√ Tinggal Contek Aja, Ini dia Contoh Teks Cerita Sejarah

√ Tinggal Contek Aja, Ini dia Contoh Teks Cerita Sejarah

Contoh Simple Untuk Membuat Cerita Sejarah – Berbicara tentang sejarah, sejarah merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak bisa begitu saja dilupakan. Karena tanpa adanya sejarah, kita semua tidak akan bisa menikmati berbagai teknologi maupun kedamaian yang sudah terjadi sekarang ini. Sejarah itu sendiri juga diartikan sebagai analisis mengenai masa lampau, khususnya analisis mengenai masa lampau yang berkaitan dengan manusia. Di dalam bahasa indonesia sendiri riwayat, hikayat, atau tambo biasa diartikan sebagai peristiwa atau kejadian yang telah benar – benar terjadi pada masa lalu. Dan biasanya sejarah ini lebih sering berisikan tentang asal usul (keturunan) atau silsilah, khususnya bagi para raja yang memerintah pada zaman dulu. Dengan adanya sejarah ini anda juga bisa mendapatkan berbagai macam wawasan tentang sejarah dan juga, anda bisa menggali lebih dalam lagi mengenai peristiwa yang terjadi di masa lalu dan menambah wawasan anda agar lebih luas. Dan dengan adanya sejarah ini para ilmuwan maupun arkeolog dapat dimudahkan untuk menganalisis urutan kejadian yang telah terjadi di masa lalu. Dan secara faktual menentukan pola sebab dan akibat yang menentukan mereka.

Para ahli sejarah juga terkadang memperdebatkan sifat sejarah dan kegunaannya dengan membahas tentang pendalaman mengenai ilmu sejarah itu sendiri dengan tujuan untuk memperlihatkan dan memberikan pandangan pada permasalahan yang ada pada masa kini. Karena hal itulah sejarah itu sangat penting untuk dipelajari. Bahkan mata pelajaran sekolah pada saat ini juga mengadakan pembelajaran tentang sejarah. Yang bertujuan agar anak generasi mendatang juga dapat mengerti tentang apa itu sejarah dan apa keuntungan dengan mempelajari sejarah. Dan dibawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai contoh untuk membuat cerita sejarah secara simple atau mudah. Dan disini saya juga akan membawakan beberapa contoh judul teks cerita sejarah yang mungkin bisa membuat anda mendapatkan lebih banyak ide dan inspirasi ketika membuat teks cerita sejarah. Dan berikut ini adalah macam – macam contoh teks cerita sejarah. Teks cerita sejarah bandung lautan api, contoh teks cerita sejarah candi borobudur, contoh teks cerita sejarah pribadi, teks cerita sejarah sumpah pemuda, struktur teks pertempuran 10 november, struktur teks sejarah g30s pki, teks cerita sejarah kota malang, contoh sejarah hidup diri sendiri, contoh teks cerita sejarah pengalaman pribadi, contoh teks cerita sejarah sumpah pemuda.

Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat

Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat
Sumber Unsplash

Contoh teks cerita sejarah singkat merupakan salah satu cara untuk menulis atau pun mengetik mengenai teks cerita sejarah singkat ini hanya dengan mengeluarkan tidak terlalu banyak energi. Tidak hanya itu, dengan menulis teks cerita sejarah secara singkat anda juga bisa melatih daya pikir anda menjadi lebih baik karena bisa membuat rangkuman mengenai cerita sejarah yang pada umumnya memiliki banyak sekali alur cerita atau sejarah yang tiada habisnya tersebut dan di rangkum menjadi lebih pendek dan singkat. Hal positif lain yang dapat didapatkan dari menulis teks cerita sejarah secara singkat ini dapat menghemat waktu si pembaca dan juga langsung dapat mengerti apa inti sari yang terdapat pada teks cerita sejarah yang dibuat secara singkat tersebut. Dan berikut ini adalah sebuah contoh untuk teks cerita sejarah singkat.

Teknologi Internet

Teknologi Internet
Sumber Unsplash

Orientasi:
Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang pada awalnya dibuat oleh Perusahaan di negara bagian Amerika Serikat pada tahun sekitar 1969. Tujuan dibuatnya internet pertama kali adalah hanya untuk kebutuhan militer saja. Disertai dengan sistem operasi berbasis UNIX, para militer Amerika Serikat tersebut mempertunjukkan dan mencoba perangkat lunak dan perangkat keras yang dibuat untuk berkomunikasi dengan jangkauan jarak jauh yang memiliki jarak tidak terjangkau dan melebihi jarak sambungan dari telepon.

Sebuah Tes yang bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) ini mencakup ketahanan jaringan, bentuk jaringan, serta kapasitas dari informasi yang dapat dipindahkan. Dan setelah melalui beberapa kali percobaan, tes ARPANET ini menjadi standard untuk menentukan pembangunan sebuah protokol baru yang saat ini biasa kita sebut dengan transmission control protocol/internet protocol (TCP/IP).

Dan seperti yang telah disebutkan tadi, tujuan dibentuknya sebuah internet adalah hanya untuk keperluan pertahanan militer saja. Karena pada saat itu, departemen pertahanan AS (Amerika Serikat) menempatkan sejumlah komputer di beberapa daerah yang menjadi titik vital yang tujuannya untuk mengantisipasi jika adanya serangan nuklir dan informasi terpusat yang notabene sangat mudah dihancurkan ketika adanya serangan.

Urutan Peristiwa:
Awal mula dibuatnya ARPANET ini hanya untuk menghubungkan tidak lebih dari 4 situs saja, dan 4 situs tersebut meliputi standford research instittute, university of utah, university of california, dan santa barbara yang pada awalnya mereka membentuk sebuah jaringan terstruktur sekitar tahun 1969 yang lalu. Intinya ARPANET ini resmi dirilis pada bulan oktober tahun 1972, dan tidak lama setelahnya proyek tersebut mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga  ke seluruh penjuru daerah di Amerika Serikat. Dan hal ini dapat memicu antusias di barbagai universitas untuk minta bergabung dengan jaringan ARPANET sampai – sampai membuat departemen pertahanan Amerika Serikat kewalahan.

Oleh karena itu, untuk menanggapi fenomena ini akhirnya ARPANET dipecah dan dipisah menjadi dua buah bagian yaitu Arpanet baru yang memiliki skala yang lebih kecil yang digunakan untuk kepentingan non militer dan Milnet yang ditugaskan untuk mengatur keperluan militer saja. Penyatuan dari kedua sistem tersebut akhirnya memiliki sebuatan yaitu DARPA internet. Namun, seiring dengan perkembangan jaman yang akhirnya nama DARPA internet tersebut mengalami perubahan nama menjadi Internet saja.

Reorientasi:
Pemakaian internet pada saat ini sudah dianggap kebutuhan penting bagi sebagian besar orang. Contohnya seperti seorang pelajar di sekolah dapat dengan mudah mencari dan mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang terdapat di internet dan sebagian besar tidak akan bisa ditemukan di perpustakaan sekolah mereka. Dan dapat saling berkomunikasi dalam jarak jauh baik itu di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Dan semua hal yang dijelaskan diatas dapat terwujud karena adanya internet. Karena itu kita harus bersyukur karena telah dilahirkan pada masa yang akan semakin maju teknologinya ini.

Dan itulah sekilas contoh dari teks cerita singkat sejarah yang saya bawakan. Dan saya harap dengan dibuatnya contoh teks sejarah singkat tersebut anda bisa mendapatkan lebih banyak ide – ide yang kreatif dan dapat dituangkan dalam selembar kertas dan membuat teks cerita sejarah yang sangat menarik untuk dibaca.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur Teks Cerita Sejarah
Sumber Unsplash

Nah, setelah diatas tadi kita sudah membahas tentang contoh teks sejarah yang ditulis secara singkat. Namun, sekarang kita akan beralih pembahasan ke Struktur teks cerita sejarah. Mengenal struktur dari teks cerita sejarah memanglah sangat penting untuk dipahami terlebih dahulu. Karena dengan kita mengenal strukturnya sebelum memulai membuatnya, kita akan lebih dimudahkan saat akan memulai membuat teks cerita sejarah tersebut. Ketimbang saat sebelum mengerti dan mengenal tentang apa itu struktur yang terdapat di dalam teks cerita sejarah. Dan berikut ini adalah ulasan mengenai Struktur teks cerita sejarah. Struktur teks sejarah umumnya dibagi menjadi 3 bagian yaitu bagian orientasi, urutan peristiwa, dan diakhiri dengan reorientasi. Dan dibawah ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai 3 macam struktur tersebut.

  • Orientasi

Orientasi adalah sebuah bagian awal pembuka atau pengenalan dari teks cerita sejarah.

  • Urutan Peristiwa

Urutan Peristiwa merupakan sebuah rekaan peristiwa sejarah yang telah terjadi, dan pada umumnya disampaikan dalam urutan kronologis.

  • Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian akhir teks yang berisikan pendapat pribadi si penulis mengenai kejadian atau pun peristiwa sejarah yang sudah diceritakan. Dan bagian reorientasi ini merupakan suatu tahapan yang bersifat pilihan, yang maksudnya adalah bagian ini diperbolehkan untuk tidak disajikan oleh penulis teks cerita sejarah.

Contoh Teks Cerita Sejarah Non Fiksi

Contoh Teks Cerita Sejarah Non Fiksi
Sumber Unsplash

Contoh teks cerita sejarah non fiksi adalah sebuah teks cerita yang disusun berdasarkan fakta yang obyektif. Teks cerita non fiksi juga menceritakan sebuah gambaran kehidupan sang tokoh yang ditulis secara lengkap dan mendetail dan tentu saja teks tersebut ditulis berdasarkan fakta. Teks cerita sejarah non fiksi ini tidak hanya menceritakan sebuah gambaran kehidupan tokoh saja. Melainkan teks cerita non fiksi ini juga menyajikan kehidupan sesuai data dan bukti. Dan untuk contoh teks cerita sejarah non fiksi ini bisa anda lihat pada bagian “Contoh Teks Sejarah Singkat” diatas.

Contoh Teks Cerita Sejarah Fiksi Dan Non Fiksi

Jika tadi kita sudah membahas tentang contoh teks sejarah non fiksi. Sekarang kita juga akan beralih pembahasan ke Contoh Teks Cerita Sejarah Fiksi Dan Non Fiksi. Dan seperti yang sudah dijelaskan diatas teks cerita non fiksi adalah teks cerita yang dibuat berdasarkan fakta. Dan teks non fiksi tersebut juga disusun berdasarkan fakta yang obyektif serta menceritakan tentang gambaran kehidupan tokoh yang diceritakan secara mendetail. Dan teks cerita fiksi adalah sebuah teks yang disusun berdasarkan dunia nyata. Dan menceritakan tentang gambaran kehidupan batin seorang tokoh secara mendalam. Serta teks cerita fiksi juga menyajikan tentang kehidupan sesuai gambaran atau pandangan si pengarang. Dan yang terakhir mengenai ciri – ciri cerita fiksi adalah adanya pengembangan tokoh karakter yang tidak sepenuhnya terungkap.

Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Struktur Dan Kaidahnya

Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Struktur Dan Kaidahnya
Sumber Unsplash

Pada bagian ini saya akan menjelaskan penjelasan yang hampir sama seperti “Struktur teks cerita sejarah” diatas. Tetapi juga ditambah dengan kaidah yang bisa diperoleh dari menulis teks cerita sejarah tersebut. Dan oleh karena itu, langsung saja kita bahas mengenai Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Struktur Dan Kaidahnya.

Struktur teks cerita sejarah dibagi menjadi 3 bagian yaitu orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. ke tiga hal tersebut sangat lah penting untuk dipahami terlebih dahulu sebelum memulai membuat teks cerita sejarah. Karena dengan dipahaminya ke tiga struktur tersebut anda dapat dimudahkan dalam mengerjakan sebuah teks cerita sejarah. Dan dibawah ini adalah sekilas penjelasan mengenai kaidah yang dapat di pelajari dari membuat teks cerita sejarah.

Berikut ini adalah ciri – ciri Kaidah kebahasaan yang ada di dalam teks cerita sejarah :

  • Pronomina (kata ganti)

Pronomia atau kata ganti adalah suatu kata yang digunakan untuk menggantikan sebuah kata benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung.

  • Frasa Adverbal

Frasa Adverbal adalah suatu kata yang pada umumnya menunjukan suatu kejadian atau peristiwa, waktu, serta tempat.

  • Verba Material

Verba Material merupakan suatu kata yang berguna untuk menunjukkan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh partisipan. Verba Material ini juga menunjukan perbuatan fisik atau peristiwa, contohnya menulis, mengepel, dan menyapu.

  • Konjungsi Temporal (kata sambung waktu)

Kata sambung waktu atau biasa disebut Konjungsi Temporal berfungsi untuk menata urutan peristiwa yang akan diceritakan. Dan konjungsi temporal ini umumnya lebih banyak memakai kata penghubung temporal.

Contoh Teks Cerita Sejarah Dunia

Setelah kita membahas tentang struktur teks sejarah dan perbedaan dari cerita teks fiksi dan non fiksi. Sekarang kita akan masuk ke dalam pembahasan mengenai contoh teks cerita sejarah dunia. Dan dibawah ini adalah salah satu contoh teks cerita mengenai sejarah dunia.

Kemerdekaan Indonesia

Kemerdekaan Indonesia
Sumber chaerolriezal
Orientasi
Berawal dari pecahnya “Perang Asia Timur Raya “ , dan Amerika mendeklarasikan perang kepada Jepang karena serangan tentara Jepang yang terjadi di Pusat Pertahanan Amerika Serikat “Pearl Harbour” pada tgl 8 Desember 1941. Tentara Angkatan Laut dan Angkatan Udara milik jepang semakin agresif dan mendarat di wilayah Indocina, Malaya, Filipina, dan Indonesia. Pemerintah Hindia Belanda ikut serta untuk menyatakan deklarasi perang kepada Jepang. Setelah itu, tentara Jepang mendarat ke negara Indonesia dengan tujuan untuk membekukan pasukan Belanda. Pendaratan pertama pasukan Jepang di Tarakan kemudian menjalar ke daerah Balik Papan, Ambon Manado, Pontianak, Makasar dan Palembang. Beberapa daerah di Jawa juga dikuasainya ,pada tgl 1 Maret 1942. Wilayahnya juga semakin membengkak sejak dikuasainya Batavia, dan semakin meluas ke wilayah Surakarta, Cikampek, Semarang dan Surabaya. Belanda menjadi semakin tersudut dengan adanya penyerbuan Jepang dan akhirnya Pemeritah Hindia Belanda menyatakan “menyerah tanpa syarat”.
Urutan Peristiwa
Pada awalnya masyarakat Indonesia menyambut ramah dari kedatangan pasukan militer Jepang , dan dapat dilihat dari sikap responsif beberapa tokoh Nasional kita. Setelah itu, pemerintah Jepang mulai berperan aktif untuk menghasut rakyat indonesia dengan pembentukan organiasasi masyarakat , yang sebenarnya “ada udang di balik batu” dan sebenarnya dibalik itu adalah untuk kepentingan Jepang di Perang Dunia II. Organisasi yang dibentuk tersebut antara lain : Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA), Gerakan Tiga A, Seinendan, Jawa Hokokai, Fujinkai,  Keibodan, MIAI, Heiho, dan Pembentukan BPUPKI.BPUPKI sendiri dibentuk pada tahun 1943 dibawah pemerintah Perdana Menteri Tojo, BPUPKI ini bertugas untuk mempelajari dan menyelidiki hal hal penting bagi pembentukan pemerintah Indonesia. Dalam perkembangannya, BPUPKI dibubarkan dan berganti nama menjadi PPKI atau yang biasa dikenal dengan Docoritsu Junbi Inkai, pergantian nama ini berkesan bahwa organisasi PPKI bukan bentukan dari Jepang. Melainkan hasil dari persetujuan dan perjuangan para tokoh kemerdekaan Indonesia. Setelah itu, diadakannya pertemuan Soekarno ,Moh. Hatta dan Drs. Radjiman Wedyodiningrat dengan Jenderal Terauchi yang menyampaikan bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.Setelah itu, Tentara militer Jepang mulai melemah, banyak kekalahan yang diderita militer jepang. Sementara itu, pasukan militer Amerika semakin bertambah kuat. Serangan yang diluncurkan oleh Jepang pun dapat dihentikan oleh pasukan Amerika pada pertempuran Laut Koral dan pada Pertempuran Midway. Jepang semakin putus asa karena pasukan Amerika semakin berkembang yang menyebabkan peristiwa penting yang terjadi pada tgl 6 Agustus 1945 yaitu pasukan dari Amerika Serikat menjatuhkan sebuah Bom Atom di kota Hiroshima. Tetapi, pasukan Amerika masih belum puas dan tiga hari setelah dijatuhkannya bim atom di Hiroshima. Kemudian tanggal 9 Agustus Bom Atom kedua diluncurkan kembali di kota Nagasaki, dua pusat kota pemerintahan Jepang tersebut menjadi hancur lebur. Dan akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tgl 14 Agustus 1945. Deklarasi menyerah tersebut dilakukan di kapal Missouri pada tanggal 2 September 1945 oleh Kaisar Hirohito(Jepang) dan Jendral Douglas Mc Arthur (Sekutu).
Reorientasi
Dan akhirnya berita kekalahan Jepang terhadap Sekutu tidak bisa disembunyikan, dengan perjanjian Post Dam Jepang yang rela menyerahkan kekuasaannya kepada Sekutu dan otomatis di Indonesia terjadi adanya kekosongan kekuasaan. Namun, kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh bangsa Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Contoh Struktur Teks Cerita Sejarah Dunia

Contoh struktur teks cerita sejarah dunia ini sebenarnya sama dengan struktur teks cerita sejarah sebelum – sebelumnya. Karena struktur teks cerita sejarah dunia tersebut juga dibagi menjadi tiga bagian. Yaitu orientasi yang bertugas di bagian pengenalan dan awal pembuka dari teks cerita. Setelah itu dilanjutkan dengan urutan peristiwa yang pada umumnya penyampaiannya diurutkan berdasarkan kronologis. Setelah itu, diakhiri dengan reorientasi yang merupakan bagian penutup dari sebuah struktur teks cerita sejarah dunia.

Dan itulah sekilas penjelasan mengenai artikel yang berjudul Contoh Simple Untuk Membuat Teks Cerita Sejarah ini. Dan semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda. Dan saya ucapkan terima kasih telah membaca dan mengunjungi web kami.