Inilah Contoh dan Cara Membuat Kata Pengantar 2018

Inilah Contoh dan Cara Membuat Kata Pengantar 2018

Contoh Kata Pengantar – Pernahkah Anda memperhatikan setiap kali membaca sebuah makalah, jurnal, skripsi, atau karya tulis pasti Anda akan menemukan kata pengantar. Contoh kata pengantar yang ada pada beberapa tulisan ilmiah tersebut memang sudah menjadi bagian wajib yang tidak boleh ketinggalan. Tidak hanya pada beberapa karya ilmiah saja kata pengantar bisa ditemukan, Anda juga bisa menemukan uraian berisi rasa syukur dari penulis akan keberhasilannya dalam menyusun karya yang dibuat pada beberapa buku-buku baik itu pada buku-buku fiksi maupun buku nonfiksi.

Tidak hanya berisi ungkapan rasa syukur, dalam kata pengantar umumnya juga berisi ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam membantu penulis. Dalam salah satu contoh kata pengantar singkat yang baik juga harus disertakan sedikit uraian yang menggambarkan isi dari karya yang ditulis. Hal ini tentu akan membantu para pembaca dalam meringkas atau menerka apa saja yang akan dibahas dalam buku tersebut mengingat para pembaca umumnya akan membaca kata pengantar sebelum membaca seluruh isi buku. Oleh karena itu, posisi kata pengantar sendiri memegang peranan yang cukup dalam sebuah buku atau karya tulis khususnya yang untuk karya-karya nonfiksi.

Baca Juga : Contoh dan Cara Membuat Surat Penawaran 2018

Mengenal kata pengantar serta dimana saja bisa ditemukan contoh kata pengantar

contoh kata pengantar
sumber unspalsh

Sebenarnya apa itu kata pengantar sehingga keberadaannya menjadi hal yang wajib dalam sebuah buku atau karya tulis. Kata pengantar merupakan kumpulan ungkapan rasa syukur serta ungkapan rasa terima kasih yang ditulis oleh penulis dan ditujukan kepada semua pihak yang turut membantu dan menyokong penulis pada saat penulisan karya yang ditulis. Sehingga jangan heran jika pada beberapa contoh kata pengantar yang pernah Anda lihat berisi banyak ucapan terima kasih yang diberikan oleh penulis pada keluarga, sahabat, orang-orang terdekat, dan semua orang yang pernah terlibat baik secara langsung atau tidak dengan penulis.

Format kata pengantar untuk karya fiksi dan untuk karya nonfiksi sesungguhnya sangat berbeda. Akan tetapi banyak orang yang masih kebingungan dalam membedakan contoh kata pengantar dari dua jenis aliran karya tersebut. Kata pengantar yang digunakan pada karya fiksi seperti novel umumnya tidak ditambahkan atau dengan kata lain tidak ada. Meski demikian, beberapa novel ada yang menggunakan ungkapan kata terima kasih yang cukup singkat sebagai kata pengantar. Sementara untuk kata pengantar yang digunakan pada karya nonfiksi biasanya lebih rinci. Ungkapan terima kasih yang diberikan pun biasanya menyangkut beberapa lembaga khususnya lembaga dimana penulis bernaung.

Anda tentu sudah bisa membedakan antara kata pengantar dan pendahuluan bukan? Walau begitu, ternyata masih saja ada yang bingung dan sulit saat diminta membedakan mana contoh kata pengantar dan mana contoh pendahuluan. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kata pengantar merupakan kumpulan ucapan terima kasih yang diberikan kepada orang terkasih dari pemilik karya. Sementara pendahuluan sendiri merupakan penjelasan dan penjabaran dari isi karya yang sudah ditulis. Umumnya pendahuluan berisi latar belakang mengapa topik itu yang dibahas oleh penulis dalam karyanya. Jadi, keduanya tentu bukan hal yang sama bukan mengingat pembahasan keduanya sangat jauh berbeda.

Jenis-jenis kata pengantar dan contoh kata pengantar

jenis dan contoh kata pengantar
Sumber unsplash

Ada beberapa jenis kata pengantar yang harus Anda tahu sehingga saat membuat ungkapan terima kasih dalam sebuah karya baik itu fiksi atau nonfiksi, Anda tidak akan salah atau bingung. Ada perbedaan pada masing-masing contoh kata pengantar yaitu, contoh kata pengantar essay, contoh kata pengantar proposal, contoh kata pengantar karya ilmiah, contoh kata pengantar skripsi, contoh kata pengantar makalah agama, contoh kata pengantar laporan pkl, contoh kata pengantar proposal usaha, dan lain-lain. Berikut beberapa jenis kata pengantar yang harus Anda ketahui:

Kata pengantar makalah

Contoh kata pengantar yang pertama adalah kata pengantar untuk makalah. Bagi Anda yang masih menyandang status sebagai pelajar atau mahasiswa tentu tidak asing lagi dengan yang namanya makalah. Umumnya kata pengantar yang ada pada makalah berisi ucapan terima kasih kepada pihak dosen serta sedikit alasan mengapa makalah tersebut dibuat. Dalam makalah ini biasanya juga dicantumkan beberapa ungkapan terima kasih kepada pihak siapa saja yang turut membantu dalam selesainya makalah yang dibuat.

Sebenarnya tidak hanya kata pengantar untuk makalah, format contoh kata pengantar yang sama juga sering ditemukan di skripsi, karya ilmiah, tesis, serta karya nonfiksi lain. Anda tentu sudah tahu jika dalam sebuah karya nonfiksi, kata pengantar menjadi bagian yang wajib yang tidak boleh hilang. Selain untuk mengungkapkan rasa terima kasih, kata pengantar juga menjadi kata sambutan bagi para pembaca dari karya tersebut.

Kata pengantar surat

surat
Sumber unsplash

Jenis kata pengantar kedua yang perlu Anda ketahui adalah kata pengantar surat. Kata pengantar dalam surat dibagi menjadi dua yakni surat formal dan surat nonformal. Contoh kata pengantar dalam surat nonformal biasanya berisi perkenalan mengingat surat tersebut biasanya ditujukan untuk teman atau sahabat pena. Tidak hanya itu, dalam kata pengantar yang biasanya terdapat dalam paragraf pertama ini biasa juga berisi kabar baik itu bertanya kabar atau juga memberi kabar.

Kata pengantar dalam sebuah surat biasanya disebut dengan kalimat pembuka atau pengantar surat yang berisi sedikit basa-basi dari penulis surat. Setelah kata pengantar selesai biasanya diikuti dengan alasan mengapa surat tersebut dibuat. Serta rincian lain yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca surat tersebut. Berbeda dengan surat nonformal, pada contoh kata pengantar yang digunakan pada surat formal biasanya bersifat baku dan sangat ringkas. Meski demikian, secara struktur kedua hampir mirip.

Kata pengantar pidato

Siapa yang akan mengira jika dalam sebuah pidato juga dibutuhkan sebuah kata pengantar. Contoh kata pengantar yang ada pada pidato tentunya akan sangat berbeda dengan yang ada di makalah, essay, karya ilmiah, skripsi maupun surat. Kata pengantar dalam sebuah pidato biasanya dikenal dengan pembukaan atau introducing. Hal ini dilakukan agar pidato yang disampaikan lebih mengena saat didengar. Tidak hanya itu, dengan adanya pembukaan pidato juga berfungsi untuk mengumpulkan perhatian para pendengar yang sebelumnya sempat terpecah.

Dengan adanya penarik perhatian ini tentu inti atau isi dari pidato akan lebih mudah tersampaikan dan terserap dengan baik oleh para pendengarnya. Oleh karena itu, contoh kata pengantar atau contoh pembukaan yang digunakan dalam sebuah pidato haruslah menarik. Sehingga para pendengar tidak akan bosan serta jenuh dalam mendengarkan pidato yang disampaikan. Jika penonton sampai jenuh, sepenting apapun isi dari pidato yang disampaikan tentu tidak akan ada yang mendengarnya. Jadi, buatlah kata pengantar atau pembukaan dari pidato yang semenarik mungkin serta tidak mainstream.

Kata pengantar essay

Anda tentu sudah tahu mengenai essay bukan? Ya, essay merupakan salah satu  karya tulis yang berisi opini dari penulis mengenai sebuah topik atau subjek yang sedang dia teliti. Dalam sebuah essay, contoh kata pengantar yang digunakan haruslah berisi mengenai pengenalan dari topik atau subjek yang sedang dibahas. Tidak hanya itu, dalam kata pengantar yang digunakan juga harus diuraikan sedikit mengenai opini serta sedikit isi dari essay yang dibuat. Sehingga pembaca dapat mengetahui apa yang sedang dibahas oleh penulis dalam essay yang akan ia baca.

Apa saja yang harus ada dalam contoh kata pengantar?

apa saja kata pengantar
Sumber unsplash

Untuk membuat sebuah kata pengantar ternyata harus memenuhi beberapa hal atau ada beberapa hal yang harus ada dalam sebuah kata pengantar. Jika terdapat salah satu unsur yang tidak terpenuhi maka contoh kata pengantar yang dibuat tidak sesuai dengan standar yang sudah berlaku. Berikut beberapa hal yang harus ada dalam sebuah kata pengantar:

Ucapan rasa syukur kepada Tuhan

Yang harus ada dalam cara membuat kata pengantar yang pertama adalah ungkapan rasa syukur dan juga ungkapan rasa terima kasih atas nikmat yang sudah Tuhan berikan. Ungkapan rasa syukur memang tidak boleh ketinggalan mengingat seberapa besar anugerah yang sudah Tuhan berikan kepada penulis sehingga penulis mampu menyelesaikan tulisan atau karya tulisnya tersebut.

Deskripsi singkat mengenai isi karya

Deskripsi singkat yang ada dalam contoh kata pengantar adalah seperti tujuan dan alasan mengapa karya tersebut dibuat. Tidak hanya itu, Anda juga memberikan sedikit deskripsi singkat mengenai judul atau topik yang dibahas dalam karya dibuat.

Ungkapan rasa terima kasih

Sesuai dengan deskripsinya tentu dalam sebuah kata pengantar harus ada ungkapan rasa terima kasih dari penulis untuk setiap pihak yang terlibat. Tentunya pihak-pihak yang namanya disebutkan memberikan pengaruh besar terhadap suksesnya pembuatan karya yang dibuat.

Harapan yang diinginkan oleh penulis

Dalam sebuah contoh kata pengantar harus juga dituliskan harapan dari penulis untuk setiap pembaca dari hasil karya yang sudah dibuat. Tidak hanya itu, penulis juga harus mencantumkan permintaan maaf apabila ada kesalahan baik itu kesalahan tulis atau kesalahan lain yang ada dalam karya yang dibuat.

Tempat dan tanggal pembuatan

Dalam sebuah kata pengantar harus dituliskan tempat dan juga tanggal selesainya karya yang dibuat. Jika memang karya yang dibuat merupakan karya ilmiah maka dalam kata pengantar selain harus dicantumkan tempat dan tanda tangan, harus dicantumkan pula nama terang penulis dan tanda tangan di atas materai.

Contoh kata pengantar dan cara membuatnya

contoh dan cara buat kata pengantar
Sumber unsplash

Dalam pembuatan kata pengantar tentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan mengingat fungsi dan keberadaan dari kalimat pembuka yang satu ini sangatlah penting. Oleh karena itu terdapat beberapa langkah dalam cara membuat kata pengantar yang bisa Anda ikuti jika ingin membuat kata pengantar yang baik dan benar. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika ingin membuat kata pengantar:

Pada paragraf pertama harus ada kalimat syukur kepada Allah serta judul dari karya yang dibuat

Seperti yang sudah Anda tahu jika dalam sebuah contoh kata pengantar harus ada kalimat syukur. Ternyata dalam paragraf pertama dari sebuah kata pengantar juga harus mengandung judul dari karya yang sudah dibuat.

Pada paragraf kedua cantumkan tujuan dari penulisan karya

Langkah kedua dalam cara membuat kata pengantar adalah menuliskan tujuan dari penulisan karya yang dibuat. Biasanya jika pada sebuah makalah, tujuan yang dari penulisannya adalah untuk memenuhi tugas baik itu tugas sekolah maupun tugas kuliah.

Masukkan ungkapan atau ucapan terima kasih pada paragraf ketiga

Ungkapan terima kasih dalam sebuah kata pengantar memang sudah menjadi hal yang wajib dan harus ada. Oleh karena itu, biasanya ucapan rasa terima kasih dari penulis untuk semua pihak yang terlibat dimasukkan dalam paragraf ketiga. Akan tetapi, Anda juga memasukkan atau menggabungkan ucapan terima kasih ini pada paragraf kedua. Hal ini bisa dilakukan apabila tujuan penulisan karya tidak banyak serta ucapan terima kasihnya juga tidak terlalu banyak. Selain itu, Anda juga bisa menghemat tempat.

Paragraf keempat  harus berisi harapan, permintaan kritik dan juga saran

Setelah menuliskan ucapan terima kasih pada paragraf kedua atau ketiga, pada paragraf selanjutnya dari kata pengantar harus berisi harapan dari penulis berkaitan dengan hasil karya tulis yang sudah dibuat olehnya. Harapan tersebut bisa saja berisi keinginan dari penulis agar hasil karya yang dibuat bisa bermanfaat baik untuk diri penulis sendiri dan juga para pembacanya. Penulis juga bisa mengungkapkan keinginannya agar karya yang dibuat bisa menjadi bahan referensi atau bisa dikembangkan lagi oleh para pembacanya.

Dalam paragraf keempat dari kata pengantar juga harus disertai dengan pemintaan kritik dan juga saran. Hal ini dikarenakan pasti akan ada kekurangan dari hasil karya yang dibuat meskipun oleh pembuat atau penulisnya sudah berusaha semaksimal mungkin. Kesalahan bisa saja terjadi pada saat percetakan yang sebenarnya tidak berkaitan dengan penulis sama sekali.

Paragraf kelima berisi penutup

Langkah terakhir dalam pembuatan kata pengantar pada paragraf kelima adalah harus menuliskan kata penutup. Contoh kata penutup bisa berupa harapan singkat seperti “semoga makalah yang kami buat bisa memberi inspirasi dan bermanfaat kepada para pembaca, terima kasih”. Tidak hanya itu, pada bagian ini penulis harus mencantumkan lokasi karya tersebut ditulis serta kapan karya tersebut selesai ditulis. Penulis juga harus menuliskan nama terang penyusun dilengkapi dengan tanda tangan.

Salah satu contoh kata pengantar yang baik dan benar

baik dan benar
Sumber unsplash

Berikut salah satu contoh kata pengantar untuk sebuah makalah yang baik dan benar:

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan begitu banyak nikmat dan karunia-Nya sehingga makalah “Kata Pengantar Dan Cara membuatnya” bisa selesai tepat waktu.

Tidak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam proses pembuatan makalah “Kata Pengantar Dan Cara Membuatnya”. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Prof. J. Martin, M.Pd. selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia yang selalu membimbing kami dalam menyelesaikan makalah kami tersebut.

Seperti peribahasa, “Tiada gading yang tidak retak”, kami menyadari ada banyak kekurangan dalam makalah yang sudah kami buat. Oleh karena itu, kami mengharapkan adanya kritikan serta saran dari seluruh pembaca. Kami berharap semoga artikel “Kata Pengantar Dan Cara Membuatnya” bisa bermanfaat bagi kami sendiri dan juga para pembaca sekalian.

Yogyakarta, 26 Desember 2016

      Penulis

Keberadaan kata pengantar dalam sebuah karya tulis memang sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari bagian pembuka dari sebuah karya ini terlebih dulu sebelum membuat contoh kata pengantar yang sesungguhnya. Semoga ulasan mengenai kata pengantar dengan contoh dan juga cara membuat kata pembuka tersebut bisa bermanfaat. Selamat mencoba.