Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Halal dan Alami

Komedo
Courtesy of Pinterest

Cara Menghilangkan Komedo – Memiliki wajah yang halus, bersih, dan terawat menjadi keinginan setiap orang. Akan tetapi, sering kali wajah kita mendapat gangguan seperti jerawat, komedo, maupun minyak yang berlebih. Pada ulasan kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi komedo yang mengganggu. Sebagian orang mempunyai masalah komedo yang membandel dan susah dihilangkan. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara menghilangkan komedo yang tepat untuk dilakukan. Sebenarnya banyak cara menghilangkan komedo dan jerawat, tetapi orang masih belum dapat mengetahuinya. Contohnya yaitu seperti cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi, cara menghilangkan komedo dengan garam, cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi, cara menghilangkan komedo dengan putih telur, dan juga cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan komedo, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu komedo. Secara sekilas, komedo dipahami sebagai bintik-bintik kecil mirip jerawat yang biasanya tumbuh di area sekitar hidung, pipi, maupun mata. Pengertian ini memang tidak salah. Akan tetapi, kurang tepat juga. Secara medisnya, komedo merupakan tumpukan lemak di wajah. Tumpukan lemak ini terjadi akibat adanya semacam penyumbatan pada pori-pori kulit. Hasilnya, pada wajah akan tumbuh komedo atau bintik-bintik kecil. Selain minyak, komedo juga disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menempel pada pori-pori kulit atau bisa juga karena sel kulit mati. Komedo ada yang berwarna hitam maupun putih. keduanya sama-sama dapat menimbulkan masalah yang bisa mengganggu kepercayaan diri Anda.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Halal dan Alami

Penyebab Munculnya Komedo Pada Wajah

Penyebab komedo
Courtesy of Pinterest

Penyebab komedo hitam atau komedo putih harus diketahui lebih dahulu sebelum cara mengatasi komedo secara alami. Komedo membandel pada wajah bisa disebabkan oleh banyak faktor. Gambar diatas merupakan struktur komedo. Dan, untuk penyebab munculnya komedo adalah sebagai berikut.

  1. Bakteri propionibacterium acnes. Meningkatnya bakteri ini akan memicu tumbuhnya komedo pada area wajah tertentu.
  2. Iritasi pada folikel rambut pada wajah sehingga menyebabkan gangguan pada rontoknya sel kulit mati. Sel kulit mati yang tidak bisa terangkat ini nantinya akan menjadi komedo.
  3. Mengalami proses perubahan hormon sehingga mengakibatkan produksi minyak wajah menjadi berlebih. Proses menstruasi bisa jadi pemicu tumbuhnya komedo.
  4. Efek samping dari mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB, steroid, atau lithium.

Cara Menghilangkan Komedo pada Wajah dengan Buah-Buahan

Menghilangkan komedo
Courtesy of Pinterest

Masalah komedo paling banyak ditemukan di area sekitar hidung. Munculnya komedo pada wajah ini tentu akan sangat mengganggu. Cara Menghilangkan Komedo di Hidung ternyata sangat gampang. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membantu membasmi komedo pada area sekitar hidung. Cara mengatasi komedo ini bisa dilakukan dengan buah-buahan alami. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.Lemon

Lemon

Lemon
Courtesy of Pinterest

merupakan salah satu bahan alami yang mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan manusia, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Dalam hal ini, cara menghilangkan komedo juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan buah lemon. Kandungan asam sitrat pada Lemon dapat mengencangkan pori-pori dan membersihkannya dari kotoran dan sel-sel kulit mati. Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan komedo adalah sebagai berikut.

Pertama, belah lemon menjadi dua bagian. Anda bisa meneteskan madu pada lemon yang telah dibelah. Kemudian lemon yang sudah ditetesi madu ke bagian wajah yang ditumbuhi komedo, diamkan sejenak kurang lebih 5 sampai dengan 8 menit. Kemudian bersihkan dengan menggunakan air dingin kemudian keringkan. Perawatan ini bisa dilakukan selama 3 – 4 kali dalam seminggu.

Kulit Jeruk

Buah dengan rasa asam yang satu ini ternyata memiliki kulit yang cukup bermanfaat untuk cara menghilangkan komedo. Dalam kulit jeruk mengandung vitamin c yang cukup banyak. Selain vitamin C yang cukup tinggi, kulit jeruk juga mengandung alpha hidroksi. Dua kandungan ini ampuh untuk mengatasi komedo pada wajah karena dapat membersihkan pori-pori kulit dari lemak dan sel kulit mati.

Cara memanfaatkan kulit jeruk sebagai cara menghilangkan komedo pada hidung adalah sebagai berikut. Pertama, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari langsung sampai kering. Setelah kering, haluskan kulit jeruk tersebut sampai menjadi bubuk. Campurkan bubuk tersebut dengan air sampai berbentuk pasta. Oleskan pada area wajah yang berkomedo, kemudian pijat selama beberapa kurang lebih 5 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan.

Pepaya

Dalam buah pepaya terkandung zat yang bernama enzim papain yang sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Zat lainnya yang bernama enzim proteolitik memiliki manfaat menghilangkan komedo yang ada pada wajah. Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan pepaya ini bisa dilakukan dengan cara menjadikannya masker pepaya. Masker pepaya bisa dibuat dengan langkah-langkah berikut ini. Pertama, kupas pepaya terlebih dahulu dan buang bagian isinya. Potong-potong daging pepaya sesuai dengan kebutuhan kemudian haluskan hingga menjadi pasta. Setelah itu, aplikasikan pada wajah sebagai masker. Agar hasilnya lebih maksimal, usahakan tidak hanya pada bagian yang berkomedo, tetapi seluruh wajah. Diamkan masker tersebut selama kurang lebih 10 – 15 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih. Perawatan sederhana ini bisa dilakukan secara rutin selama 2 – 3 kali dalam seminggu.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Makanan

Bahan makanan
Courtesy of Pinterest

Beberapa bahan makanan juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami. Tak perlu jauh-jauh mencari bahan-bahan yang susah, cukup memanfaatkan bahan makanan yang ada di dapur rumah Anda untuk menjadi bahan alami menghilangkan komedo. Inilah beberapa bahan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo dan untuk obat komedo alami kumpulan tips.

Kayu Manis dan Madu

Madu merupakan cairan alami yang sejak dahulu dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Dalam hal ini, madu bermanfaat sebagai antibiotik alami yang bisa membunuh bakteri di kulit dan juga dapat melembabkan kulit. Lalu, kayu manis memiliki manfaat untuk memicu produksi kolagen. Kayu manis juga mempunyai protein yang sangat berperan untuk regenerasi sel kulit. Caranya sangat mudah. Pertama, tuangkan sekitar 3 sendok makan madu dan sekitar 1 sendok makan kayu manis bubuk ke dalam wajah. Aduk dua bahan tersebut hingga tercampur rata. Gunakan pasta kayu manis dan madu ke bagian yang memiliki komedo. Diamkan selama sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Perawatan Cara Menghilangkan Komedo di Hidung ini bisa dilakukan selama 3 sampai dengan 4 kali dalam seminggu.

Gula

Bahan pemanis yang selalu ada di dapur ini ternyata juga dapat bermanfaat untuk cara menghilangkan komedo secara alami. Gula dikenal sebagai bahan antiseptik alami. Sebelum alkohol ditemukan sebagai bahan antiseptik, larutan gula sudah lebih dahulu digunakan sebagai bahan alami untuk membersihkan kulit dari berbagai macam kotoran dan bakteri. Gula murni dapat membunuh bakteri termasuk bakteri yang dapat menyebabkan munculnya komedo. Struktur berbentuk kristal pada gula juga dapat membuang sel kulit mati pada kulit wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan gula sangat mudah. Pertama, campurkan sekitar 1 sendok gula pasir dan satu sendok air. Aduk sampai dua bahan tersebut menyatu kemudian gosokkan pada area wajah yang berkomedo selama kurang lebih 2 sampai 3 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Cuka Apel

Cuka apel sering dimanfaatkan sebagai penyedap makanan. Tidak semua dapur memiliki cuka apel. Akan tetapi, bahan ini juga bisa bermanfaat untuk Cara menghilangkan komedo. Cuka apel memiliki sifat antiseptik sehingga mampu membasmi bakteri yang memicu tumbuhnya komedo. Zat antiseptik pada cuka apel juga bisa bermanfaat untuk membersihkan pori-pori wajah dari minyak yang berlebih.

Cara memanfaatkan cuka apel untuk Cara menghilangkan komedo sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan cuka apel sebanyak satu sendok makan dengan air putih sebanyak satu gelas. Celupkan kapas pada larutan ini, kemudian oleskan kapas basah ke wajah, terutama ke bagian yang rentan komedo seperti hidung, pipi, dan dagu. Diamkan selama 3 – 4 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal dan Yogurt merupakan dua bahan makanan dengan rasa yang lezat. Kombinasi dua bahan makanan ini ternyata bisa bermanfaat untuk menghilangkan komedo secara alami. Manfaat masing-masing bahan makanan adalah sebagai berikut. Oatmeal mampu mengangkat sel kulit mati dan juga menutrisi kulit wajah serta membantu mencerahkannya. Sementara yogurt ini mampu menyerap minyak yang berlebih pada wajah sekaligus menjaga wajah tetap lembab. Cara memanfaatkan dua bahan ini untuk cara menghilangkan komedo sangat mudah.

Pertama, buatlah masker atau pasta dengan takaran 2 sendok makan oatmeal dicampur dengan 3 sendok makan yogurt tanpa rasa. Aduk sampai dua bahan tercampur. Setelah itu, oleskan masker ke bagian wajah yang berkomedo. Diamkan sampai masker mulai mengering. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Perawatan cara menghilangkan komedo bisa dilakukan sekitar 4 sampai dengan 5 kali dalam satu mingggu.

Baking Soda

Baking soda dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat roti. Bahan ini ternyata juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Tak hanya itu, salah satu bahan dapur ini juga bermanfaat untuk membersihkan wajah dari jerawat dan menjaga kesehatan kulit wajah. Baking soda ini dapat berguna sebagai eksfolian atau pengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit sehingga membentuk komedi. Cara menghilangkan komedo dengan baking soda sangat mudah. Pertama, campurkan sekitar 1 sendok baking soda dengan air hangat sebanyak dua sendok makan. Oleskan masker alami ini ke bagian wajah yang berkomedo kemudian pijat dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkah.

Catatan: jangan terlalu lama mengaplikasikan ramuan Cara menghilangkan komedo ke wajah. Efek samping baking soda jika terlalu lama berada pada wajah adalah dapat membuat wajah menjadi kering.

Telur

Ibu-ibu rumah tangga pasti sering menyimpan telur di kulkas mereka. Bahan makanan ini memang sudah sejak dahulu dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Untuk cara menghilangkan komedo pada wajah, Anda pun bisa memanfaatkan putih telur sebagai bahan alaminya. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memecahkan satu butir telur kemudian pisahkan kuning telur dari putihnya. Kocok putih telur sampai mengembang kemudian oleskan pada seluruh wajah atau hanya pada area yang ada komedonya saja. Diamkan selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit sampai masker mengering. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan-Bahan Alami

Bahan alami
Courtesy of Pinterest

Lidah Buaya

Lidah Buaya atau Aloe Vera bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan komedo. Dalam gel lidah buaya terdapat auksin dan gibrelin yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan kulit sekaligus melembabkan kulit. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk cara menghilangkan komedo. Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah pisahkan gel dari kulit aloe vera. Langsung pakai gel ini dengan cara menggosok-gosokkannya ke bagian wajah yang berkomedo. Diamkan dalam waktu 10 sampai dengan 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Minyak Pohon Teh

Anda mungkin sedikit asing dengan minyak pohon teh. Akan tetapi, minyak ini merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk Cara menghilangkan komedo. Pada minyak pohon teh terdapat zat antiseptik yang ampuh membunuh bakteri penyebab komedo. Manfaat lain dari minyak ini adalah mampu mengurangi efek peradangan pada kulit. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah. Pertama, teteskan sekitar lima tetes minyak ke dalam setengah gelas air bersih. Celupkan kapas pada larutan tersebut kemudian oleskan kapas ke area yang banyak komedo. Diamkan sekitar 15 menit kemudian bisa menggunakan air bersih.

Catatan: beberapa orang ada yang alergi dengan minyak yang satu ini. sebelum mengaplikasikan minyak ini, ada baiknya lakukan uji alergi lebih dahulu. Caranya mudah, oleskan minyak pada tangan kemudian tunggu selama beberapa menit. Jika tidak ada reaksi apa pun, maka Anda bisa memanfaatkan minyak ini untuk cara menghilangkan jerawat.

Teh Hijau

Selain minyak pohon teh, teh hijau pun memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo. Selain itu, bahan minuman ini juga bisa menyerap kelebihan keringat. Zat antioksidan pada teh hijau juga sangat efektif untuk mengangkat sel kulit mati. Berdasarkan penelitian, teh hijau ini juga bermanfaat untuk menghambat proses penyerapan androgen pada kulit dan juga mengurangi tingkat produksi minyak yang terlalu berlebihan. Jika dikonsumsi sebagai minuman, teh hijau bisa mencegah timbulnya jerawat. Selain dikonsumsi langsung, Anda juga bisa mengaplikasikan teh hijau langsung pada wajah. Caranya adalah sebagai berikut.

Cara pertama: Rendam daun teh hijau ini ke dalam air panas sekitar 5 sampai 10 menit. Celupkan kapas ke larutan teh hijau dan gosokkan pada area yang berkomedo. Cara kedua: jika menggunakan bubuk teh hijau, Anda bisa membuat pasta dengan cara mencampurkan sekitar 1 sendok makan bubuk teh hijau dengan satu sendok air. Gunakan pasta ini layaknya masker ke area wajah yang rentan komedo, pijat-pijat selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Tips Mudah Mencegah Munculnya Komedo

Mencuci wajah
Courtesy of Pinterest

Setelah mengetahui cara menghilangkan komedo, saatnya Anda mengetahui bagaimana cara menjaga kulit wajah dari komedo. Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab komedo bermacam-macam. Ada yang disebabkan oleh produksi minyak pada wajah yang terlalu berlebih, bisa karena bakteri, atau sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. Untuk menghindari munculnya komedo, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Rajin-rajinkan membersihkan wajah.
  2. Terapkan pola makan sehat
  3. Hindari mengonsumsi alkohol maupun merokok
  4. Jangan memencet komedo
  5. Ganti sarung bantal secara rutin.

Demikian adalah beberapa hal terkait dengan komedo dan juga cara menghilangkan komedo. Uraian panjang lebar ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang lebih baik tentang bagaimana cara mengatasi komedo yang membandel secara alami. Cara-cara alami ini lebih baik karena tidak memiliki efek samping. Menggunakan bahan-bahan kimia memang instan, tetapi dapat memicu munculnya beberapa masalah yang lain. Semoga uraian ini bermanfaat untuk Anda.