Aneka Resep Cara Membuat Makanan dari Ubi

Aneka Resep Cara Membuat Makanan dari Ubi

Apa itu ubi dan jenis jenis ubi

Ubi adalah sebutan untuk tanaman yang memiliki umbi atau bagian akar yang membesar dan bisa dimanfaatkan menjadi makanan karena menumpuknya nutrisi di bagian ini. Jenis jenis dari ubi sendiri dapat terbagi menjadi Ubi jalar, dan Ubi kayu.

Ubi jalar adalah sejenis tanaman yang biasanya budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di negara Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber utama bahan pokok. Untuk di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga bisa dibuat sayuran. Terdapat juga ubi jalar yang dijadikan sebagai tanaman hias karena daunnya yang indah ketika dipandang.

Ubi kayu adalah umbi atau akar pohon yang panjang dengan rata-rata berdiameter 2-3 cm dan panjangnya 50–80 cm tergantung dari ubi kayu yang ditanam. Daging umbinya berwarna putih kekuning-kuningan.  Ubi kayu tidak tahan disimpan untuk jangka waktu yang lama walaupun di simpan di dalam kulkas. Ubi kayu juga salah satu sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat rendah protein.  Sumber protein terdapat pada daun ubi kayu karena mengandung asam amino dan metionin.

Aneka makanan olahan ubi jalar

Bolu ubi

Cara membuat bolu ubi ungu
Via : Kaltim Post

Ubi jalar memiliki berbagai macam kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Kini ubi jalar tidak hanya dikonsumsi dengan cara dikukus atau digoreng biasa saja, tapi saat ini banyak kreasi makanan olahan ubi jalar yang bermunculan saat ini mulai dari makanan ringan sampai berat. Berikut beberapa resep olahan ubi jalar.

Bahan bahan

  • 250 gr ubi ungu
  • 500 gr tepung dengan protein yang tinggi
  • 1 sdt ragi instan
  • 100 gr gula pasir
  • 50 gr butter
  • 200 ml air
  • Garam secukupnya

Langkah

  1. 250 gram ubi di kupas kemudian dibersih kan menggunakan air yang bersih. Setelah di cuci sampai bersih kukuslah ubi tersebut menggunakan panci di atas kompor dengan api yang sedang. Tunggu sampai benar benar matang. Jika sudah matang ambil kemudian hancurkan sampai benar benar halus.
  2. Jika sudah halus campurlah adonan ubi dengan tepung, ragi dan gula, aduk rata tuangkan air sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis. Tambahkan butter dan garam uleni lagi sampai kalis dan elastis.
  3. Diamkan adonan dengan di tutup dengan menggunakan serbet selama 45 menit di tempat yang hangat hingga adonan mengembang menjadi 2x lipat dari ukuran awal.
  4. Bagi adonan menjadi 50 gram, gilas agak tebal, isi dengan bahan isian, bulatkan. Letakkan kembali selama 10 menit dengan di tutup menggunakan serbet.
  5. Panaskan wadah kukus, alasi tutup panci dengan serbet agar air tidak menetes ke atas adonan ketika anda membuka tutupnya. Pastikan air sudah mendidih dan beruap banyak.
  6. Kukus bapao selama 10 menit dengan api sedang, bisa dialasi dengan daun pisang atau paper cup. Jangan selalu membuka tutup panci tunggu sampai bapao matang.
  7. Sajikan hangat. Jika ingin menyimpannya letakkan saja di kulkas, dan saat akan dihidangkan bisa dikukus sebentar supaya hangat.

Brownies ubi

Resep Brownies Kukus Ubi Ungu
Via : Cara Memasak

Selain dibuat bakpao, ternyata ubi juga bisa di buat menjadi kue brownies yang lezat. Untuk membuat brownies ubi ini terbilang sangat mudah dan simple. Hanya saja terkendala pada bahan utama nya yaitu ubi ungu. Susahnya untuk mencari ubi ungu yang berkualitas menjadi satu masalah untuk membuat kue yang satu ini. Jika anda tidak menemukan sama sekali ubi dengan kualitas yang bagus beli saja yang berbecak hitam tapi asalkan pantas untuk di jadikan brownies. Berikut adalah bahan bahan dan bagaimana cara membuatnya.

Bahan Bahan

  • Gula pasir 120 gram
  • Telur 4 butir
  • SP 1 sendok teh
  • Tepung terigu protein sedang 160 gram
  • Santan kental instan 60 mili liter
  • Margarin 60 gram (di lelehkan)
  • Ubi ungu 160 gram (di kukus dan haluskan)
  • Pewarna ungu (sedikit saja jika perlu hanya sebagai penguat warna)
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Coklat putih 60 gram (lelehkan)

Langkah langkah membuatnya

  1. Untuk awalnya siapkan air kukusan sampai mendidih dan uap panas banyak. Jangan lupa beri kain bersih di tutup panci agar tidak ada uap air yang menetes ke brownies untuk nantinya.
  2. Setelah itu kocok telur, gula pasir serta emulsifier dengan mixer hingga mengembang.
  3. Tambahkan tepung terigu lakukan sambik mengayak dan aduklah sampai benar benar rata.
  4. Setelah itu masukkan juga campuran santan, ubi ungu, pewarna ungu dan garam sedikit demi sedikit dan juga diaduk secara perlahan. Tambahkan margarin, aduk hingga rata kembali.
  5. Tambahkan cokelat masak putih leleh sedikit demi sedikit sambil terus diaduk secara perlahan lahan.
  6. Setelah itu tuang adonan ubi ke loyang favorit sesuai selera yang sebelumnya dioles dengan sedikit margarin dan dialasi kertas roti agar brownies tidak menempel ketika dibalik nanti.
  7. Terakhir kukus adonan brownies ubi ungu kurang lebih selama 30 menit di atas api sedang sampai matang. Jika anda ingin melihat hasilnya lakukan dengan menusuk adonan menggunakan tusuk gigi, jika tidak ada yang menempel di tusukan pertanda brownies sudah matang.
  8. Angkat, keluarkan dari cetakan, potong-potong menjadi beberapa bagian, dan sajikan.

Selai ubi

Membuat selai ubi ungu enak
VIa : Kue Praktis

Siapa yang mengira jika ubi hanya bisa dibuat menjadi bakpao, brownies, kue bolu saja. Ternyata, ubi juga bisa dijadikan menjadi selai yang kaya akan vitamin didalamnya.Dari pada membeli selai di swalayan atau super market terdekat yang mungkin akan ada bahan kimia yang bisa menyebabkan penyakit dan tidak menyehatkan lebih baik Anda membuat selai kreasi sendiri. Selain menyehatkan harga untuk membuatnya tidaklah mahal alias murah. Selai ubi jalar ini dapat dijadikan untuk selai roti, selai kue nastar atau pun untuk keperluan lainnya.

Selai merupakan salah satu jenis makanan yang diawetan berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah dicampur dengan gula pasir dengan kandungan total padatan minimal 65%. Selai adalah makanan semi padat. Beriku ini adalah bahan dan cara membuatnya.

Bahan bahan

  • 500 ml air
  • 250 gr ubi ungu / kuning
  • 10 sendok makan gula pasir
  • 2 bungkus SKM (Susu kental manis)
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan

Langkah langkahnya

  1. Pertama tama kupas ubi dan cucilah dengan air hingga benar benar bersih.
  2. Setelah dicuci sampai bersih kukuslah ubi tersebut dengan api yang kecil sampai matang. Tanda matang nya adalah pada tekstur nya sedikit lembek.
  3. Kemudian diamkan dulu ubi tersebut sampai dingin. Jika sudah dingin blenderlah ubi yang telah dikukus bersama air.
  4. Jika sudah di blender masaklah hasil blenderan tadi diatas kompor dengan api yang sedang. Tambahkan juga garam secukupnya dan daun pandan. Aduk lah hingga kandungan air pada adonan hilang.
  5. Jika sudah hilang kadungan airnya masukkan juga gula dan susu. Aduk lagi sampai mengental dan kandungan air mengering. Setelah itu, dingin kan.
  6. Masukkan kedalam toples kecil dan masukkan kedalam kulkas. Dan selai pun sudah jadi dan siap dijadikan topping tambahan jika anda membuat roti bakar, nastar, dan lain lainnya

 Ubi goreng

Cara membuat ubi jalar goreng lapis
VIa : Youtube.com

Mungkin di musim hujan yang mulai datang hal yang tepat adalah mengkonsumsi makanan camilan. Camilan yang tepat adalah ubi goreng, ya, ubi merupakan salah satu bahan makanan yang tidak hanya enak dan bisa diolah menjadi beragam macam makanan dan serta camilan. Ubi juga mempunyai nutrisi yang sehat bagi tubuh kita. Meskipun ubi menjadi makanan tradisional, makanan ini juga tidak kalah dengan makanan lainnya terlebih jika, disantap bersama teman teman dan kerabat terdekat. Jika Anda ingin tahu cara membuat nya, berikut adalah bahan yang dibutuhkan dan caranya.

  • 6 buah ubi kuning (ukuran bebas,kupas dan cuci lalu potong sesuai selera)
  • 200 gram tepung terigu
  • 4 sendok makan tepung beras
  • ¼ sendok teh soda kue
  • Air es secukupnya (boleh tidak)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • Gula pasir (secukupnya)
  • Vanili (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)

Cara pembuatan

  1. Pertama campur lah tepung terigu, vanili, tepung beras, garam dan gula di sebuah wadah. Aduk rata sambil tambahkan air sedikit demi sedikit.
  2. Aduk lah sampai semua bahan tercampur rata dan cukup kental.
  3. Jika sudah, tambah kan soda kue dan aduk lagi sampai benar benar rata.
  4. Panaskan minyak goreng lalu celup ubi ke dalam adonan tepung yang sudah mengental. Bolak balik agar ubi terbungkus tepung dengan rata.
  5. Goreng adonan yang sudah dicelupkan tadi dengan api ukuran sedang. Untuk tanda jika sudah matang biasanya ditandai dengan perubahan warna ubi menjadi emas kecoklatan.
  6. Angkat ubi tiriskan dan ubi goreng pun siap disajikan.

Keripik ubi

Cara membuat keripik ubi ungu
Via : Toko Mesin Maksindo

Ubi jalar merupakan bahan makanan yang populer dan favorit bagi masyarakat di Indonesia, banyak macam jenis makanan yang bisa diolah dari ubi jalar, contohnya aneka jenis kue bahkan mie pun bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar yaitu ubi jalar. Salah satu olahan ubi jalar adalah keripik ubi jalar. Untuk rasa dari keripik ini enak, renyah, dan manis, tidak kalah dengan jenis keripik lainnya. Untuk menemukan bahan dasar ubi ini tidaklah sulit, Anda bisa menemukan di pasar tradisional atau petani ubi jalar. Selain rasanya yang manis, ubi jalar juga mempunyai berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin E, magnesium, kaya oksidan, dan kalium. Berikut adalah bahan dan cara membuat keripik ubi

Bahan bahan

  • Ubi jalar
  • Bawang putih secukupnya
  • Garam
  • Minyak goreng

Cara membuat

  1. Kupas lah ubi jalar, kemudian dicuci sampai bersihkan, jika sudah trisikan. Ubi jalar yang telah kering tadi diiris tipis tipis, lalu rendamlah dengan larutan air kapur sebentar saja.
  2. Haluskan dulu bawang putih dan juga garam dan masukkan ke dalam wadah. Berilah air sedikit demi sedikit, kemudian ubi jalar yang sudah di potong kecil yang tadi, rendam lah dengan bumbu bawang putih dan garam.
  3. Tiriskan lalu goreng dengan minyak goreng panas sampai menjadi kering. Goreng sampai benar benar matang, jika bentuk keripik sudah mengeras segera tiriskan agar tidak gosong.
  4. Simpan lah wadah ini dengan wadah yang tertutup. Keripik ubi ini bisa di kemas dalam kantong plastik atau pun di dalam kotak kaleng kemasan. Usahakan menutup dengan rapat rapat supaya tidak ada udara yang masuk dan bisa membuat keripik melempem.
  5. Dan keripik ubi pun siap disajikan serta dinikmati bersama teman atau siapapun.

Aneka olahan dari singkong

Getuk

Cara membuat getuk
Via : Twitter

Getuk adalah makanan dari singkong yang banyak digemari oleh semua kalangan. Getuk yang terkenal berasal dari daerah Jawa Tengah yaitu getuk lindri. Getuk terbuat dari singkong yang direbus kemudian dihaluskan dengan tambahan gula dan garam. Getuk biasanya disajikan dengan tambahan taburan parutan kelapa. Makanan ini biasanya disajikan dalam beraneka warna sehingga terlihat sangat cantik dan menarik konsumen. Jika anda tertarik ingin mencoba membuat getuk berikut bahan bahannya dan langkah cara membuatnya.

Bahan Bahan

  • 1 kilogram singkong
  • 8 sdm santan kental
  • 2 sdm mentega
  • 250 gram kelapa parut
  • 4 sdm gula pasir
  • pewarna merah muda dan hijau muda (sesuai selera)
  • kelapa parut secukupnya

Langkah cara

  1. Kupas singkong sampai terpisah semua dari kulitnya setelah itu, cucilah singkong dengan menggunakan air bersih. Jika sudah rebus singkong sampai empuk atau sudah masak.
  2. Campur singkong yang sudah dicampur dengan santan kental, mentega, kelapa parut dan gula. Aduk-aduk sampai rata
  3. Jika ingin diberi warna, bagilah adonan adonan tersebut menjadi 3 bagian, Satu bagian diberi warna merah muda. Satu bagian diberi warna hijau muda. Satu bagian lagi dibiarkan tanpa warna
  4. Ambillah selembar plastik. Letakkan adonan di atasnya, lalu tutup lagi dengan plastic. Giling dengan menggunakan rol kayu hingga pipih dan cetak menurut selera. Sajikan getuk singkong dengan ditaburi kelapa parut. Dan getuk pun siap disajikan.

Tape singkong

Membuat tape singkong
Via : TribunJualBeli.com

Pembuatan olahan makanan dari singkong tidak hanya memlaui proses digoreng atau pun direbus, tetapi juga dapat difermentasi. Makanan dari singkong yang diperoleh melalui proses fermentasi ini disebut dengan tape. Hampir di seluruh daerah di Indonesia mempunyai tape khas. Akan tetapi, jenis tape yang terkenal adalah tape dari Bandung. Tape khas Bandung terkenal dengan nama “peuyeum”. Proses pembuatan tape sangat mudah. Singkong cukup dikupas, dicuci, dan dibaluri dengan ragi tape. Fermentasi singkong iniakan membuat singkong melunak dan berasa manis walaupun tanpa gula atau pemanis. Berikut adalah bahan dan cara membuat tape.

Bahan :

  • Air secukupnya
  • Daun pisang
  • Ragi yang telah dihaluskan
  • Singkong 2 kg

Cara Kerja :

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Kupas singkong dan kikis bagian kulit arinya hingga kesat.
  3. Potonglah singkong yang telah dikupas sesuai selera anda.
  4. Cuci hingga bersih singkong yang sudah dipotong.
  5. Sementara menunggu singkong kering, masukkan air ke dalam panci kira kira seperempat lalu panaskan hingga mendidih.
  6. Jika air sudah mendidih masukkan singkong ke dalam panci kukus, lalu kukus hingga singkong seperempat matang, mungkin ketik singkong sudah bisa ditusuk dengan garpu.
  7. Setelah matang, angkat singkong yang telah seperempat masak lalu taruh di suatu wadah, kemudian didinginkan
  8. Sambil mengipas – ngipas, siapkan wadah sebagai tempat untuk mengubah singkong menjadi tape. Gunakan wadah baskom yang sudah dilapisi dengan daun pisang dibagian dasarnya.
  9. Setelah singkong benar – benar dingin, masukkan singkong ke dalam wadah lalu taburi dengan ragi yang telah dihaluskan dengan menggunakan saringan
  10. Singkong yang telah diberi ragi ini kemudian ditutup kembali dengan daun pisang. Pastikan wadah singkong tertutup sangat rapat agar hasil dari tapenya maksimal.
  11. Setelah singkong ditutupi dengan daun pisang, diamkan selama 1-2 hari hingga sudah terasa lunak dan manis. Dan tape singkong pun sudah siap disajikan.

Lemet

Resep lemet singkong
Via : Resep Kraton

Lemet adalah salah satu makanan tradisional yang dibuat dari bahan singkong atau ubi kayu yang diparut halus dan dicampur dengan gula merah. Rasanya manis, enak, dan mempunyai tekstur yang kenyal. Cara memasak lemet singkong sama dengan kue tradisonal pada umumnya, yaitu dibungkus dengan daun pisang, sehingga membuat aromanya menjadi harum dan menggugah selera makan anda. Seringkali lemet dibungkus bentuk pipih memanjang seperti pepes dan tidak disemat lidi. Tapi ada juga yang membungkusnya seperti lontong dan disemat lidi. Bahannya pun mudah ditemukan di pasar dan harganya pun sangat murah dan ekonomis. Berikut adalah bahan dan juga cara membuat lemet singkong.

  • ½ kg singkong
  • ½ butir kelapa yang tidak terlalu tua
  • ¼ kg gula merah
  • ¼ sdt garam halus
  • Daun pisang dan lidi digunakan untuk membungkus

Langkah membuat

  1. Sisir halus gula merah sampai habis. Lalu sisihkan.
  2. Parutlah kelapa yang tidak terlalu tua, memarutnya kasar saja, setelah itu tiriskan.
  3. Kupaslah singkong dan cuci sampai bersih. Kemudian parut singkong yang sudah dicuci bersih dengan halus sehingga hasilnya nanti menyerupai bubur singkong.
  4. Campurkan singkong parut, gula merah, parutan kelapa, dan garam halus dalam satu wadah. Aduklah hingga rata.
  5. Ambilah selembar daun pisang, kemudian letakkan 3 sendok makan adonan lemet di atasnya. Bungkus dan semat dengan lidi. Lakukan sampai adonan lemet habis tidak ada yang tersisa.
  6. Kukuslah lemet tersebut diatas kompor dengan api sedabg hingga matang kira-kira selama 20-30 menit.
  7. Setelah lemet matang, angkatlah dan sajikan. Dan lemetpun sudah jadi terlebih jika dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Brownies Tape

Resep tape singkong
Via : Sajian sedap

Anda bingung ingin membuat varian brownies lain?, brownies tape adalah salah satu solusi yang tepat. Siapa yang mengira bahwa tape bisa dijadikan brownies. Tape adalah makanan hasil fermentasi singkong yang diberi ragi dan diamkan selama 1-2 malam (jika ingin membuat resep membuat tape sudah ada diatas). Rasanya pun juga tidak kalah dengan variant brownies lainnya, sewaktu mencicipi aroma dari tape akan terasa dan juga ketika di konsumsi terasa sekali ciri khas tapenya. Berikut adalah cara dan langkah langkah membuat tape.

Bahan

  • 200 gr terigu
  • 100 gr tape (sudah dilumatkan)
  • 100 gr gula (sesuai selera)
  • ½ sdm sp
  • 50 ml minyak
  • 4 butir telur
  • 1 sct SKM coklat
  • 50 gr coklat bubuk
  • 1/2 sdt garam

Topping (jika ingin)

  • Keju
  • Butter cream

Cara membuatnya

  1. Panaskanlah pengukus, jangan lupa berilah serbet pada tutup pengukus untuk mengindari air tidak menetes ke adonan.
  2. Kocoklah telur tambahkan juga sp,garam dan gula kocoklah hingga semua larut.
  3. Jika sudah larut tambahkan terigu, tape, minyak, coklat bubuk dan skm aduk hingga benar benar rata jangan sampai ada yang mengendap dibawah.
  4. Olesi loyang dengan menggunakan margarin dan tepung, proses ini dilakukan agar adonan tidak menempel saat dibalik, setelah itu masukan adonan kedalam loyang.
  5. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Tes dengan menusuk jika sudah tidak ada yang mnempel pada lidi berati sudah matang..
  6. Angkat, dinginkan terlebih dahulu sebelum dikeluarkan dari loyang. Setelah dingin keluarkan
  7. Berilah topping seperti menaburi keju parut atau butter cream sesuai selera harapan. Dan brownies tape pun siap disajikan.

Jemblem

Resep membuat jemblem
Via : Majalah Holiday

Jemblem adalah salah satu makanan olahan dari singkong juga. Jemblem sangat cocok dimakan dikala sore hari atau di musim penghujan. Rasa dari jemblem sangat enak terlebih pada saat menggigit terdapat rasa yang renyah berpadu dengan manisnya gula merah. Harga dari camilian ini sangat murah meriah dan sangat aman untuk kantong dompet anda. Berikut adalah bahan dan cara membuat jemblem.

Bahan Bahan

  • 500 gram singkong
  • 300 gram kelapa yang sudah diparut
  • garam secukupnya
  • gula merah untuk isian secukupnya

Cara membuat

  1. Kupaslah singkong dari kulitnya hingga benar benar habis. Setelah itu, cucilah singkong yang sudah dikupas dengan menggunakan air sampai benar benar bersih.
  2. Campurlah singkong, kelapa parut, dan garam aduklah sampai rata.
  3. Pipihkan singkong dan isi dengan gula merah. Lakukan sampai adonan habis dan tidak tersisa sama sekali
  4. Kepal-kepalah singkong.
  5. Panaskan minyak diatas kompor dengan api yang sedang saja dan goreng jamblem sampai berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkatlah dan tiriskan. Jemblempun siap disajikan dalam keadaan hangat.

Manfaat mengkonsumsi ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber makanan yang tidak asing bagi sebagian besar penduduk di Indonesia. Kemudahan untuk memperolehnya membuat masyarakat suka menyantap makanan berbahan ubi ini. Rasanya pun juga enak. Di beberapa desa, ubi jalar kerap dijadikan makanan camilan atau pokok yang cocok menemani disaat minum teh,kopi, atu bajigur di sore hari. Sayangnya, ubi jalar ini belum menjadi makanan favirut kebanyakan orang.

Namun, dibalik kurang tenarnya ubi jalar ini, banyak mafaat yang dapat diperoleh dari ubi jalar ini. Berikut adalah manfaat dari mengkonsumsi ubi jalar.

Atasi bronkitis dan asma

Menurut salah satu ahli nutrisi, kandungan vitamin C, besi, serta nutrisi lainnya dalam ubi jalar efektis membantu mengatasi bronkitis. Tidak hanya itu saja, ubi jalar yang dipercaya dapat membantu menghangatkan tubuh juga memiliki kemampuan dalam membantu mengatasi bronkitis. Aroma khas yang terdapat pada ubi jalar efektif dalam mengatasi hidung mampet serta membantu untuk sedikit meredakan penyakit asma.

Baik bagi pencernaan

Kandungan serat pada ubi jalar juga bisa dibilang tinggi. Lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kentang. Meski kandungan seratnya cukup tinggi, ubi jalar tergolong sumber makanan yang mudah dicerna. Sehingga baik untuk lambung dan usus halus. Selain itu, vitamin B kompleks, C, betakaroten, kalium, dan kalsium yang terdapat pada ubi jalar sangat efektif dalam membantu meredakan radang lambung. Serat yang dikandung ubi jalar juga bisa membantu mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam. Dengan begitu akan membantu menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Anti peradangan dan kandungan yang menenangkan dari ubi jalar juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan pada lambung.

Bantu atasi kanker

Adanya betakaroten, yang tidak salah adalah antioksidan dan membuat warna pada ubi jalar, serta vitamin C, menjadi komponen penting dalam membantu mengatasi gejala kanker. Terutama untuk kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan sejumlah penyakit kanker lainnya.

Untuk menjaga keseimbangan air

Serat yang terdapat dalam ubi jalar akan membantu menahan air. Hal ini akan dapat mempertahankan keseimbangan cairan yang terdapat di dalam tubuh Anda.

Bisa menambah berat badan

Hal ini sangat mudah dipahami dengan melihat kandungan zat gizi di dalamnya. Karbohidrat yang terkandung pada ubi jalar dapat dijadikan sebagai sumber energi. Sehingga, dapat membuat berat badan anda menambah.

Manfaat mengkonsumsi singkong

Sebagian besar penduduk Indonesia tidak hanya mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok, tetapi juga berbagai macam bahan bahan pangan. Salah satu bahan pangan yang menjadi pengganti nasi adalah singkong. Di Indonesia sendiri singkong memiliki banyak nama sebutan seperti ubi kayu, ketela, dan pohong. Singkong memiliki banyak sekali manfaat. Tentunya tidak hanya digunakan untuk bahan pengganti makanan pokok saja, berikut adalah manfaat dari singkong.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada singkong sangatlah amat baik bagi anda yang sering mengalami susah BAB ataupun sembelit, sehingga akan membuat pencernaan anda akan lebih lancar.

Menyembuhkan Diabetes

Bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit diabetes,anda dapat menyembuhkan dan salah satu cara untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan olahan singkong secara teratur.

Menjaga Kesehatan Jantung

Makanan olahan singkong sangat bagus bagi anda yang ingin memiliki jantung sehat dan kuat agar tidak mudah terkena gangguan ataupun penyakit yang berada pada jantung Anda.

Mengatasi Kecanduan

Bagi anda yang ingin menghilangkan kebiasaan ataupun rasa kecanduan rokok dan alkohol dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi olahan singkong.

Menghilangkan Mata Panda

Memiliki lingkaran hitam di sekitar mata dapat mengganggu penampilan anda, anda da[at menghilangkannya dengan mengkonsumsi makanan olahan singkong.