Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Halal dan Alami

cara mengecilkan perut – Perut gemuk menjadi semacam permasalahan umum yang cukup mengganggu bagi sebagian besar pria maupun wanita. Mengapa demikian? Karena perut buncit akan mengganggu keindahan penampilan Anda. Tak hanya itu, memiliki perut buncit juga akan mengantarkan Anda pada kesulitan-kesulitan tertentu, seperti susah menemukan pakaian yang ukurannya sesuai dengan ukuran tubuh Anda, sulit berjongkok dan mengikat tali sepatu, dan masih banyak kesulitan-kesulitan lainnya. Berdasarkan hal tersebut, pada ulasan ini akan dijelaskan mengenai cara mengecilkan perut dengan olahraga, makanan untuk mengecilkan perut, cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis, cara mengecilkan perut buncit tradisional, cara praktis mengecilkan perut, cara menghilangkan lipatan perut dalam 3 hari, cara pijat perut agar langsing. Dan bagaimana cara mengecilkan perut secara alami. Cara alami ini dianggap yang paling tepat dan sesuai untuk masalah perut yang tidak ideal. Mari simak ulasannya berikut ini.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi perut buncit, tahukah Anda siapa saja yang beresiko terkena perut buncit? Tidak hanya mereka yang memiliki kelebihan berat badan saja yang dapat mengalami perut buncit. Mereka yang kurus pun bisa saja mengalami masalah perut yang buncit dan membesar. Hal ini bisa terjadi karena pola hidup yang salah yang dilakukan secara terus-menerus. Kenali penyebab perut buncit terlebih dahulu sebelum membahas mengenai tips mudah menghilangkan perut buncit. Uraiannya akan dijelaskan secara singkat dan padat berikut ini.

Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengecilkan Perut

penyebab
Sumber unsplash

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita melakukan berbagai kesalahan yang tidak kita sadar, tetapi menimbulkan efek yang cukup lumayan pada kelangsungan kehidupan kita. Salah satu kesalahan yang terus-menerus kita lakukan tanpa sadar adalah selalu menjalankan pola hidup yang salah. Akibatnya, berbagai masalah pun terjadi. Salah satunya adalah ukuran perut yang mulai tidak ideal dan mengganggu penampilan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, pada uraian ini akan dibahas terlebih dahulu penyebab perut buncit. Setelah itu, akan dibahas bagaimana cara mengecilkan perut secara alami. Langsung saja, penyebab perut membesar adalah sebagai berikut.

Alkohol

Selain tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol juga menjadi salah satu penyebab perut buncit. Mengonsumsi alkohol dapat membuat lemak menumpuk di perut. Hal ini bisa terjadi karena di dalam minuman beralkohol mengandung gula dan juga kalori yang lebih besar dari minuman biasa. Kelebihan kalori di dalam tubuh tidak akan menimbulkan manfaat, justru akan menyebabkan masalah kesehatan terutama tingginya kolesterol dan kondisi perut yang semakin membesar.

Porsi Makan yang Terlalu Banyak

Setiap manusia memang membutuhkan makanan untuk kesehatan dan juga perkembangan tubuhnya. Tanpa makanan, tubuh akan kekurangan energi sehingga tidak dapat melakukan aktivitas. Akan tetapi, porsi makan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Porsi makan yang terlalu besar akan membuat perut kita mengembang. Oleh karena itu, perut pun menjadi terlihat semakin membuncit dan kurang ideal.

Makanan yang Mengandung Gas

Sering mengonsumsi makanan yang mengandung gas juga dapat menyebabkan perut buncit. Awalnya, makanan mengandung gas ini akan membuat perut menjadi kembung. Lama-kelamaan, perut kembung ini akhirnya akan menjadi membuncit. Jenis makanan yang mengandung gas yang banyak kita konsumsi adalah soft drink.

Mengonsumsi Makanan Berlemak

Jelas sekali bahwa penyebab perut buncit adalah sering mengonsumsi makanan yang berlemak. Lemak yang berlebih yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa diproses menjadi energi. Akibatnya, tumpukan lemak ini berkumpul pada bagian tubuh tertentu seperti perut, betis, lengan, dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Ngemil di Malam Hari

Pada sela-sela aktivitas kita, kegiatan ngemil memang sangat mengasyikkan. Terutama saat menonton TV atau saat mengerjakan sesuatu yang membutuhkan tenaga berlebih. Selama ngemil dilakukan pada pagi atau siang hari, tentu tidak akan menimbulkan masalah yang besar karena makanan yang masuk pada tubuh akan langsung diproses menjadi energi. Akan tetapi, ketika malam hari, makanan yang masuk tidak akan diproses menjadi energi, tetapi menjadi lemak yang akan membuat perut kita terus-terusan membuncit. Cara mengecilkan perut dapat dilakukan dengan menghindari ngemil pada malam hari.

Dan dibawah ini adalah penjelasan mengenai cara untuk mengatasi berbagai masalah yang ditimbulkan dari perut buncit dengan cara berolahraga. Dan dengan berolahraga anda dapat mengecilkan perut bagian bawah dan olahraga juga dapat menghilangkan lipatan perut yang ada pada diri anda. Karena itulah olahraga sangatlah penting untuk mengecilkan perut buncit.

Cara Mengecilkan Perut dengan Olahraga

olahraga
Sumber unsplash

Cara paling efektif yang bisa Anda lakukan untuk membakar lemak adalah dengan berolahraga. Untuk cara mengecilkan perut secara alami ini, Anda juga disarankan untuk melakukan beberapa olahraga yang dapat membakar lemak di perut. Beberapa jenis olahraga sederhana dipercaya bisa mengecilkan perut secara perlahan. Asalkan Anda telaten melakukan olahraga, perut buncit pun akan sedikit demi sedikit menghilang dan berubah menjadi perut yang ideal. Simak beberapa olahraga yang bisa mengecilkan perut.

Back Up

Olahraga sederhana ini termasuk ke dalam jenis olahraga aerobik. Gerakannya sebenarnya cukup mudah dilakukan. Back Up kebalikan dari Push Up. Cara melakukan gerakan ini adalah cukup Anda tidur telungkup kemudian gerakan badan bagian atas ke atas dan juga ke bawah. Agar lebih maksimal, Anda bisa meminta kakak atau adik Anda untuk memegangi bagian kaki. Cara mengecilkan perut dengan olahraga Back Up sangat efektif karena langsung berkosentrasi pada lemak di bagian perut.

Ball Crunch Fitness

Cara mengecilkan perut dengan olahraga Ball Crunch Fitness ini juga dinilai sangat efektif. Olahraga yang satu ini sekilas hampir mirip dengan sit up. Akan tetapi, Ball Crunch Fitness dilakukan di atas bola yang besar sebagai medianya. Sama seperti back up, konsentrasi utama olahraga ini adalah membakar lemak di perut. Anda bisa pergi ke Gym untuk mempelajari bagaimana cara melakukan olahraga ini dengan baik dan benar.

Sikap Lilin

Jika Anda ingin olahraga yang ringan dan mudah dilakukan, pilihannya adalah dengan melakukan sikap lilin. Salah satu cara mengecilkan perut yang paling mudah adalah dengan melakukan gerakan senam ini. Cara melakukan sikap lilin cukup mudah. Silahkan Anda berbaring di lantai, kemudian angkat kedua kaki Anda ke atas sampai perut juga terangkat. Tahan posisi ini dengan kedua tangan selama beberapa detik, kemudian turunkan. Lakukanlah gerakan ini selama berulang-ulang untuk mengecilkan perut.

Lari Pagi

Untuk Anda yang tidak ingin olahraga yang cukup susah dan aneh-aneh, cara mengecilkan perut pun bisa dilakukan dengan lari pagi. Olahraga ini tidak susah. Anda hanya membutuhkan waktu yang cukup untuk melakukan lari pada pagi hari. Dengan menyediakan waktu sekitar 30 menit untuk lari pagi, tak hanya lemak di perut yang akan hilang, tetapi juga lemak di beberapa bagian tubuh lainnya.

Bersepeda

bersepeda
Sumber unsplash

Sekilas dalam ingatan masa kecil kita, bersepeda menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Akan tetapi, setelah beranjak dewasa, sebagian besar orang merasa enggan untuk melakukan aktivitas ini. Sesekali, cobalah untuk kembali menikmati senangnya bersepeda apalagi saat week end. Bersepeda ini merupakan salah satu cara mengecilkan perut yang cukup menyenangkan.

Sit Up

Cara mengecilkan perut dengan olahraga Sit Up memang sudah menjadi sebuah rahasia umum. Olahraga ini pun mudah dilakukan. Silahkan Anda tidur dengan posisi tangan berada di belakang kepala kemudian angkat badan ke depan. Untuk pemula, olahraga ini biasanya sulit dilakukan karena kaki juga ikut terangkat. Oleh karena itu, mintalah orang lain untuk membantu memegangi kaki Anda.

Enam olahraga ini bisa dilakukan di sela-sela aktivitas Anda untuk cara mengecilkan perut buncit. Pilih saja beberapa olahraga yang menurut Anda paling mudah dan bisa dilakukan di sela-sela kesibukan yang cukup padat. Dengan begitu, dalam hitungan minggu, perut buncit Anda akan segera berganti menjadi perut ideal. Kepercayaan diri Anda pun akan semakin tinggi.

Cara Mengecilkan Perut dengan Metode Tradisional

metode tradisional
Sumber unsplash

Selain cara mengecilkan perut dengan olahraga, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membakar lemak di perut. Cara yang satu ini disebut sebagai metode tradisional karena menggunakan ramuan-ramuan tradisional yang dianggap cukup ampuh membakar lemak di perut. Metode tradisional ini bisa dilakukan sebagai alternatif bagi Anda yang susah meluangkan waktu untuk berolahraga. Simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Teh Hijau

Metode tradisional yang bisa dilakukan untuk cara mengecilkan perut buncit adalah dengan mengonsumsi teh hijau. Sejak dahulu, teh hijau memang dipercaya sebagai salah satu cara yang cukup efektif untuk mengecilkan perut. Agar ramuan ini bisa bekerja secara maksimal, usahakan meminum teh hijau secara teratur. Teh hijau yang Anda konsumsi pun sebaiknya tidak ditambahi dengan gula. Kurangi juga mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak.

Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam berbeda dengan jamu-jamu pada umumnya. Bila jamu identik dengan rasanya yang tidak karuan dan didominasi dengan rasa pahit, jamu kunyit asam ini berbeda. Jamu ini dibuat dari bahan dasar kunyit dan asam jawa. Rasanya tidak pahit, melainkan asam-asam segar. Ramuan ini sudah dipercaya sebagai cara mengecilkan perut yang alami. Tak hanya itu, kunyit asam juga dapat melancarkan haid. Tak heran jika para wanita cukup akrab dengan jamu yang satu ini.

Teh Jeruk Nipis dan Lemon

Bagi Anda yang kesulitan mendapatkan teh hijau, ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk cara mengecilkan perut dengan metode tradisional. Alternatif tersebut adalah dengan membuat teh jeruk nipis atau teh lemon. Di dalam jeruk nipis atau lemon, kandungan vitamin C nya sangat tinggi. Beberapa nutrisi lain dalam jeruk nipis dan lemon dipercaya dapat membantu proses pembakaran lemak pada perut. Oleh karena itu, teh lezat ini bisa dijadikan alternatif cara tradisional untuk mengecilkan perut.

Cara membuat teh jeruk nipis atau teh lemon sangat mudah. Cukup siapkan segelas air panas, tambahkan sekitar 3 sendok makan teh bubuk dan satu buah jeruk nipis atau setengah jeruk lemon. Minum selagi masih hangat. Sebaiknya, tak perlu menambahkan gula. Cara mengecilkan perut dengan metode tradisional memang sangat mudah.

Madu dan Jahe

Madu memang menjadi salah satu cairan yang sangat bermanfaat untuk manusia. Cara mengecilkan perut yang satu ini menggunakan madu dan juga jahe sebagai bahan utamanya. Zat fruktosa pada madu dapat membakar lemak secara tidak langsung. Sementara jahe dapat menekan nafsu makan seseorang sehingga dapat mengurangi keinginan makan seseorang. Anda bisa membuat ramuan madu dan jahe dengan cara tuangkan 2 sendok makan perasan jahe ke dalam air hangat kemudian tambahkan 3 sendok makan madu. Konsumsi ramuan ini setiap 2 kali sehari.

Cara Mengecilkan Perut dengan Diet

Diet
Sumber unsplash

Sebagian besar orang yang ingin memiliki tubuh yang sempurna memilih untuk melakukan diet. Diet yang dimaksud tentu tidak hanya menjaga pola makan saja. Diet sebenarnya memiliki arti yang lebih luas, yaitu menjalankan pola hidup sehat. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin melakukan cara mengecilkan perut dengan diet adalah sebagai berikut.

Memasak Makanan Anda Sendiri

Hal utama yang sebenarnya perlu diperhatikan bagi siapa pun yang sedang diet adalah memasak makanannya sendiri. Dengan memasak sendiri, Anda bisa mengetahui apa saja nutrisi yang terkandung di dalam masakan. Untuk cara mengecilkan perut buncit, Anda tentu harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak. Diet yang sehat adalah dengan membuat makanan yang tinggi protein dan serat, rendah karbohidrat, dan rendah lemak.

Mengubah Pola Makan

Anggapan sebagian besar orang bahwa diet berarti tidak makan tentu salah besar. Ketika sedang diet, bukan berarti Anda tidak boleh makan, tetapi lebih pada menjaga pola makan. Jika biasanya Anda makan dengan intensitas tiga kali sehari, ketika sedang diet, Anda justru disarankan untuk sering-sering makan. Anda disarankan untuk makan minimal 4 kali sehari dengan porsi yang kecil dan menu makan yang sehat. Pilihan makanan bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda. Usahakan saat makan malam tidak lebih dari pukul 19.00 WIB.

Banyak Mengonsumsi Air Putih

Selain menumpuknya lemak, perut buncit juga bisa disebabkan oleh kekurangan serat yang menyebabkan Anda susah buang air besar. Pencernaan yang tidak lancar juga menjadi salah satu penyebab perut buncit. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih yang banyak untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga membuat daya tahan tubuh Anda menjadi lebih baik. Cara mengecilkan perut dengan mengonsumsi air putih 2 liter per hari sangat disarankan.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur  merupakan makanan yang paling disarankan untuk Anda yang sedang menjalankan diet. Sebagian besar buah-buahan tidak mengandung lemak jahat. Sebaliknya, kandungan serat yang tinggi dalam buah justru akan membuat tubuh Anda menjadi sehat selalu. Cara mengecilkan perut bisa dilakukan dengan mengganti cemilan sehari-hari Anda dengan buah dan sayur.

Makanan yang Harus Dihindari saat Melakukan Cara Mengecilkan Perut

makanan dihindari
Sumber unsplash

Ulasan di atas telah menjelaskan bagaimana cara mengecilkan perut yang mudah. Ada banyak cara yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda. Pada uraian di atas juga telah dijelaskan apa saja yang menjadi penyebab perut buncit. Jika Anda masih bertanya makanan apa yang harus dihindari, jawabannya tentu saja makanan yang menjadi penyebab perut buncit. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari jika tidak ingin perut buncit.

  1. Alkohol
  2. Soft drink
  3. Junk food
  4. Makanan mengandung gula
  5. Makanan berlemak
  6. Kurangi konsumsi karbohidrat

Demikian adalah ulasan panjang mengenai cara mengecilkan perut. Ulasan ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi Anda yang memiliki masalah perut buncit. Tak ada yang mustahil selama Anda mau berusaha. Perut buncit yang telah lama menjadi masalah bisa juga diatasi dengan beberapa hal di atas. Ada banyak info penting dan menarik lainnya di situs ini. Informasi menarik tersebut dapat Anda lihat hanya di situs ini.