Inilah Beberapa Contoh Surat Kuasa Khusus yang Terbukti Benar dan Sah

Inilah Beberapa Contoh Surat Kuasa Khusus yang Terbukti Benar dan Sah

Contoh Surat Kuasa Khusus – Hai, kembali lagi bersama saya. Kali ini saya akan membahas yang namanya contoh surat kuasa khusus. Sebelum saya memberikan beberapa contoh surat kuasa khusus. Apakah Anda semua sudah tahu apa pengertian sebenarnya dari surat kuasa khusus. Oleh karena itu, di artikel ini, saya akan menjelaskan secara mendetail tentang contoh surat kuasa khusus dengan baik dan benar. Surat kuasa khusus sendiri merupakan pemberian kuasa yang dilakukan hanyalah untuk satu kepentingan atau lebih yang tertentu. Jika ingin mengetahui lebih jelasnya lagi dari surat kuasa khusus, dapat dilihat pada Pasal 1974 KUHPer. Dijelaskan dalam surak kuasa khusus bahwa tindakan tindakan apa saja yang hanya boleh digunakan atau dilakukan oleh seorang penerima kuasa. Pasti diantara Anda semua masih ada yang kebingunan antara perbedaan surat kuasa khusus dengan surat kuasa umum. Surat kuasa umum berbeda dengan fungsi dari surat kuasa khusus, fungsinya yaitu telah dinyatakan bahwa pemberian kuasa yang dirumuskan dengan kata-kata umum, hanya meliputi beberapa perbuatan-perbuatan pengurusan. Sebenarnya ada beberapa bentuk kuasa yang sah di depan pengadilan untuk mewakili kepentingan pihak yang berperkara selain melalui surat kuasa khusus. Bentuk kuasa khususnya antara lain Kuasa khusus secara lisan, kuasa khusus yang ditunjukan pada gugatan, dan terakhir yang saya bahas yaitu surat kuasa khusus.

Setelah saya menjelaskan dari surat kuasa khusus, di artikel ini saya juga akan memberikan beberapa penjelasan ringkas yang mudah dipahami dan beberapa contoh surat kuasa khusus yang perlu Anda semua ketahui. Karena, dengan selalu membaca akan menambah wawasan dan informasi menjadi lebih luas. Dalam semua surat kuasa, diperlukan cap jempol dalam surat kuasa. Pada artikel ini, saya akan memberikan 7 jenis dari contoh surat kuasa khusus yang sering digunakan untuk orang orang. Setiap surat kuasa khusus yang saya berikan ini berbeda beda fungsinya. Oleh karena itu, tanpa perlu basa basi lagi, langsung saja saya akan jelaskan dari artikel “Inilah Beberapa Contoh Surat Kuasa Khusus yang Terbukti Benar dan Sah”. Lets Check This Out :)”

Contoh Surat Kuasa Khusus Perdata

surat kuasa khusus perdata
via unsplash

Perdata sendiri merupakan merupana suatu hukum yang bersifat privat (pribadi) yang menitikberatkan dalam mengatur hubungan yang mengenai antara beberapa orang perorangan (perseorangan). Maka dari itu, ketentuan-ketentuan yang ada pada hukum perdata hanya akan berdampak secara langsung bagi beberapa pihak yang ikut terlibat. Untuk pembuatan surat kuasa khusus sendiri berkaitan dengan kepengurusan perkara hukum perdata pada pengadilan negeri oleh seorang advokat (orang yang bekerja pada bidang jasa hukum) sebagai penerima kuasa. Oleh karena itu, hal hal yang perlu diperhatikan oleh seseorang kuasa hukum dalam pemberian surat kuasa khusus yaitu:

  • Identitas para pihak yang berwenang
  • Pokok dan obyek bahasan pada sengketanya
  • Wilayah kewenangan pada pengadilan tempat gugatan yang sedang diajukan
  • Penyebutan kata “KHUSUS” dan klausul khususnya
  • Hak-hak penerima Kuasa yang berupa hak substitusi dan hak retensi
  • Tanggal yang dibuat oleh seorang Kuasa Khusus
  • Tanda tangan para pihak berwenang sebagai sebuah persetujuan

Dan setelah saya memberikan hal hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat kuasa khusus. Di sini saya juga akan memberikan contoh surat kuasa khusus perdata perbuatan melawan hukum yang merupakan contoh surat kuasa yang sah, dan contoh surat kuasa perusahaan. Selain itu, contoh di bawah ini termasuk dalam contoh surat kuasa (contoh surat kuasa umum perdata), surat kuasa khusus, dan juga contoh surat kuasa khusus perdata wanprestasi.

Contoh Surat Kuasa Khusus Perdata Perbuatan Melawan Hukum

Surat Kuasa

Yang bertanda tangan di bawah ini yaitu saya seorang :

Pradika Rudy, 16 Tahun, Pekerjaan sebagai seorang Penulis yang berdomisili di Jalan Danau Maninjau Barat 3, pada Provinsi Jawa Timur. Untuk selanjutnya disebutkan bahwa “Pemberi Kuasa” dalam hal ini seorang Pemberi Kuasa menentukan untuk memilih domisili dari seorang hukum kuasa yang hukumnya dan memberikan kuasa kepada : Prakaca Cahya Putra ,S.H,.M.H,.M,Kn.

Advokat pada kantor pengacara PCPKILL Corp yang beralamat di Jalan Polowijen Rt  01 Rw 09 No 42 Kota Jakarta Provinsi DKI Jakarta. Selanjutnya disebutkan bahwa “Penerima Kuasa”

———————————————KHUSUS————————————————

Bertindak untuk dan atas nama Pemberi Kuasa untuk mewakili, dan membela kepentingan hukum untuk pemberi kuasa sebagai pihak penggugat yang berada di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk dapat mengajukan gugatan dalam perbuatan untuk melawan hukum (PMH) terhadap pihak dari para penggugat yang dilakukan oleh Tuan Iqbal Aji, 34 Tahun, beralamat di jalan raya Ragunan KM 2 No 32, Jakarta Pusat.

Selanjutnya dalam surat kuasa satu ini penerima kuasa akan diberikan kuasa untuk dapat hadir dan menghadap pada sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, instansi dan perorangan, membuat, mengajukan dan membaca seluruh dokumen yang ada termasuk yang berisi gugatan, kesimpulan, duplik, mengajukan alat bukti, mengadakan perundingan, mediasi dan musyawarah yang dianggap baik oleh seorang penerima kuasa, melakukan dan menerima pembayaran uang yang berupa kwitansi bukti pembayaran dan segala hal yang dianggap perlu dilakuan oleh seorang penerima kuasa untuk membela kepentingan dari hukum yang dimiliki pemberi kuasa dengan itikad baik dan sesuai dengan norma dan peraturan perundang-undagan yang berlaku pada negara demi tercapainya maksud dan tujuan pemberian kuasa ini tanpa ada masalah apapun.

Surat kuasa ini diberikan dengan upah, hak subtitusi untuk sebagian maupun selurhnya bagi orang lain dan hak retensi. Demikian surat kuasa ini dibuat dan diberikan agar Anda dapat gunakan sebagai mana mestinya Malang, 13 April 2018,

Penerima Kuasa                                                                                                    Pemberi Kuasa

 

TTD                                                                                                                             TTD

Materai 6000

 

……………………

Contoh Surat Kuasa Khusus Pidana

surat kuasa khusus pidana
via unsplash

Hukum pidana merupakan keseluruhan dari perturan pada perundang-undangan menentukan susuatu yang dilarang dan termasuk dalam kategori pidana, dan juga menentukan hukuman yang pantas dijatuhkan terhadap tersangka atau pelaku. Dan untuk surat kuasa khusus pidana sendiri adalah surat khusus untuk menindaklanjuti kasus tindak pidana dalam mendampingi pelaku pada penyidik kepolisian, kejaksaan hingga pada persidangan perkara tersebut di pengadilan negeri (PN) di Indonesia. Dan untuk contoh surat kuasa khusu pidana, saya akan memberikan contoh surat kuasa khusus pidana dalam kasus korupsi yang merupakan surat kuasa yg sah, surat kuasa pribadi. Untuk contohnya ada di bawah ini.

Contoh Surat Kuasa Khusus Pidana Korupsi

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap                       :     Muhammad Rudiansyah
Tempat Lahir                          :     Merauke
Umur & Tanggal Lahir          :    36 tahun/ 14 Februari 1988
Jenis Kelamin                         :    Laki – Laki
Kewarganegaraan                  :     Indonesia
Tempat Tinggal                     :     Jalan Danau Towuti No. 13  Merauke
Agama                                      :     Islam
Pekerjaan                                 :     Bupati Merauke dan Ketua  DPD  Papua
Pendidikan                              :      S-1 (Fik)
Selanjutnya disebut oleh Pemberi Kuasa.

Dengan ini memberikan kuasa kepada :
1. Nama           : Masamune Harakiri  S. H., M .H
Umur           : 21 tahun
Pekerjaan    : Penasehat Hukum

2. Nama            :  Elfrid James Firmansya, S.H., M. H
Umur             :  27 tahun
Pekerjaan     :  Penasehat Hukum

KANTOR
ADVOCATE AND LEGAL CONSULTANT
SELALU MENANG
Jl. Danau Surubec No 21, Merauke Telp 0341-718476

Masing-masing adalah seorang yang bertugas sebagai Advokat atau Penasehat Hukum Pada Kantor Kantor Advocate And Legal Consultant Selalu Menang Yang beralamat di Jalan Jl. Danau Surubec No 21, Merauke
Selanjutnya disebut oleh Penerima Kuasa.

…………………………………….KHUSUS………………………………………….

Mendampingi pemberi kuasa baik secara bersama-sama maupun sendiri dalam beberapa kasus atau perkara pidana: Sehubungan dengan surat panggilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi No.KPK: SP.Pgl/013/V/2008/Reskrim tanggal 6 Juli 2009 dalam perkara pidana kasus “Korupsi” sebagaimana dimaksud yang ada Pasal 2 jo pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Jo. UU No. 20 Tahun 2001 tentang perubahan yang ada pada Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan tindak pidanana korupsi. Untuk dan atas nama pemberi kuasa akan menghubungi KPK, Kejaksaan, Pengadilan dan instansi lain yang dipandang perlu untuk kasus korupsi ini.

Untuk itu pemberi kuasa dapat membuat dan menandatangani surat-surat, mengajukan beberapa bukti surat maupun saksi dengan melakukan beberapa perbuatan lain yang selalu dipandang perlu dan bermanfaat bagi pemberi kuasa. Selain itu penerima kuasa diberi hak untuk melakukan perkara dimuka dari pengadilan, mengajukan gugatan, memberikan jawaban dan menolak banyak saksi, memohon keputusan dari pengadilan, serta melakukan hal yang dipandang perlu untuk beberapa kepentingan dari pemberi kuasa asalkan tidak bertentangan dengan undang-undang yang ada.

Demikianlah surat kuasa khusus ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipergunakan semestinya, serta surat kuasa ini dibuat dengan hak substitusi.

Merauke, 13 April 2018

Penerima Kuasa                    Pemberi Kuasa

TTD                                          TTD

Contoh Surat Kuasa Khusus Pajak

pajak
via unsplash

Pajak sendiri ialah pungutan wajib yang harus dibayar oleh rakyat bagi negara dan akan selalu digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Rakyat yang membayar pajak tidak akan merasakan manfaatnya secara langsung, sebab pajak sendiri digunakan untuk memberikan kepentingan umum, bukan untuk kepentingan individu. Namun, masih banyak juga orang yang sering tidak membayar pajak bertahun tahun, dan meraka berhak untuk mengajukan hal tersebut lewat surat kuasa khusus pajak dan juga contoh surat kuasa penjualan tanah (surat kuasa khusus jual beli tanah). Oleh karena itu, di bawah ini, saya akan memberikan contoh surat kuasa khusus wajib pajak orang pribadi dan termasuk contoh surat kuasa banding dan contoh surat kuasa tanah (contoh surat kuasa penjualan tanah) yang perlu Anda ketahui.

Contoh Surat Kuasa Khusus Wajib Pajak Orang Pribadi

contoh surat kuasa wajib pajak
via kanwiljakut

Contoh Surat Kuasa Khusus PTUN

ptun
via unsplash

PTUN (Peradilan Tata Usaha Negara) merupakan suatu lingkungan peradilan yang berada di bawah MA (Mahkamah Agung) yang melaksanakan tugas kehakiman bagi rakyat ingin mencari keadilan terhadap beberapa sengketa tata usaha yang ada di negara Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Oleh karena itu, banyaknya sengketa tata usaha negara yang menggeliat, membuat banyak orang ingin mengajukannya melalui surat kuasa khusus PTUN. Karena banyaknya orang yang ingin mengetahui cara membuat surat kuasa khusu PTUN, maka seperti di bawah ini, saya akan memberikan contoh surat kuasa khusus PTUN yang mirip dengan contoh surat kuasa khusus (contoh surat kuasa rumah) perusahaan tergugat dan contoh surat kuasa khusus tergugat biasa yang dapat Anda coba dan ketahui yang termasuk dalam contoh surat kuasa khusus wanprestasi.

Contoh Surat Kuasa Khusus Ptun Tergugat

Surat Kuasa

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                           : Rio Ardian Syahputra

Pekerjaan                    : Walikota Malang (Berdasarkan SK Mendagri No.34/dagri/II/2014 tanggal 6 Februari)

Kewarganegaraan     : Indonesia

Alamat                         : Jalan Danau Surubec No.19 Kota Malang

 

Untuk selanjutnya disebut sebagai PEMBERI KUASA

Dalam hal ini memilih tempat pada kedudukan hukum kuasanya dan memberikan kuasa kepada :

Nama                           : Bambang Sugiarto , SH.MHum.

Pekerjaan                    : Advokat (Penasehat Hukum)

Kewarganegaraan     : Indonesia

Alamat                         : Jl. Danau Tigi  No. 91  Kota Malang

Untuk selanjutnya disebut sebagai PENERIMA KUASA

KHUSUS

—————————————————————————————————————————————–

Untuk perwakilan dari pemberi kuasa sebagai Tergugat melawan Drs. Aji Pamungkas, alamat Jalan Misterius No 08 Malang sebagai penggugat, dalam sengketa tata usaha Negara atas dikeluarkannya surat dari keputusan No.25/WK/VI/2015 tertanggal 10 Maret 20118 tentang pembongkaran bangunan rumah dengan Register Perkara Nomor 89/G/2015/PTUN.SBY tertanggal 23 September, di Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya, Jawa Timur.

 ——————————————————–=-=-=-=-=-=——————————————————-

Selanjutnya untuk kepentingan tersebut, penerima kuasa dapat  menjalankan perkara sebagai berikut :

Membuat, mengerjakan, menandatangani, mengajukan surat eksepsi, dan atau jawaban atas gugatan, menerima panggilan, menghadiri, dismissal proses, menghadiri pemeriksaan persiapan, membuat duplik, menghadiri beberapa persidangan, mengajukan dari surat-surat bukti, mengajukan para saksi, membuat beberapa kesimpulan, menerima atau  menolak putusan, meminta turunan dari beberapa putusan, membuat perdamaian, menghadap dan berbicara kepada pejabat di instansi pemerintah atau swasta guna meminta keterangan maupun mempelajari berkas yang berkaitan dengan perkara yang ada, mengajukan keberatan-keberatan. Untuk singkatnya seseorang penerima kuasa dapat melakukan segala perbuatan yang bersangkutan dengan hukum yang dipandang perlu dan bermanfaat bagi kepentingan pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini dibuat, dan diberikan dengan hak substitusi dan hak retensi.

                                                                                                           

Malang,  26 September 2015

            Penerima Kuasa                                                                                               Pemberi Kuasa

           

Contoh Surat Kuasa Khusus Penggugat

penggugat
via unsplash

Penggugat sendiri memiliki pengertian menurut hukum dari acara perdata, orang yang merasa haknya dilanggar. Penggugat juga mempunyai hak hak khusus untuk mengajukan perkaranya. Apabila dalam suatu gugatan memiliki banyak penggugat, maka bisa disebut sebagai gugatannya dengan “Para Penggugat”. Namun, apakah kalian sudah tahu bentuk surat kuasa khusu penggugat dan surat kuasa khusus wanprestasi? Khususnya dalam kasus wansprestasi yang kian menggeliat di Indonesia. Oleh karena itu, di sini saya akan memberikan satu contoh surat kuasa khusus penggugat wansprestasi yang hampir sama dengan surat kuasa khusus perceraian, contoh surat kuasa khusus perceraian (contoh surat kuasa khusus perdata perceraian) yang perlu Anda ketahui dan lihat. Tidak hanya itu, ini bisa dijadikan media untuk contoh surat kuasa perdata sengketa tanah.

Contoh Surat Kuasa Khusus Penggugat Wanprestasi

SURAT KUASA KHUSUS

Yang bertanda tangan di bawah ini :

            Nama                : Rico Mey

            Pekerjaan         : Pegawai Negeri Sipil (PNS)

            Alamat              : Jl Ikan Piranha, No 17 Jakarta Pusat

Untuk selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa.

Dalam hal ini memilih domisili hukum di Kantor Kuasanya tersebut di bawah ini, menerangkan dengan ini memberikan kuasa kepada :

Reza Arap Setiawan, S.H., M.H.

Lidya Maulidyah, S.H., M.H.

Advokat (Pengacara) berkantor Jl. Raya Sawojajar Emas No. 34 Jakarta  yang bertindak baik bersama atau individu; untuk selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa.

—————————————————KHUSUS————————————————-

Untuk dan atas nama oleh seorang pemberi kuasa sebagai Penggugat yaitu Iqbal Fedinan yang merupakan lawan Jaksa Agung RI Cq. Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Cq. Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, beralamat di Jl Mawar No.3 Monas Jakarta Pusat, disebut sebagai “Tergugat” I. Keyza Amrullah, beralamat di Jl. Ruko Pondok Indah Blok C7 No.13 A, Tangerang, disebut sebagai “Tergugat II”, mengenai Perbuatan Melawan Hukum dengan Register 52Pdt .G/ 2008 /PN.JKT.Pus, tertanggal 28 Februari 2018.

Selanjutnya dalam menjalankan kuasa ini, kepada Seorang “Penerima Kuasa” diberikan segala sebuah wewenang wewenang untuk membuat, menandatangani dan mengajukan beberapa surat, menghadap pejabat-pejabat yang berwenang dilingkungan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan pejabat setempat lain yang berhubungan baik sipil maupun militer, membuat menandatangani dan mengajukan Gugatan, menghadiri sidang-sidang yang dilakukan, mengajukan Jawaban atas Gugatan Rekonpensi, mengajukan Replik, mengajukan Duplik dalam Rekonpensi, mengajukan bukti-bukti dan saksi-saksi yang sudah terbukti, menolak dan membantah bukti serta saksi yang diajukan oleh “Tergugat I” dan “Tergugat II”, mengajukan Kesimpulan, menerima dan menolak mediasi serta perdamaian, menerima salinan putusan, mengajukan permohonan-permohonan, mengajukan permohonan Aanmaning dan Eksekusi atas putusan pada perkara ini, membela dan mempertahankan hak-hak yang dimiliki Pemberi Kuasa, melakukan dan menerima pembayaran-pembayaran, membuat dan menerima kwitansi-kwitansi atas suatu pembayaran, serta melakukan segala tindakan hukum yang dianggap perlu dan berguna bagi kepentingan hukum Pemberi Kuasa sehubungan dengan pemberian kuasa dimaksud.

Surat kuasa dan kekuasaan ini dapat dialihkan kepada orang lain dengan hak substitusi serta secara tegas dengan hak retensi dan seterusnya menurut hukum seperti yang dimaksudkan dalam pasal 1812 KUHPerdata dan menurut syarat-syarat lainnya yang ditetapkan dalam undang-undang.

 

Jakarta, 24 Maret 2018

                 Penerima Kuasa                                                                                   Pemberi Kuasa