Belajar Membuat Teks Cerita Ulang

Belajar Membuat Teks Cerita Ulang

Mengetik
Courtesy of Unsplas

Teks cerita ulang – Teks cerita ulang (recount) merupakan teks yang menceritakan kembali tentang pengalaman pada masa lalu secara kronologis dan detail dengan tujuan memberi informasi atau menghibur pembaca atau juga bisa jadi keduanya. Contoh cerita ulang ada macam macam, yaitu contoh cerita ulang legenda, contoh cerita ulang fabel, contoh rekon imajinatif, contoh teks cerita ulang novel, contoh cerita ulang jenaka, daln lain-lain.

Cerita ulang sendiri dibagi menjadi 3 jenis, yaitu rekon faktual (informasional), rekon imajinatif, dan juga rekon pribadi.

1. Rekon faktual (informasional) adalah cerita ulang yang mengandung kejadian faktual seperti eksperimen ilmiah, laporan polisi, dan lainnya.

2. Rekon imajinatif adalah cerita ulang yang mengandung cerita imajinatif dengan lebih detil.

3. Rekon pribadi adalah cerita ulang yang mengandung kejadian dimana penulisnya terlibat secara langsung.

Struktur teks cerita ulang

Berikut ini adalah struktur teks cerita ulang.

1. Orientasi ( Pengenalan )

Orientasi atau tahap pengenalan merupakan awal teks yang memberikan informasi tentang siapa, dimana, dan kapan peristiwa atau kejadian terjadi di masa lampau.

2. Peristiwa ( Events )

Peristiwa atau events adalah bagian rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasa disampaikan dalam urutan kronologis. Contohnya seperti “Pada hari pertama, saya …, dan pada hari berikutnya, saya …, dan pada hari terakhir, saya..“. Pada bagian peristiwa ini juga biasanya terdapat komentar pribadi mengenai peristiwa atau kejadian yang sudah diceritakan.

3. Reorientasi ( Pengulangan pengenalan )

Didala reorientasi terdapat pengulangan pengenalan yang ada pada orientasi, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang telah diceritakan.

Ciri-ciri teks cerita ulang

Berikut ini adalah ciri-ciri teks cerita ulang.

1. Bersifat faktual / imajinatif
2. Menceritakan peristiwa masa lalu
3. Disusun secara kronologis

Contoh Teks Cerita Ulang Biografi

Menulis Teks Cerita Ulang
Courtesy of Unsplash

Cerita ulang biografi merupakan teks yang menceritakan ulang kisah seorang tokoh berdasarkan biografi yang sudah ada dan nyata. Teks ini bermanfaat bagi pembuat teks atau pun orang yang membacanya untuk berbagi pengalaman orang-orang sukses kepada khalayak ramai dengan sajian yang lebih ringkas daripada teks biografi yang sesungguhnya. Adapun bagi pembaca, tentu teks ini bisa diguanakan sebagai pelajaran berdasarkan pengalaman seorang tokoh.

Biografi ternyata berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang artinya hidup dan graphain yang artinya
tulis. Jadi, biografi sendiri berarti tulisan tentang hidup seseorang. Teks cerita ulang biografi merupakan salah satu teks cerita ulang faktual yang mengisahkan riwayat hidup seseorang yang telah ditulis oleh orang lain.


Contoh teks cerita ulang biografi dan strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks cerita ulang biografi dan strukturnnya.

Contoh teks cerita ulang biografi Jokowi

Orientasi ( Pengenalan )
Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, pada tanggal 21 Juni tahun 1961 lebih dikenal dengan nama julukan Jokowi adalah pengusaha mebel. Jokowi saat kecil pernah merasakan pahitnya kehidupan saat rumahnya tergusur. Rumah petak sekaligus tempat usaha kayu ayahnya yang berada di daerah Cinderejo Lor, digusur dan dijadikan pusat jasa travel. Sang bunda menuturkan bahwa Jokowi kecil merupakan sosok pendiam, namun pandai bergaul. Jokowi sendiri adalah orang yang selalu mengalah untuk menghindari pertengkaran. Sikap tersebut diwarisi dari kedua orangtuanya yang selalu mengajarkan makna apa itu ikhlas dan bertanggung jawab.

Peristiwa ( Events )
Dulu Jokowi selalu berjalan kaki ketika menuju sekolahnya, disaat temannya menggunakan sepeda ontel. Kala itu sekolah tidak terlalu jauh dari rumah dan cukup bisa berjalan kaki. Bakti kepada orangtua ditunjukkan lewat sikap juga sejumlah prestasi yang didapatkan oleh Jokowi. Saat menjadi Walikota Solo hingga menjadi Gubernur DKI Jakarta, orang tidak pernah menyangka perjalanan hidup Joko kecil anak tukang kayu itu kini menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Jokowi pernah mengenyam pendidikan di smp negeri 1 surakarta, sma negeri 6 surakarta. Setelah lulus SMA kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada lulus tahun 1985, dirinya merantau ke Aceh dan bekerja di salah satu BUMN. Pada tahun 2005 Jokowi memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Walikota Solo bersama partai politik PDI Perjuangan. Banyak yang meragukan kemampuan pria yang berprofesi sebagai pedagang mebel dan taman ini bahkan hingga saat terpilih menjadi Walikota Solo.

Ada banyak sekali prestasi yang sudah dilakukan pria ini di kota Solo. Karena melihat prestasi Jokowi yang bagus di kota Solo, pada tahun 2012 dia dicalonkan menjadi gubernur Jakarta. Setelah menjadi gubernur Jakarta, tentu membuat pria ini semakin sibuk. Banyak sekali aktifitas yang harus dia lakukan. Tidak sedikit pula media yang membuat berita khusus akan Jokowi. Dan pada tanggal 20 oktober 2014, sosok wong cilik yang dikenal dengan gaya blusukannya ini secara resmi di lantik sebagai Presiden Republik Indonesia ke-7.

Reorientasi ( Pengulangan pengenalan )
Jokowi merupakan sosok pemimpin yang sangat menyukai kesederhanaan, pekerja keras, yang jarang dimiliki pemimpin-pemimpin pada umumnya dan sosoknya yang inspiratif membuatnya layak menjadi tokoh dunia.


Contoh teks cerita ulang biografi singkat

Menulis Teks Cerita Ulang Biografi
Courtesy of Unsplash

Berikut ini adalah contoh teks cerita ulang biografi singkat.

Contoh teks cerita ulang biografi Soekarno

Ir. Soekarno lahir di kota Blitar, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901. Dengan nama aslinya yaitu Kusno Sosrodiharjo, karena sering sakit yang mungkin disebabkan karena namanya tidak sesuai, kemudian ia berganti nama menjadi Soekarno. Ayah dari Soekarno bernama Raden Soekemi Sosrodiharjo, seorang guru di Surabaya. Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai berasal dari Buleleng, Bali. Ketika hidup, Soekarno pernah menikah 9 orang wanita, mereka adalah Oetari (cerai 1923), Fatmawati (1943), Hartini (1952), Ratna (1962), Haryati (1963), Yurike Sanger (1964), Kartini Manopo dan Heldy Djafar (1966). Dari pernikahannya tersebut Soekarno telah dikaruniai 11 orang anak.

Pada usia 14 tahun, seorang kawan ayahnya yang bernama Oemar Said Tjokroaminato mengajak Soekarno tinggal di Surabaya dan disekolahkan di Hoogere Burger School (H.B.S), setelah lulus pada tahun 1920, Ia melanjutkan ke Technische Hoge School (Sekarang menjadi ITB) di Bandung. Pada tahun 1926, ia mendirikan Algemene Studie Club di Bandung. Organisasi ini menjadi cikal bakal Partai Nasional Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 4 Juli 1927, dan kemudian mengamalkan ajaran Marhaenisme.

Pada bulan Juli 1932, Soekarno bergabung dengan Partai Indonesia (Partindo), kemudian didaulat sebagai pimpinan Partindo namun Ia kembali ditangkap oleh Belanda dan kemudian diasingkan ke Flores dan empat tahun kemudian dibuang ke Bengkulu. Pemikirannya tentang demokrasi dan kebebasan berkebangsaan selain itu namanya juga dikenang dengan salah satu nama lapangan sepak bola, yaitu Gelora Bung Karno.

Soekarno memiliki sifat jiwa nasionalisme yang tinggi. Sudah sepantasnya sosok beliau ini dihormati dan dikenang jasa serta perjuangannya oleh semua orang di Indonesia maupun penjuru dunia. Karena atas berkat perjuangannya Indonesia kini dapat “Berdiri di atas kaki sendiri”.


Contoh teks cerita ulang biografi seseorang

Berikut ini adalah contoh teks cerita ulang biografi seseorang.

Contoh teks cerita ulang biografi seorang ibu

Ibuku bernama Dewi Sri, ia lahir pada tanggal 19 September 1975 dari seorang ayah yang bernama Agus Mujaidi, yang lahir pada tanggal 29 Februari 1942 di Malang. Dan seorang ibu yang bernama Sariem, lahir di Cirebon tanggal 28 Februari 1951. Ibuku menikah dengan seorang laki-laki yang bernama Aris Suyono.

Pada masa kanak-kanak ibu saya tinggal di Dusun Kali Ijo, Desa Kaling, Kecamatan Jatimulyo, Kabupaten Lowokwaru. Ibuku adalah seorang anak perempuan pertama dari 3 bersaudara. Ibuku pertama kali sekolah di Malang. Setelah 1 tahun di TK, kemudian ia meneruskannya ke SDN Kolang 1. Setelah lulus di SD selama 6 tahun , ibuku meneruskan pendidikannya ke SMPN Tasikmadu 1. Berjarak 100 km dari rumah, mengendarai sepeda untuk sampai disana, dan ia masuk di kelas 1B.

Lalu Ibuku melanjutkan ke SMAM Keramat 2, ketika di SMA ibuku terpilih menjadi anggota paskibraka dan aktif di pramuka. Ibuku mengambil jurusan IPA karena nilai Matematika dan IPA nya sangat bagus. Ibuku melanjutkan kuliah ke Universitas Negri Surabaya, di Surabaya. Mengambil jurusan PLB (Pendidikan Luar Biasa). Menjadi guru honorer di SLB Cangaan, Karanganyar. Dan pindah ke SLB Panumbangan setelah menikah dengan Ayahku, dan akhirnya berhenti karena kesibukan rumah tangga.

Dan sekarang Ibuku, di sela-sela kesibukannya ia membuka warung. Ibuku berkata bahwa belajar itu tidak menyerah dengan keadaan seperti mengendarai sepeda, kesetiakawanan dengan teman, solidaritas teman, dan belajar dengan giat. Zaman saat ibuku dulu berbeda dengan sekarang yang sudah serba modern.


Contoh Teks Cerita Ulang Singkat

Menulis Teks Cerita Ulang Singkat
Courtesy of Unsplash

Contoh teks cerita ulang singkat saat ini banyak sekali dicari oleh orang, karena banyak sekali yang lebih menginginkan yang singkat dan jelas daripada yang terlalu panjang dan sulit dipahami. Untuk teks cerita ulang singkat sendiri ada banyak sekali contohnya, oleh karena itu saya akan memberikan beberapa contoh teks cerita ulang singkat yang mudah dipahami saja.


contoh teks cerita ulang singkat beserta strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks cerita ulang singkat beserta strukturnya.

Contoh teks cerita ulang singkat H Agus Salim

Orientasi ( Pengenalan )

H. Agus Salim lahir di kota Gadang, Bukti Tinggi, Minangkabau pada 8 Oktober 1884 dengan nama aslinya Mashudul Haq yang berarti “pembella kebenaran”. Haji Agus Salim sendiri merupakan anak dari pasangan Angku Sutan Mohammad Salim dan Siti Zainab. Ayahnya adalah seorang kepala jaksa di Pengadilan Tinggi Riau. Haji Agus Salim menikah dengan Zaenatun Nahar dan dikaruniai 8 orang  anak.

Peristiwa ( Events )

H. Agus Salim melanjutkan pendidikan dasar di Europeesche Lagere School (ELS), sekolah khusus untuk anak-anak Eropa. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya lagi di Hoogere Burger School (HBS) di Batavia. Di tahun 1906, Agus Salim berangkat ke Jeddah, Arab Saudi untuk bekerja di Konsulat Belanda. Disana lah ia belajar kepada Syekh Ahmad Khatib, paman dari Agus Salim sendiri.

Ia lalu menekuni dunia jurnalistik dari tahun 1915 di harian Neratja sebagai Redaktur II. Kemudian ia diangkat menjadi Ketua Redaksi. Lalu ia mendirikan surat kabar Fadjar Asia. Karir politiknya dimulai tahun 1915, ketika ia bergabung dengan Sarekat Islam (SI) dan menjadi pemimpin kedua setelah H.O.S. Tjokroaminoto.

Ditambah lagi, ia juga menjadi Menteri Luar Negeri pada Kabinet Amir Sjarifuddin (1947) dan Menteri Luar Negeri Kabinet Hatta (1948 – 1949). Sekitar tahun 1946 – 1950, ia laksana bintang cemerlang dalam pergolakan politik Indonesia. Untuk itu, ia kerap kali digelari “Orang Tua Besar” (The Grand Old Man).

 

Reorientasi ( Pengulangan pengenalan )

Haji Agus Salim meninggal pada tanggal 4 November tahun 1954 di RSU kota Jakarta. Beliau dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta. Sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasanya untuk negeri yang indah ini, pemerintah Indonesia menganugerahkan dia sebagai seorang pejuang kemerdekaan Indonesia.


contoh teks cerita ulang pendek

Menulis Teks Cerita Ulang Pendek
Courtesy of Unsplash

Berikut ini contoh teks cerita ulang pendek dengan tema contoh teks cerita ulang kecelakaan di ATM.

Contoh teks cerita ulang Kejahatan Hipnotis Terjadi di Gerai ATM

Kemarin, seorang mahasiwa dari kampus ternama nyaris menjadi korban kejahatan hipnotis yang terjadi di sebuah ATM lokal. Peristiwa itu terjadi ketika mahasiswa tersebut akan mengambil uang di ATM. Beberapa saat kemudian , datang kawanan perampok yang berjumlah dua orang dengan modus hipnotis tersebut juga masuk ke dalam loket ATM yang terletak di SPBU Suhat, Kabupaten Lowokwaru.

Di dalam loket ATM tersebut, pelaku mengarahkan korbannya untuk mengambil uang dengan jumlah yang cukup banyak. Akan tetapi, aksinya tersebut dicurigai oleh teman sang korban yang ketika itu menunggu diluar loket ATM. Melihat temannya dikerumuni dua orang pria,  kemudian melabrak pelaku. Karena ketahuan, kemudian pelaku kabur meninggalkan loket ATM, termasuk mobil yang dipakainya.

Labrakan teman korban tersebut, mengundang warga lainnya hingga mengejar pelaku yang lari ke perumahan Central House. Tetapi, setelah dicari oleh warga, pelaku tidak berhasil ditemukan. Polisi yang datang pun sempat mencari namun tidak berhasil menemukan pelaku. Mobil pelaku kemudian dibawa ke Mapolsek Curug. Kepolisian sektor Curug terus melakukan pengejaran terhadap pelakuhipnotis yang sering beraksi di loket Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Peristiwa tersebut merupakan salah satu modus kejahatan yang terjadi di ATM. Di zaman yang sekarang ini, hidup semakin berat dan memunculkan kreativitas kejahatan yang beranekaragam. Kejahatan di ATM yang makin marak dengan berbagai modusnya ini, menuntut penggunanya untuk semakin waspada dan tidak mudah percaya kepada orang yang baru ditemuinya.


contoh teks cerita ulang singkat pengalaman

Berikut ini adalah contoh teks cerita ulang singkat pengalaman.

Berikut ini contoh teks cerita ulang tentang liburan mendaki ke gunung Prau

Di bulan April tahun 2018, aku dan teman satu organisasi Pramuka pergi ke kawasan pegunungan tinggi dieng untuk melakukan pendakian ke gunung Prau, kami memang sengaja melakukan pendakian dan menganggapnya sebagai cuci mata setelah kegiatan sekolah yang sangat padat.

Berawal dari kota Purwokerto, aku dan teman-teman pergi dari terminal bis Purwokerto dengan tujuan Wonosobo. Singkatnya, setelah 3 jam kami akhirnya menginjakkan kaki di Wonosobo. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju ke Dieng menggunakan bis. Perjalanan kami tempuh sekitar 30 menit dan akhirnya kami sampai di Dieng menjelang maghrib.

Kami memutuskan untuk melakukan pendakian ke puncak saat malam hari. Alhamdulillah, ada kakak-kakak dari Semarang yang tidak sengaja bertemu dengan kami dan mengajak kami untuk melakukan pendakian secara bersama-sama. Akhirnya setelah 2-3 jam kami sampai di puncak dan membangun tenda disana.

Kami menyaksikan pemandangan yang sangat luar biasa, yaitu indahnya langit ciptaan Allah SWT. Kami pun senang dan sangat menikmati perjalanan itu. Bertambahlah rasa syukur terhadap nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.


Contoh Teks Cerita Ulang Faktual

Menulis Teks Cerita Ulang Faktual
Courtesy of Unsplash

Teks cerita ulang faktual merupakan teks cerita ulang yang memberikan banyak informasi tentang seseorang dengan cerita yang asli atau tidak mengada-ngada. Teks cerita ulang faktual digemari oleh banyak orang, karena pada teks ini banyak sekali memberikan teks cerita ulang tentang sang idola seperti presiden, artis, aktor, penyanyi, dan lain-lainnya.

Berikut ini contoh teks cerita ulang faktual.

Contoh teks cerita ulang gempa bumi

Satu minggu yang lalu, kawasan tempat tinggal saya terkena bencana gempa bumi. Saat gempa bumi itu terjadi, saya sedang mengendarai motor, tepatnya dalam perjalanan pulang dari tempat kerja.

Saat dijalan, tiba-tiba saya merasakan hentakan keras pada ban motor saya. Saya kira bahwa motor saya tidak sengaja melintas lubang besar. Secara tidak sadar bahwa sedang terjadi gempa bumi saat itu. Saya baru sadar ketika tiang listrik dan telepon umum di kanan kiri saya ambruk. Saya juga melihat batu-batu besar berserakan di jalan raya. Motor saya pun terjebak ditengah batu-batu dan tiang yang jatuh itu. Saya tidak bisa menggerakkan motor saya ke arah manapun. Sepertinya, tidak ada harapan untuk meneruskan perjalanan. Kaena putus asa, saya pun berjalan kaki menuju ke rumah.

Sesampainya di daerah tempat tinggal saya, saya kaget melihat semua rumah dan bangunan sudah rata dengan tanah. Saya tidak menyangka bahwa gempa bumi ini dapat menyebabkan kerusakan sebesar ini. Meskipun demikian, saya bersyukur karna tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.