Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Halal dan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Halal dan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – Siapapun baik wanita maupun pria, tentu tidak mau wajahnya dipenuhi oleh jerawat. Jangankan banyak, satu jerawat berukuran kecil saja sudah mampu membuat seseorang merasa kesal seharian. Acara ke luar rumah pun menjadi berantakan karena harus dibatalkan gara-gara tidak percaya diri dengan adanya jerawat. Sebenarnya menghilangkan jerawat. tidaklah susah, hanya dengan pengobatan rutin dari bahan alami atau pergi ke dokter, dalam waktu 3 hingga 7 hari jerawat lenyap. Namun penderitaan belum berakhir, karena cara menghilangkan bekas jerawat atau cara menghilangkan lubang bekas jerawat tidaklah semudah seperti menghilangkan jerawat. Bahkan di beberapa kasus, bekas jerawat baru mau hilang dalam kurun waktu 1 bulan.

Jika Anda amati bekas jerawat ini terkadang berwarna merah dan seringkali berwarna hitam. Perbedaan warna tersebut disebabkan dari cara Anda memperlakukan jerawat. Biasanya jerawat yang sering ditekan-tekan dengan tangan akan membuat bekasnya menjadi hitam dan butuh waktu lama untuk menghilangkannya. Untuk itu, jika memang jerawat tidak diobati jangan biarkan tangan Anda menyentuhnya agar tidak meninggalkan flek hitam sehingga bisa lekas hilang. Tetapi jika memang sudah terlanjur demikian, berikut adalah review produk penghilang bekas jerawat atau pun beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dari bahan-bahan yang ada di sekitar Anda. Dan karena beberapa alasan itulah artikel menghilangkan bekas jerawat ini dibuat. Tidak hanya itu disini anda juga bisa megetahui cara menghilangkan jerawat kecil kecil bahkan sampai obat menghilangkan bekas jerawat di apotik. Disini juga menyajikan cara untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat. Dan cara untuk mengobati bopeng parah.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Halal dan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Air

air
Sumber unsplash

Minuman kaya mineral satu ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, air juga memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban kulit termasuk juga kulit wajah. Maka dari itu, perbanyaklah minum air putih agar kulit wajah segar dan terhindar dari jerawat yang bekasnya dapat menimbulkan flek hitam di wajah. Tetapi tak hanya untuk tindakan pencegahan, air juga berguna untuk menghilangkan bekas jerawat, Caranya yaitu dengan membuatnya menjadi beku terlebih dahulu.

  • Es Batu

Banyak yang telah membuktikan bahwa es batu merupakan cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh. Jika tidak percaya Anda bisa mencobanya dengan membuat es batu steril terlebih dahulu. Ketika akan mengaplikasikannya pada wajah, bungkus es batu menggunakan kain bersih. Fokuskan pemakaian pada bekas jerawat, dan diamkan di area tersebut selama beberapa detik. Jika dirasa cukup Anda bisa mengoleskannya pada seluruh wajah. Selain itu es batu juga berfungsi untuk mengilangkan jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan ia memiliki sifat yang menenangkan kulit serta mengurangi peradangan.

  • Air Kelapa

Air kelapa memang sangat jauh berbeda dengan air mineral, namun ia juga bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki kandungan vitamin C yang mana di dalamnya terdapat antioksidan untuk menangkal radikal bebas sehingga menyehatkan kulit. Maka dari itu menggunakan air kelapa untuk menghilangkan bekas jerawat merupakan pilihan tepat yang bisa dilakukan.

Caranya, campurkan segelas air kelapa muda (kelapa hijau) dengan 1 sdm madu, 1 butir telur ayam, dan susu murni secukupnya. Aduk dan kocok hingga adonan tercampur merata. Oleskan adonan pada seluruh wajah sambil pijat / tepuk perlahan dan biarkan hingga mengering. Olesi lagi wajah dengan adonan, lalu biarkan mengering. Lakukan hal tersebut berulang kali hingga adonan habis. Bilas masker dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.

Bagaimana, cara menghilangkan bekas jerawat dengan cara di atas tergolong mudah dan murah bukan? Selain cara tersebut, ada cara lain yang tidak kalah mudah dan murah. bahkan bahan-bahannya bisa dengan mudah ditemui di dapur Anda. Bahkan anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bumbu Dapur

bumbu dapur
Sumber unsplash

Tidak perlu meragukan keampuhan bumbu dapur dalam menghilangkan bekas jerawat. Pasalnya sama seperti makanan atau tumbuhan pada umumnya, mereka memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.  Anda bisa menggunakan bawang putih, kayu manis, gula dan madu sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat dengan budget rendah.

  • Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang mampu membersihkan kulit dari bekas jerawat. Ia juga sangat ampuh menangkal bakteri penyebab jerawat karena mengandung senyawa allicin. Maka dari itu jika ingin terhindar dari jerawat dan bersih dari flek hitam gunakan bawang putih untuk membersihkan wajah. Caranya kupas dan cuci terlebih dahulu bawang dan iris-iris tipis atau haluskan. Oleskan pada area flek hitam dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat lalu bilas lagi dengan air dingin.

  • Madu

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya yaitu menggunakan madu. Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Ia memiliki sifat antibakteri dan mengurangi peradangan sehingga cocok digunakan untuk menghilangkan jerawat maupun bekasnya. Tidak perlu waktu lama untuk melakukan perawatan wajah dengan madu ini. Anda hanya cukup mengoleskan madu alami ke daerah bekas jerawat dengan menggunakan cotton bud. Diamkan selama 15 hingga 30 menit, lalu bersihkan menggunakan kain basah. Lakukan perawatan ini secara rutin sebanyak 3 kali dalam sehari.

  • Kayu manis

Satu lagi bumbu dapur yang memiliki sifat sebagai antibakteri untuk mencegah tumbuhnya jerawat yaitu kayu manis. Tak hanya itu, ia juga memiliki senyawa eugenol dan sinamaldehida yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga membantu menyehatkan kulit. Oleh sebab itu jika ingin bekas jerawat segera hilang, campurkan serbuk kayu manis dengan sedikit air lalu oleskan pada bekas jerawat.

  • Gula

Kandungan AHA dan asam glikolat pada gula murni memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati serta mempercepat terjadinya regenarasi sel. Maka dari itu gunakan gula sebagai masker wajah agar noda-noda hitam segera terangkat dan wajah menjadi bersih kembali. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan gula ini cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok gula organik dengan 1 sdm minyak zaitun. Tambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis, lalu aduk hingga merata. Oleskan adonan pada bekas jerawat sambil pijat perlahan. Diamkan selama 15 menit lalu cuci dengan air bersih. Anda bisa melakukannya setiap hari supaya mendapatkan hasil terbaik. Kalau hal bahan – bahan tersebut tidak manjur anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat.

Bagaimana, cara menghilangkan bekas jerawat yang disampaikan sudah cukup banyak bukan? Namun jika belum puas tenang saja, karena ulasan ini menyediakan banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengilangkan jerawat. Berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak

minyak
Sumber unsplash

Siapa sangka bahwa ternyata minyak mampu dijadikan sebagai obat penghilang bekas jerawat. Padahal jika ditelusuri, produksi minyak berlebih pada wajah dapat memicu timbulnya jerawat. Namun kenyataannya memang demikian, beberapa jenis minyak dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

  • Minyak Pohon Teh

Mungkin minyak pohon teh masih terdengar asing di telinga Anda. Namun jangan ragukan bahan ini sebagai penghilang bekas jerawat, karena ia memiliki sifat sebagai antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang sangat baik. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak ini yaitu, campurkan  4 tetes minyak dengan 2 sdm air bersih. Oleskan pada daerah bekas jerawat dengan menggunakan cotton bud, lalu diamkan selama 1 hingga 2 jam.

  • Minyak Kelapa

Tidak hanya untuk menggoreng makanan, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk terapi kecantikan yaitu sebagai penghilang bekas jerawat. Hal ini dikarenakan kelembaban minyak kelapa mampu memulihkan kulit dari luka termasuk juga bekas jerawat. Lalu untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke area bekas jerawat dengan ujung jari / cotton bud. Diamkan selama 20 menit dan bersihkan dengan kain basah.

  • Minyak Zaitun

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak satu ini sudah tidak perlu lagi diragukan. Sudah sedari dulu minyak zaitun dikenal untuk melembabkan dan menjaga kesehatan kulit. Maka dari itu tidak ada salahnya Anda mengoleskan minyak zaitun pada areka bekas jerawat setiap hari sebelum tidur agar kulit segera sehat dan bersih kembali.

Perlu diingat, jika memiliki jenis kulit berminyak sebaiknya Anda tidak menggunakan cara tersebut untuk menghilangkan bekas jerawat. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang telah dipaparkan di atas atau di bawah ini.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Susu

susu jerawat
Sumber unsplash

Meskipun cara menghilangkan bekas jerawat satu ini tidak bisa dibilang murah, namun menggunakan susu sebagai penghilang bekas jerawat merupakan pilihan menarik. Pasalnya nutrisi yang ada di dalamnya sangat baik untuk kesehatan kulit sehingga cocok untuk dijadikan masker penghilang jerawat. Dijamin Anda tidak akan rugi atau menyesal hanya karena membeli susu untuk masker wajah.

  • Masker Susu

Cara membuat masker dari susu ini cukup mudah, pertama siapkan susu tawar dan madu alami secukupnya. Campur keduanya dan aduk secara merata. Bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu aplikasikan masker secara merata pada wajah. Jika ingin hemat, Anda bisa aplikasikan masker hanya pada area bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air biasa.

  • Masker Yoghurt

Jika yang pertama menggunakan susu tawar, maka cara menghilangkan bekas jerawat berikutnya ini menggunakan susu fermentasi atau dikenal dengan nama yogurt. Yogurt mengandung asam alpha hydroxyl (AHA) yang berperan penting dalam proses regenerasi sel kulit. Oleh karenanya, sel kulit mati yang ada pada area bekas jerawat akan lekas terangkat dan kulit pun menjadi cerah kembali.

Cara membuatnya, campurkan jus mentimun kental dengan yogurt secukupnya. Oleskan campuran tersebut pada bekas jerawat atau seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit dan cuci dengan air bersih. Supaya hasil yang diperoleh maksimal, gunakan masker yogurt minimal dua kali dalam sehari setiap hari.

Mungkin Anda akan berpikir mahal, tapi lihatlah manfaat yang akan diberikan. Lagipula jika dibandingkan dengan perawatan dokter, harga untuk membeli susu dan yogurt masih jauh lebih murah. Namun jika memang Anda lebih sayang uang, cara menghilangkan bekas jerawat dengan aneka buah dan sayur juga bisa digunakan. Gunakan sepotong saja, sisanya bisa Anda makan sembari menunggu olesan kering.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Aneka Buah dan Sayur

buah dan sayur
Sumber unsplash

Menggunakan buah dan sayur sebagai masker wajah memang sudah dikenal sejak dulu kala. Sayur dan buah memiliki banyak sekali nutrisi yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Caranya bisa dengan hanya rutin mengkonsumsinya atau membuatnya sebagai masker. Berikut daftar buah dan sayur yang bisa Anda jadikan obat alami penghilang bekas jerawat.

  • Pepaya

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan buah yang pertama adalah pepaya. Pepaya mengandung banyak sekali zat yang mampu membantu menjaga kesehatan kulit. Papain dalam pepaya bertugas untuk menghilangkan sel kulit mati. Selain itu pepaya juga berperan sebagai buah anti-penuaan, mempercepat regenerasi sel kulit, dan menghilangkan noda hitam. Untuk membuat ramuan penghilang bekas jerawat dari pepaya, Anda hanya perlu mengolahnya menjadi jus kental. Oleskan jus pada bekas jerawat dan diamkan selama 10 menit.

  • Jeruk Nipis

Tips menghilangkan bekas jerawat selanjutnya yaitu dengan buah jeruk. Telah Anda ketahui bahwa jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C sendiri merupakan penangkal radikal bebas sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu ia juga mengandung AHA yang salah satu fungsinya untuk meremajakan kulit dan memudarkan bekas luka termasuk juga jerawat. Untuk menggunakannya. Anda hanya perlu mengoleskan air perasan jeruk nipis ke area bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan kain basah.

  • Timun

Tidak hanya jeruk yang memiliki kandungan vitamin C, namun ternyata sayuran timun juga memilikinya. Telah dijelaskan di atas bahwa vitamin C terkenal sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan menyehatkan kulit. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu menggunakan timun sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat. Caranya cukup mudah, iris tipis timun dan letakan pada area bekas jerawat selama 30 menit.

Menggunakan buah dan aneka sayur merupakan alternatif cara menghilangkan bekas jerawat dengan biaya sangat murah. Namun sebagai pilihan, di bawah ini masih ada cara ampuh lain yang bisa Anda coba lakukan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Tumbuhan Herbal

tumbuhan herbal
Sumber unsplash

Tumbuhan herbal kerap digunakan oleh masyarakat Jawa untuk membuat minuman jamu sebagai suplemen kesehatan alami. Namun seiring berjalannya waktu, tumbuhan herbal tak hanya digunakan sebagai nutrisi dari dalam namun juga dari luar. Contohnya seperti daun mint, kunyit dan lidah buaya berikut yang mana bisa Anda gunakan sebagai tips menghilangkan bekas jerawat.

  • Daun Mint

Daun mint memiliki sifat mendinginkan dan menyembuhkan. Jika dicampur dengan bahan antibakteri seperti kunyit dan diaplikasikan pada bekas jerawat, tentu hasilnya tidak akan mengecewakan. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan daun mint ini cukup mudah. Cukup haluskan satu lembar daun mint dan campur dengan 2 sdt bubuk kunyit serta sedikit susu. Aduk merata dan oleskan pada area bekas jerawat dan biarkan hingga 20 menit. Bersihkan dengan air hangat, lalu bilas dengan air dingin.

  • Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat yang terakhir yaitu dengan lidah buaya. Lidah buaya tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut, namun juga kesehatan kulit. Nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu menyembuhkan bekas jerawat dan mempercepat proses regenerasi sel kulit. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area bekas jerawat. pijat perlahan selama beberapa menit, dan diamkan selama 30 menit. Untuk menghilangkan baunya, bersihkan dengan air hangat lalu bilas lagi dengan air dingin. Dan jika semua cara tidak berhasil cobalah untuk memakai salep penghilang bekas jerawat resep dokter.

Dari ulasan mengenai cara menghilangkan bekas jerawat di atas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu air bilasan dan keadaan tangan. Jika Anda perhatikan, ada beberapa langkah yang menyarankan Anda membasuh dengan air hangat agar masker mudah dibersihkan. Namun ingat, membasuh muka dengan air hangat akan membuat pori-pori di wajah membesar. Oleh karena itu, Anda harus membasuhnya kembali dengan air dingin (biasa) agar pori-pori kembali mengecil sehingga bakteri dan kotoran susah masuk. Terakhir, pastikan tangan dalam keadaan bersih atau gunakan cotton bud, kuas, atau alat lain untuk mengoleskan obat ke wajah.