Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Halal dan Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Halal dan Alami

Bekas jerawat
Courtesy of Pinterest

cara menghilangkan bekas jerawat – Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajah, salah satunya yaitu karena wajah tidak dibersihkan dengan benar. Sisa kotoran yang menempel di wajah akan menyumbat pori-pori dan akhirnya memicu tumbuhnya jerawat. Maka dari itu sebelum jerawat mengganggu penampilan, sebaiknya Anda perhatikan kebersihan area wajah secara maksimal. Tidak hanya itu, kebersihan selimut, bantal, sarung bantal, rambut, dan apapun itu yang berhubungan dengan area wajah juga harus selalu diperhatikan. Namun tidak perlu risau jika memang jerawat sudah terlanjur datang, karena Anda bisa melakukan usaha / cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami. Untuk video cara menghilangkan jerawat dan bekasnya, ada di bawah ini.

Cara menghilangkan jerawat atau cara menghilangkan jerawat kecil kecil secara alami bisa dikatakan gampang-gampang susah. Dikatakan demikian karena dalam melakukannya dibutuhkan kesabaran dan kerutinan.  Apalagi Anda harus meracik bahan-bahannya sendiri yang mana terkadang akan menambah rasa malas untuk melakukannya. Jika memang seperti itu, Anda bisa saja menghilangkan jerawat dengan pergi ke dokter atau minum obat penghilang jerawat. Namun, apakah Anda bisa memastikan bahwa efek yang ditimbulkan aman? Oleh sebab itu, Anda tidak boleh malas melakukan pengobatan secara alami jika ingin jerawat hilang tanpa takut adanya efek samping yang ditimbulkan.

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Buah-buahan

Buah buahan
Courtesy of Pinterest

Buah memiliki banyak kandungan nutrisi yang bisa mempercantik kulit wajah. Diantaranya yaitu vitamin E yang berperan penting untuk menutrisi kulit dan banyak diaplikasikan dalam pembuatan suplemen kecantikan. Selain itu, vitamin C juga memiliki peran penting dalam menghasilkan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas yang bisa menurunkan kesehatan kulit. Maka dari itu, jangan lewatkan buah-buahan di bawah ini sebagai alternatif cara menghilangkan jerawat di wajah Anda.

 

Anggur

Bisa dibilang anggur memiliki nutrisi lengkap yang sangat diperlukan oleh kulit. Ia memiliki vitamin E yang mana berfungsi untuk menutrisi kulit. Selain itu, anggur juga mengandung vitamin C yang di dalamnya terdapat senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Tentu saja dengan paduan kedua vitamin tersebut jerawat di wajah akan lekas lenyap serta wajah pun akan semakin sehat dan lembab.

Cara menghilangkan jerawat batu dengan anggur yaitu, haluskan beberapa buah anggur dan campur dengan 2 sdt madu. Aduk hingga rata lalu oleskan pada seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat dan bilas dengan air dingin.

Pisang

Pisang merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Selain itu, pisang juga mengandung senyawa mucopolysaccharides yang dapat meningkatkan kecerahan kulit wajah. Jelas saja dengan bantuan kedua senyawa tersebut, jerawat di wajah bisa segera lenyap. Cara menghilangkan jerawat dengan pisang ini sangat mudah. Pertama yaitu siapkan satu buah pisang dan tumbuk hingga halus. Selanjutnya campurkan pisang tersebut dengan 1 sdm madu dan aduk hingga rata. Oleskan masker pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat lalu bilas lagi menggunakan air dingin agar pori-pori mengecil. Masker pisang ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki wajah sensitif dan cenderung kering. Selain itu, pisang dapat digunakan sebagai sabun muka alami menghilangkan jerawat.

Nanas

Nampaknya cara menghilangkan jerawat menggunakan nanas belum banyak dilakukan oleh para wanita maupun pria. Padahal nanas juga memiliki kemampuan menghilangkan jerawat yang tidak kalah ampuh dengan kedua buah di atas. Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang berfungsi untuk meregenerasi sel kulit mati. Selain itu, ia juga bertindak untuk mengangkat sel-sel kulit yang telah mati serta mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah.

Untuk menggunakannya sebagai obat jerawat, Anda hanya perlu menghaluskan beberapa potong nanas yang dicampur dengan 2 sdm tepung. Oleskan masker nanas secara merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan masker dengan air hangat, lalu bilas lagi dengan air dingin. Lakukan perawatan secara rutin hingga jerawat di wajah benar-benar hilang.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan buah-buahan tidaklah sulit. Hanya saja buah yang disebutkan di atas tidak mudah di dapatkan jika belum masuk musim berbuah. Belum lagi harga anggur yang semakin melambung tentu sayang jika digunakan sebagai bahan masker bukan untuk dimakan. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan sayur buah.

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Sayuran

Sayuran
Courtesy of Pinterest

Berdasarkan jenisnya, sayuran terbagi atas sayur daun dan sayur buah. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagus untuk menyehatkan kulit. Namun, di ulasan ini cara menghilangkan jerawat dengan sayur buah yang akan dibahas secara rinci. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda bisa mengonsumsi buahnya secara rutin setiap harinya atau membuatnya menjadi masker seperti di bawah ini.

Masker tomat

Tomat merupakan sayur buah sumber vitamin C yang mana telah Anda ketahui sendiri bagaimana keampuhannya untuk menangkal radikal bebas. Selain itu tomat juga mengandung zat tomatin yang berfungsi sebagai anti-inflamasi (anti radang) untuk mengurangi peradangan pada jerawat. Tentu saja cara menghilangkan jerawat menggunakan tomat adalah pilihan tepat karena akan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yaitu campurkan 1 sdm jus tomat dengan beberapa tetes air perasan lemon. Aduk hingga rata dan oleskan pada seluruh wajah. Diamkan selama 15 lalu bilas dengan air dingin. Ini merupakan cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang terbukti ampuh.

Masker wortel

Telah Anda ketahui bahwa wortel merupakan sumber vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan juga kulit. Selain itu, ia juga berfungsi untuk mengurangi pembengkakan pada jerawat yang tumbuh di wajah. Oleh sebab itu, melakukan perawatan wajah menggunakan wortel akan mempercepat jerawat mengecil. Cara menghilangkan jerawat dengan wortel yaitu rebus 2 buah wortel hingga lunak / matang dan dinginkan. Haluskan wortel dan campur dengan 2 sdt madu, lalu aduk merata. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat lalu bilas menggunakan air dingin (biasa).

Tidak perlu banyak campuran untuk memperoleh masker yang kaya akan nutrisi sebagai penghancur jerawat. Hanya dengan beberapa buah dengan sifat anti radang dan antioksidan tinggi jerawat di wajah bisa segera hilang. Namun selain itu, sifat antibakteri yang terdapat pada madu juga tidak kalah ampuh untuk menghancurkan jerawat di wajah. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan mudah menggunakan madu.

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Madu

Madu
Courtesy of Pinterest

Madu memang telah dikenal sebagai obat segala macam penyakit, termasuk juga jerawat. Salah satu faktor yang menjadikan madu obat jerawat yang direkomendasikan yaitu karena madu memiliki sifat sebagai antibakteri. Sifat itulah yang nantinya akan membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan jerawat pada wajah Anda. Berikut beberapa cara menghilangkan jerawat menggunakan masker madu.

Madu dan lemon

Siapkan 1 sdm madu dan campur dengan air perasan lemon secukupnya. Aduk campuran hingga rata. Sebelum mengaplikasikan masker pada wajah, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat dan keringkan. Oleskan masker pada seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan masker dengan air dingin (biasa) lalu keringkan. Ini merupakan salah satu cara mengatasi jerawat tanpa bekas yang efektif.

Madu dan apel

Cara menghilangkan jerawat dengan madu selanjutnya yaitu menggunakan campuran buah apel. Caranya parut satu buah apel lalu campur dengan 2 sdm madu. Aduk merata dan oleskan campuran tersebut pada seluruh permukaan wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air hangat, dan bilas lagi menggunakan air dingin (biasa).

Dalam menghilangkan jerawat menggunakan madu ini, pastikan yang Anda gunakan adalah madu alami. Hindari pemakaian madu instan karena Anda tidak tahu dengan pasti kandungan apa yang ada di dalamnya dan dikhawatirkan membahayakan kesehatan kulit wajah. Jika kesulitan menemukan madu alami, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan jerawat dengan air di bawah ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Air

Air
Courtesy of Pinterest

Salah satu cara sederhana untuk mencegah timbulnya jerawat adalah dengan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari. Hal ini sesuai dengan anjuran para pakar kesehatan bahwa tubuh memerlukan cairan yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi dan mengakibatkan kulit kering. Kulit kering memang bukan salah satu penyebab timbulnya jerawat, namun hal tersebut tentu dapat mengurangi kelembaban dan elastisitas kulit Anda. Selain itu, kulit kering cenderung lebih rentan terhadap kuman atau bakteri penyebab penyakit termasuk juga jerawat. Jadi meskipun bukan faktor penyebab jerawat, keadaan kulit yang kering akan mempermudah serangan bakteri penyebab tumbuhnya jerawat. Maka dari itu, selalu konsumsilah air putih dan juga lakukan beberapa cara menghilangkan jerawat berikut ini agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Air kelapa

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang pertama yang menggunakan air kelapa. Perlu Anda ketahui air kelapa memiliki manfaat untuk mencegah dan menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Selain itu air kelapa juga berfungsi untuk menetralkan darah, dan mengangkat sel kulit mati pada wajah. Maka dari itu agar jerawat pada wajah segera hilang, ada baiknya Anda melakukan pengobatan dengan air kelapa dari dalam dan dari luar. Artinya selain rutin mengonsumsi air kelapa setiap harinya, Anda juga harus rutin membersihkan / merawat wajah dengan air kelapa. Ini adalah salah satu cara menghilangkan jerawat pada kulit kering yang cukup efektif dan terbukti. Selain itu sifat putih telur yang hampir sama dengan air kelapa dapat digunakan untuk masker putih telur untuk jerawat dan bekasnya.

Air garam

Garam memiliki kandungan belerang dan potassium yang mana keduanya dapat membantu menghilangkan kotoran pada wajah sehingga mempercepat penyembuhan jerawat. Maka dari itu cara menghilangkan jerawat dengan air garam ini tentu harus Anda coba lakukan. Caranya, campur 1 sdm garam dengan 200 ml air hangat dan aduk hingga larut. Masukan kapas bersih dalam larutan, lalu tempelkan kapas tersebut pada jerawat. Ulangi perlakuan tersebut hingga larutan garam menjadi dingin. Terakhir bersihkan wajah dengan air dingin.

Cara lainnya, Anda bisa menambahkan beberapa tetes air perasan lemon dalam larutan air garam. Tentu saja hal tersebut akan membuat hasil yang didapatkan lebih maksimal daripada hanya menggunakan air garam. Dikatakan demikian karena lemon kaya akan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan menyehatkan kulit. Selain itu, lemon juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu dalam meregenerasi sel kulit mati sekaligus menghancurkan jerawat.

Bagaimana, sangat mudah bukan menghilangkan jerawat dengan terapi air di atas? Selain mudah, bahan-bahan yang digunakan juga sangat murah dan mudah didapatkan. Tetapi jika ingin cara menghilangkan jerawat yang sedikit lebih rumit, Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Rempah-Rempah

Rempah rempah
Courtesy of Pinterest

Rempah-rempah memang memiliki segudang manfaat di bidang kesehatan. Namun, siapa sangka ternyata rempah-rempah juga bisa digunakan untuk mempercantik kulit wajah yaitu untuk menghilangkan jerawat. Penasaran kandungan apa yang ada dalam rempah-rempah sehingga mampu membasmi jerawat? Berikut ulasan lengkapnya.

Jahe

Siapa sangka rempah yang biasa dijadikan minuman penghangat badan ini juga bisa digunakan sebagai obat penghilang jerawat. Hal ini dikarenakan jahe merupakan antibiotik alami yang mampu mengusir bakteri penyebab tumbuhnya jerawat. Selain itu jahe memiliki senyawa yang bersifat sebagai anti radang yang dapat mengurangi bengkak pada jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan jahe ini cukup mudah. Pertama kupas dan cuci jahe hingga bersih lalu parut jahe secukupnya. Bersihkan wajah dengan air hangat, kemudian tempelkan parutan jahe pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bersihkan dengan air dingin (biasa). Lakukan perawatan dengan jahe ini secara rutin hingga jerawat hilang. Untuk mencegah jerawat agar tidak kembali lagi, Anda bisa menggunakan air jahe sebagai masker.

Kunyit

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya yaitu dengan menggunakan kunyit. Sama halnya seperti jahe, kunyit memiliki kandungan senyawa yang bersifat sebagai anti bakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat. Tentu saja jika perawatan dengan kunyit ini dilakukan secara rutin, maka jerawat di wajah akan segera hilang. Caranya, campur bubuk kunyit dengan air mawar dan susu secukupnya. Aduk rata dan oleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan hingga mengering lalu bersihkan wajah dengan air bersih.

Bawang putih

Cara menghilangkan jerawat yang ketiga yaitu menggunakan bawang putih. Ia mengandung senyawa alicin yang berperan sebagai anti jamur. Maka dari itu tidak ada salahnya menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat karena senyawa tersebut akan membantu membasmi bakteri penyebab jerawat. Caranya cukup tumbuk atau iris tipis bawang putih secukupnya, kemudian tempelkan pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama sekitar 15 menit dan bersihkan dengan kain basah.

Kayu manis

Cara menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya yaitu dengan kayu manis. Kayu manis memiliki sifat sebagai antibakteri yang artinya mampu membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat di wajah. Maka dari itu, gunakan masker kayu manis jika ingin jerawat di wajah Anda segera hilang. Cara membuatnya yaitu campur bubuk kayu manis dengan madu secukupnya lalu aduk hingga rata. Oleskan campuran tersebut pada wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa menit hingga masker mengering lalu bersihkan dengan handuk basah.

Gula merah

Cara menghilangkan jerawat terakhir yaitu dengan gula merah yang mana berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit. Selain itu, ia juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Tentu saja dengan menggunakan gula merah sebagai perawatan wajah akan membuat jerawat hilang dalam dalam sekejap. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menghaluskan gula merah secukupnya dan campur dengan sedikit air. Aduk hingga rata lalu oleskan campuran tersebut pada seluruh wajah. Diamkan masker gula merah hingga mengering, dan bersihkan dengan air dingin (biasa).

Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami. Perlu Anda perhatikan sebelum mengaplikasikan masker alami tersebut, pastikan keadaan wajah sudah bersih. Hal ini dimaksudkan agar kotoran pada wajah tidak menyumbat pori-pori sehingga mempersulit masuknya nutrisi yang ada dalam masker. Selain itu, hal tersebut juga akan berakibat pada terhambatnya pengangkatan sel kulit mati dan bakteri penyebab tumbuhnya jerawat.