Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Baik dan Benar tanpa Efek Samping

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Baik dan Benar tanpa Efek Samping

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh – Tubuh sehat merupakan dambaan semua orang dan kita juga harus mengerti pentingnya menjaga kesehatan tubuh, entah itu dari kalangan anak, remaja, dewasa, hingga orang lanjut usia (lansia) pasti ingin memliki tubuh yang sehat. Kenapa orang sangat ingin sekali memiliki kesehatan dalam kehidupannya sehari hari? Karena, sesungguhnya sehat itu sangat mahal, dan tidak dapat dibeli dengan uang. Maka dari itu, Anda harus menjaga kesehatan Anda dengan baik dan benar agar manfaat menjaga kesehatan tubuh dapat dirasakan oleh Anda dan tubuh tidak terserang yang namanya penyakit. Namun, apakah Anda sudah tahu apa sebenarnya definisi dari sehat secara keseleruhan. Pasti Anda mengira sehat hanyalah sebuah kondisi tubuh yang masih normal tanpa terkena virus penyakit. Sebenarnya, pengertian kesehatan tubuh sendiri sudah di definisikan oleh sebuah organisasi Internasional yang mengurus masalah kesehatan yang bernama WHO (Worl Health Organization) yaitu sehat adalah keadaan atau kondisi yang sempurna baik fisik, mental, maupun sosial, tidak hanya terbebas dari virus, penyakit, kelemahan ataupun cacat. Maksud dari definisi sehat tersebut merupakan sehat bukan hanya sekedar orang yang terbebas dari segala penyakit, karena orang yang tidak mempunyai penyakit di dalam tubuhnya belum tentu dikatakan sebagai orang yang sehat. Sehat sebenarnya tidak hanya diukur dari segi fisik pada tubuh, sehat bisa diukur melalui sehat pada sisi biologis, sosial, psiologis yang dapat membuat orang dapat menikmati dan menjalani kehidupan sehari hari layaknya orang normal tanpa ada gangguan dari luar. Sehat menurut organisasi Internasional WHO (World Health Organization) juga mengungkapkan bahwa ada 3 komponen penting pada kesehatan yang harus diperhatikan, yaitu : sehat jasmani, sehat mental, dan sehat spiritual. Tanpa adanya 3 komponen penting tersebut, orang yang sehat dari segi fisik atau jasmani belum tentu sehat dari segi mental dan spiritualnya.

Kesehatan pada tubuh Anda perlu Anda jaga seperti dengan cara memelihara dan menjaga pola hidup sehat, contohnya selalu berolahraga di saat waktu senggang, makan makanan yang mengandung bahan alami tanpa pengawet, jangan tidur terlalu larut malam, hilangi stress di saat kerja seperti mendengarkan lagu, dan masih banyak lagi cara untuk menjaga kesehatan tubuh melalui cara memelihara dan menjaga pola hidup sehat. Kesehatan harus kita jaga tidak hanya di saat Anda sudah dewasa. Sebaiknya Anda sudah menjaga kesehatan sejak dini seperti ketika anak anak, agar kelak saat remaja dan dewasa nanti, Anda akan memiliki tubuh yang ideal tanpa adanya penyakit yang menyerang tubuh Anda. Tanpa perlu basa basi lagi, setelah saya menjelaskan dari cara menjaga kesehatan tubuh pada bagian deskripsi ini, saya akan memberi pembahasan berikutnya seperti di bawah ini. “Lets Check This Out :)”

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat

kesehatan
via pixabay

Mari kita membahas yang namanya cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat. Cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat haruslah memenuhi aturan. Jadi jangan terlalu memaksakan diri. Maksudnya, Anda harus menjaga kesehatan Anda sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Misalnya, ketika Anda ingin hidup sehat dengan berolahraga, berolahragalah sesuai dengan kemampuan tubuh Anda. Jangan terlalu dipaksakan ketika ingin olahraga, karena setiap orang mempunyai batas fisiknya masing masing. Jika Anda meningkatkan intesitas olahraga dengan cukup besar, bukannya tubuh menjadi sehat, tetapi tubuh Anda akan rentan terhadap penyakit dan kondisi tubuh Anda akan semakin memburuk. Tubuh sehat tentunya merupakan impian semua orang. Namun, tubuh sehat juga dipengaruhi organ tubuhnya yang sehat. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberap tips tentang kesehatan, cara menjaga kesehatan organ tubuh, dan upaya penting dalam menjaga kesehatan agar tetap sehat seperti pada pembahasan yang ada di bawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Tubuh Agar tetap Sehat

Untuk yang selanjutnya ini, saya akan membahas cara menjaga kesehatan organ tubuh agar tetap sehat. Organ tubuh yang sehat pasti dapat membuat hidup terasa nikmat dan memudahkan Anda untuk menjalani kehidupan sehari hari tanpa ada gangguan. Namun apa jadinya apabila organ tubuh Anda terserang oleh virus penyakit. Tentu jika tubuh terkena penyakit maka ada obatnya, dan jika penyakit yang di derita semakin memburuk bisa di bawa ke rumah sakit untuk dirawat oleh dokter. Mungkin hal tersebut bisa diatasi, tetapi jika penyakit yang Anda derita cukup mematikan dan tidak obatnya, pasti Anda akan bingung dan menjadi stress. Oleh karena itu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Seperti kata pepatah tersebut, saya akan memberikan beberapa 7 tips, cara menjaga kesehatan organ tubuh dan cara menghadapi musim pancaroba yang juga termasuk dalam cara menjaga kesehatan tubuh anak agar tetap sehat yang contohnya antara lain :

  • Menjaga Pola Makan

menjaga pola makan
via pixabay

Sebutkan cara menjaga tubuh agar tetap bugar! Pasti Anda bingung cara menjagar tubuh tetap bugar dan sehat kan. Maka, untuk yang pertama, yaitu ada cara menjaga kesehatan organ tubuh agar tetap sehat melalui menjaga pola makan. Ini juga termasuk dalam tips menjaga kesehatan kulit. Menjaga pola makan perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Entah itu saat makan malam, makan siang, atau sarapan perlu diterapkan yang namanya menjaga pola makan. Menjaga pola makan sendiri merupakan mengatur pola makan dan tidak selalu telat saat waktu jam makan. Karena orang yang telat makan akan mudah sekali terkena penyakit maag. Dan jika terus berlanjut, makan akan mengalami sakit perut yang berkelanjutan.

  • Olahraga Secara Teratur

Untuk yang kedua yaitu olahraga secara teratur. Ini merupakan tips menjaga kesehatan dimusim hujan dan menjaga fisik agar tetap kuat yang sangat bagus. Dengan berolahraga secara teratur, dijamin badan Anda akan terhindar dari berbagai virus penyakit dan tubuh Anda akan terasa lebih bugar dan nyaman untuk digerakkan. Olahraga juga sangat cocok untuk para penderita sakit jantung, karena jantung dapat digunakan untuk berolahraga berat sampai dengan 30 menit. Selain itu, olahraga sangat cocok dilakukan untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh dan juga untuk membakar lemak. Jika Anda terkena penyakit obesitas, pasti sering mengalami penyempitan pembuluh darah. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga, minimal seperti sit up, push up, dan lain lainnya agar tubuh Anda dapat terjaga kesehatannya.

  • Istirahat yang Cukup

Yang ketiga yaitu istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, akan membuat badan menjadi semakin rileks dan terbebas dari penyakit. Maka, kesehatan pada tubuh Anda akan selalu terjaga karena seluruh organ tubuh telah beristirahat secara teratur dan cukup. Istirahat yang cukup itu seperti tidur, dan tidur merupakan suatu hal penting untuk menjaga pola hidup sehat. Kebanyakan orang tidur terlalu larut malam, sehingga tidak memerhatikan kesehatan mereka, dan membuat penyakit dapat dengan mudah menimpanya. Untuk tidur dalam sehari, tidurlah minimal sekitar 8 jam, karena dengan tidur dengan waktu tersebut akan membuat tubuh menjadi segar ketika bangun di pagi hari.

  • Menjaga Kebersihan Makanan

Yang keempat yaitu menjaga kebersihan makanan. Ini perlu diterapkan ketika Anda ingin sarapan, makan siang, dan juga makan malam. Karena, jika makanan yang Anda makan tidak higienis (bersih) maka akan membuat bakteri dalam makanan tersebut menjadi sarang penyakit bagi tubuh kita. Maka dari itu, lebih baik jika Anda ingin bekerja, usahakan membawa bekal makanan dari rumah. Karena, makanan yang kita buat sendiri pasti lebih bersih dan higienis daripada makanan jajanan sembarangan yang berada di pinggir jalan. Karena belum tentu makanan tersebut bersih atau tidak.

  • Mencukupi Kebutuhan akan Vitamin

Yang kelima yaitu mencukupi kebutuhan vitamin. Vitamin adalah suatu komponen dalam makanan atau minuman yang sangat diperlukan bagi asupan nutrisi di dalam tubuh. Dengan adanya vitamin, dapat membuat kekebalan tubuh menjadi meningkat dan akan membuat tubuh atau badan kita akan terhindar dari segala bakteri dan kuman penyebab penyakit yang mematikan. Vitamin dapat kita temukan pada buah dan sayur sayuran, contohnya yaitu bauh apel, jeruk, lemon, dan untuk sayur yaitu sayur seledri dan masih banyak lagi buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi. Dan untuk tips menjaga kesehatan mata seperti pembahasan diatas, kebutuhan akan vitamin A seperti pada sayuran wortel sangat diperlukan.

  • Selalu Cuci Tangan

Yang keenam yaitu selalu cuci tangan. Ini adalah suatu hal yang sangat penting dan perlu untuk dilakukan, khususnya bagi orang Indonesia. Karena kebiasaan ini mulai hilang bagi masyarakat di negara Indonesia. Oleh karena itu, untuk anak anak jaman sekarang usahakan sudah diajarkan sejak dini cara cuci tangan yang benar sebelum makan. Agar saat Anda dan keluarga Anda ingin makan, tangan sudah bersih dan higienis sehingga saat menyentuh makanan, makanan tersebut tidak terkontaminasi oleh kuman dan bakteri yang bersarang pada tangan Anda. Maka dari itu, rajinlah cuci tangan, karena dengan selalu cuci tangan akan membuat tangan lebih bersih dan terhindar dari kuman.

  • Konsumsi Cukup Cairan

Untuk yang terakhir yaitu konsumsi cukup cairan. Cairan yang saya maksud pada pembahasan kali ini sebenarnya cukup banyak, namun cairan yang paling penting untuk menjaga kesehatan organ tubuh yaitu air putih. Dengan meminum air putih secara teratur mulai pagi hingga malam hari, maka akan membuat badan menjadi lebih segar dan terhindar dari dehidrasi. Jika dehidrasi menimpa kalian, maka penyebabnya karena Anda kurang minum air putih. Makan minimal untuk sehari minumlah 2 Liter air, agar kebutuhan cairan pada tubuh Anda selalu terpenuhi. Sehingga organ tubuh yang Anda miliki dapat bekerja secara maksimal dan terhindar dari segala penyakit yang ingin menyerang tubuh Anda.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Menurut Islam

islam
via unsplash

Pembahasan selanjutnya, saya akan membahas tentang cara menjaga kesehatan tubuh menurut islam. Maksud dari pemabasan tersebut adalah saya akan memberikan tips atau cara menjaga kesehatan tubuh yang sesuai dengan syariat syariat agama islam, dan dijamin tanpa ada efek samping, karena lebih efektif penggunaannya. Islam sendiri merupakan agama terakhir yang diturunkan di bumi yang bertujuan untuk menyempurnakan ajaran ajaran dari agama yang lainnya. Kesehatan dalam islam tergolong sangat penting, karena terdapat sebuah kalimat yang pasti sudah tidak asing di dengar, yaitu “Kebersihan sebagian dari iman”. Dengan Anda hidup bersih sesuai dengan syariat islam, maka akan membuat tubuh dan badan Anda menjadi lebih kuat dan tahan dari berbagai virus penyebab penyakit. Tubuh manusia sendiri juga termasuk dalam badan yang mencakup seluruh bagian, jadi apabila badang terserang penyakit, maka akan semakin meluas ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa cara menjaga kesehatan badang menurut islam.

Cara Menjaga Kesehatan Badan Menurut Islam

Badan merupakan seluruh anggota tubuh yang berfungsi untuk menggerakkan semua bagian agar manusia dapat menjalani kehidupan sehari hari secara normal. Apabila seseorang telah mengalami penyakit, maka badan akan terasa tidak enak dan sering mengalami gejala awal dari penyakit yang akan di derita. Apalagi orang islam jaman sekarang banyak yang kurang menjaga kesehatan badannya sehingga sering mengalami sakit-sakitan. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini saya akan memberika 5 tips dan cara menjaga kesehatan badan menurut islam yang perlu Anda terapkan sehari hari agar lebih baik dalam menjalani hidup tanpa mengalami penyakit apapun.

  • Bangung Tidur Sebelum Subuh

bangun tidur
via pixabay

Untuk menjaga kesehatan badan menurut islam yang pertama yaitu bangun tidur sebelum subuh. Dengan bangun sebelum subuh, dimaksudkan untuk menunaikan shalat sunnah dan shalat subuh berjamaah di masjid. Apalagi gerakan shalat juga sama bermanfaatnya dengan gerakan saat berolahraga, dan karena itu sama juga kegunaannya dengan olahraga kecil di saat pagi hari. Dengan itu, maka akan membuat pikiran dan otak menjadi lebih fresh dan segar. Selain mendapatkan kesehatan, Anda terutama khususnya orang islam akan mendapatkan pahala yang berlimpah ruah.

  • Jagalah Kebersihan

Yang kedua yaitu selalu jagalah kebersihan. Dengan menjaga kebersihan dari bakteri, virus, kuman, dan yang lainnya pasti akan mati dan menghilang. Jagalah kebersihan sendiri ada dua, yaitu jagalah kebersihan lingkungan rumah Anda dan juga jagalah kebersihan diri sendiri. Dengan menjaga kebersihan pada diri pribadi maka akan membuat kuman tidak mau mendekati kita, sehingga Anda akan terus sehat sepanjang waktu. Seperti pada stuatu hadist, Nabi Muhammad SAW pada setiap hari kamis dan jumat selalu rutin membersihkan diri, mulai dari potong kuku, mencuci rambut, sikat gigi, dan juga selalu memakain parfum yang harum sekali. Karena kebesersihan sendiri merupakan sebagaian dari iman.

  • Makan Dengan Secukupnya

Yang ketiga yaitu makan dengan secukupnya. Maksud dari makan secukupnya sendiri adalah makanlah makanan yang porsinya tidak terlalu berlebihan, sesuaikanlah dengan porsi standar dari makan. Jika makan dengan berlebih maka bukannya menjadi nutrisi bagi tubuh, tetapi malah akan menjadi penyakit yang mematikan. Salah satu penyakit dari makan yang terlalu banyak yaitu obesitas. Di indonesia sendiri banyak sekali orang yang meninggal karena penyakit obesitas. Oleh karena itu, sebagai orang islam, kita harus menjaga pola makan dengan selalu makan dengan secukupnya sesuai dengan porsi yang biasa kita makan. Karena sesunggahnya orang yang rakus merupakan teman setan kelak di neraka nanti.

  • Sering Berjalan Kaki

Untuk yang keempat sendiri yaitu sering berjalan kaki. Banyak sekali ahli kesehatan menganjurkan untuk orang orang selalu membiasakan diri berjalan kaki. Dengan berjalan kaki, maka akan membuat diri Anda menjadi lebih sehat karena jalan kaki termasuk olahraga kecil yang simpel sekali. Nabi Muhammad SAW sendiri sangat suka sekali berjalan kaki, seperti ketika ingin ke masjid, rumah sahabat nabi, bahkan saat Nabi sedag berjihad pun juga berjalan kaki. Sering berjalan kaki sendiri dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar, keringat menjadi keluar, pori pori tertutup menjadi terbuka, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

  • Selalu Tersenyum

Untuk yang terakhir yaitu selalu tersenyum. Tanpa Anda ketahui, senyum merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kehidupan kita. Dengan tersenyum, Anda akan mendapatkan pahala dan jika untuk kesehatan, senyum dapat menghidarkan dari penyakit mematikan yaitu stress. Stress sendiri biasa diakibatkan oleh terlalu banyak pikiran dan terlalu banyak mara. Orang yang mudah emosi sering mengalami penyakit stress. Oleh karena itu, sebagai warna negara Indonesia khususnya orang islam, biasakanlah hidup selalu tersenyum tanpa ada janggalan. Nabi Muhammad SAW sendiri juga mengatakan bahwa sakit sendiri tidak disebabkan oleh tubuh saja, tetapi oleh emosi dari jiwa yang Anda miliki.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Manusia

tubuh manusia
via unsplash

Pada penjelasan kali ini, saya akan menjelaskan tentang cara menjaga kesehatan tubuh manusia. Tubuh manusia sendiri merupakan keseluruhan sturuktur fisik berupa organ dan badan organisme. Tubuh manusia sendiri terdiri dari kepala, leher, batang badan, dua lengan tangan, dan dengan dua kaki. Namun, apakah menjaga kesehatan pada setiap tubuh manusia sangat diperlukan? Jelas, menjaga kesehatan tubuh manusia sangatlah diperlukan, apabila kesehatan tubuh tidak dirawat dan dijaga, maka penyakit dan virus mematikan akan dengan mudah menyerang antibodi pada diri Anda, dan akan menyebabkan kematian. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan pada pembahasan berikutnya tentang beberapa tips dan cara menjaga kesehatan organ dan rangka pada tubuh manusia, cara menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan, serta tips kesehatan di musim pancaroba yang baik dan benar seperti dibawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Tubuh Manusia

  • Menghindari asap rokok dan minuman alkohol
  • Minumlah suplemen suplemem herbal yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh
  • Istirahat dengan cukup
  • Mengatur pola makan dan minum yang baik dan benar
  • Olahraga secara teratur

Cara Menjaga Kesehatan Rangka Tubuh Manusia

  • Selalu Makan makanan yang bergizi
  • Berjemur di pagi hari
  • Berolahraga secara teratur dan rutin
  • Mengangkat beban dengan semaksimal mungkin
  • Duduk dengan sikap yang sempurna
  • Berdiri dengan tegap (tidak bungkuk)

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

perempuan
via pixabay

Untuk pembahasan yang terakhir ini, saya akan menjelaskan tentang cara menjaga kesehatan tubuh pada wanita. Karena selain kesehatan tubuh priakesehatan tubuh pria, kesehatan tubuh wanita juga perlu dijaga. Kenapa saya membahas cara menjaga kesehatan tubuh pada wanita? Karena, biasanya tubuh wanita merupakan tubuh yang dapat dengan mudah dimasuki dan diserang oleh bakteri dan kuman. Sehingga, kebanyakan wanita mulai banyak mengidap beberapa penyakit. Maka dari itu, saya akan memberikan beberapa tips dan cara sederhana menjaga kesehatan tubuh wanita dan tips menjaga kesehatan disaat musim pancaroba bagi wanita seperti di bawah ini. Dan tips di bawah ini juga termasuk dalam tips menjaga kesehatan payudara yang baik.

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

  • Rajin Berolahraga dengan rutin
  • Menjaga Berat badan agar selalu tetap stabil
  • Konsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan
  • Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat
  • Cek dengan rutin kesehatan Anda