Cocok Buat dicontek nih, Berikut Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan

Cocok Buat dicontek nih, Berikut Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan

Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan – Berbicara mengenai pendidikan, pada zaman sekarang yang semakin maju akan teknologi dan zaman yang semakin maju akan perkembangan budayanya ini, pastinya kita semua semakin dimudahkan dengan adanya berbagai perkembangan teknologi maupun perkembangan budaya di zaman yang modern ini. Dan tentunya perkembangan dari zaman modern ini tidak hanya sampai di situ saja. Pendidikan yang ada pada zaman sekarang ini juga terbilang sangat efisien dan efektif untuk mengajari generasi bangsa pada masa mendatang agar lebih bijaksana dan berwibawa. Serta dapat melestarikan berbagai budaya yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kita. Dan oleh karena itulah, pendidikan itu sangatlah penting dan harus diutamakan. Teknologi yang semakin berkembang pada zaman sekarang ini juga memunculkan beberapa aplikasi yang dibuat khusus untuk para pelajar. Agar generasi muda saat ini tidak hanya menikmati teknologi canggih saat ini dengan hanya bermain game saja. Dan dibawah ini adalah salah satu cara untuk membuat artikel atau naskah secara unik dan menarik untuk referensi anda ketika ingin membuat teks editorial.

Namun, pembahasan yang akan saya sampaikan pada artikel yang berjudul “Inilah Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan” ini. Saya hanya akan membahas tentang beberapa contoh yang berhubungan dengan contoh teks editorial yang berbasis pendidikan ini. Dan seperti yang telah anda ketahui, Teks Editorial adalah suatu teks atau naskah yang berisikan sebuah pendapat pribadi seseorang mengenai suatu isu atau masalah yang nyata atau biasa disebut aktual. Contoh isu yang berada pada teks atau naskah tersebut meliputi, masalah yang ada pada bidang sosial, politik, atau pun masalah ekonomi yang mempunyai hubungan secara relevan atau signifikan dengan politik. Pendidikan juga dapat dimasukkan ke dalam salah satu isu yang berhubungan dengan politik. Seperti adanya kasus – kasus yang telah terjadi atau kasus yang telah menimpa pendidikan yang ada di negara indonesia ini. Seperti dilaporkanya seorang guru yang dituduh menganiaya muridnya. Dan untuk itulah, pendidikan ini juga termasuk ke dalam salah satu isu yang dapat dimasukkan ke dalam naskah atau teks editorial. Dan berikut ini adalah Contoh Teks Editorial tentang pendidikan.

Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya
Sumber unsplash

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Teks Editorial atau Teks Opini ini adalah suatu teks atau pun naskah yang berisikan tentang sebuah isu atau berita yang sedang hangat diperbincangkan. Seperti masalah politik, ekonomi, atau pun pendidikan. Namun, apakah anda sudah mengerti apa itu editorial atau biasa disebut opini? Mungkin dari sebagian orang sudah mengerti tentang apa itu opini. Tetapi saya hanya akan memperjelas saja tentang apa itu opini. Opini adalah suatu ide, pendapat, atau pun gagasan yang terbias pada suatu kejadian atau pun hal – hal tertentu. Setelah mengetahui apa itu opini, sekarang kita akan membahas tentang unsur – unsur atau struktur yang terdapat pada teks editorial tentang pendidikan ini.

Struktur Teks Editorial

Pada hakikatnya Struktur teks editorial ini tidak mempunyai unsur yang jelas. Karena pada kenyataannya teks atau naskah editorial yang bisa dibaca di media masa tidak dapat di kelompokkan ke dalam satu jenis yang berstruktur tunggal atau satu. Akan tetapi, pada umumnya di sekolah – sekolah biasanya diajarkan tentang struktur dasar dari  teks editorial ini. Dan Struktur Teks Editorial ini tersusun menjadi tiga bagian, yaitu :

  • Pernyataan Pendapat

Pernyataan pendapat biasanya berisikan tentang pendapat umum yang telah di dapatkan dari fakta atau pun fenomena yang lagi hangat dibicarakan atau diperbincangkan oleh masyarakat.

  • Argumentasi atau Opini

Argumentasi atau Opini adalah salah satu bagian yang paling kental dengan ulasan, gagasan pribadi penulis, dan analisis. Pendapat atau gagasan pribadi dari sang penulis yang memiliki sudut pandang tertentu. Dapat membuat teks editorial terasa lebih bagus dan tajam dibandingkan dengan beberapa pendapat umum yang sudah dipaparkan pada bagian sebelumnya. Pada bagian Argumentasi atau Opini ini dapat memungkinkan penulis untuk memasukkan pendapat pribadi dari penulis lain dengan topik yang terpaut sebagai gagasan pendukung argumen si penulis.

  • Pernyataan Ulang Pendapat

Peryataan ulang pendapat ini biasa disebut dengan penutup. Yang biasanya disertai dengan sebuah pernyataan ulang pendapat penting yang sudah dipaparkan pada paragraf atau pada bagian sebelumnya.

Oleh karena itu, dengan adanya 3 struktur teks editorial yang sudah dijelaskan diatas. Dapat membuat teks editorial kita lebih tertata dan tidak acak – acakan. Meskipun begitu, terdapat banyak sekali teks editorial yang memiliki struktur yang tidak urut seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dan adakalanya opini atau argumentasi tersebut ditulis di awal teks yang setelah itu disusul dengan pernyataan pendapat, pernyataan ulang pendapat dan kemudian diakhiri dengan penutup. Dan biasanya teks editorial ini diawali dengan sebuah ringkasan yang memaparkan fakta – fakta yang akan digunakan terlebih dahulu.

Ciri – Ciri Teks Editorial

Disini saya akan menjelaskan kepada anda tentang ciri – ciri yang ada atau terdapat pada teks editorial ini. Dan adapun ciri – ciri yang ada di dalam teks editorial ini antara lain.

  • Harus berisi tentang fakta umum
  • Adanya pendapat pribadi sang penulis
  • Teks Editorial harus bersifat analisis.
  • Memakai pemikiran yang masuk akal ketika akan menyampaikan sebuah pendapat
  • Teks Editorial harus ditulis dalam perspektif tertentu. Yang bertujuan untuk mengungkap kebenaran pendapat sehingga ketika saat dilihat dari sudut pandang perspektif yang berbeda, kebenaran yang sudah diungkapkan tersebut memiliki makna lain atau sebaliknya.
  • Menggunakan tata cara kebahasaan tertentu atau yang mudah dimengerti.
  • Memiliki sifat Argumentatif.
  • Diawali dengan pemaparan bukti atau fakta umum dahulu lalu diikuti dengan pemaparan pendapat. Tetapi hal tersebut bisa berlaku sebaliknya.

Aturan Kebahasaan Teks Editorial

Setelah kita mengetahui tentang ciri – ciri dari teks editorial. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan pada aturan yang ada pada kebahasaan teks editorial. Aturan kebahasaan pada teks editorial ini dibagi menjadi lima macam yaitu.

  • Diharuskan untuk menggunakan kalimat yang aktif dan pasif.
  • Ditulis dalam bentuk paragraf dan pada setiap satu teks berisikan sejumlah paragraf.
  • Sebagaimana macam teks lainnya, Teks Editorial ini pastinya memakai konjungsi, adverbia ,  kata sifat, kata benda, kata kerja, dan beraneka macam jenis dari tanda baca pada umumnya.
  • Condong di tulis dalam bahasa formal sebagaimana penjelasannya, dan penulisan teks editorial ini juga bisa juga non formal dalam ranah pemaparan fakta lapangan, misalnya teks ini mengambil fakta yang berasal dari ucapan narasumber di lapangan yang ditulis apa adanya (bahasa lisan).
  • Teks editorial bisa diselipkan kutipan sekaligus catatan atau refrensi dengan format tertentu.

Contoh Teks Editorial Pendidikan

Contoh Teks Editorial Pendidikan
Sumber unsplash

Jika diatas kita sudah membahas tentang unsur – unsur atau struktur yang terdapat pada teks editorial. Namun pada baris ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai Contoh Teks Editorial Pendidikan. membahas tentang contoh teks editorial tentang pendidikan, pastinya sudah banyak ide – ide yang terpikirkan di dalam otak anda untuk membuat sebuah judul atau topik yang akan dibahas dan di tulis ke dalam teks editorial yang bertajuk pendidikan ini kan. Dan berikut ini adalah beberapa judul atau topik yang mungkin bisa menjadi referensi anda untuk mendapatkan lebih banyak ide agar bisa membuat teks editorial dengan mudah dan lancar. Dan berikut ini adalah beberapa judul atau topik yang berhubungan dengan teks editorial yang bertajuk pendidikan.

  • Cara Meningkatkan Mutu Pendidikan
  • Haruskah Ujian Nasional Online Diadakan?
  • Cara Memajukan Kualitas Pendidikan
  • Pendidikan Hanya Menciptakan Orang Pintar Bukan Orang Terlatih

Selain itu masih ada banyak macam – macam contoh teks editorial tentang pendidikan yang bisa anda buat seperti, contoh teks editorial tentang budaya, contoh teks editorial tentang korupsi, teks editorial tentang narkoba, contoh teks editorial tentang full day school, teks editorial tentang sekolah 5 hari, teks editorial tentang sekolah adiwiyata, teks editorial tentang hari pahlawan, dampak positif sekolah 5 hari, teks editorial pelayanan kesehatan, dan contoh tajuk rencana tentang lingkungan. Dan jangan lupa ketika ingin membuat teks editorial anda diharuskan dan diwajibkan untuk mencantumkan 3 struktur yang sudah dijelaskan diatas. Seperti harus terdapat Pernyataan pendapat, Argumentasi atau Opini, dan Pernyataan Ulang Pendapat. Namun, anda tidak harus membuat teks editorial ini dengan struktur yang harus berurutan. Tetapi anda bisa membuat teks editorial ini dengan mendahulukan salah satu dari ketiga struktur yang harus dicantumkan ketika membuat teks editorial ini. Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian struktur teks editorial diatas.

Contoh Teks Editorial Komersialisasi Pendidikan

Contoh Teks Editorial Komersialisasi Pendidikan
Sumber unsplash

Kalau tadi kita sudah membahas tentang Contoh Teks Editorial yang bertajuk pendidikan. Namun sekarang kita akan melanjutkan pembahasan tentang Contoh Editorial Komersialisasi Pendidikan. Komersialisasi Pendidikan sendiri dapat diartikan sebagai penjualan pendidikan. Komersialisasi pendidikan ini adalah sebuah penjualan pendidikan dan dijadikan sebagai komoditas agar dapat meraih keuntungan. Dan hal tersebut tentunya sangat bertentangan dengan tujuan dari negara indonesia ini yang berusaha membuat rakyatnya sejahtera serta makmur. Dan salah satu solusinya adalah dengan membuat pendidikan dapat diperoleh oleh semua orang dan semua orang memiliki hak yang sama untuk memperoleh sebuah pendidikan. Dan salah satu kata kunci untuk membuat teks editorial yang bertajuk komersialisasi pendidikan ini adalah anda harus mengutarakan argumen atau pendapat anda mengenai apa penyebab terjadinya komersialisasi pendidikan ini dan bagaimana cara mengatasinya. Dan dengan anda mencantumkan hal tersebut. Anda bisa membuat contoh teks editorial komersialisasi pendidikan ini dengan baik dan benar.

Contoh Teks Editorial Bertema Pendidikan

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian atas artikel. Untuk membuat contoh teks editorial bertema pendidikan. Anda diharuskan untuk mencantumkan beberapa hal yang sangat berhubungan dan berkaitan dengan pendidikan dan jangan lupa untuk mengikuti struktur – struktur teks editorial yang sudah disampaikan diatas tadi. Bahkan, pada bagian atas juga dicantumkan beberapa contoh judul teks editorial yang bertujuan agar anda dapat meraih beberapa referensi atau ide – ide yang kreatif agar anda dapat membuat Contoh Teks Editorial ini dengan benar dan sempurna. Kesimpulannya jika anda ingin membuat contoh teks editorial bertema pendidikan anda diharuskan untuk mencantumkan beberapa hal yang sangat berhubungan dengan pendidikan dan juga anda diharuskan untuk mengikuti struktur – struktur untuk membuat teks editorial agar menghasilkan teks yang teratur dan tidak acak – acakan.

Contoh Teks Editorial Singkat Tentang Pendidikan

Contoh teks editorial singkat tentang pendidikan adalah salah satu langkah awal untuk para pemula yang masih belum mengerti dan juga paham tentang bagaimana cara untuk membuat teks editorial. Dan contoh teks editorial singkat ini juga sangat efisien untuk menghemat waktu anda agar tidak terus menerus menulis teks editorial yang umumnya memiliki paragraf yang banyak. Kelebihan selanjutnya dengan menulis teks editorial singkat ini anda tidak perlu untuk menguras banyak tenaga khususnya pikiran anda untuk membuat teks editorial ini. Dan karena itulah contoh teks editorial singkat ini banyak dipakai. Khususnya dikoran – koran atau majalah. Dan berikut ini adalah gambar dari salah satu contoh teks editorial singkat tentang pendidikan.

contoh teks editorial singkat tentang pendidikan
Sumber kata.co.id

Gambar diatas menunjukkan salah satu contoh dari teks editorial singkat yang bertemakan tentang pendidikan yang didapatkan dari selebaran surat kabar atau koran. Dan saya harap dengan anda melihat salah satu contoh dari teks singkat editorial yang bertemakan tentang pendidikan ini anda bisa mendapatkan inspirasi atau pun ide – ide cemerlang yang bisa membuat teks editorial anda terlihat lebih bagus dan menakjubkan.

Contoh Teks Editorial Singkat Pendidikan

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian atas artikel tadi. Contoh teks editorial singkat pendidikan ini adalah sebuah contoh teks atau naskah singkat yang berhubungan dengan pendidikan. Teks Editorial ini sendiri merupakan sebuah teks atau naskah yang di dalamnya berisikan sebuah argumen atau pendapat dan juga disertai dengan pernyataan pendapat yang berisikan tentang pendapat umum yang biasanya akan di dapat kan dari beberapa fakta yang sudah terkumpul atau sudah di dapat. Contoh nya adalah teks editorial yang kemungkinan besar banyak ditemui di koran – koran atau pun majalah harian. Dan dibawah ini saya akan menunjukkan kepada anda tentang contoh dari teks editorial singkat pendidikan.

contoh teks editorial singkat tentang pendidikan
Sumber SlideShare

Dan itulah gambar yang menunjukkan sebuah contoh dari teks editorial singkat yang berhubungan dengan pendidikan. Dan semoga dengan ditunjukkannya gambar dari contoh teks editorial tentang pendidikan tersebut. Anda bisa mendapatkan lebih banyak inspirasi lagi untuk berkarya dan membuat teks editorial singkat dengan hasil yang sangat memuaskan.

Contoh Teks Editorial Atau Opini Tentang Pendidikan

Nah, pada baris yang terakhir ini saya akan melanjutkan pembahasan dari contoh teks editorial singkat tentang pendidikan menuju ke contoh teks editorial atau opini tentang pendidikan. Membahas tentang opini, opini merupakan suatu gagasan atau argumen atau pendapat. Opini ini juga salah satu hal yang sangat penting yang harus dicantumkan di dalam teks editorial yang akan dibuat. Opini ini juga sangat sering digunakan pada saat ada rapat atau konferensi untuk membahas sesuatu yang penting untuk didiskusikan. Karena itulah dalam membuat teks editorial ini, Opini atau pendapat itu sangat lah penting dan harus dicantumkan. Dan dibawah ini adalah salah satu contoh gambar dari teks editorial yang berhubungan dengan pendidikan dan opini.

contoh teks editorial atau opini tentang pendidikan
Sumber SlideUs

Gambar diatas menunjukkan tentang sebuah contoh dari teks editorial atau opini tentang pendidikan. Dan diharapkan dengan ditampilkannya gambar ini. Anda bisa dapat memahami dan mendapatkan beberapa inspirasi dan ide – ide dari sebuah gambar yang telah saya tunjukkan diatas ini.

Dan itulah beberapa penjelasan mengenai artikel yang berjudul “Inilah Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan” ini. Dan semoga dengan dibuatnya artikel ini. Anda bisa cepat mengerti dan memahami apa yang telah disampaikan pada artikel ini. Dan mohon maaf jika ada salah salah kata atau pun ada kata – kata yang kurang berkenan di hati anda. Dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul “Inilah Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan” ini.