Mari Kita Mengenal Lebih Jauh dari Budaya Asli Indonesia Aksara Jawa

Mari Kita Mengenal Lebih Jauh dari Budaya Asli Indonesia Aksara Jawa

Aksara Jawa – Apakah kalian sudah mengenal dan tahu apa yang dimaksud dari Aksara Jawa? Maka dari itu, pada artikel ini saya akan menjelaskan lebih lanjut dan secara detail dari Aksara Jawa agar kalian lebih memahami arti aksara jawa yang merupakan budaya asli Indonesia yang semakin luntur. Namun apakah Anda tahu, siapa yang membawa hanacaraka ke indonesia? Orang yang membawa aksara jawa atau hancaraka ke Indonesia yaitu bernama Aji Saka. Aksara Jawa yang juga biasa kita kenal dengan nama Hanacaraka atau Carakan merupakan budaya tradisional asli dari negara Indonesia yang digunakan untuk menulis bahasa jawa dan beberapa bahasa daerah dari beberapa Indonesia dengan menggunakan suatu bentuk tulisan khas yang berbeda dengan tulisan latin biasanya. Daerah yang memiliki bentuk tulisan hampir mirip dengan Aksara Jawa yaitu daerah Bali, yang bernama Aksara Bali, lalu juga terdapat aksara daerah daerah lainnya juga, yaitu aksara batak, aksara jawa nyunggi, aksara pallawa, aksara batak, aksara legena, dan aksara kawi. Aksara Jawa sendiri mempunyai kisah dan sejarah tersendiri. Aksara Jawa merupakan suatu huruf jawa yang memiliki jumlah 20, mulai dari hanacaraka-datasawala-padajayanya-maghabatanga. Aksara Jawa sendiri muncul secara turun temurun dari nenek moyang melalui sebuah kisah cerita dari Ajisaka. Dahulu kala, Ajisaka menciptakan sebuah aksara jawa untuk mengenang kedua abdinya yang sangat setia tetapi telah meninggal terlebih dahulu. Jenis dari Aksara Jawa sendiri cukup banyak bila dijelaskan satu per satu, ada Aksara Murda, Aksara Swara, dan Aksara Angka. Aksara Jawa ditulis dari kiri ke kanan yang bisa disebut dengan sistem Abugida. Dalam hal penulisan Aksara Jawa, Aksara Jawa ditulis tanpa spasi, maka untuk membaca sebuah kata atau kalimat Aksara Jawa diperlukan ketelitian dan pemahaman agar Anda paham maksud dari Kalimat Aksara Jawa yang diberikan tersebut.

Pada artikel ini, saya tidak hanya membahas dari Aksara Jawa saja, tetapi masih banyak yang lainnya juga. Seperti, Aksara Jawa Lengkap dengan pasangannya, Aksara Jawa Murda, Aksara Jawa Swara, dan juga yang terakhir adalah Aksara Jawa Angka. Semua itu termasuk contoh dari jenis Aksara Jawa. Aksara Jawa sendiri juga termasuk dalam huruf vokal tradisional yang berasal dari Jawa. Namun, lambat laun Aksara Jawa kini mulai hilang diperadaban Indonesia. Padahal, Aksara Jawa merupakan suatu kebudayaa asli dari Indonesia yang perlu kita jaga dan kita kembangkan. Sebaiknya, saat pembelajaran tentang materi pelajaran Bahasa Jawa, Aksara Jawa dipelajari secara khusus dan spesifik, agar semua orang tahu dan paham akan apa sebenarnya Aksara Jawa. Oleh karena itu, tanpa perlu basa basi lagi, saya akan membahas lebih lanjut dari aksara jawa pada artikel di bawah ini. “Lets Check This Out :)”

Aksara Jawa Lengkap

aksara jawa
via kumpulanceritabahasajawa

Untuk pembahasan yang pertama, saya akan membahas Aksara Jawa Lengkap. Pada gambar tersebut, saya jelaskan juga konversi tulisan ke aksara jawa Maksudnya, pada pembahasan ini saya akan memberikan beberapa penjelasan umum dan khusus tentang aksara jawa secara lengkap agar Anda semua dapat memahami apa yang saya berikan pada artikel ini. Seperti gambar yang ada di atas, terdapat sebuah aksara jawa yang bermula dari Ha samapi dengan Nga. Pada gambar tersebut juga terdapat pasangan dari setiap aksara jawa yang digunakan untuk memberikan kosa kata pada setiap perkataan menggunakan aksara jawa. Pada aksara jawa, terdapat beberapa tata tulis yang harus diperhatikan. Dengan menambahkan beberapa penjelasan pada masing masing huruf dan aturan akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk memahami cara penulisannya yang benar. Pada aksara jawa, terdapat dua jenis yang perlu dipahami dan Anda perhatikan, yaitu aksara jawa lengkap dengan pasangannya dan aksara jawa lengkap dengan sandangannya. Untuk penjelasan lebih lanjut, saya akan berikan pada pembahasan di bawah ini.


Aksara Jawa Lengkap dengan Pasangannya

Aksara Jawa Lengkap
via hidupsimpel

Terlihat sekali pada gambar diatas, yang akan kita bahas kali ini yaitu aksara jawa lengkap dengan pasangannya. Pada gambar tersebut, jelas sekali terdapat sebuah huruf aksara jawa, mulai dari hanacaraka-datasawala-padajayanya-magabathanga yang pada setiap suku katanya memiliki sebuah pasangan sendiri sendiri. Pasangan pada aksara jawa merupakan sebuah aturan tata tulis yang perlu diterapkan, karena bentuk khusus dari aksara jawa ini untuk menghilangkan atau mematikan vokal dari aksara jawa yang ada pada sebelum kata tersebut. Biasanya, aksara jawa pasangan digunakan menuliskan beberapa suku kata yang tidak mempunyai vokal. Jadi diperlukan sebuah aksara jawa berupa pasangan untuk membuat sebuah kalimat atau kata kata bisa diperjelas. Jika Anda semua masih belum paham, saya akan memberikan beberapa contoh soal aksara jawa pasangan dengan jawabannya sekaligus yang perlu Anda lihat dan pahami agar dapat menambah pengetahuan Anda menjadi lebih luas tentang aksara jawa dengan pasangannya.

aksara jawa pasangan
via trianjarpriyanta

Gambar diatas merupakan beberap contoh soal beserta jawaban dan penjelasannya tentang aksara jawa dengan pasangannya. Pada soal tersebut, terdapat beberapa soal aksara jawa pasangan yang sangat mudah untuk dipahami. Untuk itu, jika kalian masih juga belum paham, saya akan menjelaskan salah satu dari beberapa soal diatas. Contohnya kalimat “mangan roti”, kalimat tersebut pada kata ‘ngan’ yang harus dimatikan terlebih dahulu maka diperlukan pasangan ‘ra’.  Lalu pada pasangan ‘ra’ diberikan sebuah sandangan taling tarung agar kata ‘ra’ bisa menjadi ‘ro’. Dan hasilnya kata vokal ngan bisa mati dan bisa dilanjutkan oleh kata berikutnya yaitu roti. Untuk pembahasan dari aksara jawa lengkap dan sandangannya saya akan jelaskan lebih lanjut seperti dibawah ini.


Aksara Jawa Lengkap dengan Sandangannya

aksara jawa sandangan
via hamparan

Jika kebanyakan orang masih bingung membedakan antara Sandangan dan Pasangan dari aksara jawa, saya akan menjelaskannya di sini. Untuk pasangan tadi merupakan suatu huruf vokal aksara jawa yang digunakan untuk mematikan sebuah suku kata agar bisa melanjutkan ke vokal kata berikutnya. Namun, untuk sandangan, sandangan merupakan huruf vokal yang tidak pasti dan kurang independen dan digunakan cuma ditengah tengah kata. Pada gambar tersebut juga terdapat sandhangan swara mulai dari i, u, e’, e, o, tanda ganti konsonan h, r, ng, ya, ra, dan juga re. Salah satu yang sering dipakai yaitu sandhangan wyanjana. Semua itu biasa digunakan untuk membantu membentuk suatu kata atau kalimat dengan menggunakan huruf aksara jawa.


Aksara Jawa Murda

Aksara murda
via hidupsimpel

Selanjutnya, saya akan membahas Aksara Jawa Murda. Masih berkaitan dengan aksara jawa murda, tetapi pada aksara jawa ini hanya berupa 8 huruf saja, yaitu huruf Na, Ka, Ta, Sa, Pa, Nya, Ga, Ba. Namun berbeda fungsi dengan aksara jawa biasa, aksara jawa murda digunakan untuk huruf besar atau huruf kapital saja. Aksara Jawa Murda biasa digunakan untuk sebuah nama, jabatan, nama daerah (provinsi, kota, kabupaten, negara, dan lain lainnya). Untuk penggunaan dari aksara murda sendiri biasanya hanya ada di depan suatu kata atau kalimat, tetapi juga bisa berada di keseluruhan kata yang ada. Untuk penjelasan aksara jawa murda lengkap, saya akab berikan pada pembahasan berikut.


Aksara Jawa Murda Lengkap

Aksara jawa murda lengkap semuanya sudah tercantum pada pembahasan diatas. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa contoh soal sederhana dengan jawabannya yang berhubungan tentang aksara jawa murda yang bisa Anda pahami dan pelajari. Pada gambar dibawah ini, untuk contoh soal yang pertama yaitu terdapat kata Nabi Nuh. Maka, pada awalan huruf yaitu Na, dan Nuh menggunakan aksara murda. Dan pada kata terakhir yaitu Nuh, ditambahkan wignyan untuk memberikan konsonan h.

contoh soal aksara murda
via kilurahsemarbodronoyo

Aksara Jawa Murda dan Pasangan

aksara murda dan pasangannya
via suwartasmpn9purwokerto

Pada gambar tersebut, terdapat beberapa contoh dari pasangan aksara murda yang perlu Anda pahami dan ketahui dalam aturan tata tulis pada aksara jawa. Memiliki fungsi sama dengan aksara murda pasangan biasa, tetapi aksara murda pasangan digunakan untuk mematikan suatu huruf vokal yang kapital saja (huruf besar saja). Jadi semisal hanya menggunakan huruf kecil, lebih baik menggunakan aksara jawa pasangan yang biasa saja. Namun, jika menemui suatu kata seperti nama daerah untuk mematikan suatu vokal, diperlukan aksara murda dengan pasangannya.

Aksara Jawa Swara

aksara swara
via asmfjr

Aksara Jawa Swara jika diberikan sebuah pengertian atau sebutan bisa disebut sebagai huruf vokal mandiri. Aksara jawa swara memiliki kegunaan atau fungsi yang hampir sama dengan aksara murda, yaitu digunakan untuk suatu huruf kapital saja. Namun, perbedaan yang paling mendasar diantara dua jenis aksara tersebut yaitu aksara swara hanya digunakan untuk huruf vokal saja, seperti gambar di atas, yaitu A, I ,U, E, O. Untuk penjelasan lebih lanjutnya saya akan berikan pada bab berikut ini.


Aksara Swara Jawa Lengkap

Untuk pembahasannya selanjutnya ini, saya akan memberikan suatu penjelasan yang lebih mendalam lagi dari aksara swara. Aksara swara merupakan suatu huruf hidup atau bisa disebut juga vokal utama. Dan, biasanya aksara swara digunakan untuk penggunaan nama daerah, nama orang, jabatan, dan sering dipakai pada awal awal kalimat. Contohnya yaitu dalam penggunaan nama negara kita yaitu Indonesia. Dalam awal kata dari Indonesia tersebut sudah menggunakan aksara swara I. Jadi tinggal saja menuliskan huruf aksara swara I, lalu ditambahkan huruf na dan dimatikan oleh aksara jawa da yang diberikan sebuah sandangan taling tarung.

aksara swara indonesia
via anakorangjawa

 

Aksara Jawa Angka

aksara angka
via hidupsimpel

Dan untuk pembahasan artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang aksara jawa angka. Angka Jawa sendiri masih banyak yang belum tahu, kebanyakan orang pasti masih hanya tau keberadaan aksara jawa hanya sebatas aksara jawa sederhanya saja (aksara jawa cara) seperti Hanacarak dan lain seterusnya. Dan, kebanyak orang juga pasti hanya sebatas mengetahuinya saja, sebenarnya aksara jawa jika dijelaskan secara panjang lebar cukup banyak. Dan untuk aksara jawa angka sendiri, kebanyakan orang masih belum tau apa saja contoh dari aksara jawa angka. Untuk aksara jawa angka merupakan suatu huruf aksara jawa yang mewakilkan sebuah angka dalam sebuah penulisan aksaranya. Jadi dalam penulisan aksara jawa, jika menemukan suatu angka, jangan tulis angka tersebut dengan bentuk aslinya, tapi menggunakan bentuk dari aksara jawa yang berupa aksara angka tersebut. Untuk penjelasan lebih lanjut dari aksara angka, terdapat pada bab di bawah ini.


Aksara Jawa Angka 1-10

Aksara Jawa Angka 1-10 sudah ada pada gambar yang ada sebelumnya, tetapi sebenarnya dalam penulisan angka pada aksara jawa, Anda semua juga perlu memerhatikan kaidah kaidah yang perlu diterapkan dalam penulisan aksara jawa, karena tanpa memerhatikan kaidah yang sudah ada, akan membuat kalimat atau kata kata yang Anda buat dengan aksara jawa menjadi tidak bagus dan jelek. Dan penulisan aksara angka harus memulai dan mengakhiri aksara angka dengan menggunakan tanda pangkat (sebuah simbol aksara jawa seperti titik dua). Tanpa adanya simbol tersebut, maka kalimat yang Anda buat dengan aksara jawa akan menjadi kurang tertata dan terlihat tidak menarik. Untuk contoh soal beserta jawabannya yaitu saya akan menggunakan angka 1991. Dalam penggunakan aksara angka 1991 sangatlah cukup mudah. Kita hanya perlu melihat aksara jawa angka yang ada pada gambar sebelumnya, atau jika diperlukan, pakailah bukup pepak bahasa jawa yang memiliki beberapa kaidah penulisan aksara jawa yang cukup benar.

aksara angka soal
via vajarsenja

Aksara Jawa Rekan

Dan untuk yang terakhir ini, saya akan menjelaskan tentang aksara jawa rekan. Aksara rekan yaiku duweni Fungsi dan kegunaan dari aksara jawa rekan hampir sama dengan aksara swara dan aksara murda. Namun, perbedaan yang paling mendasar antara aksara rekan dengan aksara swara yaitu ada pada penulisan huruf aksaranya dan dalam penulisan aksara rekan hanya menggunakan huruf kecil, tidak perlu menggunakan huruf besar (kapital). Aksara jawa rekan digunakan untuk menuliskan beberapa huruf serapan yang berasal dari bahasa Arab, contohnya seperti dz, f, kh, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk lebih memahaminya, saya sudah memberikan gambar untuk penjelasan aksara jawa rekan seperti dibawah ini.

aksara rekan
via hidupsimpel

Aksara Jawa Rekan Lengkap

Untuk pembahasan yang paling akhir ini, saya akan menjelaskan aksara jawa rekan lengkap dan tentunya dapat Anda pahami secara mudah. Perlu Anda semua ketahui bahwa untuk bentuk-bentuk pada huruf yang ada di dalam aksara jawa carakan (Hanacaraka) tidak selalu dapat memenuhi kebutuhan dalam penulisan kata-kata dari seluruh manca negara yang ada di dunia ini. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah aksra jawa yang bernama aksara Rekan yang dalam seiring perkembangan zaman, lebih banyak dipengaruhi oleh bahasa arab, dan berfungsi untuk menuliskan beberapa aksara konsonan pada kata-kata yang masih asing dan tentunya masih dipertahankan seperti dari bentuk aslinya. Aksara Rekan dalam Hanacaraka ada 5 buah, yang dalam semua bentuk dan contohnya dapat Anda lihat pada gambar yang saya tunjukkan sebelumnya, yaitu terdapat pada pembahasan diatas ini.

Jika aksara jawa carakan, aksara jawa swara, aksara jawa murda, aksara jawa angka, sadangan, pasangan dan lain lainnya memerlukan aturan dalam penulisannya, aksara jawa rekan pun juga memiliki tata aturan dalam penulisannya. Dalam penulisannya dari Aksara Jawa Rekan beserta pasangannya memiliki aturan sebagai berikut :

  • Aksara Jawa rekan dapat digunakan menjadi sebuah pasangan dalam penulisan aksara jawa
  • Aksara Jawa rekan dapat diberikan beberapa pasangan asalkan memenuhi suatu kaidah yang ada pada aksara jawa
  • Aksara Jawa rekan juga dapat diberikan sandangan seperti wgnyan, pepet, cecak, atau lain sebagainya asalkan aksara-aksara jawa yang ada termasuk ke dalam aksara jawa carakan (Hanacaraka).

Demikianlah beberapa penjelasan secara mendetail dan spesifik yang cukup singkat mengenai materi dari aksara jawa beserta pasangannya mulai dari aksara carakan, murda, rekan, swara,  sandangan, dan juga pasangan. Dengan disertai contoh, semoga Anda dapat memahami apa yang saya berikan pada artikel yang membahas aksara jawa ini. Dan semoga, artikel yang saya buat ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda semua, dan tentunya berguna bagi semua kalangan.