Cara Membuat Anak Kembar Secara Alami dan Medis

Cara Membuat Anak Kembar Secara Alami dan Medis

Cara Membuat Anak Kembar – Sebelum membahas mengenai cara membuat anak kembar, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana kehamilan kembar bisa terjadi. Perlu Anda ketahui bahwa kembar dibedakan menjadi 2 macam yaitu fraternal dan identik. Kembar fraternal dikarenakan sang ibu menghasilkan 2 sel telur yang masing-masing dibuahi oleh sel sperma. Sedangkan kembar identik disebabkan oleh satu sel telur yang dibuahi oleh satu sel sperma, namun saat terbentuk zigot, ia mengalami pembelahan sehingga menghasilkan 2 embrio berbeda. Sayangnya, tidak semua wanita bisa mengalami kehamilan bayi kembar. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik yang memang memiliki andil besar.

Meskipun demikian cara membuat anak kembar tidak bisa dikatakan susah. Dikatakan demikian karena usaha yang Anda lakukan ketika menjalani program hamil kembar sama halnya seperti melakukan program hamil biasa. Sang ibu harus menerapkan pola makan sehat dan memperbanyak mengonsumsi makanan yang dapat membantu kesuburan rahim sehingga mempercepat kehamilan. Selain itu intensitas hubungan suami istri juga turut mempengaruhi keberhasilan kehamilan kembar layaknya program hamil biasa. Berikut usaha yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh kehamilan kembar.

Baca Juga : Cara Membuat Anak yang Islami

Cara Membuat Anak Kembar Secara Alami Dengan Mengubah Pola Makan

pola makan
Sumber unsplash

Telah disinggung di atas bahwa cara membuat anak kembar salah satunya dipengaruhi oleh pola makan. Sama seperti halnya kehamilan biasa, Anda harus mengonsumsi makanan dengan kadar gizi tinggi. Namun, untuk kasus hamil kembar tidak sesederhana itu. Anda harus pusatkan perhatian pada makanan dengan kandungan nutrisi tertentu yang mana bisa membantu kehamilan bayi kembar.

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat

Salah satu cara membuat anak kembar yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Hal ini dikarenakan asam folat dipercaya mampu meningkatkan proses ovulasi sehingga presentase memiliki bayi kembar meningkat. Nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan pada ikan laut, kacang merah, alpukat, sayuran hijau seperti brokoli, dan masih banyak lagi. Selain itu, asam folat juga bisa Anda dapatkan dalam bentuk vitamin / suplemen. Tentu saja untuk mendapatkannya Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung Zinc

Untuk suami sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar zinc (seng) tinggi. Pasalnya zinc dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Sel sperma yang sehat tentu memiliki pergerakan lebih cepat sehingga mempercepat pula mencapai sel telur. Makanan yang mengandung kadar zinc tinggi di antaranya tiram, gandum, sereal, dan sayuran hijau.

  • Mengonsumsi susu

susu
Sumber unsplash

Mengonsumsi susu akan membantu memperlancar proses ovulasi sehingga meningkatkan kehamilan bayi kembar. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan para ahli di Long Island. Mereka menyebutkan bahwa wanita yang banyak mengonsumsi susu terutama susu sapi dan produk olahan susu memiliki peluang hamil kembar 5 kali lebih besar.

  • Mengonsumsi makanan yang merangsang pertumbuhan sel telur

Cara membuat bayi kembar paling besar dipengaruhi oleh kematangan sel telur, terlebih jika sel telur yang dihasilkan lebih dari satu. Maka dari itu, Anda harus rajin mengonsumsi ubi dan kentang. Pasalnya kedua makanan tersebut diyakini dapat meningkatkan produksi hormone dan merangsang rahim menghasilkan lebih dari satu sel telur.

Bagaimana, tidak jauh berbeda bukan dengan usaha ketika melakukan program hamil biasa? Namun, dibalik hal tersebut ada hal yang perlu Anda ingat. Meskipun sedang melakukan usaha yang lebih keras, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi makanan tersebut 2 kali lebih banyak dari biasanya. Anda tentu tidak diperkenankan mengonsumsi makanan tersebut melebihi batas jumlah kebutuhan per harinya. Lagipula kehamilan bayi kembar tidak akan begitu saja terjadi hanya dengan mengonsumsi makanan di atas. Dibutuhkan usaha / cara membuat anak kembar lainnya seperti memperhatikan posisi ketika berhubungan suami istri.

Cara Membuat Anak Kembar Secara Alami Dengan Memperhatikan Posisi Berhubungan Intim

berhubungan intim
Sumber unsplash

Dalam program hamil, posisi berhubungan intim ini juga turut mempengaruhi tingkat keberhasilan. Hal ini berkaitan erat dengan jarak sperma dari sel telur. Dikatakan demikian karena jika sperma semakin dekat dengan sel telur maka kesempatan untuk menembus / membuahinya akan semakin besar. Berikut beberapa posisi yang dianjurkan untuk mendapatkan bayi kembar.

  • Posisi doggy style

 

Jika dijelaskan, hubungan intim cara ini dilakukan dengan posisi istri seperti merangkak dan berada di depan suami. Posisi seperti itu akan menghasilkan penetrasi yang lebih baik, karena sperma yang keluar semakin dekat dengan leher rahim. Tentu saja keadaan tersebut akan menguntungkan sperma karena tidak membutuhkan waktu lama untuk menemukan dan membuahi sel telur.

  • Posisi dari samping

Posisi dari samping yang dimaksud adalah, istri tidur di depan suami dengan posisi miring. Sementara itu kaki istri yang terbuka lebar akan memungkinkan mulut rahim terbuka lebih lebar pula. Dengan begitu ketika terjadi ejakulasi, sel sperma akan dengan mudahnya masuk ke dalam rahim untuk membuahi sel telur. Agar semakin maksimal, cara membuat anak kembar dengan posisi ini bisa Anda coba lakukan ketika sedang dalam masa subur.

  • Modifikasi dari posisi misionaris

Jika Anda sering melakukan hubungan intim dengan posisi misionaris, maka ada baiknya memodifikasi posisi untuk meningkatkan presentase kehamilan. Anda bisa melakukan modifikasi dengan meletakan kedua kaki Anda ke bahu suami dan mengganjal panggul dengan bantal. Dengan begitu pergerakan sperma masuk ke dalam tuba falopi akan semakin cepat. Namun, selain melakukan cara membuat anak kembar dengan posisi ini, Anda juga harus memperhatikan kondisi sperma suami. Sebaiknya Anda melakukan hubungan suami istri ketika sperma sudah matang. Pada umumnya sperma akan matang dalam waktu 4 hingga 5 hari dari terakhir dikeluarkan.

  • Posisi biasa / misionaris

Pada umumnya hubungan intim dilakukan dengan posisi misionaris yaitu istri berada di bawah suami. Ini sangat dianjurkan jika Anda ingin memiliki bayi kembar karena sperma akan dengan mudahnya masuk ke dalam rahim. Supaya pergerakan sperma lebih cepat, Anda bisa mengganjal panggul dengan bantal.

Pada dasarnya posisi berhubungan intim tidak hanya menentukan keberhasilan kehamilan bayi kembar, melainkan juga jenis kelamin. Selain itu, waktu berhubungan juga akan menentukan kelamin dari buah hati Anda. Jika menginginkan kehamilan bayi kembar dengan kelamin laki- laki, Anda bisa melakukan beberapa cara membuat anak kembar di bawah ini.

Cara Membuat Anak Kembar Laki-Laki

anak kembar laki laki
Sumber unsplash

Sel sperma memiliki kromosom berjenis X dan Y, yang mana kromosom X akan menentukan jenis kelamin perempuan dan Y menentukan jenis kelamin laki-laki. Sementara sel telur hanya memiliki kromosom X. Jadi jika Anda menginginkan bayi kembar yang terlahir adalah laki-laki, maka sel sperma kromosom Y lah yang harus membuahi sel telur. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti cara membuat anak kembar laki-laki berikut.

  • Istri harus orgasme lebih awal

Membuat istri orgasme di awal adalah cara membuat anak kembar laki-laki yang harus Anda lakukan. Pasalnya ketika istri mengalami orgasme, maka kondisi di sekitar rahim akan berubah menjadi basa dan hal tersebut akan menguntungkan sperma berkromosom Y. Dikatakan demikian karena sel sperma berkromosom Y sangat menyukai keadaan basa, dengan begitu ia tidak akan cepat mati sebelum mencapai ovum.

  • Memperhatikan posisi berhubungan intim

Cara lain untuk mendapatkan bayi kembar laki-laki adalah dengan mengatur posisi ketika berhubungan intim. Anda bisa melakukannya dengan posisi seperti doggy style, dan misionaris, yang mana akan mempermudah sel sperma masuk ke dalam rahim. Jika tidak ingin gagal, Anda harus menghindari melakukan posisi berhubungan intim yang dapat mempersulit masuknya sperma ke dalam rahim. Contohnya seperi posisi istri berada di atas suami.

  • Melakukan penetrasi secara dalam

Cara membuat anak kembar laki-laki selanjutnya yaitu melakukan penetrasi sedalam mungkin. Hal tersebut akan membuat sperma yang keluar berada sangat dekat dengan sel telur, sekaligus memudahkan sel sperma berkromosom Y semakin cepat mencapai sel telur. Setelah ejakulasi selesai, usahakan jangan langsung mencabut alat kelamin, melainkan biarkan hingga selama 6 menit. Setelah itu, luruskan kaki istri dan letakan pada bahu Anda dengan panggul diganjal bantal. Pertahankan posisi tersebut selama 20 menit agar sperma semakin cepat masuk ke dalam rahim.

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung natrium dan kalsium tinggi

Menurut penelitian, makanan dengan kadar natrium dan kalsium yang tinggi mampu meningkatkan presentase kelahiran bayi laki-laki. Jelas saja hal ini menjadi cara membuat bayi kembar laki-laki yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebagai saran Anda bisa mengonsumsi tomat, pisang, dan kedelai.

Mendapatkan bayi laki-laki memang terbilang cukup sulit. Apalagi yang diharapkan adalah bayi kembar, maka tingkat keberhasilan yang didapatkan juga semakin sedikit. Hal ini dikarenakan jumlah kromosom Y yang terdapat pada sel sperma lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kromosom X. Selain itu sperma berkromosom Y memiliki usia yang lebih pendek yaitu hanya sekitar 1 hingga 2 hari. Belum lagi sifatnya yang mudah rusak / cepat mati karena tidak tahan dengan kondisi asam. Padahal area intim wanita cenderung bersifat asam, dan akan berubah basa hanya dalam keadaan tertentu. Jelas saja ini sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin memiliki anak kembar perempuan. Berikut cara membuat anak kembar perempuan.

Cara Membuat Anak Kembar Perempuan

anak kembar perempuan
Sumber unsplash

Telah disinggung di atas bahwa cara membuat anak kembar perempuan ini memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi daripada anak kembar laki-laki. Namun dibalik itu semua, sel sperma yang berkromosom X memiliki pergerakan yang lebih lambat daripada kromosom Y. Tentu ini menjadi kelemahan, karena jika kondisi menguntungkan maka kromosom Y akan lebih cepat mencapai ovum. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa melakukan beberapa usaha berikut ini.

  • Melakukan jarak berhubungan

Perlu Anda ketahui bahwa umur sel sperma berkromosom X lebih lama dari Y yaitu sekitar 4 hingga 5 hari. Maka dari itu jika Anda ingin bayi kembar perempuan, sebaiknya jangan melakukan hubungan intim selama 4 hari sejak terakhir melakukannya. Hal ini dimaksudkan agar pergerakan sperma berkromosom X semakin cepat dan juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah produksi sperma yang berkromosom X.

  • Berhubungan intim ketika masa subur

Cara membuat bayi kembar perempuan selanjutnya yaitu dengan melakukan hubungan intim ketika istri sedang dalam masa subur. Ketika masa subur, ovum berada di tengah rahim sehingga akan mempermudah sperma membuahi ovum. Apalagi jumlah sel sperma kromosom X yang lebih banyak dari Y, jelas membuatnya semakin mudah mencapai sel telur.

  • Mengatur posisi berhubungan dan penetrasi

Sama seperti anak laki-laki, cara membuat anak kembar perempuan juga tidak lepas dari posisi berhubungan dan penetrasi. Cara melakukannya tentu berlainan ketika Anda melakukan hubungan intim untuk mendapatkan anak kembar laki-laki. Ketika berhubungan intim sebaiknya Anda melakukan dengan posisi misionaris tanpa mengganjal panggul dengan bantal. Saat akan ejakulasi jangan lakukan penetrasi secara dalam agar jarak kromosom Y ke ovum semakin jauh. Memang dari segi kecepatan, kromosom Y lebih cepat X, namun setidaknya hal tersebut akan memperlambatnya untuk mencapai sel telur. Apalagi jika kondisi dalam keadaan asam, maka kesempatan sperma kromosom X mencapai sel telur semakin besar. Maka dari itu usahakan istri tidak mengalami orgasme terlebih dahulu sebelum Anda mengalami ejakulasi.

  • Membuat area kewanitaan menjadi lebih asam

Pada dasarnya pH normal alat kelamin wanita yaitu sedikit asam dengan skala 3.8 – 5.0. Kondisi ini sebenarnya sudah sangat menguntungkan kromosom X untuk bertahan lebih lama dalam rahim sehingga dapat membuahi sel telur. Namun agar semakin maksimal tidak ada salahnya Anda membuat keadaan area kewanitaan semakin asam dengan cara membasuhnya dengan air cuka. Dengan begitu usia kromosom Y yang sangat singkat dan jumlahnya yang lebih sedikit akan semakin berkurang karena kondisi lingkungan tidak menguntungkan.

Demikian beberapa usaha yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan bayi kembar perempuan. Namun jika usaha-usaha yang telah dilakukan secara alami tersebut tidak kunjung berhasil, Anda bisa melakukannya dengan cara medis. Cara membuat anak kembar secara medis ini terbilang cukup efektif, karena dipengaruhi oleh campur tangan manusia.

Cara Membuat Anak Kembar Secara Medis Melalui Program IVF

ivf
Sumber unsplash

Program In Vitro Fertilization (IVF) atau biasa disebut dengan bayi tabung adalah solusi tepat bagi pasangan yang sulit mendapatkan keturunan. Hal ini tentu saja berlaku bagi pasangan yang ingin mendapatkan bayi kembar tapi tidak kunjung berhasil. Peluang keberhasilan Anda mendapatkan bayi kembar dengan cara ini yakni mencapai 20 hingga 40{a8dfff4632db661fcb21b29b89c60a0c0716acd5ba8e568bac9dd4e83ab93c57}. Hal ini terjadi karena ketika melakukan cara IVF, Anda akan diberikan obat perangsang / stimulus yang menyebabkan rahim menghasilkan lebih dari satu ovum. Ketika semua sudah matang, ovum akan diambil dan dibuahi oleh sperma suami Anda di dalam inkubator. Selanjutnya jika telah menjadi embrio yang layak, maka embrio tersebut akan dimasukan ke dalam rahim Anda. Cara membuat bayi kembar dengan IVF terlihat begitu mudah, sayangnya membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Bagi pasangan suami istri, memiliki anak kembar merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Pasalnya buah hati yang diidam-idamkan selama 9 bulan akhirnya lahir dalam jumlah 2 sekaligus. Hal tersebut lantas membuat Anda dan suami tidak perlu merencanakan program hamil dalam waktu dekat. Namun sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri jika memang Anda tidak kunjung diberi kesempatan untuk mendapatkan anak kembar. Bukankah yang terpenting Anda bisa hamil dan melahirkan seorang bayi? Demikian artikel mengenai cara membuat anak kembar secara alami dan medis, semoga bermanfaat!