pembasmian nyamuk dengan penyemprotan asap insektisida melalui mesin yang bernama swingfog seperti gambar diatas ke dalam bangunan rumah atau lingkungan di sekitar rumah Anda yang telah mengalami reproduksi nyamuk yang sangat banyak. Dengan adanya fogging swingfog, diharapkan nyamuk yang berada di dalam maupun luar rumah seperti halam rumah dapat cepat dibasmi dan dibunuh dengan cairan insektisida yang dimasukan pada mesin swingfog. Dengan adanya fogging swingfog telah membuat banyak orang lebih mudah dalam melakukan fogging di berbagai tempat tanpa harus khawatir akan masalah apapun.

Bahan Untuk Fogging

Setelah kita tahu apa itu fogging swingfog, saya akan melanjutkan ke pembahasan selanjutnya, yaitu bahan untuk fogging yang diperlukan. Jika berbicara mesin fogging, tentunya mesin fogging tersebut menggunakan bahan bakar sebagai penghidupnya, yaitu berupa bahan bakar yang bernama solar. Selain itu, jika berbicara untu bahan pengasapan fogging dibedakan menjadi dua, sebenarnya masih sama sama cairan, tetapi ada cairan untuk fogging tertentu, dan cairan fogging nyamuk yang khusus. Oleh karena itu, saya akan menjelaskannya secara mendetail dan tanpa bertele tele seperti dibawah ini.

  • Cairan Untuk Fogging

Untuk yang pertama ada cairan untuk fogging. Sebenarnya cairan untuk dosis obat fogging sendiri tidak hanya dikhususkan untuk membunuh nyamuk, tetapi juga serangga lainnya, seperti rayap, dan seperti hama. Selain serangga, cairan untuk fogging ada juga yang difungsikan untuk pelindung kayu dan juga ada yang cairan yang digunakan untuk membasmi rumput liar yang semakin banyak di sekitar rumah Anda. Seperti pada gambar dibawah ini, gambar tersebut merupakan suatu cairan untuk fogging yang berfungsi untuk membunuh nyamuk, hama, rayap, dan sebagai pelindung kayu agar tetap awet.

Cairan Malathion

Malathion 96TC ( Obat fogging Nyamuk DBD)
Sumber pinterest

 

  • Cairan Fogging Nyamuk

Selanjutnya saya akan membahas cairan fogging nyamuk yang paling khusus. Jika berbicara cairan fogging nyamuk, pasti cairan yang digunakan untuk fogging tersebut menggunakan cairan anti insektisida yang dikhususkan membunuh para serangga, dan terutama nyamuk dbd yang semakin merambah khususnya di negara Indonesia. Oleh karena itu, saya akan memberikan contoh cairan fogging nyamuk. Seperti pada gambar dibawah ini, terdapat cairan fogging nyamuk yang bernama Phostoxin yang sangat cocok dan bagus digunakan untuk membunuh dan membasmi nyamuk di rumah Anda.

Cairan Phostoxin

Phostoxin
Sumber pinterest

Asap Fogging

Dan untuk yang terakhir, setelah membahas cairan fogging nyamuk, saya akan membahas tentang asap fogging. Sebenarnya apa itu asap fogging. Asap fogging merupakan bentuk atau hasil dari pengolahan mesin fogging yang diberikan cairan insektisida lalu membentuk asap fogging. Namun, sebenarnya apa bahaya asap fogging, apa bahaya fogging bagi kehidupan, dan biaya fogging yang diperlukan itu berapa. Maka dari itu, saya akan membahas semua itu pada penjelasan di bawah ini.

  • Bahaya Asap Fogging

– Mencemari lingkungan di sekitar rumah.

– Memicu penyakit kanker.

– kerusakan paru paru di saat melakukan pernapasan.

– Terganggunya sistem saraf di dalam tubuh.

– Kekebalan tubuh yang sedikit demi sedikit menjadi menurun

  • Dampak Fogging

Jika berbicara tentang dampak, pasti ada yang dampak negatif dan dampak positif. Seperti halnya fogging, pasti ada dampak positif dan dampak negatif bagi diri sendiri dan Keluarga. Oleh karena itu, saya akan memberitahu dampak negatif dan positifnya.

Dampak Negatif

– Jika terhirup, akan membuat Anda menjadi sulit mengingat

– Konsentrasi menjadi gampang hilang

– Perubahan karakter pribadi

– Membuat kehilangan sadar

Dampak Positif

– Rumah yang difogging terbebas dari nyamuk

– Tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan nyaman

– Anda akan terbebas dari penyakit malaria dan dbd (demam berdarah)

– Bebas dari nyamuk yang sering menggigit tubuh Anda

  • Biaya Fogging

biaya fogging
Sumber unsplash

Nah, untuk yang terakhir, yaitu berapa biaya jasa fogging yang harus disiapkan. Jika berbicara biaya, pasti Anda lebih suka fogging yang murah dalam pemesanannya. Menurut saya, tidak apa jika memesan orang dengan fogging yang berkualitas. Yang terpenting fogging tersebut mampu membasmi nyamuk di rumah Anda, untuk masalah harga bisa di tentukan. Namun jika berbicara biaya fogging, yang harus Anda keluarkan yaitu sekitar Rp 150.000,00 hingga Rp 300.000,00. Jika rumah Anda cukup luas, yaitu sekitar 500 meter, biaya yang harus dikeluarkan Rp 300.000,00. Namun, jika hanya sekitar rumah rumah yang di lingkungan RT maupun RW, biasanya biaya fogging tersebut hanya menarik tarif sekitar Rp 15.000,00 sampai dengan Rp 25.000,00.