Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Bahan Halal dan Alami

Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Bahan Halal dan Alami

Cara Memutihkan Wajah – Sebagian besar wanita di Asia yang memiliki kulit coklat gelap pasti mendambakan memiliki kulit wajah dan tubuh yang putih mulus layaknya wanita Jepang. Sayangnya, walaupun telah melakukan segala cara memutihkan wajah, aktivitas sehari-hari yang penuh dengan tekanan, polusi, dan sebagainya justru semakin memperburuk kondisi kulit menjadi lebih gelap, kusam, bahkan berpigmen.

Karena banyaknya faktor eksternal yang tidak terhindarkan, banyak yang kemudian melakukan banyak cara memutihkan kulit secara instan. Faktanya, bahan kimia yang terkandung dalam produk pemutih instan di pasaran belum tentu aman dan tanpa efek samping bagi tubuh. Karena itu, berikut ini ada beberapa tips dan cara memutihkan wajah yang lebih aman untuk dilakukan.

Memanfaatkan Bahan Alami untuk Merawat Kulit

bahan alami
Sumber unsplash

Tahukah Anda bahwa ada banyak cara memutihkan wajah secara alami yang bisa ditempuh? Salah satu cara memutihkan wajah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai bahan untuk bleaching wajah alami yang lebih aman bagi kulit. Apabila selama ini Anda menggunakan produk cleansing, tonic, masker, pelembab, bahkan produk exfoliation yang berbahan kimia dan mempunyai efek samping, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang lebih aman untuk merawat kulit wajah Anda seperti krim pemutih wajah.

Daripada menggunakan produk pembersih berbahan kimia untuk membersihkan wajah yang kusam akibat terkena polusi dan debu, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti berikut ini yang dijamin lebih aman dalam membersihkan area wajah.  Sebelum Anda mengaplikasikan cara memutihkan kulit wajah, wajah harus dalam kondisi bersih terlebih dahulu agar manfaat masker alami akan lebih manjur. Jika tidak, kotoran pada wajah akan menyebabkan munculnya masalah kulit seperti jerawat, flek hitam, dan sebagainya yang justru membuat bahan pemutih wajah tidak terserap secara maksimal ke dalam kulit.

  • Susu

Selain sebagai salah satu cara memutihkan wajah, susu juga dapat menjadi bahan alami pembersih wajah. Hal ini karena adanya enzim lipase dalam susu yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit berminyak pada wajah serta enzim protease untuk menghilangkan kotoran. Anda hanya perlu menggunakan susu hewani yang telah direbus dan didiamkan. Apabila alergi terhadap susu hewani, Anda bisa menggantinya dengan susu almond atau minyak kelapa.

Cara alami memutihkan wajah atau cara menghaluskan wajah sekaligus membersihkannya dengan susu adalah sebagai berikut. Kapas yang dicelupkan ke dalam susu yang telah direbus dioleskan pada bagian wajah. Setelah mengering, wajah kemudian dibilas menggunakan air hangat. Kebiasaan ini bisa dilakukan sehari 2 kali. Sebaiknya, Anda memilih susu murni untuk digunakan, bukan susu instant atau susu olahan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan susu yang telah dimasukkan ke dalam freezer jika khawatir terjadi peradangan pada kulit. Cara memutihkan wajah dengan susu beruang bisa digunakan untuk resep diatas.

  • Yogurt

yoghurt
Sumber unsplash

Cara memutihkan wajah dengan yogurt dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. Pertama, yogurt tanpa rasa yang dicampur dengan air lemon atau madu dioleskan di area wajah sambil dipijat-pijat dengan lembut. Area kulit yang dipijat beberapa menit kemudian dibiarkan selama 15 menit. Anda tinggal membilas wajah dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa melakukan kebiasaan ini 2 kali sehari.

  • Pasta beras

Salah satu cara memutihkan wajah yang juga dapat dicoba adalah dengan menggunakan beras. Kandungan vitamin E, vitamin  C, serta asam ferulic dalam beras dapat meningkatkan warna putih pada kulit. Di samping itu, asam para-aminobenzoic yang terdapat dalam beras dapat menjadi tabir surya alami yang melindungi kulit dari cahaya matahari langsung. Anda bisa menggunakan tepung beras maupun air endapan sisa mencuci beras sebagai masker wajah.

Cara membuat masker wajah dari beras cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan setengah cangkir beras yang telah dicuci. Beras tersebut dihaluskan bersama dengan susu murni dan air hangat hingga menjadi pasta kental. Pasta beras dan susu tersebut kemudian dioleskan ke seluruh wajah dan didiamkan kurang lebih 30 menit. Terakhir, wajah dibilas menggunakan air hangat. Metode perawatan ini bisa dilakukan seminggu 2-3 kali.  Anda juga bisa menambahkan sedikit kunyit ke dalam campuran pasta tersebut. Dengan begitu, sel-sel kulit mati di wajah juga bisa terangkat.

  • Pepaya

Ada 3 cara memutihkan wajah menggunakan pepaya yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda menjadikan pepaya tersebut sebagai buah-buahan yang dimakan langsung. Selain mampu melancarkan sistem pencernaan, nutrisi pepaya yang terserap juga dapat mencerahkan kulit dari dalam. Kedua, Anda bisa memotong tipis-tipis buah pepaya yang tidak terlalu lembek untuk ditempelkan pada kulit wajah. Setelah dibiarkan mongering beberapa menit, wajah dibilas menggunakan air dingin.

Cara alami memutihkan wajah dengan pepaya yang ketiga adalah mencampur daging pepaya dengan secangkir air perasan lemon. Setelah dicampur dan menjadi adonan, bahan tersebut kemudian dioleskan di area wajah. Setelah dibiarkan sekitar 30 menit, wajah dibilas menggunakan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat mengaplikasikan adonan pepaya dan lemon seminggu sekali.

  • Oatmeal

Selain dapat memutihkan kulit, oatmeal juga dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pengelupasan sel-sel kulit mati pada wajah. Oatmeal dapat menjadi bahan alami perawatan kulit bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Cara memutihkan wajah menggunakan oatmeal adalah sebagai berikut.

Pertama, oatmeal digiling menjadi bubuk kasar. Bubuk kasar oatmeal kemudian dicampur dengan buttermilk atau dadih sehingga menjadi pasta tebal. Apabila tidak ada buttermilk, Anda bisa menggantinya dengan susu, yogurt, atau lainnya. Pasta tersebut kemudian dioleskan pada kulit sambil dipijat-pijat dengan gerakan melingkar selama sekitar 2 menit. Sebelum dibilas dengan air biasa, Anda bisa membilas wajah dengan air hangat terlebih dahulu. Perawatan ini sebaiknya dilakukan 2-3 kali seminggu. Cara memutihkan kulit wajah secara alami juga bisa dilakukan dengan membuat smoothie dari oatmeal, yogurt, pisang, dan buah lainnya untuk diminum setiap hari.

  • Putih Telur

Cara menghilangkan flek hitam dan cara menghilangkan komedo bisa dilakukan dengan menggunakan putih telur dan strawberi. Pertama, Anda perlu menyiapkan beberapa butir buah stroberi yang telah dicuci bersih, air lemon, 2 butir putih telur, dan madu. Stroberi yang telah dihaluskan dengan blender dicampur dengan semua bahan hingga tercampur merata. Adonan yang telah tercampur rata kemudian diaplikasikan pada area wajah sebagai masker. Setelah didiamkan 20-30 menit, Anda bisa membilas kulit wajah dengan air dingin setelah menggunakan masker wajah putih telur.

  • Tomat

cara memutihkan wajah dengan tomat agar cerah juga dapat dilakukan dengan menggunakan buah-buahan tertentu seperti tomat. Berikut ini adalah salah caranya. Pertama, buah tomat yang telah dicuci bersih dan pisang matang dicampur hingga menjadi bubur. Setelah dioleskan dan didiamkan, sebaiknya wajah dibilas menggunakan air hangat. Anda tidak direkomendasikan menggunakan sabun pembersih wajah karena sifat tomat yang dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

  • Kentang

Kentang yang dicampur dengan susu murni segar dapat menjadi salah satu cara memutihkan wajah yang mudah dilakukan namun tetap memberikan hasil yang efektif. Anda hanya perlu menyiapkan 1 butir kentang bersih dan setengah cangkir susu murni segar. Sebelum dicampur dengan susu, kentang harus direbus dan dipotong-potong terlebih dahulu. Campuran susu dan kentang yang telah lembut kemudian dioleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Masker dari kentang dan susu yang telah dibiarkan sekitar 30 menit kemudian dibilas menggunakan air hangat.

  • Tomat

Cara memutihkan wajah menggunakan buah juga dapat dilakukan menggunakan tomat. Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang dapat menjadi antioksidan kuat bagi kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan tomat bisa dilakukan dengan cara memakan buah tomat langsung. Kedua, Anda bisa membuat jus dari buah tomat. Jus dari buah tomat bisa diminum 30 menit sebelum makan. Cara lainnya adalah dengan mengiris tipis-tipis buah tomat dan menempelkannya pada wajah. Selain dapat mencerahkan kulit, buah tomat juga dapat menjadi pelembab alami yang menyegarkan kulit yang kusam.

  • Mentimun

Selain tomat, mentimun juga dapat menjadi bahan yang membantu memutihkan kulit. Cara memutihkan kulit dengan mentimun dapat dilakukan dengan cara mencampur mentimun dengan 1 sendok tee yogurt dan secangkir kecil oatmeal. Semua bahan tersebut dicampur dan diterapkan pada kulit wajah. Setelah 20-30 menit, wajah dibilas dengan air dingin. Selain putih, wajah juga akan terlihat lebih lembab, halus, dan tidak berminyak.

  • Lemon

Selain dapat mengatasi timbulnya jerawat, lemon juga dapat dicampur dengan bahan lain menjadi ramuan yang dapat memutihkan kulit. Cara memutihkan wajah dengan lemon adalah sebagai berikut. Setengah buah lemon yang diambil perasan airnya dicampur dengan putih telur ayam dan yogurt. Setelah tercampur rata, adonan tersebut dioleskan pada wajah dan didiamkan selama 20 menit. Terakhir, wajah bisa dibilas menggunakan air hangat.

Memakan Makanan yang Baik untuk Kulit

makanan yang baik untuk kulit
Sumber unsplash

Selain menggunakan ramuan bahan alami, cara memutihkan wajah juga perlu dimaksimalkan dengan memakan makanan yang baik untuk kulit. Makanan yang baik untuk kulit perlu mengandung vitamin E, vitamin C, vitamin B kompleks, serta berbagai jenis mineral. Beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menutrisi kulit antara lain coklat hitam, kiwi, kedelai, kacang almond, apel, jeruk, dan sebagainya.

  • Semur Tauge dengan Tahu

Anda bisa membuat menu khusus sebagai salah satu cara memutihkan wajah dari dalam. Sebagai contoh, Anda bisa membuat sup tahu dan kecambah sebagai salah satu menu makan malam. Tahu yang terbuat dari kedelai mengandung genistein, yaitu senyawa yang dapat mengatur produksi kolagen pada jaringan kulit sekaligus menghambat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Sedangkan, kecambah atau tauge merupakan salah satu sumber vitamin E yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit serta memaksimalkan pemutihan kulit.

Sebagai salah satu pendukung cara memutihkan kulit secara alami, ada banyak menu makanan lainnya yang bisa Anda buat selain semur tauge dan tahu. Untuk sarapan misalnya, Anda bisa membuat bubur barley dengan susu atau yogurt. Sedangkan, untuk makan siang Anda bisa membuat sup kacang hitam dengan tambahan jagung dan daging.

  • Smoothie

Cara memutihkan wajah juga tidak hanya dengan perawatan luar dan makanan tertentu. Anda bisa membuat minuman sehat yang bisa memaksimalkan pencerahan kulit wajah. Salah satunya adalah dengan smoothie dari buah-buahan seperti pepaya, pisang, mangga, beri, alpukat, dan sebagainya. buah yang ingin Anda buat bisa dicampur dengan susu, yogurt, kacang almond, oats maupun dark chocolate.

Meminimalisir Paparan Sinar Matahari Langsung

sinar matahari
Sumber unsplash

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan outdoor, tentu akan sangat sulit jika menginginkan kulit putih. Namun bukan berarti tidak ada cara memutihkan wajah bagi pekerja outdoor. Anda bisa mensiasati diri dengan beberapa cara lainnya seperti menggunakan produk tabir surya untuk wajah. Meskipun bisa dibilang cara ini merupakan cara memutihkan kulit secara tidak langsung, namun setidaknya Anda bisa meminimalisir paparan sinar matahari langsung penyebab kulit belang dan kusam pada wajah.

Di samping itu, menggunakan topi, syal, atau payung yang bisa melindungi wajah juga bisa dilakukan oleh mereka yang tidak ingin kulitnya hitam. Meskipun paparan sinar matahari langsung berdampak kurang baik, namun ada saatnya Anda memerlukan sinar matahari untuk mendapatkan asupan vitamin. Terkait hal ini, sebaiknya Anda berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari sebelum jam 10 pagi.

Berhati-hati Memilih Produk Kosmetik

produk kosmetik
Sumber unsplash

Walaupun menggunakan produk perawatan kulit juga perlu Anda lakukan, Anda harus tetap berhati-hati dan selektif saat memilih produk bleaching. Saat ini tidak sedikit produk bleaching yang dipalsukan dan mengandung bahan yang berbahaya untuk kulit. Hanya karena iming-iming mampu memutihkan kulit dalam waktu singkat, Anda lantas terbujuk untuk membeli produk pemutih tersebut. Karena itulah, akan lebih aman apabila Anda memilih cara memutihkan wajah dengan bahan-bahan alami yang Anda buat sendiri di rumah.

Selain itu, Anda juga harus menerapkan beberapa kebiasaan berikut terkait penggunaan produk kosmetik. Pertama, Anda harus rajin membersihkan riasan saat selesai bekerja atau beraktivitas di luar. Sebaiknya, Anda memilih pembersih wajah yang mengandung lebih banyak air. Apabila sisa riasan jarang dibersihkan, hal ini akan menyebabkan pori-pori di kulit wajah tersumbat. Sumbatan yang semakin banyak di kulit wajah dapat menyebabkan munculnya masalah wajah seperti jerawat, bintik hitam, komedo, dan lainnya.

Selain membersihkan make up, cara memutihkan kulit secara alami juga bisa dengan cara membersihkan wajah sebelum tidur misalnya dengan facial foam atau sabun wajah. Sebaiknya, Anda memilih sabun yang tidak mengandung bahan kimia seperti lanolin, paraben, dan sebagainya. Apabila menggunakan krim atau lotion wajah, sebaiknya memilih yang memiliki tekstur lembut untuk wajah. Agar lebih putih maksimal, Anda juga harus rajin minum air putih, rutin olahraga, serta tidur cukup. Anda juga bisa melakukan yoga di waktu tertentu untuk menghilangkan stress yang dapat mempercepat proses penuaan.

Mengubah Pandangan Tentang Standar Kecantikan pada Seseorang

standar kecantikan perempuan
Sumber unsplash

Selain menerapkan berbagai cara memutihkan kulit wajah secara alami, Anda juga harus lebih berpikir terbuka bahwa setiap wanita cantik dengan warna kulitnya masing-masing. Melihat bagaimana wanita kulit putih yang melakukan tanning dan wanita kulit gelap yang melakukan bleaching, sebenarnya ada kesimpulan yang bisa Anda tarik yaitu bahwa cantik tidak perlu diukur dari apa yang tidak Anda miliki. Daripada melakukan cara yang aneh, akan lebih baik jika Anda mengedepankan faktor sehat dari kulit Anda.

Demikian beberapa cara memutihkan wajah yang tergolong aman dan bisa Anda lakukan. Meskipun hasilnya tidak bisa dilihat langsung, namun cara alami tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya dan wajah yang putih dan sehat cenderung lebih lama Anda miliki. Selamat mencoba.