Begini Cara Menyuburkan Rambut Bayi Secara Alami

Begini Cara Menyuburkan Rambut Bayi Secara Alami

Baby Hair
Courtesy of Pinterest

Cara menyuburkan dan meluruskan rambut bayi secara alami dan aman? Orang tua mana yang saat ini tidak ingin jika bayinya memiliki rambut yang tumbuh subur, sehan dan lebat. Rambut adalah sebuah mahkota milik tiap orang, begitu pula untuk bayi. Tidak hanya untuk memperindah penampilan sang bayi, namun rambut ternyata juga memiliki fungsi yang besar bagi tubuh manusia, diantaranya untuk melindunginya dari hawa dingin maupun sengatan matahari yang panas. Selain itu juga, rambut bisa menghalangi debu dan kotoran untuk menetap pada kulit. Bagi bayi tentu rambut sangatlah membantu, kulit bayi yang sensitif akan terlindungi oleh rambutnya dari berbagai cuaca saat ini.

Meskipun saat ini banyak orang bilang sudah jaman modern, namun tidak sedikit pula para Bunda yang memilih obat tradisional agar rambut anak lebat. Diyakini bahwa cara tradisional lebih aman dibandingkan yang menggunakan bahan-bahan kimia, karena penggunaan bahan-bahan kimia dikhawatirkan bisa memberikan dampak negatif untuk rambut bayi dalam jangka panjang nantinya.

Tebal dan tipisnya rambut milik bayi merupakan faktor kombinasi antara faktor genetis, etnis, dan hormon. Rambut bayi ini sudah mulai berkembang dan tumbuh saat ia berusia 5 bulan di dalam kandungan ibunya dan akan rontok dengan sendirinya ketika ia berusia sekitar 4 bulan, digantikan dengan rambut baru yang mengikuti pola rambut orangtuanya sendiri. Proses tumbuhnya rambut bayi biasanya akan dimulai saat ia berusia sekitar 5-6 bulan dan ada yang terus berlangsung sampai balita. Rambut yang baru tumbuh berbeda dalam bentuk tekstur dan warnanya dengan rambut saat bayi baru lahir. Ada juga bayi yang terlihat botak di bagian belakang kepala. Ini terjadi karena gesekan antara kepala dan bantal bisa menyebabkan titik-titik botak di bagian belakang kepala. Namun ini akan menghilang saat si kecil sudah mulai bisa miring atau tengkurap nantinya. Berikut ini adalah beberapa cara menyuburkan rambut bayi secara alami.

Cara Melebatkan Rambut Bayi

Cara melebatkan rambut bayi
Courtesy of Pinterest

 

Ternyata tidak semua bayi terlahir untuk memiliki rambut yang sehat dan lebat. Ada juga bayi yang memiliki jenis rambut tipis dan pertumbuhannya lambat. Biasanya para bunda akan sangat risau, apabila sang bayinya memiliki rambut sang pertumbuhannya sangat lambat. Dan saat ini banyak sekali para bunda yang mencari cara melebatkan rambut bayi mereka. Akan tetapi Anda tidak usah khawatir, sebaiknya Anda mengetahui tentang cara untuk menyuburkan rambut bayi secara alami dan cara melebatkan rambut bayi. Mengapa tidak menggunakan bahan kimia? Dikarenakan bahan kimia berdampak negatif bagi bayi, dan sangat tidak disarankan. Berikut ini akan saya jabarkan beberapa informasi tentang cara menyuburkan rambut bayi.

Cara agar rambut bayi tumbuh lebat dan lurus

Mungkin Anda, yaitu para bunda sedang kebingungan dikarenakan rambut pada bayi Anda tumbuh dengan lambat. Hal itu merupakan hal yang sangat wajar, dikarenakan tidak semua bayi memiliki jenis rambut yang sama. Akan tetapi para bunda tidak usah khawatir, saya memiliki solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Ada banyak cara yang dapat digunakan, yaitu secara alami dan tidak menggunakan bahan kimia. Berikut ini adalah beberapa cara agar rambut bayi tumbuh lebat dan lurus.

Gizi untuk rambut bayi
Cara yang paling penting dalam pertumbuhan rambut bayi yaitu dengan pemberian gizi. Berbagai macam cara untuk memberikan gizi pada bayi, contohnya dengan memberikan makanan dan asupan yang mengandung asam lemak Omega3, protein, zat besi, dan macam-macam vitamin.

Samphoo untuk bayi
Organ pada tubuh bayi sangat berbeda dengan orang dewasa, kulit pada bayi rentan iritasi dan mata bayi masih belum banyak mengedip, maka dari itu dalam menggunakan shampoo harus yang dikususkan untuk bayi. Yaitu dengan shampoo yang tidak mengandung tambahan zat kimia dan tidak pedih jika terkena mata. Salah satu cara memberikan shampoo kepada bayi Anda adalah dengan mengeringkan rambutnya secara hati-hati dan pelan-pelan terlebih dahulu kemudian gosok dengan shampoo secara perlahan-lahan dan lembut, jangan terlalu kencang. Jika Anda ingin menyisir rambut bayi, gunakanlah sisir bergigi besar dan jarang.

Perawatan dengan bahan alami

Untuk merawat rambut bayi agar tetap lembat dan lebat dapat menggunakan bahan alami saja
1.  Gunakan kemiri untuk menghitamkan rambut
2. Minyak kemiri dapat dioleskan ke kulit kepala hingga ujung rambut secara rutin
3. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan madu untuk rambut bayi dengan cara mengoleskan madu ke kulit kepala sampai ke ujungnya sebelum bayi Anda keramas, kemudian diamkan beberapa saat.

Itulah beberapa cara agar rambut balita lurus dan lebat.

Kemiri untuk bayi

Kemiri
Courtesy of Pinterest

Banyak sekali manfaat kemiri untuk kesehatan pada tubuh manusia, salah satunya yaitu kemiri untuk bayi sebagai minyak penumbuh rambut super cepat. Salah satu cara merawat rambut pada bayi agar tebal yang sudah dipercaya secara turun menurun yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala si bayi. Minyak kemiri dapat bermanfaat untuk rambut bayi agar cepat tumbuh. Minyak ini sudah dikenal sudah lama dan juga memiliki manfaat untuk membantu memperkuat, menghitamkan, serta menyuburkan rambut. Cara membuat minyak kemiri, bisa didapatkan dengan cara menumbuk beberapa biji kemiri yang sudah digarang atau disangrai sedikit gosong, kemudian dimasukkan ke dalam kain dan peras hingga mengeluarkan minyak. Cara alami ini juga bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal. Berikut ini adalah kandungan dari minyak kemiri untuk bayi.
1. Asam Linoleat
2. Vitamin B1
3. Protein
4. Miristat
5. Zat Lemak

Menebalkan Rambut Bayi

Cara Menebalkan Rambut Bayi
Courtesy of Pinterest

Setiap orang tua pasti sangat ingin sang buah hati mereka memiliki rambut yang tebal. Dengan rambut yang tebal dan lebat tersebut, bayi Anda lebih terlihat sehat dan cantik maupun keren. Jadi, banyak sekali orang tua yang melakukan segala cara untuk membuat rambut bayi tumbuh lebat di kepalanya. Tentunya, Anda sebagai orang tua tidak boleh sembarangan menggunakan obat penebal rambut karena bayi kecil masih sangat sensitive. Untuk itu, bagi para bunda yang menginginkan rambut sang buah hati tumbuh subur, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai solusinya. Berikut ini cara menebalkan rambut bayi secara alami.
1. Menggunakan kemiri

Kemiri
Courtesy of Pinterest

Cara menumbuhkan rambut bayi dengan kemri. Bagi sang bunda yang sangat ingin rambut sang buah hati tumbuh dengan lebat, Anda bisa menggunakan kemiri sebagai solusi penumbuh rambut anak kecil. Cara menebalkan rambut bayi yang tipis secara alami dengan kemiri sangatlah mudah dan praktis. Pertama, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa butir kemiri dan menggoreng, hingga nantinya kemiri tersebut mengeluarkan minyak. Kemudian Anda bisa menumbuknya dan mengoleskan tumbukan minyak kemiri tersebut secara merata di bagian kepala bayi yang sudah digundul. Setelah mendiamkannya beberapa saat, Anda bisa langsung membilasnya dengan air bersih secara merata. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda sebaiknya melakukan terapi tersebut secara teratur.

2. Menggunakan daun seledri

Seledri
Courtesy of Pinterest

Daun seledri bisa dipercaya dapat membuat rambut tumbuh dengan subur dan cepat, sehingga para bunda sering menggunakannya untuk menebalkan rambut si kecil. Dikarenakan daun seledri tersebut juga tak akan menimbulkan efek samping bagi si buah hati bunda. Cara menebalkan rambut bayi secara alami dengan daun seledri yaitu, pertama-tama, Anda harus meremas daun seledri tersebut hingga halus dan Anda bisa mengoleskannya pada kepala bayi yang sudah dicukur sebelumnya. Tunggu hingga beberapa saat sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.

3.Menggunakan lidah buaya

Lidah Buaya
Courtesy of Pinterest

Lidah buaya yang saya maksud ini bukanlah lidah buaya yang ada pada hewan, melainkan tanaman. Cara menebalkan rambut bayi juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan tanaman lidah buaya sebagai obat penumbuh rambut sang bayi karena tanaman ini tak mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan si kecil. Caranya yaitu, Anda hanya perlu mengiris lidah buaya menjadi 2 bagian dan mengoles-oleskan gelnya pada kepala bayi yang sudah di gundul. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pelebat rambut bayi

Cara melebatkan rambu bayi sudah banyak sekali dicari pada bunda saat ini, dikarenakan banyak sekali bunda yang ingin sang buah hatinya memiliki rambut yang lebat, sehat, dan indah. Setelah digunduli, tidak semua orang tua mendapati si buah hatinya mempunyai rambut yang lebat. Beberapa bayi bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama agar rambutnya tumbuh lagi. Beragam makanan berpengaruh terhadap tumbuhnya rambut. Oleh karena itu para orang tua harus benar-benar paham mengenai manfaat sayuran untuk anak dan manfaat buah untuk anak. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk pelebatan rambut bayi Anda.
1. Jaga kebersihan kulit kepala
2. Gunakan minyak kemiri
3. Gunakan tanaman lidah buaya
4. Gunakan daun seledri
5. Cukupi nutrisi bayi
6. Gunakan minyak zaitun
7. Jangan gunakan mesin pengering rambut

Penyubur rambut bayi

Tebal dan tipisnya rambut bukanlah indikator bagi kesehatan anak, yang terpenting sekarang adalah anak bisa tumbuh dengan baik sesuai usia perkembangannya dan selalu dalam keadaan sehat. Rambut yang tebal atau tipis hanya sekadar penilaian secara fisik saja, tetapi bila bunda sangat menginginkan rambut anak cepat tumbuh ada cara yang mudah untuk dipraktekkan dan tentunya aman bagi kesehatan dan keselamatan anak, yaitu:
1. Cukupi kebutuhan nutrisinya
2. Gunakan ramuan tradisional

Penyubur rambut bayi alami

Setelah dicukur rambutnya hingga gundul, cepat atau lambat kepala si buah hati Anda akan ditumbuhi kembali oleh rambut barunya. Pertumbuhan rambut di kepalanya itu sering kali berlangsung sangat cepat sehingga ia akan kembali menjadi gondrong atau panjang kembali. Namun, pada beberapa kasus pertumbuhan rambutnya ini kadang tumbuh dengan sangat lambat. Rambutnya terlihat tipis sehingga penampilan bayi Anda menjadi kurang menarik.

Melihat kondisi pertumbuhan rambut bayi yang tipis dan lambat, Anda sebagai orang tua tentu akan merasa khawatir. Anda pasti sangat ingin bayi Anda memiliki rambut yang lebat agar penampilannya bisa lebih menarik. Berikut ini adalah cara menyuburkan rambut bayi dengan bahan alami yang mungkin bisa Anda coba.
1. Minyak zaitun

Minyak Zaitun
Courtesy of Pinterest

Manfaat minyak zaitun sebagai obat yang alami penyubur rambut memang sudah dibuktikan selama beratus-ratus tahun lamanya. Orang-orang timur tengah biasa mengoleskan minyak ini ke bagian kulit kepala, alis, dan bulu mata bayinya agar buah hatinya tersebut memiliki rambut dan bulu yang indah.
2. Kacang Hijau

Kacang Hijau
Courtesy of Pinterest

Jika Anda ingin mempunyai bayi dengan rambut yang lebat, ibu hamil memang disarankan untuk banyak mengkonsumsi air rebusan kacang hijau selama masa kehamilannya. Ketika si bayi sudah lahir, konsumsi air rebusan kacang hijau juga dapat dialihkan langsung pada si bayi. Cara ini efektif dan banyak dicoba di negara-negara Asia Timur
3. Madu

Madu
Courtesy of Pinterest

Selain memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil, madu rupanya juga bisa berguna untuk melebatkan rambut bayi secara alami. Caranya  yaitu dengan mengoleskannya secara merata ke rambut dan biarkan 10-15 menit, setelah itu keramasi hingga bersih.
4. Air kelapa muda

Air Kelapa Muda
Courtesy of Pinterest

Selain dapat diminum secara rutin sebagai cara agar kulit bayi putih saat hamil, manfaat air kelapa untuk rambut bayi juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat penyubur rambut seperti bayi. Caranya pijat kulit kepala bayi Anda dengan lembut menggunakan air kelapa muda setiap pagi dan sore.
5. Daun pare

Daun Pare
Courtesy of Pinterest

Banyak sekali orang Sunda yang menggunakan daun pare ini sebagai bahan alami penyubur rambut bayinya. Beberapa lembar daun pare yang segar dan dicuci bersih kemudian tumbuk halus sampai berair. Ambil airnya dan oleskan pada kulit kepala bayi setiap sehabis mandi. Lakukan rutin tiap hari dan setelah satu bulan umunya rambut bayi Anda akan segera lebat.
6. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Courtesy of Pinterest

Cara untuk menyuburkan rambut bayi secara alami juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan lidah buaya. Iris lidah buaya jadi 2 bagian, kemudian oleskan gelnya ke kepala bayi yang sudah dibotaki, dan lakukan secara rutin setiap pagi atau sore hari hingga rambutnya tumbuh lebat.
7. Daun seledri

Seledri
Courtesy of Pinterest

Selain lidah buaya, Anda juga dapat menyuburkan rambut buah hati Anda secara alami dengan daun seledri. Cara menyuburkan rambut bayi yang satu ini dapat dilakukan dengan lumatkan atau remas daun seledri hingga halus, balurkan ke bagian kulit kepala bayi, tunggu beberapa saat dan bilas menggunakan air hangat.
8. Kemiri

Kemiri
Courtesy of Pinterest

Kemiri dapat dijadikan salah satu bahan penyubur rambut bayi Anda karena kandungan minyaknya yang bisa memacu kelenjar kulit untuk memproduksi bulu. Cara menyuburkan rambut bayi dengan kemiri sangat mudah untuk dilakukan. Pertama, siapkan beberapa butir kemiri, lalu sangrai kemiri tersebut hingga minyaknya keluar. Kedua, tumbuk kemiri tersebut hingga halus dan oleskan pada kulit kepala bayi yang sudah digunduli. Ketiga, diamkan kurang lebih 20 menit dan basuh menggunakan air hangat. Ulangi perlakuan ini setiap 1 kali sehari untuk hasil yang lebih optimal.

Shampoo untuk melebatkan rambut bayi

Apabila saat ini Anda sedang kebingungan mencari produk shampoo untuk bayi, maka shampoo bayi terbaik agar rambut lebat berikut ini diharap dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat untuk Anda. Pasalnya memang memilih produk shampoo bayi tidak dapat dilakukan secara asal-asalan saja, terlebih jika mengingat bahwa kulit bayi masih sangat sensitif.

Selain itu, tingkat sensitifitas kulit pada kepala bayi juga tentunya akan berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Maka dari itulah mengapa pemilihan produk shampoo bayi sebaiknya dilakukan secara selektif dan berhati-hati. Hal tersebut bertujuan agar bunda dapat memperoleh produk terbatik untuk buah hati mereka.

1. Zwitzal Baby Shampoo

Zwitzal Baby Shampoo
Courtesy of Pinterest

Zwitzal baby shampoo memang dikatakan sebagai salah satu shampoo bayi yang terbaik pada saat ini. Kisaran harganya yang cenderung lebih tinggi dibandingkan produk yang lain tentunya menghadirkan kualitas tersendiri pada shampoo bayi ini. Selain itu, dikatakan sebagai salah satu shampoo terbaik karena di dalamnya sudah terkandung ekstrak lidah buaya (Aloe Vera), seledri, dan kemiri, yang terkenal sebagai penyubur rambut. Shampoo ini juga dapat digunakan pada jenis kulit sensitif dan memiliki wangi serta tekstur yang lembut.

2. Johnson dan Johnson Baby Shampoo

Johnson Baby Shampoo
Courtesy of Pinterest

Johnson’s baby Shampoo adalah shampoo bayi terbaik lainnya setelah Switzal Baby Shampoo. Tingkat konsistensinya sendiri cukup baik dan tidak terlalu kental, serta kandungan PH nya sendiri sangat seimbang. Keunggulan lainnya yakni produk shampo ini menyatu dengan sabun mandi, sehingga dapat digunakan sebagai sabun mandi.

3. Pigeon Baby Shampoo

Pigeon Baby Shampoo
Courtesy of Pinterest

Pigeon Baby Shampoo juga diketahui merupakan salah satu produk shampoo bayi yang masuk pada urutan teratas sebagai produk terbaik. Sama seperti produk sebelumnya, Pigeon Baby Shampoo ini juga merupakan produk shampoo sekaligus sabun mandi untuk bayi. Tingkat konsistensinya sendiri cukup kental serta lebih licin, selain itu, aroma dari shampo ini cenderung wangi obat-obatan.

4. Cussons Baby Shampoo

Cussons Baby Shampoo
Courtesy of Pinterest

Cussons Baby Shampoo juga merupakan salah satu produk shampoo bayi terbaik saat ini. Produk shampoo bayi ini juga memiliki banyak jenis dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Seperti perpaduan antara Seledri, Kemiri, dan Aloe Vera, Care and Protect, dan masih banyak pilihan lainnya.

5. Chicco Baby Shampoo

Chicco Baby Shampoo
Courtesy of Pinterest

Produk shampoo bayi yang satu ini mungin jarang ditemukan dipasaran, namun produk shampoo bayi ini juga dikenal sebagai salah satu produk shampoo bayi terbaik. Namun shampoo bayi ini diketahui sudah memiliki kandungan bunga pot marigold, sehingga dapat merawat, membersihkan, melembutkan, dan melembabkan rambut bayi.

Nah, artikel diatas merupakan cara alami dan beberapa produk untuk merawat rambut bayi. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebagai orang tua dari sang buah hati, yaitu merawat dan membesarkannya dalam keadaan sehat. Tidak semua bahan kimia bisa digunakan untuk memperindah rambut bayi, akan lebih baik apabila menggunakan bahan yang alami. Contohnya seperti kemiri, lidah buaya, seledri, dan yang lainnya sudah saya sebutkan dalam artikel diatas.